10 OBJEK WISATA WAJIB ANDA KUNJUNGI DI GEOPARK CILETUH SUKABUMI

0
1141

Sukabumi merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang cukup terkenal dengan tempat wisatanya salah satunya yaitu Geoprak Ciletuh. Objek wisata yang satu ini merupakan salah satu taman bumi yang telah di resmikan pada tahun 2015 menjadi Geoprak Nasional. Geoprak Ciletuh Sukabumi adalah salah satu destinasi unggulan terbaru di Jawa Barat yang wajib untuk dikunjungi dikarena ditempat ini terdapat banyak sekali objek-objek wisata yang sangat wajib untuk dikunjungi dan sayang jika dilewatkan.

Berikut Ini 10 Objek Wisata Wajib Anda Kunjungi Di Geopark Ciletuh Sukabumi

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang hijau dan asri saja, Geoprak Ciletuh juga di kelilingi oleh batuan purba yang konon katanya usia dari bebatuan tersebut paling tua di Pulau Jawa. Selain itu juga, terdapat beberapa air terjun diantara bebatuan tersebut. Saat anda berkunjung ke Geopark Ciletuh Sukabumi, rasanya waktu 1 hari tidak akan cukup dikarenakan terdapat banyak sekali objek wisata yang sayang jika dilewatkan. Berikut ini 10 objek wisata wajib anda kunjungi di Geopark Ciletuh Sukabumi :

  1. Pantai Palangpang

Pantai yang satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu tempat yang akan anda temui pertama kali saat menjelajah Geopark Ciletuh. Disini terdapat tugu Geopark yang katanya jika pengunjung belum berfoto di tugu tersebut maka wisata ke Geopark tersebut belum “sah”. Berjarak kurang lebih 200 km dari kota Bandung, tenyata pantai yang satu ini tidak begitu ramai. Fasilitas seperti warung makan juga belum terlalu banyak. Namun, walaupun begitu objek wisata ini juga memiliki daya tarik tersendiri, daya tariknya yaitu terdapat  perbukitan yang hijau dan alami serta terdapat air terjun yang bisa dilihat dari kejauhan. Disini juga terdapat area parkir yang cukup luas dan beberapa penginapan yang bisa menjadi base camp saat anda akan menjelajah objek wisata lain yang ada di Geopark Ciletuh.

Harga Tiket : Rp. 5.000/orang

Opening Hours : Buka 24 jam

Address : Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Curug Cimarinjung

Nah, objek wisata di Geopark Ciletuh Sukabumi yang wajib dikunjungi berikutnya yaitu Curug Cimarinjung. Pemandangan dari curug ini dapat terlihat di saat anda berada di Pantai Palangpang. Untuk dapat sampai ke tempat wisata ini wisatawan harus berjalan kaki sekitar 1 km dari pantai. Aliran air di curug ini cukup deras namun sangat megah  karena terdapat tebing yang dihiasi dengan bebatuan. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini yaitu pada saat debit air sedang tinggi. Di tempat ini terdapat beberapa fasilitas yang cukup memadai seperti area parkir yang cukup luas dengan membayar parkir sebesara Rp. 3.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Info Lainnya:  Tempat Wisata Alam di Jogja

Harga Tiket : Rp. 3.000 per orang

Opening Hours : 07.00 – 17.00 WIB

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Address : Kampung Cimarinjung, Desar Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

  1. Penenjoan

Panenjoan merupakan salah satu objek wisata di Sukabumi yang bisa dikatakan sebagai amfiteafer alam raksasa dengan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Panenjoan ini bisa diakses dengan mudah dikarenakan letaknya berada di pinggir jalan dekat kantor Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi. Bukit Panenjoan juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti area parkir, mushola dan warung makan.

Tiket masuk : Rp. 3.000 per motor dan Rp. 5.000 per mobil

Opening Hours : 08.00 – 17.00 WIB

Address : Mekarsakti, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Curug Sodong

Curug Sodong ini juga merupakan salah satu objek wisata di Geopark Ciletuh Sukabumi yang sayang jika dilewatkan. Curug ini juga dikenal dengan curug kembar karena memang curug ini memiliki 2 aliran air yang debitnya cukup deras yang mengalir berdampingan. Di Balik curug juga terdapat cekungan yang bentuknya hampir menyerupai gua oleh karena itu kenapa curug ini dinamakan curug “sodong” yang dalam bahasa sunda yaitu gua. Terdapat beberapa fasilitas yang ada di tempat wisata ini seperti tempat parkir yang cukup luas dengan biaya parkir Rp. 3.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Harga tiket : Rp. 3.000 per orang

Food Courts : Yes

Address : Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat.

Opening Hours : Buka 24 jam

Bus Parking : Yes

  1. Curug Awang

Berbeda dengan objek wisata yang ada di Geopark Ciletuh lainnya, Curug Awang ini merupakan salah satu objek wisata yang memiliki akses jalan cukup ekstrim. Namun, walaupun begitu curug ini cukup terkenal dikalangan para traveller dikarenakan pemandangan yang dimiliki oleh air terjun tersebut hampir sama dengan air terju Niagara. Aliran air yang deras mengalir dari tebing batu tinggi dengan bebatuan warna coklat juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri apalagi dibawah curug juga terdapat kolam alami yang bisa dipakai untuk berrenang. Disini juga terdapat beberapa fasilitas yang cukup lengkap salah satunya tempat ganti. Pemandangan pesawahan yang bersatu dengan riuhnya air dari curug awang ini menjadi salah satu alasan mengapa anda harus berkunjung ke tempat ini.

Info Lainnya:  Curug Luhur: Indahnya Curug Keren Nan Eksotis Di Bagian Selatan Kabupaten Cianjur

Harga Tiket : Rp. 3.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil

Bus Parking : Yes

Address : Desa Taman Jawa, Kecamatan Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat.

Opening Hours : 08.00 – 16.00 WIB

Food Courts : Yes

  1. Curug Cikanteh

Nah, objek wisata di Geopark Ciletuh berikutnya yaitu Curug Cikanteh. Objek wisata yang satu ini dekat dengan Curug Sodong. Curug Cikanteh ini memiliki pemandangan yang sangat indah, aliran airnya cukup deras mengalir dari sebuah tebing dengan batuan yang tinggi. Untuk mencapai ke lokasi wisatawan harus trekking terlebih dahulu selama 15 menit. Akses jalan menuju ke lokasi bisa dibilang cukup sulit karena wisatawan harus menyebrangi sungai dan apabila hujan akses jalannya cukup licin. Fasilitas di tempat wisata ini juga cukup lengkap dimana terdapat area parkir di pintu masuk curug, mushola, tempat mandi, toilet dan beberapa warung yang menjual makanan serta minuman.

Bus Parking : Yes

Address : Dusun Cikanteh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat.

Harga Tiket : Rp. 3.000 per orang

Opening Hours : 24 jam

Food Courts : yes

  1. Puncak Darma

Lokasi tempat wisata ini hampir searah, saat anda akan mengunjungi Curug Cimarunjang yang berada di Geopark Ciletuh. Dari tempat parkir curug, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Puncak Darma. Disini wisatawan bisa menikmati pemandangan dari ketinggian khususnya pemandangan pantai Palangpang. Untuk sampai ke tempat wisata, wisatawan harus menghadapi rintangan yang cukup ekstrem dimana wisatawan harus trekking sekitar 1 jam, naik ojek yang dikhususkan untuk antar jemput ke puncak dengan ongkos kurang lebih Rp.  60.000 pulang pergi, harga tersebut memang bisa dikatakan cukup murah mengingat akses jalan menuju ke tempat ini juga cukup sulit. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap dan terjaga.

Harga tiket : Rp. 5.000/orang

Address : Desa Ciwaru, kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Opening Hours : 08.00 – 17.00 WIB

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Curug Tengah

Alasan mengapa objek wisata Geopark Ciletuh ini dinamakan Curug Tengah dikarenakan lokasi dari curug tersebut di apit oleh dua air terjun (curug) yang mana hal ini menjadi salah satu daya tarik dari air terjun yang satu ini. Selain itu, pemandangan di tempat ini juga cukup hijau, wisatawan bisa bermain air ataupun berrenang di danau kecil yang terbentuk di bawah air terjun. Namun, tentunya anda juga harus tetap berhati-hati. Untuk sampai ke lokasi tujuan, wisatawan harus tetap berhati-hati karena akses jalan menuju tempat ini cukup menguji adrenalis. Untuk area parkir,  wisatawan bisa memarkirkan kendaraan di tempat parkir curug awang.

Info Lainnya:  Pesona Keindahan Gunung Merbabu

Harga Tiket : Rp. 3.000 per orang

Address ; Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Opening Hours : 07.00 – 16.00 WIB

Food Courts : Yes

Bus Parking : Yes

  1. Curug Puncak Manik

Sedangkan tempat wisata berikutnya ini tentunya tidak kalah menarik dan menguji adrenalin. Curug puncakmanik ini berada di kawasan curug awang dan curug tengah dimana curug tersebut menempati curug terbawah dari rentetan curug-curug yang ada di Geopark Ciletuh. Jika wisatawan berada di puncak curug puncakmanik, maka wisatawan tersebut bisa melihat undakan dari air terjun mulai dari air terjun awang kemudian air terjun tengah. Namun, untuk mencapai puncak, anda perlu memiliki nyali serta keahlian karena harus mendaki tebing setinggi kurang lebih 100 meter. Untuk fasilitas, sama seperti curug-curug yang ada di Ciletuh lainnya, dimana tempat parkirnya selokasi dengan curug awang.

Address : Cibenda, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat

Opening Hours : 08.00 – 16.00 WIB

Harga Tiket : Rp. 3.000 per orang belum termasuk biaya parkir

Food Courts : Yes

Bus Parking : Yes

  1. Curug Cikaret

Curug berikut ini merupakan salah satu objek wisata yang mana alirannya bersumber dari aliran sungai cikaret yang terletak di Desa Mekarjaya. Akses jalan menuju ke lokasi ini ditempuh dengan berjalan kaki dengan akses jalan yang menanjak dengan jarak tempuh selama 30 menit dari kampung Cikalong. Namun, rasa lelah anda selama perjalanan akan terobati dengan keindahan curug yang masih sangat alami dan percikkan air yang sangat menyegarkan tubuh. Disini juga terdapat beberapa fasilitas yang cukup memadai. Untuk tempat parkir anda bisa memarkirkan kendaraan di pintu masuk sebelum anda berjalan kaki.

Address : Mekarjaya, Ciemas, Sukabumi

Opening Hours : 08.00 WIB

Tiket Masuk : –

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Itulah 10 objek wisata wajib anda kunjungi di Geopark Ciletuh Sukabumi. Objek-objek wisata diatas memiliki fasilitas yang cukup memadai dan harga tiket yang cukup terjangkau jadi anda tidak perlu khawatir dompet akan terkuras. Selain itu, disini juga terdapat beberapa penginapan yang bisa disewa apabila anda ingin puas menjelajahi tempat wisata yang ada di Geopark Ciletuh ini. Selamat Berlibur!