100 Daftar Tempat Wisata di Bandung

0
15

Tempat Wisata di Bandung tidak perlu dipertanyakan lagi, karena tempatnya yang starategis di kelilingi oleh pegunungan, bandung merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak sekali dipilih oleh masayarakat yang berada diluar bandung, apalagi masyarakat perkotaan, seperti Jakarta misalnya.

Kami akan membahas mengenai 100 daftar tempat wisata di Bandung yang bisa kamu jadikan salah satu tujuanmu ketika sedang liburan nanti. Selain sebagai tempat wisata, Bandung juga sangat dikenal dengan kelezatan dan bermacam-macam masakan kuliner yang bisa membuatmu langsung ketagihan sekali mencobanya. Selain itu, kota yang sering dikenal sebagai kota kembang ini, di setiap tempat wisatanya pasti memiliki pemandangan yang membuat para pengunjung terkagum-kagum dan betah, terutama tempat wisata yang memang khusus menyajikan panorama alam menakjubkan seperti pegunungan.

Berbagai tempat wisata di Bandung yang wajib di kunjungi

Di Bandung sebelah barat, ada beberapa lokasi yang paling sering dikunjungi dan disukai oleh para pecinta traveling, yaitu ada Gunung Tangkubang Perahu, dan juga Lembang. Di Gunung Tangkuban Perahu anda bisa melihat kawah gunung secara langsung, udaranya yang dingin diatasnya juga membuat banyak orang berlama-lama disana. Selain itu ada juga Lembang dengan berbagai villa dan penginapan lainnya. Sedangkan di Bandung bagian selatan, ada juga Kawah Putih dan Kebun Strawberri Ciwidey. Tempat wisata di bandung dijamin tidak akan membosankan, apalagi bagi anda yang ingin merasakan kembali ke alam, anda akan merasakan kesegaran hanya dengan udaranya saja, yang memang dominan pegunungan.

Di Bandung, mengapa sangat cocok sekali dijadikan tempat wisata, karena masyarakat yang tinggal di Bandung ini juga sangat kreatif dan ramah. Jika anda pergi ke Bandung dan menemukan ada kesenian musik yang dipadukan oleh beberapa alat musik tradisional, jangan heran. Apalagi ketika anda menjelang akhir liburan, anda juga bisa membeli oleh-oleh kerajinan tangan yang banyak dibuat oleh masyarakaT Bandung pada umumnya. Selain itu, kulinernya dengan berbagai masakan tradisional, tetapi disajikan dan dikemas secara modern dan unik, membuat para pengunjung tertarik untuk membeli dan mencicipinya. Tentu saja jika suatu kali anda datang ke Bandung, anda juga harus mencobanya.

Tempat wisata tentu saja ada banyak jenisnya, ada wisata alam, wisata edukasi, wisata hiburan dan lain-lain. Tempat wisata juga ada yang alami, ada juga yang buatan. Biasanya kalau yang alami sudah pasti tempat tersebut benar-benar asli alam, tanpa campur tangan manusia, kecuali untuk menambahkan fasilitas agar lebih memadai. Beberapa contoh wisata alam seperti air terjun, pantai, pegungungan dan curug. Tentu saja wisata alam sudah pasti memebrikan pesona dan keindahan alam yang tidak biasa, misalnya pemandangan pegunungan yang biru dan hijau, air pantai dan sugai yang jernih, curug yang segar dan membuat mata fresh. Sedangkan wisata hiburan contohnya seperti De’Ranch dan Farm House, yang bisa dijadikan tempat hunting, foto-foto dan juga piknik bersama keluarga. Tempat tersebut biasanya banyak dikunjungi ketika liburan. Yang terakhir adalah wisata edukasi seperti situs sejarah penjara Banceuy, kemudian museum Geologi, museum Konferensi Asia Afrika. Biasanya wisata edukasi dikunjungi ketika liburan maupun hari-hari biasa, karena hampir seluruh pengunjung yang biasanya mengunjungi wisata edukasi adalah sekaligus untuk belajar sambil tour.

Begitu pula tempat wisata yang berada di Bandung, tentu saja ada wisata buatan dan wisata alami. Wisata alami tentu saja karena memang hadir dengan sendirinya, kemudian dijaga dan dilestarikan oleh manusia. Sedangkan wisata buatan sudah pasti merupakan wisata yang dibangun oleh manusia dengan tujuan untuk menghibur dan memenuhi kebutuhan hiburan bagi warga setempat, tetapi tentu saja tidak hanya warga setempat yang akan mengunjungi, tetapi juga dari berbagai daerah di Indonesia. Contoh wisata alami sama seperti wisata alam, seperti curug, pantai, dan pegunungan. Sedangkan wisata buatan yang mencakupi wisata hiburan dan wisata edukasi seperti taman bungan, kemudian museum dan situs-situs sejarah. Semua tempat wisata tersebut tersedia di Bandung dengan berbagai jenisnya.

Info Lainnya:  50 Daftar Tempat Wisata di Garut

Jangan anggap tempat wisata di Bandung hanya didatangi oleh orang Indonesia saja, tetapi ada banyak tourist asing yang juga tertarik untuk menjelajahi daerah wisata di Bandung. Terlebih mereka yang melakukan perjalanan traveling sendiri, atau biasa disebut solo traveler. Pasti setelah membaca tentang Tempat wisata di Bandung, kalian mulai penasarankan untuk datang langsung kesana? Untuk memudahkan kalian, kami memberikan 100 daftar tempat wisata di Bandung ini, silahkan di baca lebih lanjut.

 

  1. Air Panas Ciwalini Bandung
  2. Alun-Alun Bandung
  3. Arung Jeram Sungai Citarum Bandung
  4. Balai Kota
  5. Bandros City Tour
  6. Bandung Treetop
  7. Batu Kuda Manglayang
  8. Braga
  9. Braga Culinary Night
  10. Bukit Bintang Bandung
  11. Bukit Moko Bandung
  12. Bukit Teletabis
  13. Bumi Perkemahan Ranca Upas Bandung
  14. Cibaduyut Bandung
  15. Cihampelas Walk Bandung
  16. Curug Batu Templek
  17. Curug Bubrug Bandung
  18. Curug Cilengkrang
  19. Curug Cimahi Bandun
  20. Curug Cinulang
  21. Curug Citambur Bandung
  22. Curug Dago Bandung
  23. Curug Malela Bandung
  24. Curug Maribaya Bandung
  25. Curug Pelangi
  26. Curug Sawer
  27. Dago Pakar
  28. De’Ranch Bandung
  29. Dusun Bambu Lembang Bandung
  30. Farm House Lembang Bandung
  31. Floating Market Bandung
  32. Gasibu
  33. Goa Pawon
  34. Gunug Putri
  35. Gunung Malabar
  36. Gunung Manglayang Bandung
  37. Gunung Puntang Bandung
  38. Gunung Tangkubang Perahu Bandung
  39. Indo Wisata Permata Bandung
  40. Jalan Setia Budi Bandung
  41. Jendela Alam Lembang Bandung
  42. Kampung Batu Baleendah
  43. Kampung Batu Mekarsari
  44. Kampung Daun Bandung
  45. Kampung Gajah Wonderland Bandung
  46. Kampung Kreatif Dago
  47. Kampung Pago Ciwidey
  48. Kawah Putih Bandung
  49. Kawasan Punclut Bandung
  50. Kebun Binatang Bandung
  51. Kebun Bungan Cihideung Bandung
  52. Kebun Strawberri Ciwidey Bandung
  53. Kolam Renang Karang Setra Bandung
  54. Kuliner Rumah Makan Legoh Bandung
  55. Laktasari Mini Farm
  56. Masjid Agung Bandung
  57. Museum Geologi Bandung
  58. Museum Konferensi Asia Afrika Bandung
  59. Museum Mandala Wangsit Siliwangi Bandung
  60. Museum Pos Indonesia Bandung
  61. Museum Sri Baduga Bandung
  62. Natural Resto
  63. NuArt Sculpture Park Bandung
  64. Observatorium Bosscha Bandung
  65. Papanggungan
  66. Paralayang Cililin
  67. Pemandian Air Panas Ciater Bandung
  68. Pemandian Air Panas Cimanggu Bandung
  69. Perkebunan Teh Rancabali Bandung
  70. Pesona Nirwana Waterpark
  71. Rumah Mode Bandung
  72. Rumah Strawberri Lembang Bandung
  73. Sanghayang Taraje
  74. Sanghyang Heulat
  75. Sapu Lidi Bandung
  76. Saung Angklung Udjo Bandung
  77. Sendang Geulis Kahuripan Bandung
  78. Situ Patenggang
  79. Situs Sejarah Banceuy
  80. Stadion Siliwangi
  81. Stine Garden Bandung
  82. Strawberri Land
  83. Street Gournet
  84. Sungai Cikapundung
  85. Taman Begonia Bandung
  86. Taman Cempaka
  87. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Bandung
  88. Taman Pasopati
  89. Taman Vanda
  90. Taman Wisata Cimahi
  91. Tebing Citatah Bandung
  92. Tebing Keraton Bandung
  93. Tempat Wisata Gedung Sate Bandung
  94. Tempat Wisata Gunung Batu Bandung
  95. Terminan Grafika Cikole Bandung
  96. The Lodge Earthbound Adventure Park
  97. Trans Studio Bandung
  98. Villa Isola
  99. Wisata Kuliner Toko You Bandung
  100. Wisata Oray Tapa

 

Dusun Bambu adalah salah satu tempat wisata yang berada di daerah Lembang, disana terdapat banyak sekali tempat belanja oleh-oleh, dan juga kafe romantis yang bisa anda jadikan tempat untuk foto-foto. Kalau and ingin menikmati tempat wisata yang langsung bersentuhan dengan alam, mungkin anda bisa mengunjungi Kawah Putih, Tangkuban Perahu atau kebun Strawberri Ciwidey. Tempat tersebut sangat cocok untuk tempat liburan bagi anak-anak. Ada juga tempat yang memberikan nuansa pegunungan seperti bukit Moko dan bukit Bintang. Intinya ada banyak sekali tempat wisata di Bandung dan tidak akan membuat anda bosan dengan mendatangi satu tempat saja.

Info Lainnya:  Pantai Karang Paranje: Pantai Di Garut Dengan Pemandangan Eksotis Menyerupai Tanah Lot Bali

Kelebihan lainnya, tempat wisata di Bandung juga berdekatan, jadi anda bisa mengunjungi beberapa tempat sekaligus sekali jalan. Untuk transportasi ada beberapa yang juga bisa menggunakan angkutan umum, tetapi ada juga yang tidak bisa, seperti bukit Bintang, daerah yang berada di atas gunung, karena tentu saja tidak ada kendaraan yang lewat, kecuali anda menyewa motor sendiri. Malah jika anda membawa motor, suasananya dan udaranya akan sangat terasa, karna tidak ada penghalang seperti ketika kita berkendara menggunakan mobil. Tetapi sebaiknya berhati-hati terhadap jalan yang menanjak.

Anda juga bisa mengunjungi taman Begonia jika ingin melihat banyak sekali jenis bunga yang berasal asli dari Indonesia. Disana juga terdapat kafe yang mana memberikan para pengunjung pemandangan indah bunga-bunga di taman tersebut. Jika anda ingin menyegarkan badan, anda juga dapat mengunjungi Sendang Geulis Kahuripan, pasalnya disana masi sangat asri dan bersih, sehingga terjaga kesegaran mata airnya. Anda bisa berendam disana, sambil santai mengilangkan kebosanan, selain itu fasilitasnya juga tersedia dan cukup memadai.

Di Farm House anda bisa menikmati suasana seperti layaknya di Eropa, perkebunan, dan tempat piknik yang pas, kalau anda tahu desa Hobbit di film The Lord of the Ring, anda juga bisa menikmatinya di Farm House. Selain itu di Bandung ada juga wisata alam curug Maribaya dan curug Malela, disana anda akan merasakan kesegaran air dari pegunungan, dan juga anda bisa berendam di air panas, sambil menikmati makanan khas Bandung di sekitarnya. Ada juga wisata hutan Grafika yang mana terletak di tengah hutan pinus, sangat cocok untuk dijadikan tempat foto-foto. Wisata alam lainnya anda juga bisa mengunjungi Gunung Batu, Bukit Bintang, Tebing Keraton, Taman Hutan raya, Curug Dago dan wisata alam lainnya yang sudah ada daftarnya di atas.

Seperti yang sudah di bahas, Bandung tidak hanya memiliki tempat wisata alam saja, tetapi ada juga wisata hiburan, anda bisa mengunjungi Kebun Bunga Cihideung hampir sama dengan taman Begonia, menyajikan banyak sekali beragam jenis bunga, tidak hanya itu kamu bisa membeli bunga dan bibitnya untuk di bawa pulang dan dijadikan tanaman hias. Selain kebun bunga, ada juga kebun teh Rancabali, dengan pemandangan hijau kebun teh dan bukit yang hijau dengan pemandangan tersebut, tentu saja rasa penat akan hilang.

Kalau tadi anda mandi di air terjun, sekarang anda juga bisa menikmati mandi air panas khusus yang lokasinya berada di Ciater, kelebihan dari air panas di Ciater ini, ternyata airnya dapat menyehatkan badan, terutama untuk yang memiliki penyakit kulit, karena air tersebut juga mengandung belerang. Tidak hanya air panas di Ciater, ada juga pemandian air panas Ciwalini Bandung, tetapi di sini anda tidak akan menemukan bau belerang seperti di Ciater. Setelah berendam air panas, kita akan mengulas tentang perkemahan yang seringkali dijadikan destinasi wisata oleh para traveler, yaitu perkemahan Ranca Upas. Perkemahan ini tempatnya outdoor, sangat cocok bagi anda yang menyukai dengan kegiatan outdoor, dan juga terdapat penangkarang rusa yang dibuka, dan pengunjung diizinkan untuk melihat rusa tersebut secara langsung dan bisa juga berinteraksi seperti memberinya makan.

Info Lainnya:  47 Daftar Tempat Wisata Purwakarta

Tempat wisata di Bandung yang selanjutnya adalah ada yang namanya Sanghyang Heuleut, yaitu danau kecil dan bukit bebatuan, disini tempatnya para remaja berfoto ria untuk melengkapi koleksi foto instagramnya, salah satunya karena memang pemandangannya yang sangat bagus. Selain wisata alam dan edukasi, ada juga wisata hiburan, sudah pasti wisata yang satu ini sengaja di bangun untuk menghibur. Salah satunya adalah Trans Studio Bandung, ada beberapa tema yang diambil untuk Trans Studio Bandung ini, selain itu anda juga bisa menikmati permainan seperti di Dunia Fantasi, yaitu wahana dari yang biasa saja hingga wahana yang cukup membuat jantung menjadi tidak karuan. Disini juga ada banyak kegiatan yang sangat cocok untuk anak-anak, selain karena transportasinya yang mudah, juga karena tempatnya yang sangat menghibur.

Ada salah satu tenpat wisata yang sangat menarik, dan berbeda dari pada yang lainnya. Yaitu Floating Market Bandung, pasti kalian penasarankan mendengar dari namanya saja. Wisata yang satu ini memiliki tema wisata kuliner, bagi anda yang menyukai wisata kuliner dan doyan mencicipi makanan, silahkan berlibur kesini. Selain itu, yang menariknya, disini kita juga bisa merasakan bagaimana cara memasak makanan khas Bandung seperti colenak, dan juga sekaligus bermain bersama-sama. Lebih dari itu, Floating Market juga menyajikan makanan selain makanan yang berada di Indonesia, contohnya seperti pasta dan steak. Jika anda berlibur mengunjungi Bandung sebaiknya tidak melupakan tempat wisata yang satu ini.

Selain wisata alam, dan wisata hiburan, ada juga wisata edukasi, contohnya seperti museum. Seperti yang banyak orang ketahui, Bandung tidak hanyalah kota wisata saja, tetapi juga kota sejarah, mengingat dilaksanakannya Koneferensi Asia Afrika pertama dilaksanakan di Bandung, maka untuk mengingat perisiwa tersebut, dibangunlah museum Konferensi Asia Afrika. Museum ini adalah salah satu museum ternyaman dan teramah yang berada di Bandung, selain karena pelayanannya yang sangat nyaman, fasilitasnya juga sangat memadai, anda bahkan tidak perlu membayar sepeserpun untuk masuk ke museum ini, tetapi sudah di sediakan pemandu yang akan menjelaskan mengenai sejarah Konferensi Asia Afrika dulunya, asik sekali bukan? Selain museum KAA, ada juga museum Geologi dan Museum Sri Baduga, kalau anda penasaran, silahkan datang langsung berkunjung ke Bandung.

Ada salah satu tempat yang sepertinya belum afdol jika anda ke Bandung tetapi tidak mengunjungi tempat yang satu ini, yaitu alun-alun Bandung. Alun-alun Bandung letaknya di dekat masjid Agung Raya Bandung, dekat juga dengan Museum KAA. Jika anda berkunjung kesini, anda akan sering melihat ada banyak touris asing yang berlalu-lalang, dari sini juga anda dapat menaiki menara Masjid Agung dan melihat keseluruhan Bandung dari atas. Setelah anda berjalan-jalan di sekitar Alun-alun, anda bisa mengunjungi daerah Braga yang berada di jln Braga. Disini ada banyak sekali kafe dan tempat makan yang lumayan enak, dan anda tidak perlu mencari penginapan yang jauh, karena di dekat Braga terdapat banyak sekali penginapan.

Demikianlah daftar 100 tempat wisata di Bandung yang bisa anda kunjungi ketika liburan maupun ketika hari biasa. Jangan takut bosan karena tersedia banyak sekali tempat wisata menarik bagi anda untuk dikunjungi. Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat bagi anda yang berencana untuk menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi kota Bandung. Selamat berlibur!