15 CURUG DI BOGOR BERIKUT TINGKAT KESULITANNYA

0
133

Tahukah anda? Selain dijuluki sebagai Kota Hujan, ternyata Bogor juga merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki berbagai macam objek wisata alam salah satu yang paling terkenal yaitu wisata air terjunnya. Air terjun atau di kenal dengan curug sendiri merupakan salah satu aliran air yang mengalir dari atas menuju ke bawah, biasanya air yang mengalir begitu deras inilah yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk mengunjungi curug. Di Bogor sendiri, terdapat banyak sekali curug-curug yang sangat indah dan sayang jika dilewatkan. Tanpa menunggu lama, pada ulasan berikut ini kita akan membahas tentang 15 curug di Bogor berikut tingkat kesulitannya. Berikut ulasannya!

Inilah 15 Curug Di Bogor Berikut Tingkat Kesulitannya!

Berikut ini terdapat 15 curug di Bogor yang sampai saat ini masih banyak di kunjungi oleh para wisatawan :

  1. Curug Bidadari

Curug di Bogor yang pertama ini merupakan salah satu curug yang dikelola dengan baik. Curug Bidadari berada di kawasan Sentul, Jawa Barat dimana wisata alam ini menampilkan panorama yang sangat indah dan asri yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang sudah lengkap seperti area parkir yag luas, kamar mandi, payung besar yang bisa digunakan untuk bersantai, gazebo dan beberapa kolam renang buatan yang berada di bawah air terjun. Yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke tempat ini yaitu suasana alam yang sangat sejuk dan beberapa kolam renang untuk anak-anak serta orang dewasa sehingga tidak heran curug yang satu ini bisa juga dijadikan sebagai tempat berlibur dengan keluarga. Lokasi Curug Bidadari ini terletak di Kabupaten Bogor, tepatnya di Desa Bojongkeneng, Sentul, Jawa Barat. Akses jalan menuju ke tempat wisata ini terbilang cukup udah dikarenakan dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua dan bahkan roda empat.

Harga Tiket :

Tiket masuk Rp. 30.000 per orang

Opening Hours :

Tempat wisata ini buka dari jam 08.00 WIB.

Alamat : Desa Bojongkeneng, Sentul, Jawa Barat

Bus parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Curug Ngumpet

Nah, curug di Bogor yang satu ini memiliki ketinggian kurang lebih 45 meter. Dengan panorama yang indah dan juga asri tentunya menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata alam ini. Curug ini berada di antara tebing-tebing sehingga tidak heran mengapa curug tersebut dinamakan sebagai Curug Ngumpet (Ngumpet dalam bahasa Indonesia yaitu sembunyi). Curug Ngumpet berada di kawasan Gunung Salak tepatnya yaitu di Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Untuk menuju ke lokasi wisata cukup mudah karena bisa dilewati oleh kendaraan namun hanya sampai di pintu gerbangnya saja. Setelah sampai di pintu gerbang, pengunjung harus perjalanan dengan jalan kaki sejauh 100 meter. Walaupun Curug Ngumpet ini sangat jauh dari pusat Kota Bogor namun tidak menyurutkan para wisatawan untuk pergi ke tempat wisata yang satu ini. Fasilitas yang disediakan tempat wisata ini yaitu toilet, mushola, tempat untuk camping dengan membayar Rp. 15.000/orang/malam, area parkir mobil dan motor serta beberapa warung yang menyediakan aneka makanan.

Harga Tiket : Rp.  15.000 belum termasuk parkir

Info Lainnya:  30 TEMPAT WISATA YANG BENAR-BENAR UNIK DI MALANG DAN SEKITARNYA

Opening Hours : 08.00 – 16.00 WIB

Address : Pamijahan, Bogor, Jawa Barat.

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Curug Cihurang

Nah, curug di Bogor berikutnya yaitu Curug Cihurang. Curug ini berada di kawasan Gunung Halimun Salak, akses jalan menuju ke tempat lokasi ini cukup mudah karena aksesnya mendatar serta mudah untuk dilalui oleh pejalan kaki. Lokasinya juga cukup dekat dari area parkir kendaraan jadi para wisatawan tidak akan begitu kelelahan saat harus berjalan kaki. Pintu masuk menuju ke tempat ini sama saat anda akan berkunjung ke Curug Ngumpet.

Harga Tiket : Rp. 2.000 per orang belum termasuk parkir

Address : Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Opening Hours : 07.00 – 17.00 WIB

Food Courts : Yes

Bus Parking : Yes

  1. Curug Nangka

Curug Nangka merupakan salah satu kawasan wisata alam yang berada di Ciapus, Bogor. Daya tarik dari tempat wisata ini yaitu 3 tahapan air terjun dengan ketinggian 10 – 20 meter. Curug ini adalah salah satu tempat wisata yang banyak di kunjungi oleh wisatawan dikarenakan udara yang sejuk dan keindahan curug yang masih alami sehingga akan membuat hati terasa tentram dan damai. Akses jalan menuju ke tempat wisata ini bisa dibilang cukup rumit karena pengunjung harus melewati sungai kecil walaupun sungainya tidak terlalu dalam dan airnya tenang, tetap saja pengunjung harus tetap berhati-hati. Untuk sampai ke lokasi wisatawan harus menyusuri sungai tersebut. Fasilitas yang ada di Curug Nangka hampir sama dengan curug lainnya seperti mushola, toilet dan beberapa warung makan serta penjual souvenir. Sedangkan untuk area parkir terdapat di area pintu masuk curug nangka.

Harga Tiket : Rp. 22.500 per orang

Address : Tamansari, Sukajadi, Bogor, Jawa Barat.

Opening Hours : 07.00 – 19.00 WIB

Food Courts : Yes

Bus Parking : Yes

  1. Curug Pangeran

Curug Pangeran adalah salah satu kawasan kedua sesudah Curug Ngumpet. Jika anda telah menikmati suasana di Curug Ngumpet rasanya tidak akan lengkap jika anda tidak berkunjung ke Curug Pangeran. Curug yang satu ini memang sangat pas bagi para wisatawan yang ingin mencari ketenangan dikarenakan curug ini masih sepi. Walaupun masih terasa sepi fasilitas yang disediakan cukup lengkap seperti tempat parkir, toilet dan mushola yang terdapat di pintu gerbang masuk ke curug, sedangkan untuk ke lokasi tujuan, para pengunjung harus berjalan kaki sejauh 500 meter dengan medan jalan berbatu sehingga akan cukup melelahkan dan memicu adrenalin. Namun, rasa lelah yang dirasakan akan segea terobati karena di sepanjang perjalanan pengunjung bisa melihat pemandangan yang indah dan merasakan kesejukan dari alam yang benar-benar nyata.

Address : Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat

Tiket Masuk : Rp. 7.500/orang

Food Courts : Yes

Opening Hours : 07.00 – 17.00 WIB

Bus Parking : Yes

  1. Curug Seribu

Curug ini memiliki daya tarik tersendiri, akses atau rute jalan menuju kelokasi juga sangat menantang karena berupa jalan setapak yang curam dan juga licin. Sedangkan daya tarik dari curug ini yaitu ketinggian curug sekitar 100 meter dengan curah air besar sehingga percikkan air akan pengunjung rasakan jika diam dekat dengan curug. Pesona alam yang masih sangat alami dan terdapat beberapa hewan seperti monyet liar tentunya menjadi salah satu alasan mengapa air terjun ini cukup terkenal di Bogor. Namun, sayangnya di tempat ini belum ada fasilitas yang cukup memadai, toilet, mushola, area parkir dan warung makanan terdapat tepat di pintu masuk yang jaraknya cukup jauh dari tempat wisata.

Info Lainnya:  Wisata Bangka Belitung yang Menarik Untuk di Kunjungi

Opening Hours : 08.00 – 16.00 WIB

Food Courts : No

Bus Parking : No

Harga Tiket : Rp. 7.000/orang

Address : Gn. Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat.

  1. Curug Cigamea

Curug ini terletak dikawasan Gunung Salak Indah  dimana lokasinya tidak jauh dari jalan menuju ke Pasir Reungit, Kawah Ratu serta menuju ke Curug Seribu. Yang menjadi daya tarik dari curug yang satu ini yaitu terdapat 2 air terjun yang sumbernya berbeda. Air terjun pertama mengalir dari tebing yang sangat curam sekali dengan didominasi oleh bebatuan warna hitam namun walaupun begitu air yang mengalir tidak begitu deras. Berbeda dengan air terjun yang satunya dimana tidak begitu tinggi namun aliran airnya cukup deras. Akses jalan menuju ke tempat wisata ini cukup sulit karena dari pintu masuk pengunjung harus menuruni anak tangga sekitar 200 meter yang mana tangga tersebut tidak begitu lebar dan licin jika musim hujan. Di pintu masuk anda akan menemukan beberapa fasilitas lengkap seperti area parkir, mushola dan toilet, disana juga terdapat beberapa warung makan. Namun, pada saat anda tiba di lokasi curug tentunya anda tidak akan menemukan fasilitas.

Bus parking : Yes

Food Courts : Yes

Address : Jl. Curug Cigamea, Gn. Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat.

Harga Tiket : Rp. 10.000/orang

Opening Hours : 07.00 – 17.00 WIB.

  1. Curug Panjang

Curug panjang ini disebut juga sebagai curug keluarga hal ini dikarenakan karakteristik dari curug yang dilandai dengan berbagai kolam yang jernih sebagai tempat bermain anak-anak. Selain itu juga, curug ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan terjamin keamanannya. Untuk menuju ke lokasi wisata ini cukup mudah karena bisa dilewati oleh kendaraan roda empat atau roda dua. Pihak pengelola juga menyediakan fasilitas lain seperti pemancingan dan perkemahan.

Address : Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Harga tiket : Rp. 10.000/orang (wisatawan domestik) dan Rp. 50.000/orang (wisatawan mancanegara)

Opening Hours : Buka 24 jam

Food Crouts : Yes

Bus Parking : Yes

  1. Curug Cilember

Curug ini memiliki 7 tingkatan air terjun. Di tempat ini wisatawan bisa menikmati udara yang segar diiring dengan gemericiknya air. Yang menarik lainnya dari curug ini yaitu terdapat taman kupu-kupu yang sangat indah, fasilitas yang disediakanpun cukup lengkap dan bahkan pihak pengelola juga menyediakan beberapa tempat penginapan. Aliran air yang cukup tenang di curug ini juga membuat para wisatawan bisa bermain air. Akses jalan menuju ke lokasi juga cukup mudah dimana dari pintu masuk pengunjung akan disambut dengan jalan setapak dimana disetiap sisinya terdapat pohon-pohon.

Bus Parking : Yes

Address : Jalan Raya Puncak, Megamendung, Desa Cilember, Kecamatan Cisarua, Puncak, Bogor, Jawa Barat

Info Lainnya:  Tempat Wisata Cilacap Paling Populer

Opening Hours : 08.00 – 21.30 WIB

Harga Tiket : Rp. 7.000/orang

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Curug Ciismun

Curug ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter yang dilengkapi dengan kolam kecih dibawahnya yang di hiasi dengan bebatuan alami. Sama seperti curug-curug lainnya, di pintu masuk terdapat fasilitas yang cukup lengkap. Akses jalan menuju ke tempat wisata ini cukup mudah bisa ditempuh dengan jarak sekitar 30 menit apabila anda masuk dari belakang kebur Raya Cibodas.

Harga tiket : Rp. 6.000/orang

Address : Kawasan Kebun Raya Cibodas

Opening Hours : 08.00 – 17.00 WIB

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Curug Bojong Koneng

Curug ini adalah salah satu air terjun yang lokasinya cukup dekat dengan Ibu Kota Jakarta. Untuk mencapai lokasi, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi melalui tol Jagorawi dan keluar dari pintu til Sentul City kemudian masuk ke kawasan perumahan mewah, menuju keperkampungan warga yang terletak di belakang kompleks. Akses jalan menuju ke lokasi ini tidak bergitu sulit di sepanjang perjalanan wisatawan akan menikmati keindahan pemasawahan. Disini pintu masuk menuju ke curug ini juga sudah terdapat fasilitas yang cukup lengkap.

Food courts : Yes

Address : Desa Bojong Koneng, Sentul

Opening : 08.00 – 16.00 WIB

Harga Tiket Rp. 5.000/orang

Bus Parking : Yes

  1. Curug Naga

Tidak banyak yang mengetahui curug yang satu ini dikarenakan keberadaannya belum cukup terkenal. Namun, siapa sangka ternyata letak dari curug ini bersebelahan dengan curug panjang. Curug ini sangat cocok untuk para pecinta tantangan karena wisatawan perlu menyusuri sungai sepanjang 100 meter belum lagi untuk melihat keindahannya pengunjung perlu melompat dari atas curug. Untuk masuk ke lokasi tidak dikenakan biaya apapun karena biasanya wisatawan mengunjungi tempat ini sebelumnya mengunjungi curug panjang terlebih dahulu.

  1. Curug Luhur

Untuk menuju ke tempat wisata yang satu ini bisa dilewati oleh kendaraan umum dan pribadi. Akses jalan menuju ke lokasi cukup mudah. Curug ini berada di Kecamatan Ciomas, Bogor. Keunggulan dari curug ini yaitu mempunyai tebing yang cukup tinggi sekali sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

  1. Curug Cikaracak

Disamping pemandangan yang sangat indah dan juga alami, curug ini juga memiliki 2 curug yang tingginya 40 meter dan 20 meter dengan aliran yang cukup deras dan air yang jernih. Curug ini masuk ke dalam kawan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Jadi untuk fasilitas terdapat di pintu gerbannya dan tiket masuknya juga disesuaikan.

  1. Curug Cibereum

Butuh perjuangan yang sangat ekstra apabila anda akan mengunjungi curug yang satu ini dikarenakan pengunjung harus melakukan trekking selama kurang lebi 1.5 jam dengan menempuh medan jalan berbatu serta menanjak. Namun, rasa lelah tersebut akan terobati dengan indahnya air terjun cibereum terdapat 3 air terjun  yang berjejer dengan latar belakang tebing tinggi yang akan membuat mata anda terpana.

Itulah 15 curug di Bogor berikut kesulitannya. Di tempat-tempat tersebut tentunya terdapat beberapa fasilitas namun pastikan untuk perihal makanan dan minuman sebaiknya anda membawa sendiri saja karena ditakutkan warung-warung di tempat tersebut tidak lengkap. Selamat berlibur!