15 Tempat Kemping di Bandung yang Paling Populer

0
79

Kemping atau berkemah merupakan salah satu kegiatan paling seru untuk dilakukan. Kemping juga menjadi momen yang tepat untuk bonding. Ada banyak tempat camping di Bandung yang bisa dipilih untuk mengisi waktu libur anda. Mengapa memilih Bandung? Ini karena mayoritas daerah di Bandung lebih ideal untuk berkemah. Ada banyak spot-spot seru untuk dijelajahi selama berkemah tentunya dengan pemandangan super keren sebagai backgroudnya.

Rekomendasi tempat yang ideal untuk camping di Bandung

Di Bandung, sudah ada beberapa spot khusus yang ditujukan untuk kegiatan berkemah. Mulai dari kemping yang simple dimana anda harus membangun tenda sendiri, sampai glamping atau glamour camping dimana anda bisa menikmati kemping dengan fasilitas yang lebih mewah dan sudah disediakan oleh pemilik tempat. Berikut 15 rekomendasi tempat kemping di Bandung untuk anda coba:

  1. The Lodge Maribaya Lembang

Lembang memang sudah terkenal sebagai bagian dari Bandung yang menjadi pusat pariwisata. Disini juga, anda bisa melakukan aktifitas berkemah yang seru. Selain disediakan area lapang untuk berkemah, disini juga tersedia berbagai wahana yang seru untuk dicoba seperti salah satunya Rumah Pohon, Sky Swing, serta Sepeda. Tiket masuk ke The Lodge Maribaya Lembang ini sebesar RP 15.000/orang. Sedangkan sewa tenda bervariasi mulai dari Rp500.000-1.000.000. Ia berlokasi di Jl. Maribaya No. 149/252, Babakan Gentong, Cibodas, Lembang, Bandung.

  1. Ranca Upas Ciwidey

Disini juga disediakan area yang luas untuk berkemah. Selain itu, tempat ini juga merupakan pusat penangkaran rusa di Bandung. Sehingga selain berkemah, anda juga bisa melihat dan berinteraksi dengan rusa-rusa. Harga tiket masuknya RP 10.000/orang. Sedangkan untuk sewa tenda dibanderol dengan harga sekitar Rp150.000-350.000. Alamatnya sendiri ada di Jl. Raya Ciwidey-Patenggang KM11, Ciwidey, Bandung.

  1. Grafika Cikole Lembang

Disini pengunjung tidak perlu mendaki untuk sampai diarea perkemahan karena lokasinya sendiri dekat dengan jalan raya. Anda nantinya dapat membangun tenda ditengah hutan pinus yang asri. Disini juga tersedia fasilitas outbond yang patut dicoba. Untuk tiket masuknya seharga Rp15.000/orang. Sedangkan untuk menyewa peralatan kemping seperti tenda anda harus membayar sekitar Rp450.000/tenda yang cukup untuk kapasitas 4 orang. Grafika Cikole beralamat di Jl. Raya Tangkuban Parahu KM8, desa Cikole, Lembang, Bandung Barat.

  1. D’ Camp Bandung
Info Lainnya:  KEISTIMEWAAN TAMAN HUTAN RAYA IR. H. DJUANDA

D’Camp memiliki nama lain Cibodas Alam Madani Park. Disini tersedia fasilitas lengkap untuk melakukan kegiatan perkemahan termasuk outbond. Tidak hanya untuk keluarga dan anak sekolah saja. Tempat ini juga cocok untuk diguankan sebagai arena berkemahnya rombongan karyawan. Anda hanya harus membayar sekitar Rp100.000-250.000 untuk bisa berkemah dan menikmati fasilitas outbondnya.

  1. Glamping Legok Kondang Lodge

Disini disediakan fasilitas glamping atau kemping mewah. Disini, anda akan diajak untuk berkemah dengan suasana dan tema Padang Pasir Sahara. Namun, semua fasilitas kemping disini sudah setaraf hotel bintang lima. Untuk bisa kemping disini, anda harus membayar sekitar Rp1000.000-3.000.000. Harga tergantung jenis paket dan fasilitas yang dipilih. Tempat ini berlokasi di Jl. Raya Ciwidey-Patenggang KM39, Ciwidey, Bandung.

  1. Dusun Bambu

Pasti anda langsung teringat akan tempat makan khas Sunda jika mendengar Dusun Bambu. Memang benar ini merupakan resto yang menyediakan fasilitas makan seperti sangkar burung. Namun tidak hanya itu, ini juga merupakan tempat camping di Bandung yang menyediakan fasilitas glamping. Untuk tiket masuknya dibanderol sebesar Rp15.000/orang. Namun untuk bisa menikmati glamping, anda harus membayar sekitar Rp1.700.000-3.700.000. Alamatnya di Jl. Kolonel Matsuri KM11, Kertawangi Cisarua, Lembang, Bandung Barat.

  1. Puncak Bintang Bandung

Disini tersedia fasilitas untuk berkemah yang ideal untuk menghabiskan waktu liburan anda dan keluarga. Tidak hanya itu, disini anda juga bisa menikmati keindahan pemandangan puncak bintang. Bahkan maskot Bintang Puncak bisa jelas terlihat dari Tebing Keraton. Untuk tiket masuk menuju Tebing Keraton, anda akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000/orang. Sedangkan jika ingin masuk ke area kemping anda harus membayar Rp15.000/orang. Untuk biaya sewa tenda dan peralatannya mulai dari Rp150.000-250.000. Alamatnya sendiri ada di Cimenyan, Bandung.

  1. Pine Forest Lembang

Seperti namanya, ini merupakan area hutan pinus yang indah di Bandung yang menyediakan fasilitas untuk melakukan kegiatan perkemahan. Lokasinya sendiri cukup dekat dengan The Lodge Maribaya. Disini, sering diadakan api unggun yang keren ketika perkemahan berlangsung. Untuk bisa kemping disini, anda harus membayar sekitar Rp150.000. Dengan biaya yang murah, anda sudah bisa menyewa perlengkapan kemah lengkap termasuk tenda, kursi lipat, sleeping bag, dll. Jika anda ingin kemping dalam jumlah yang banyak, maka bisa menyewa camping ground secara eksklusif dengan biaya Rp3.000-000-5.000.000. Ini cukup untuk menampung 100 orang peserta. Disini juga tersedia fasilitas outbond untuk dinikmati selama perkemahan berlangsung. Alamatnya sendiri ada di Jl. Maribaya Timur, kampung Cibeunying, Cibodas, Lembang, Bandung Barat.

  1. Ciwangun Indah Camp
Info Lainnya:  Menguak Misteri Leuweung Sancang Garut Yang Eksotis

Tempat berkemah selanjutnya di Bandung ialah Ciwangun Indah Camp. Disini juga tersedia fasilitas outbond yang seru dan menantang. Mayoritas peserta kemping disini ialah pelajar dan karyawan. Untuk bisa kemping disini, anda harus membayar biaya sewa sebesar Rp500.000-1.000.000. Ada berbagai camping ground yang bisa dipilih misalnya saja area yang lebih dekat dengan danau. Untuk tiket masuknya sendiri Rp10.000/orang. Untuk paket outbond dibanderol seharga Rp110.000. Jika ingin paket  outbond dan menginap maka anda harus membayar sebesar Rp400.000. Lokasinya berada di Jl. Kolonel Matsuri, Ciwangun, Cihanjuang, Rahayu, Parongpong, Bandung Barat.

  1. Bale Bambu Adventure Bandung

Ini salah satu tempat camping di Bandung yang termurah. Sehingga anda yang ingin kemping dengan budget terbatas bisa langsung datang kesini. Harga sewa area camping termasuk peralatannya hanya sebesar Rp200.000. Ini sudah etrmasuk sleeping bag, fasilitas api unggun dan makan. Ini cocok untuk digunakan sebagai area kemping untuk para pelajar dan mahasiswa. Alamatnya sendiri ada di Jl. Raya Soreang-Ciwidey KM23, Bandung.

  1. Batu Kuda

Ini merupakan tempat kemping di Bandung yang ramah anak. Sehingga cocok untuk kegiatan kemping bersama keluarga besar. Disini, anda bisa berkemah diantara hutan pinus yang indah. Untuk fasilitas seperti toilet, tempat ibadah dan warung yang menjajakan makanan sudah lengkap disini. Untuk biaya tiket masuknya sendiri hanya Rp10.000/orang. Alamatnya sendiri ada di desa Cibiru, kecamatan Cileunyi, Bandung. Batu Kuda ini letaknya ada di kaki Gunung Manglayang.

  1. Situ Cisanti

Situ Cisanti merupakan danau buatan yang sekaligus menjadi tempat penampungan air dari 7 mata air sungai Citarum. Selain menikmati suasana sejuk, anda juga bisa melakukan ekgiatan perkemahan diarea dekat danau. Harga tiket masuknya sendiri hanya Rp10.000/orang. Untuk melakukan aktifitas perkemahan, anda bisa membawa sendiri peralatannya agar lebih hemat. Untuk fasilitasnya sendiri tergolong lengkap mulai dari toilet sampai tempat ibadah.

  1. Gunung Putri, Lembang
Info Lainnya:  Curug Dengdeng: Surga Indah Yang Tersembunyi Di Daerah Selatan Kab Cianjur

Bagi anda yang suka petualangan dan tantangan maka harus mencoba kemping di Gunung Putri. Sebelumnya, anda harus mendaki agar bisa sampai dilokasi perkemahan. Namun semua akan terbayar ketika sampai dilokasi. Terlebih dimalam hari anda bisa menyaksikan keindahan kota Bandung dari ketinggian. Tiket masuknya sebesar Rp10.000/orang. Sedangkan untuk berkemah anda harus membayar biaya retribusi sebesar Rp20.000.

  1. Oray Tapa

Disini anda bisa melakukan kegiatan perkemahan. Bahkan areanya sendiri aman untuk anda membawa serta anak-anak. Namun selain untuk berkemah, ini juga menjadi area favorit bagi para penyuka motor trail serta sepeda gunung. Harga tiket masuk menuju area kemping sebesar Rp10.000/orang. Fasilitasnya memang tidak selengkap di area kemping lain. Namun ini bisa jadi alternatif untuk anda yang ingin berkemah dengan biaya terbatas. Alamatnya sendiri ada di kawasan Sindang Laya, Bandung Timur.

  1. Curug Cipanas Nagrak

Ini sebenarnya merupakan tempat pemandian air panas alami yang dibangun warga sekitar dan masih tergolong baru. Air panas yang ada disini bersumber dari mata air Gunung Tangkuban Parahu. Tempat ini juga sekaligus sebagai area camping di Bandung yang aman untuk anak-anak. Namun anda harus membawa sendiri peralatannya. Harga tiket masuknya yaitu Rp5.000 untuk anak-anak dan Rp10.000 untuk dewasa. Sedangkan harga sewa tempat untuk kemah sebesar Rp35.000. Alamatnya ada di Jl. Kolonel Matsuri, Nagrak Kulon, Lembang, Bandung.