15 Tempat Wisata di Kota Batu Malang Popular Tahun 2019

0
63

Kota Batu memang merupakan salah satu destinasi wisata terfavorit di Jawa Timur. Berwisata ke Malang tidak lengkap rasanya jika tidak mampir ke Kota Batu. Terlebih semakin banyak destinasi wisata terbaru yang cocok untuk dijadikan tempat berlibur bagi keluarga. Industri pariwisata di Kota Batu memang terbilang cukup pesat. Terbukti dengan banyak dibangunnya objek-objek wisata kekinian untuk memenuhi kebutuhan wisata keluarga Indonesia khususnya.

Pilihan destinasi wisata Batu Malang

Berikut informasi mengenai 15 destinasi wisata pilihan di Kota Batu Malang yang bisa anda jadikan referensi untuk merencanakan jadwal liburan selanjutnya:

  1. Alun-Alun Kota Batu

Alun-Alun menjadi ikon suatu kota, begitu pun dengan Alun-Alun Kota Batu. Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Alun-Alun Kota Batu ialah pada malam hari. Ada banyak hal menarik untuk dinikmati selama berwisata kesini seperti salah satunya air mancur yang indah. Di lokasi air mancur ini juga seringkali menjadi tempat singgah kawanan burung merpati. Untuk wisata keluarga, Alun-Alun Kota Batu sangat cocok karena disini juga terdapat wahana bianglala yang bisa dinaiki dengan harga yang murah plus playground yang aman untuk bermain anak. Sehingga tepat jika membawa serta keluarga besar khususnya anak-anak.

  1. Eco Green Park

Bagi anda yang ingin berwisata ke lokasi yang juga menyajikan wahana edukasi bagi pengunjungnya maka Eco Green Park menjadi destinasi yang tepat di Kota Batu. Ada beragam keseruan yang bisa dinikmati selama berwisata ke tempat ini. Lokasinya sendiri berada di Jl. Ora Ora Oro Ombo No. 9A. Ia masih bersebelahan dengan Batu Secret Zoo. Ada sekitar 35 wahana edukasi di objek wisata ini yang bisa dinikmati. Eco Green Park ini mengusung konsep wisata yang mengedukasi pengunjungnya untuk lebih mengenal lingkungan.

  1. Taman Selecta Batu

Taman ini dibangun sejak tahun 1930 yaitu saat masa penjajahan Belanda di Indonesia. Taman ini memiliki luas sekitar 18 hektar. Didalamnya terdapat berbagai macam tanaman. Namun selain itu, taman ini juga terbagi menjadi empat bagian yaitu kebun, taman rekreasi, restoran, dan hotel. Bisa dikatakan ini merupakan destinasi wisata yang lengkap yang bisa anda kunjungi. Fasilitas pendukung juga tersedia mulai dari fasilitas outbond, arena jogging, sampai kolam renang.

  1. Coban Putri
Info Lainnya:  Wisata Di Magelang Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Coban atau air terjun memang banyak ditemukan di Kota Batu dan Malang. Salah satu spot air terjun popular ialah Coban Putri. Di objek wisata Batu Malang ini anda dapat menikmati indahnya air terjun hanya dengan tiket masuk sebesar Rp 8.000 saja. Disamping menikmati air terjun dan suasana asri di sekelilingnya, anda juga dapat berfoto di berbagai spot terbaik disekitar air terjun. Salah satunya ialah viewpoint dimana anda bisa berfoto dengan pemandangan hijaunya pepohonan sebagai backgroundnya. Dari pusat Kota Batu, lokasi bisa ditempuh dalam waktu sekitar 25 menitan saja.

  1. Museum Angkut

Ini merupakan lokasi wisata unik dan ikonik di Kota Batu. Ini bukan sekedar museum biasa karena disini ada berbagai jenis kendaraan dari berbagai negara didunia. Ini juga menjadi destinasi wisata edukasi yang cocok untuk keluarga yang membawa serta anak-anak. Mulai dari mobil antik sampai mobil mewah ada di museum ini. Bahkan mobil Presiden Soekarno juga ada disini. Lokasinya sendiri berada di Jl. Terusan Sultan Agung Atas No. 2. Yang membuat museum ini lebih menarik ialah fakta bahwa ini merupakan museum pertama di Asia Tenggara dengan konsep transportasi seperti ini.

  1. Inggil Museum Resto

di Kota Batu, anda juga bias berwisata kuliner ditempat popular yaitu di Inggil Museum Resto. Ia berlokasi di Jl. Gajahmada No. 4, Malang. Selain menikmati sajian kuliner lezat khas Jawa Timur, anda juga akan disuguhkan dengan pertunjukan seni. Kemudian, disini juga terdapat koleksi barang-barang antik yang bisa dilihat para pengunjung. Museum ini memiliki aspek edukasi bagi para pengunjungnya terlebih dalam memperkenalkan seni kebudayaan Indonesia.

  1. Batu Wonderland

Destinasi wisata di Kota Batu selanjutnya ialah Batu Wonderland.  Ini merupakan wahana taman air yang popular di Kota Batu dan Malang. Lokasinya sendiri berada di Jl. Imam Bonjol No. 9. Lokasinya ini tidak jauh dari Alun-Alun Kota Batu sehingga sangat mudah dijangkau. Sedangkan dari Kota Malang, lokasinya juga hanya berjarak 20km saja. Disini tersedia kolam renang dengan berbagai ukuran mulai dari kolam renang untuk dewasa sampai kolam renang untuk anak-anak. Fasilitasnya pun lengkap mulai dari lahan parker yang luas, toilet, food court dan lain-lain.

  1. Pura Giri Arjuno
Info Lainnya:  Pesona Alam Taman Nasional Komodo

Berwisata religi juga seru untuk dilakukan terlebih ke destinasi wisata popular seperti Pura Giri Arjuno. Pura ini memiliki desain arsitektur yang unik dan menawan. Ini juga merupakan lokasi untuk ibadah umat Hindu. Anda juga dapat menemukan berbagai spot foto cantik yang instagrammable. Tidak hanya puranya sendiri yang menarik wisatawan. Gunung Arjuno yang menjadi background pemandangan dilokasi pun menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

  1. Taman Langit Gunung Banyak

Bagi anda yang suka dengan nuansa sejuk dan damai pegunungan, maka berwisata ke Taman Langit Gunung Banyak menjadi pilihan yang tepat. Disini, anda bisa nongkrong di kabin diatas ketinggian bukit sambil disuguhkan dengan pemandangan hutan yang rimbun dan meneyejukan. Jika berkunjung d iwaktu yang tepat, maka akan ada kabut tipis yang menyelimuti sekitar lokasi yang membuat suasana menjadi semakin dramatis. Ada banyak spot foto yang bisa ditemukan disini. Lokasinya sendiri berada di Jl. Gunung Banyak, desa Songgokerto, kecamatan Batu, Kota Batu.

  1. Omah Kayu

Salah satu destinasi terpopuler di Kota Batu Malang tidak lain adalah Omah Kayu. Disini, anda bisa bersantai disalah satu kabin yang dibangun diatas pohon. Dengan begitu, anda dapat melihat pemandangan langsung Kota Batu yang indah dari ketinggian. Anda juga bisa menyewa kabin untuk menginap di lokasi. Objek wisata Batu Malang ini beralamat di Jl. Gunung Banyak, desa Somggokerto, kecamatan Batu, Kota Batu. Dari pusat Kota Batu, ia hanya berjarak sekitar 9,9 kilometer saja.

  1. Batu Paralayang

Anda yang suka berwisata sambil memacu adrenalin dan menguji keberanian maka harus mencoba Batu Paralayang yang lokasinya juga tidak jauh dari Omah Kayu. Sehingga anda bisa berkunjung ke beberapa objek wisata sekaligus dalam sehari. Dari pusat Kota Batu, ia bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit saja. Biaya untuk bermain paralayang mulai dari Rp 350.000-600.000/paket. Harga tersebut sangat sebanding dengan pengalaman dan keseruan yang diperoleh.

  1. Coban Rais

Satu lagi destinasi wisata alam air terjun yang layak untuk dikunjungi di Kota Batu Malang, Coban Rais. Lokasinya berada di dusun Dresel, desa Oro-Oro Ombo, kecamatan Batu, Kota Batu. Disini anda dapat menikmati indahnya aliran air terjun. Ada berbagai aktifitas seru yang bisa dilakukan disini mulai dari berenang di kolam yang berasal dari aliran air terjun, sampai berendam dan berfoto. Untuk berfoto sendiri ada spot yang hits di lokasi Coban Rais ini yaitu viewpoint yang dibangun diatas pohon dengan bentuk hati. Sehingga dapat diambil hasil foto yang cantik dan instagrammable. Dari pusat Kota Batu, ia hanya berjarak sekitar 7 kilometer.

  1. Batu Flower Garden
Info Lainnya:  Wisata Di Malaysia Yang Bisa Menjadi Pilihan Anda!

Ini merupakan destinasi wisata sekaligus tempat nongkrong yang popular di Kota Batu. Lokasinya yang berada di lereng bukit membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata yang ikonik. Destinasi wisata ini didesain seolah seperti di wonderland. Ada beberapa gazebo disekitar lokasi yang bisa dijadikan sebagai spot untuk menikmati pemandangan ataupun  menikmati makanan. Ada juga panggung yang dibuat menempel dengan pohon untuk dijadikan spot foto terbaik. Bahkan ada juga spot foto dengan tema musik berbentuk hati yang menjadi lokasi favorit wisatawan untuk berselfie.

  1. Pemandian Air Panas cangar

Lelah jalan-jalan selama berwisata di Kota Batu, anda bisa berelaksasi di pemandian air panas Cangar. Lokasinya sendiri ada di desa Cangar, kecamatan Bumiaji, Batu. Disini terdapat kolam pemandian dengan air panas yang bersumber langsung dari gunung. Anda juga tidak perlu khawatir dengan kebersihan air disini. Selain itu, air panas disini mengandung belerang dan mineral yang tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan dan menghilangkan pegal. Hanya dengan biaya sebesar Rp 5.000/orang, anda sudah bisa mandi dan berendam dikolam pemandian air panas ini sepuasnya.

  1. Agrowisata Petik Buah Bumiaji

Di Kota Batu juga ada wisata petik buah yang berlokasi dikecamatan Bumiaji. Disini, anda bisa memetik berbagai jenis buah mulai dari buah apel yang menjadi ikon kota Malang, sampai memetik berbagai jenis bunga. Ini merupakan destinasi wisata Batu Malang yang cocok untuk mengajak serta keluarga besar terutama anak-anak. Buah yang dipetik pun bisa dibeli dan dibawa pulang. Dengan begitu, anda dan keluarga bisa menikmati aneka buah segar yang dipetik langsung dari pohonnya.