20 Destinasi Wisata Mojokerto Yang Wajib Anda Kunjungi

0
8

Mojokerto adalah salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Kabupaten tersebut menawarkan sejuta keindahan alamnya yang masih asri bahkan ada yang tersembunyi, jadi masih banyak orang – orang yang belum mengetahui tentang keindahan alamnya. Dimulai dari wisata candi, wisata sejarah, spot untuk berfoto, wisata alam air terjun dan lain – lain. Nah, buat kalian yang mau berencana liburan ke Mojokerto, tidak usah khawatir soal keindahan alamnya, Wisata Mojokerto banyak sekali pilihannya untuk dikunjungi. Bahkan Kabupaten Mojokerto pun mempunyai tempat – tempat wisata yang cukup menarik dibandingkan dengan Kabupaten – Kabupaten lainnya di Jawa Timur. Berikut daftar tempat Wisata Mojokerto yang wajib kamu kunjungi.

  1. Candi Bajang Ratu

Lokasinya berada di Desa Temon, Kecamatan Trowulan. Candi ini fasilitasnya cukup lengkap dan memiliki taman yang cukup luas, sehingga pengunjung akan nyaman saat berada di tempat ini. Candi Bajang Ratu cocok sebagai objek untuk foto – foto atau selfie.

  1. Museum Trowulan

Seperti dengan Kabupaten Temanggung, di Trowulan juga terdapat wisata museum yaitu Museum Trowulan yang terletak di Desa Trowulan, Kecamatan Mojokerto. Museum ini mempunyai beberapa koleksi barang atau benda peninggalan pada masa zaman maja pahit. Selain itu, museum ini juga menyimpan benda bersejarah peninggalan kerajaan kediri, kerajaan singasari, dan kerajaan kahuripan.

  1. Museum Balai Pelestarian Purbakala

Salah satu wisata mojokerto yang pertama yaitu museum purbakala. Sesuai namanya, tempat ini adalah sebuah tempat pelestarian beberapa macam peninggalan benda – benda pada zaman purbakala. Museum ini terletak di Jalan Mojopahit No.141-143, Trowulan Mojokerto. Bahkan masih ada tempat sejarah lainnya di Mojokerto yang unik dan menarik, yaitu salah satu situs kedaton yang lokasinya di Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan. Di tempat ini, kamu dapat melihat beberapa komplek yang tersisa yaitu sebuah bangunan kuno zaman dahulu yang terbuat dari cetakan batu bata merah dan batu tersebut adalah sisa peninggalan pada zaman kerajaan majapahit.

  1. Candi Wrangin Lawang
Info Lainnya:  Gedung Merdeka: Wisata Sejarah Bandung yang Wajib Anda Ketahui

Setelah melakukan perjalanan wisata sejarah di Kecamatan Triwulan, ada baiknya mampir lagi ke candi Wringan, merupakan sebuah candi peninggalan kerajaan majapahit yang terletak di Kecamatan Trowulan. Candi ini sangat cocok bila berkunjung bersama keluarga. Lokasinya dtepat di Desa Jati Pasar.

  1. Kolam Segaran

Setelah berkunjung ke situs candi yang banyak tentang sejarahnya, sebaiknya kamu melanjutkan perjalanan untuk berwisata ke kolam segaran. Lokasinya tidak jauh dari Kecamatan Trowulan. Kolam ini cukup luas dan kola mini juga peninggalan zaman kerajaan majapahit, bahkan kolam segaran ini juga merupakan salah satu kolam kuno terbesar di Indonesia.

  1. Maha Vihara Mojopahit

Terletak di Jalan Raya Trowulan, Bejijong, Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

  1. Puncak Jengger

Terletak di Desa Jatirejo, Mojokerto, Jawa Timur.

  1. Patung Budha Tidur

Terletak di Jalan Raya Trowulan, Bejijong, Trowulan, Majokerto.

  1. Gunung Penanggungan

Terletak di Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur.

  1. Kampung Majapahit

Terletak di Jalan Candi Brahu No.25, Bejijong, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur.

  1. Candi Jolotundo

Terletak di Seloliman, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur.

  1. Candi Brahu

Terletak di Kejagan, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur.

  1. Candi Jedong

Terletak di Wotanmasjedong, ngoro, Mojokerto, Jawa Timur.

  1. Candi Bangkal

Terletak di Candiharjo, Ngoro, Mojoketo, Jawa Timur.

  1. Museum Sanggar Gubug

Terletak di Jalan Kartini No.23, Seduri, Mojosari, Mojokerto, Jawa Timur.

  1. Kolam Pemandian Air Panas Padusan

Terletak di Padusan, Mojokerto, Jawa Timur.