20 Tempat Wisata Berhawa Sejuk Di Sekitar Semarang Bandungan Dan Ungaran Yang Bisa Bikin Hati Tambah Adem

0
43

Saat anda berkunjung ke Kota Semarang terutama pada saat berkunjung ke Kota Bandungan dan Ungaran rasanya tidak akan lengkap jika anda belum mengunjungi 20 tempat wisata berhawa sejuk di sekitar Semarang Bandungan dan Ungaran yang bisa bikin hati tambah adem yang akan kita bahas pada ulasan berikut ini.

Inilah 20 Tempat Wisata Berhawa Sejuk Di Sekitar Semarang Bandungan Dan Ungaran

Saat musim liburan telah tiba, tentunya kota-kota yang memiliki banyak sekali tempat wisata akan ramai dikunjungi oleh para wistawan, seperti halnya dnegan Kota Semarang dimana saat musim liburan tiba Kota Semarang menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang ramai dikunjugi. Berikut 20 tempat wisata berhawa sejuk di sekitar Semarang Bandungan dan Ungaran yang bisa membuat hati menjadi tambah adem :

  1. Mawar Camp Area Ungaran

Tempat wisata yang berhawa sejuk berikutnya datang di sebuah Kota bernama Ungaran. Mawar Camp Area merupakan sebuah pemukiman yang memiliki udara sejuk yang sangat pas dikunjungi oleh anda bersama dengan keluarga, teman ataupun orang terdekat. Salah satu destinasi wisata yang paling banyak diminati di tempat wisata ini yaitu Camping Groundnya. Fasilitas yang disediakan di tempat ini juga cukup lengkap mulai dari Taman Mini, kamar mandi, warung kelontong, masjid dan penyewaan alat untuk berkemah. Apabila anda berminat untuk berkunjung ke objek wisata ini alangkah lebih baiknya jika anda menggunakan kendaraan pribadi, anda tidak perlu khawatir karena pihak pengelola juga menyediakan area parkir yang cukup luas dan dikelola dengan baik.

Address : Dusun Kluwihan, Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Harga Tiket :

  • Sewa Tenda Rp. 45.000 per malam
  • Sewa Sleeping Bag Rp. 8.000 per malam
  • Sewa Matras Rp. 5.000 per malam

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Opening Hours : 24 jam

  1. Taman Bunga Celosia Bandungan

Objek wisata berhawa sejuk yang akan membuat hati tambah adem pertama yaitu Taman Bunga Celosia Bandungan. Untuk menuju ke tempat wisata ini tentunya tidak cukup rumit karena area tempat wisata Taman Bunga Celosia Bandungan ini searah dengan ruyte menuju ke objek wisata Candi Gedong Songo. Salah satu yang menjadi daya tarik dari taman ini yaitu terdapat banyak sekali spot foto yang ditawarkan sehingga akan membuat para wisatawan antusias untuk melakukan swafoto. Area spot foto tersebut seperti replika Patung Merlion, Menara Eiffel, Kincir Angin dan area taman bunga warna-warni yang sangat cantik. Tidak hanya itu saja para pengujung juga bisa menikmati udara segar dan sejuk. Saat anda berkunjung ke tempat wisata ini pastikan anda membawa kamera dengan kualitas terbaik karena spot-spot foto yang menarik dan tak kalah bagusnya menanti anda.

Tiket Masuk : Rp. 10.000 per orang

Opening Hours : 08.00 – 18.00

Address : Jalan Wisata Gedong Songo KM 05, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

Food Courts : Yes

Bus Parking : Yes

  1. Gedong Pass (G-Pass)

Nah, tempat wisata berhawa sejuk di sekitar Semarang yang tidak boleh dilewatkan berikutnya adalah Gedong Pass atau dikenal dengan G-Pass. Objek wisata ini memang masih terbilang cukup baru sehingga masih sedikit orang yang tahu. Namun, walaupun begitu tidak kalah dengan objek wisata yang ada di Semarang lainnya, saat anda berkunjung ke tempat ini anda akan melihat keindahan alam yang sangat indah sekali. Salah satu daya tarik dari tempat ini terdapatnya dek raksasa yang berbentuk seperti sebuah perahu yang bisa dijadikan sebagai salah satu spot foto dengan pemandangan alam terbuka. Selain menikmati keindahan alamnya sambil duduk di gardu pandang, pengunjung juga bisa menikmati kesegaran dari 3 air terjun yang berada tepat di lembah tempat wisata ini.

Bus Parking : No

Address : Dusun Gedong, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Semarang, Jawa Tengah

Food Courts : Yes

Harga Tiket : Suka Rela

Opening Hours : 24 Jam

  1. Agrowisata Kopeng

Kawasan  objek wisata yang satu ini juga merupakan salah satu tempat yang cukup terkenal di Semarang. Dengan harga tiket yang cukup murah, pengunjung bisa menikmati pemandangan yang sangat menarik serta berkesempatan untuk memetik buah jambu biji kristal yang merupakan salah satu tanaman utama yang ditanam oleh penduduk asli Kopeng. Saat anda berkunjung ke tempat wisata ini pastinya anda wajib menyempatkan diri untuk berswafoto di sebuah Menara Pandang yang baru saja dibangun. Lokasi tempat wisata juga cukup mudah, selain berswafoto disini juga terdapat taman bunga dengan menara kudus yang terbuat dari bambu. Anda juga bisa menikmati keindahan gunung-gunung yang berjejer seperti Gunung Gajah, Gunung Andong, Gunung Slamet, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan  Gunung Sumbing.

Harga Tiket : Rp. 15.000 per orang

Opening Hours : 24 Jam

Address : Dusun Dukuh, Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Bus Parking : No

Food Courts : Yes

  1. Pondok Wisata Umbul Sidomukti

Jika anda ingin menghabiskan liburan jauh dari jantung kota maka anda dan keluarga bisa menghabiskan liburan anda di Pondok Wisata Umbul Sidomukti. Sejuknya udara dan hawa yang segar tentunya akan anda rasakan jika berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Di tempat ini terdapat 3 kolam pemandian yang mana letaknya berada di pinggir jurang. Menikmati kesegaran atau kesejukan alam sembari berendam di kolam air bebatuan tidak hanya akan menyegarkan badan saja melainkan menyejukkan jiwa. Selain berendam, anda juga bisa menikmati beberapa wahana permainan lain seperti outbound, flying fox, jembatan jaring, repeling dan ATV. Anda juga bisa menikmati pondok kopi yang berada di kawasan tempat wisata.

Food Courts : Yes

Address : Desa Sidomukti Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

Bus Parking : Yes

Opening Hours : 24 Jam

Tiket Masuk : Rp. 8.000 – Rp. 10.000 per orang

  1. Susan Spa Dan Resorts

Saat sedang liburan, tentunya anda juga membutuhkan sedikit untuk beristirahat sejenak. Nah, salah satu tempat yang paling pas untuk anda yang ingin beristirahat sejenak yaitu Susan Spa & Resorts yang ada di Bandungan Semarang ini. Resorts ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti terdapat kolam renang air hangat yang dikenal dengan paket Spa On The Sky yang mana saat berrendam anda bisa sambil menikmati pemandangan alam serta kabut. Disini juga terdapat area terbuka yang bernama Eden Park dengan udara yang sejuk ditambah dengan pepohonan hijau tentunya akan membuat anda semakin tenang lagi. Selain itu, disini juga terdapat area bermain anak-anak seperti kebun binatang mini, disini juga terdapat area outbound. Cukup lengkap bukan? Selain itu, apabila perut anda merasa lapar, disini juga terdapat tempat makan cukup banyak yang mengusung tema kekinian banget.

Tiket Masuk : Rp. 25.000 per orang

Opening Hours : 08.00 – 22.00

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Address : Jalan Gintungan Utara, Dusun Piyoto, Jetis, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

  1. Curug Lawe Benowo

Jika anda ingin menikmati suasana yang romantis namun dengan biaya yang cukup terjangkau, Curug Lawe Benowo adalah sebuah objek wisata yang menawarkan suasana yang sangat sejuk dan romantis. Salah satu yang menjadi daya tarik dari tempat wisata yang satu ini yaitu keindahan jembatannya yang berwarna merah. Konon katanya jembatan ini dibuat sepanjang 50 meter serta berada di ketinggian kurang lebih 10 meter diatas sungai. Namun, walaupun merupakan salah satu spot foto terbaik saat anda berkunjung ke Curug Lawe benowo, tetap saja anda perlu berhati-hati saat sedang berswafoto ataupun melintas ke tempat yang satu ini tidak jauh dari jembatan merah, anda juga akan menyaksikan kesejukan dan juga keindahan curug Benowo, namun untuk sampai ke curug ini anda perlu berjalan 100 sampai 200 meter. Waktu terbaik untuk berkunjung ke objek wisata alam yang romantis ini yaitu pada saat pagi hari dan pastikan pergilah dengan kendaraan pribadi saja.

Bus Parking : No

Food Courts : Yes

Address : Desa Kasidi, Gunung Pati, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Tiket Masuk : Rp. 5.000 per orang

Jam Operasional : 08.00 – 15.00

  1. Vanaprastha Gedong Songo Park

Tempat ini terletak di Komple Candi Gedong Songo, kawasan ii menawarkan sensasi kesejukan dan kesegaran yang sungguh luar bisa yang berasal dari hutan pinus. Di tempat ini terdapat 3 rumah kayu yang berbahan kayu jati yang konon katanya sudah berumur lebih dari 100 tahun yang mana ketiga rumah tersebut diberi nama Villa Teratai, Villa Cempaka dan Villa Kenanga. Objek wisata Vanaprastha Gedong Songo Park ini sangat cocok untuk para wisatawan yang sedang penat dan ingin menikmati udara yang dingin serta sejuk.

Tiket Masuk : Rp. 8.000 per orang

Opening Hours : 08.00 – 18.00

Address : Kompleks Candi Gedong Songo, Lereng Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang.

Bus Parking : No

Food Courts : No

  1. Setiya Aji Flower Farm

Tidak hanya tempat wisata yang sudah disebutkan diatas saja, Semarang juga memiliki sebuah kawasan wisata yang bernuansa romatis sehingga sangat pas dikunjungi oleh anda yang sedang di mabuk asmara. Setiya Aji Flower Farm merupakan salah satu kawasan perkebunan bunga yang menjadi salah satu spot foto terbaik dan terromantis. Di temani dengan udara yang segar serta ragam bunga yang warna warni tentu saja bukan hanya cocok dijadikan tempat selfie saja tentu juga cocok dijadikan sebagai tempat pre-wedding.

Address : Jalan Kendalisodo, Dusun Ngasem, Desa Jetis, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

Bus Parking : Yes

Opening Hours : 07.00 – 18.00

Tiket Masuk : Rp. 7.500 per orang

Food Courts : Yes

  1. Kebun Teh Medini

Objek wisata yang satu ini terletak di Kaki Gunung Ungaran, dimana Kebun Teh Medini ini menawarkan kesejukan alam yang hampir sama dengan suasana pegunungan. Selain bisa menikmati kesejukan udara dari tepat ini, disini juga pengunjung bisa menyaksikan keindahan Gunung Ungaran yang masih hijau dan alami. Akses menuju ke tempat wisata ini cukup mudah dilalui baik itu oleh kendaraan empat ataupun roda dua. Namun, saat anda memasuki kawasan ini anda akan dikenakan biaya restribusi mulai dari Rp. 2.500 – Rp. 5.000 per orang. Yang menjadi daya tarik lain selain bisa menikmati keindahan pemandangan yang hijau, disini juga para wisatawan bisa pesona keindahan Air Terjun di Curug Lawe yang mana lokasinya tidak jauh dari Curug Benowo. Untuk bisa mencapai Curug Lawe ini para pengujung hanya membutuhkan waktu 15 sampai 20 menit dari pintu masuk dengan berjalan kaki. Waktu terbaik untuk mengunjungi objek wisata tersebut yaitu pada saat cuaca sedang cerah karena akses jalan menuju ke tempat ini jika dilalui saat musim hujan akan becek dan berlumpur.

Address : Desa Ngesrepbalong, Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Bus Parking : No

Opening Hours : 24 Jam

Tiket Masuk : Rp. 2.500 – Rp. 5.000 per orang

Food Courts : Yes

  1. Dusun Nglarangan Bandungan

Tempat wisata yang satu ini tidak jauh dari kawasan wisata Candi Gedong Songo. Apabila anda ingin menikmati suasana seperti di pedesaan objek wisata yang satu ini sangat cocok untuk anda. Dusun Ngalarangan Bandungan merupakan sebuah dusun yang berada di Nglarangan, Bandungan. Dusun ini dijadikan sebagai tempat destinasi pilihan banyak orang yang sangat ingin menikmati suasana pedesaan. Selain menikmati suasana pedesaan, disini juga para pengunjung bisa berswafoto bersama dengan kuda-kuda peliharaan warga asli Nglarangan, Badungan.

Tiket Masuk : Gratis

Opening Hours : –

Address : Dusun Ngalarangan, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

Bus Parking : No

Food Courts : No

  1. Desa Wisata Sepakung

Bagi para wisatawan yang ingin menikmati udara segar di kawasan perbukitan, Desa Wisata Sepakung bisa menjadi jawabannya. Di objek wisata yang satu ini anda bisa menikmati keindahan Gunung Ungaran dan Gunung Merbabu. Selain memanjakan mata dengan keindahan alamnya, disini juga terdapat berbagai fasilitas yang bisa anda nikmati seperti gardu pandang, sepeda layang dan ayunan. Untuk sampai ke objek wisata Desa Wisata Sepaking hal pertama yang anda butuhkan adalah stamina yang bugar dan juga fit hal ini dikarenakan dari pintu masuk anda harus melewati kurang lebih 98 anak tangga kemudian berjalan kaki sejauh 200 meter yang mana kemiringannya mencapai 40 derajat. Perjalanan yang sangat melelahkan memang, namun rasa lelah tersebut akan hilang seketika saat anda melihat pemandangan yang sangat indah. Disini juga anda bisa bermalam karena  sekarang sudah terdapat homestay dengan biaya sewa semalam berkisar antara Rp. 100.000.

Address : Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Opening Hours :

  • Senin – Jum’at 08.00 – 18.00
  • Sabtu – Minggu 24 Jam

Tiket Masuk : Rp. 3.000 per orang

Food Courts : Yes

Bus Parking : Yes

  1. Wisata Alam Bantir Hills

Tempat ini menawarkan area perbukitan yang dilatar belakangi dengan deretan pepohonan hijau yang sangat rindang. Bantir Hills menjadi salah satu tempat wisata di Kota Semarang yang banyak sekali dikunjungi oleh kaum mudah mudi di Kota yang berjuluk Venesia dari timur ini. Saat berkunjung ketempat wisata ini, para wisatawan bisa menikmati dan memuaskan keinginan berselfie atau berfoto di rumah pohon dengan latar belakang keindahan alam yang masih alami. Walaupun objek wisata yang satu ini masih dalam tahap pembangunan, namun tetap saja Bantir Hills menjadi salah satu objek wisata yang banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan dan juga tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan saat anda berada di Semarang.

Tiket Masuk : Rp. 5.000 per orang

Opening Hours : Senin – Minggu, pukul 08.00 – 17.00

Address : Jalan Bantir, Desa Losari, Kecamatan Sumowono

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Wana Wisata Curug Semirang

Nah, sedangkan tempat wisata berhawa sejuk di sekitar Semarang berikutnya yaitu Wana Wisata Curug Semirang. Objek wisata yang satu ini dikelola oleh Perum Perhutani yang mana luas dari area yaitu sekitar 10 hektar dengan ketinggian air terjun kurang lebih 45 meter. Saat berkunjung ke tempat wisata yang satu ini anda akan disuguhkan dengan pemandangan cantik nan indah dari air terjun. Salah satu hal yang banyak sekali dicari dari tempat ini yaitu keberadaan kupu-kupu lima warna yang akan dilihat oleh para wisatawan yang beruntung saja. Namun, walaupun memiliki pesona alam yang sangat indah, untuk menuju ke lokasi wisata anda membutuhkan stamina yang kuat dan harus berhati-hati karena akses menuju ke lokasi sangat ekstrem dimana jalannya licin dan bebatuan. Perlu diingatkan lagi, apabila anda berminat untuk berkunjung ke curug ini alangkah lebih baiknya jika anda menggunakan kendaraan pribadi baik itu roda dua maupun roda empat. Namun, kendaraan anda tidak akan di bawa sampai ke tempat lokasi melainkan akan diparkirkan di pintu masuk selebihnya untuk sampai ke lokasi anda harus berjalan kaki sejauh 1 kilometer.

Bus Parking : No

Food Courts : Yes

Address : Dusun Gintungan, Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

Opening Hours : –

Tiket Masuk : Rp. 6.000 per orang

  1. Candi Gedong Songo

Objek wisata ini berada di kawasan lereng Gunung Ungaran yang membuat candi ini jadi candi tertinggi di Indonesia. Yang menjadi daya tarik dari tempat wisata yang satu ini yaitu suasana candinya pada saat pagi hari. Perpaduan dari indahnya pemandangan hutan yang masih alami, bangunan candi yang kental dengan budayanya dan indahnya pegunungan tentunya akan membuat para pengunjung ingin berlama-lama duduk santai di tempat ini. Jika anda ingin lebih puas lagi menjelajah tempat ini anda bisa menyewa kuda untuk menjelajahinya. Selain itu, disini juga terdapat kolam pemandian air panas alami, jadi tidak ada salahnya setelah anda cape beraktivitas berkeliling komplek candi anda bisa bersantai sejenak dengan berrendam di kolam pemandian air panas.

Address : Kelurahan Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Opening Hours : 06.00 – 17.00

Tiket Masuk : Rp. 6.000 – Rp 7.500 per orang dan untuk menyewa kuda sebesar Rp. 80.000

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. I’am Pelgading Homeland

Jika anda ingin merasakan suasana yang tenang dan udara yang sejuk, I’am Pelgading Homeland adalah salah satu objek wisata cukup terkenal di Kota Semarang. Di tempat ini terdapat banyak sekali kawasan yang sangat cantik serta menarik untuk berfoto ria. Selain itu, disini juga para wisatawan bisa bermalam dengan membayar sewa kamar per malamnya sebesar Rp. 10.000 per malam (tempat bermalam disini berupa tenda). Jika anda ingin berkunjung ke tempat ini alangkah lebih baiknya jika menggunakan kendaraan roda dua saja karena akses jalannya belum terlalu memungkinkan untuk dilalui kendaraan roda empat apalagi bus. Saat sampai di lokasi objek wisata anda akan menemukan banyak sekali spot-spot foto menarik. Jadi, tentunya jangan lupa membawa kamera dan siapkan gaya terbaik anda.

Address : Dusun Ampelgading, Desa Kenteng, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

Bus Parking : No

Tiket Masuk Rp. 5.000 per orang

Food Courts : Yes

Opening Hours : 24 Jam

  1. Waduk Rawa Pening

Objek wisata di Semarang yang memiliki hawa yang sejuk berikutnya yaitu Waduk Rawa Pening. Objek wisata yang satu ini merupakan salah satu danau alami dengan air yang sangat jernih serta bening sehingga dengan kelebihan yang dimilikinya bisa menjadi salah daya tarik dan alasan mengapa cukup banyak wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata ini. Waktu terbaik untuk menikmati objek wisata yang bisa dikatakan wisata romantis ini yaitu pada saat sore hari menjelang malam karena pada waktu tersebut udara cukup hangat dan wisatawan bisa menikmati keindahan matahari terbenam atau sunset yang terlihat sangat jelas. Maka dari itu, jika anda sedang di mabuk asmara jangan sampai melewatkan untuk berkunjung ke tempat wisata yang satu ini.

Address : Ambarawa, Semarang

Opening Hours : 24 Jam

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Tiket Masuk : Gratis

  1. New Bandungan indah Waterpark And Family Resort

Berbeda dengan tempat wisata yang sudah dijelaskan pada ulasan diatas, tempat destinasi wisata yang satu ini menyediakan fasilitas waterpark yang cukup lengkap seperti kolam renang, kolam arus, seluncuran, wahana air tumpah dan masih banyak lagi fasilitas lainnya yang bisa dipakai atau dinikmati. Selain, fasilitas diatas para pengujung juga bisa menikmati beberapa wahana bermain lainnya yang tak kalah menyenangkan dan menguji adrenalin seperti outbound serta flying fox. Disini juga terdapat beberapa arena bermain untuk anak-anak sehingga sangat juga dijadikan sebagai tempat liburan bersama keluarga. Uniknya lagi, bukan hanya menyajikan wahana-wahana bermain saja, disini tersedia penginapan yang setara dengan resorts atau hotel yang bisa di sewa untuk bermalam. Tidak lupa disini juga terdapat area memancing, cafe dan juga rumah makan yang menyajikan makanan-makanan serta minuman yang beraneka ragam.

Tiket Masuk : Rp. 15.000 – Rp. 20.000 per orang

Address : Jalan Veteran No 3, Jetis, Bandungan

Opening Hours : 24 Jam

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Bukit Cinta

Sedangkan tempat wisata alam selanjutnya ini adalah sebuah objek wisata yang berada di Banyubiru. Tempat wisata tersebut bernama Bukit Cinta yang mana tempat ini menyajikan pemandangan dengan Bukit Brawijaya yang sangat rimbun ditambah dengan Danau Rawa Pening yang luas serta jenih. Banyak sekali orang yang berkunjung ke tepat wisata ini dengan berpasangan hal ini dikarenakan tempat ini memang sangat pas untuk para insan muda yang sedang di mabuk asmara. Bukit ini berada tidak jauh dari kawasan Danau Rawa Pening, jadi jika anda kebetulan sedang berlibur ke danau tersebut tidak ada salahnya jika anda mengunjungi Bukit Cinta ini karena di atas bukit juga ada bisa menikmati keindahan danau rawa pening yang terkenal dengan air jernih dan bening ini.

Bus Parking : No

Food Courts : Yes

Address : Kebondowo, Banyubiru

Tiket Masuk : Gratis

Opening Hours : 08.00 – 18.00

  1. Wana Wisata Penggaron

Wisata berhawa sejuk di sekitar semarang bandungan dan ungaran yang bisa bikin hati tambah adem terakhir yaitu Wana Wisata Penggaron. Tempat wisata ini memiliki hutan rimbun yang sangat teduh, asri serta sejuk sehingga tidak heran tempat wisata ini menjadi salah satu tempat favorit yang banyak sekali dikunjungi oleh para wisatawan yang sangat ingin menikmati keindahan pemandangan hutan serta berkemah. Selain itu, yang menjadi daya tarik lain dari tempat wisata yang satu ini juga yaitu terdapat banyaknya jenis spesies tanaman serta pohon dan tidak lupa disini juga terdapat fauna serta berbagai jenis hewan lainnya yang rata-rata merupakan hewan unggas. Selain dijadikan sebagai tempat berkemah disini juga terdapat arena untuk outbound, flying fox dan lain sebagainya.

Address : Desa Susukan, Ungaran Timur

Bus Parking : Yes

Tiket Masuk : Rp. 5.000 per orang

Opening Hours : 24 Jam

Food Courts : Yes

Itulah 20 tempat wisata berhawa sejuk di sekitar semarang bandungan dan ungaran yang bisa bikin hati tambah adem yang tidak boleh dilewatkan. Semoga ulasan kali ini bermanfaat dan menjadi referensi untuk anda!

 

 

 

 

 

 

 

Info Lainnya:  Tempat Wisata Di Makassar Yang Wajib Dikunjungi