20 Tempat Wisata Di Jepara Yang Eksotis

0
166

Jepara adalah salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang mana Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Laut Jawa di Utara serta Barat. Wilayah Jepara ini meliputi Kepulauan Karimunjawa yang berada di Laut Jawa, Jepara sendiri merupakan Ibu Kota dari pulau yang satu ini. Selain terkenal dengan ukiran mebel yang indah hingga terkenal sampai se-Nusantara, ternyata Jepara juga terkenal dengan objek wisatanya yang sangat indah dan sayang jika dilewatkan. Tanpa menunggu lebih lama lagi berikut ini akan kami rangkum tentang 20 tempat wisata di jepara yang eksotis.

Berikut 20 Tempat Wisata Di Jepara Yang Eksotis

Saat musim liburan telah tiba, tidak heran Jepara menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan hal ini dikarenakan terdapat banyak sekali objek-objek wisata yang sangat sayang jika dilewatkan. Berikut 20 tempat wisata di Jepara yang eksotis yang wajib untuk dikunjungi :

  1. Taman Nasional Karimun Jawa Jepara

Objek wisata yang satu ini tentunya tidak asing lagi di telinga para traveler Indonesia. Tempat wisata Taman Nasional Karimun Jawa Jepara merupakan salah satu objek wisata yang paling terkenal di Jepara karena keindahan alamnya, keeksotisan bawah laut dan pemandangan sangat menawan yang akan jarang kita temui di tempat wisata lainnya. Terdapat beberapa akses menuju ke tempat wisata Jepara ini sehingga para wisatawan tidak akan kebingungan dan juga khawatir. Selain itu, untuk menuju ke tempat ini juga bisa dilalui oleh kendaraan roda empat atau pun roda dua.

Taman yang memiliki luas 107.225 ini mempunyai beberapa fungsi salah satunya yaitu sebagai cagar alam laut dimana di cagar ini terdapat ekosistem hutan hujan daratan rendah, algae, terumbu karang, padang lamun dan mangrove. Pesona biota laut yang ada ditempat ini tentunya menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Selain itu, disini juga terdapat banyak sekali wahana permainan air yang sangat seru serta menarik seperti menyelam, snorkeling, berjemur, memancing, menyusuri air laut yang jernih dan berenang. Pihak pengelola juga menyediakan beberapa fasilitas yang bisa digunakan seperti kamar mandi, toilet, mushola dan fasilitas umum lainnya. Disini juga terdapat beberapa penginapan serta beberapa rumah makan yang menyajikan makanan khas laut.

Harga tiket :

Weekday : Rp. 5.000 (wisatawan lokal) Rp. 150.000 (wisatawan mancanegara)

Weekend : Rp. 7.500 (wisatawan Lokal) Rp. 225.000 (wisatawan mancanegara)

Menyelam Rp. 25.000

Snorkeling Rp. 15.000

Tracking Mangrove Rp. 5.000

Berkemah Rp. 5.000

Memancing Rp. 25.000

Address : Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

Opening Hours : 24 jam

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Pulau Panjang Jepara

Selain Taman Nasional Karimun Jawa Jepara, Wisata Jepara yang wajib dikunjungi berikutnya yaitu Pulau panjang yang mana lokasi dari tempat wisata yang satu ini tidak jauh dari Pantai Kartini. Pulau ini memiliki laut yang cukup dangkal, selain itu disini juga terdapat terumbu karang serta hamparan pasir putih yang sangat indah dan menawan. Tempat ini juga menjadi salah satu objek wisata terkenal di Jepara, karena keindahan pulau dan juga air yang jernih dan tenang (tanpa arus) akan sangat cocok untuk digunakan snorkeling, kano maupun berenang. Untuk bisa sampai ke Pulau Panjang ini wisatawan akan diantar menggunakan perahu wisata dari Pantai Kartini dengan biaya angkut Rp. 12.000 – Rp. 20.000/orang. Demi kenyamanan para wisatawan, pihak pengelola menyediakan beberapa fasilitas yang cukup lengkap seperti gazebo, warung makan, penyewaan (sepeda, alat snorkeling, spot camping dan sebagainya). Aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini yaitu snorkeling, berziarah, hunting foto, hoping island, mancing, camping dan berkeliling pantai.

Info Lainnya:  Wisata Di Medan Yang Sayang Jika Dilewatkan

Harga tiket : Rp. 5.000/orang

Address : Jepara, Jawa Tengah.

Opening Hours : –

Bus Parking : No

Food Courts : Yes

  1. Pantai Bandengan Jepara

Sedangkan tempat wisata Jepara yang tak kalah eksotis berikutnya yaitu Pantai Bandengan Jepara. Objek wisata ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling mudah diakses. Terletak di Utara Pulau Jawa, pantai ini memiliki arus air yang tenang dan tentunya pemandangan yang sangat indah, karena merupakan salah satu tempat wisata yang sudah cukup terkenal, fasilitas yang disediakanpun cukup lengkap seperti toilet, tempat parkir, tempat ibadah dan tikar yang bisa disewa seharga Rp. 10.000 sepuasnya. Disini juga terdapat beberapa rumah makan dengan menyajikan makanan-makanan khas laut dan Jepara. Selain itu disini juga terdapat beberapa tempat penginapan yang bisa disewa apabila para wisatawan ingin menginap untuk.

Harga tiket : Rp. 2.000 – Rp. 7.000 per orang (belum termasuk biaya sewa dan sebagainya)

Opening Hours : 06.00 – 18.00

Address : Desa Bandengan, Jepara

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Pantai Kartini Jepara

Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata Jepara yang cukup populer bagi kalangan remaja. Selain terdapat pemandangan yang indah, disini juga terdapat beberapa wahana permainan seperti komedi putar, perahu arus, aquarium kura-kura, mandi bola dan dermaga. Disini juga terdapat beberapa fasilitas yang cukup lengkap dan pastinya disini juga terdapat penginapan dan rumah makan.

Address : Desa Bulu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara.

Opening Hours : 24 jam

Harga Tiket : Rp. 5.000 per orang

Bus parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Benteng Portugis Jepara

Nah, tempat wisata yang satu ini juga menjadi salah satu tempat wisata Jepara yang wajib untuk dikunjungi. Benteng Portugis Jepara ini merupakan salah satu bangunan bersejarah yang menjadi salah satu cagar budaya yang dilindungi. Benteng ini terletak di pinggir laut sehingga yang menjadi salah satu daya tariknya yaitu pemandangan di sekitar benteng yang sangat eksotis. Fasilitas yang tersediapun cukup lengkap, jadi pengunjung tidak hanya akan menikmati pemandangan saja melainkan pengunjung juga bisa melihat taman, benteng, perahu wisata dan pantai.

Opening Hours : 07.00 – 20.00

Info Lainnya:  10 HAL MENARIK YANG WAJIB KAMU KETAHUI TENTANG MONAS

Address : Jalan Benteng Portugis – Tayu Km 48, Donorojo, Kabupaten Jepara.

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Harga Tiket : Rp. 3.000 per orang dan Rp. 5.000 per orang untuk weekend.

  1. Air Terjun Songgolangit

Tidak hanya keindahan pantai dan bangunan bersejarah saja, Jepara juga memiliki tempat wisata berupa air terjun yang tidak kalah eksotisnya, Air terjun tersebut bernama Air Terjun Songgolangit. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok bagi anda para pecinta alam dan bagi anda yang sudah penat dengan suasana perkotaan dan ingin mencari tempat yang sejuk dan damai, air terjun ini adalah jawabannya. Demi kenyamanan para pengunjung, pihak pengelola menyediakan fasilitas yang cukup lengkap seperti area parkir, mushola, kamar mandi dan beberapa fasilitas lainnya. Disini juga terdapat beberapa tempat makan dan harga yang cukup terjangkau serta beberapa penginapan untuk di sewa.

Address : Dukuh Nglencer, Desa Bucu, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Opening Hours : 24 jam

Bus Parking : Yes

Harga Tiket : Rp. 2.000 per orang

Food Courts : Yes

  1. Pulau Mandalika Jepara

Mandalika atau mandaliko merupakan salah satu pulau di Jepara yang wajib untuk dikunjungi. Yang menjadi daya tarik dari tempat wisata yang satu ini yaitu keindahan pulaunya yang masih alami, udara yang masih segar tanpa polusi dan keindahan pasir putihnya yang sangat mempesona. Disini terdapat beberapa aktivitas yang bisa dilakukan salah satunya yaitu memancing. Demi kenyamanan para wisatawan yang berkunjung, pihak pengelola menyediakan beberapa fasilitas yang cukup lengkap sepeti tempat istiarahat, kamar mandi, muhsila dan beberapa tempat makan. Untuk bisa sampai ke tempat ini wisatawan harus menggunakan kapal dengan biaya sewa yang cukup terjangkau. Bagi para wisatawan yang membawa kendaraan tidak perlu khawatir karena tepat di pintu masuk terdapat area parkir.

Address : Jl. Benteng Portugis – Tayu Km 48, Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara.

Opening Hours : –

Harga Tiket : –

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Air Terjun Grinjingan Dowo

Nah, tempat wisata di jepara yang eksotis berikutnya yaitu Air Terjun Grinjingan Dowo. Air terjun yang satu ini memiliki pesona tersendiri sehingga sayang jika dilewatkan. Namun, untuk dapat sampai ke tempat wisata ini, para wisatawan harus menempuh perjalanan yang cukup melelahkan karena akses menuju tempat ini sangat ekstrim dan berbatu karena tempat ini belum dikelola oleh Pemerintah menjadi tempat wisata. Namun, rasa lelah yang dirasakan akan hilang sesampainya di tempat wisata dikarenakan begitu indahnya pemandangan di tempat tersebut. Untuk bisa menikmati keindahannya wisatawan tidak dikenakan tarif biaya masuk atau gratis.

  1. Air Terjun Jurang Nganten

Tempat wisata yang satu ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan saat berada di Jepara. Untuk menuju ke lokasi bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua namun hanya bisa diparkirkan di pintu masuk saja, selebihnya wisatawan harus berjalan kaki. Walaupun tempat ini menjadi salah satu kunjungan wisata, sayangnya belum ada fasilitas apapun di tempat ini termasuk rumah makan maupun penginapan.

Info Lainnya:  Wisata Bintan Yang Wajib Dikunjungi

Harga Tiket : Rp. 5.000 per orang

Opening Hours : –

Bus Parking : NO

Food Courts : No

Address : Dukuh Turung, Desa Tanjung, Kecamaan Pakis Aji, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

  1. Tiara Park Waterbom

Sedangkan Tempat wisata Jepara berikutnya yaitu Tiara Park Waterbom yang mana tempat wisata ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin berlibur sembari berkumpul dengan keluarga. Terdapat banyak sekali wahana permainan yang bisa dinikmati di tempat ini sehingga tidak heran pada hari libur atau akhir pekan, tempat ini sangat ramai dikunjungi. Akses menuju ke tempat wisata air ini cukup mudah di jangkau dan bisa dilalui oleh kendaraan umum maupun pribadi. Fasilitas yang disediakan sangat lengkap sehingga akan membuat para pengunjung merasa nyaman saat liburan.

Harga Tiket : Rp. 20.000/orang (weekday) dan Rp. 30.000/orang (weekend)

Opening Hours : 07.30 – 17.30

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Address : Jalan Kenari, Purwodondo, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

  1. Jepara Ocean Park

Tempat wisata di Jepara yang satu ini merupakan salah satu tempat wisata keluarga terbesar di Jepara. Setidaknya terdapat 36 jenis wahana di tempat ini yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Lokasi tempat wisata ini juga cukup dekat dengan pusat kota Jepara, selain itu disini juga sudah disediakan fasilitas yang lengkap untuk menunjang kebutuhan para wisatawan.

Harga Tiket : Rp. 60.000/orang (weekday) dan Rp. 70.000/orang (weekend)

Address : Pantai Mororejo RT/RW 04/02, Mlonggo, Kabupaten jepara, Jawa Tengah.

Opening Hours : 09.00 – 18.00

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Candi Bubrah

Apabila anda ingin menikmati liburan dengan menjelajah tempat bersejarah Candi Bubrah adalah jawabannya. Bangunan bersejarah yang satu ini memiliki pemandangan yang cukup indah sehingga tidak heran menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Fasilitas yang disediakan memang cukup lengkap mengingat akses menuju tempat ini juga cukup mudah.

Opening Hours : 06.00 – 17.00

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Harga Tiket : Rp. 10.000/orang

Address : Tlogo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, jawa Tengah.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Jepara yang eksotis. Selain tempat-tempat diatas tentunya masih banyak juga tempat wisata lainnya yang wajib di kunjungi yang mana tempat wisata yang akan dijelaskan berikut ini memiliki fasilitas yang cukup memadai, akses jalan menuju tempat cukup mudah, harga tiket murah dan yang pastinya memiliki pemandangan yang sangat eksotis. Berikut tempat wisatanya :

  1. Goa Tritip
  2. Masjid Mantingan
  3. Pertapaan Ratu Kalinyamat
  4. Pantai Ombak Mati
  5. Pantai Pungkruk
  6. Pantai Teluk Awur
  7. Meseum R.A Kartini
  8. Danau Blingoh

Demikian ulasan mengenai 20 tempat wisata di Jepara yang eksotis yang wajib dikunjungi. Semoga bermanfaat!