20 Tempat Wisata di Kebumen Yang Sangat Indah Dan Wajib Dikunjungi

0
161

Indonesia sangat kaya akan keindahan alamnya, sehingga terkenal ke seluruh negara di dunia. Kaya akan Sumber Daya Alam menjadikan sebuah kebanggaan bagi Indonesia. Pesona alamnya yang begitu indah membuat Indonesia makin dicintai. Dari sabang sampai merauke wisata alamnya pun beragam. Dari mulai pegunungan yang sangat indah, pantai yang mempesona hingga hutan – hutan yang hijau. Nah, di sini pun akan memperkenalkan beberapa wisata alam yang ada di Kebumen.

Di Kebumen terdapat wisata alam yang cukup banyak dan menarik untuk kalian kunjungi, beberapa misalnya pantai karang bolong, pantai suwuk, pantai mengganti, pantai ayah dan pantai lainnya. Namun tidak hanya wisata pantainya saja. Perlu kalian ketahui, di Kebumen bukan hanya memiliki wisata pantainya saja melainkan ada beberapa objek wisata yang harus di eksplorasi.

Tempat Wisata Kebumen                                  

  1. Pantai Karang Bolong

Pantai karang bolong ini merupakan salah satu pantai yang cukup menarik, bahkan dikenal oleh para wisatawan. Pantai Karang Bolong berada di Kecamatan Buayan. Pantai tersebut memiliki pasir berwarna keabu – abuan disertai beberapa batu karang yang melengkapi keindahan pantai tersebut. Di pantai ini terdapat perbukitan dan suasana pantai yang membuat hati kita nyaman, begitupun sederetan pohon kelapa yang berjajar, buat pengunjung yang ingin menikmati jajanan bisa singgah di warung sekitar pinggir – pinggir pantai.

  • Untuk harga tiket masuk khusus dewasa sebesar Rp. 3.000,-
  • Untuk harga tiket masuk anak – anak sebesar Rp. 2.000
  1. Pantai Logending Kebumen

Pantai Logending atau Pantai Ayah ini merupakan salah satu pantai favorit bagi keluarga. Pantai ini terletak di Kecamatan Ayah berjarak 53 km dari kota kebumen.

Pantai ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap misalnya area parkir, tempat perkemahan, tempat khusus mandi, penginapan, toilet, mushola, warung dan area bermain anak – anak.

Info Lainnya:  Tempat Wisata Bali yang Wajib Dikunjungi

Selain itu, disajikan tempat aneka kuliner di pinggir pantai seperti kepiting, lobster, ikan bawal dan sejenis ikan lainnya.

Berikut tarif dan fasilitas yang tersedia, diantaranya:

  • Harga tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- per orang
  • Jasa sewa kuda sebesar Rp. 15.000,- sekali putaran
  • Jasa sewa ATV sebesar Rp. 25.000,- lima kali putaran
  1. Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti merupakan salah satu pantai yang mempunyai keindahan yang cukup bagus, air lautnya yang sangat jernih dan terdapat bukit – bukit yang membentang di sekitar Pantai Menganti. Berikut harga tiket masuk Pantai Menganti Kebumen:

  • Untuk pengunjung dewasa dikenakan tarif Rp. 3.000,-
  • Untuk pengunjung anak – anak dikenakan tariff Rp. 2.000,-
  1. Curug Silancur Kebumen

Nah, untuk mengunjungi Curug Silancur tidak dikenakan tarif masuk, melainkan cukup membayar penitipan motor sebesar Rp. 5.000,-.

Lokasi Curug Kebumen terletak di Desa Wadasmalang, Karangsambung. Air terjun ini mempunyai ketinggian mencapai 20 meter. Dari pusat kota hanya menempuh sekitar 35 kilo meter dan 20 menit berjalan kaki dari area parkir untuk menuju Curug Silancur.

  1. Pantai Pecaron Kebumen

Pantai Pecaron Kebumen terletak di Kecamatan ayah, untuk harga tiket masuk sebesar Rp. 3.000 saja. Suasana pantai ini masih terbilang sepi sehingga kawasan masih alami.

  1. Wisata Gua Jatijajar

Lokasi ini berada di Kecamatan Ayah dan mempunyai ketinggian kurang lebih 12 meter, untuk kedalaman Gua ini sekitar 250 meter. Cukup membayar Rp. 5.000 saja untuk masuk ke tempat ini.

  1. Pantai Karang Agung

Pantai ini salah satu pantai yang unik dan menarik, di pantai ini terdapat beberapa karang yang berdiri kokoh. Untuk masuk ke pantai ini cukup membayar sebesar Rp. 5.000 sudah termasuk biaya parkir.

  1. Puncak Duwur
Info Lainnya:  15 Tempat Wisata Malam Jogja Yang Asyik Buat Nongkrong

Ketinggian Puncak Duwur sekitar 500 mdpl, yang terletak di Desa Watukelir, Kecamatan Ayah. Saat menaiki puncak tersebut kalian akan melihat pemandangan yang cukup indah.

  1. Curug Superman’s Big Sister

Curug ini berlokasi di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen. Air terjun ini berada di dalam Gua Jajar. Jika ingin menjelajah ke tempat ini kalian harus membayar Rp. 180.000,- per rombongan, biaya ini sudah termasuk pemandu dan peralatan yang lengkap.

  1. Wisata Arung Jeram Padegolan

Bagi yang ingin menguji adrenalin anda bisa berkunjung ke Sungai Padegolan. Sungai Padegolan yaitu sungai yang mempunyai bendungan  di bawah Waduk Wadaslintang yang berasal dari limpahan air dari Kecamatan Prembun. Untuk menuju ke sini hanya menempuh perjalanan sekitar 7 km.

  1. Waduk Sempor Kebumen

Tempat ini merupakan sebuah waduk yang mempunyai pemandangan yang cukup indah. Berlokasi di Desa Sempor, Kecamatan Sempor, Kebumen. Jika berkunjung ke sini hanya membayar Rp. 5.000 ( khusus dewasa ) dan Rp. 3.000 ( khusus anak – anak ).

  1. Wisata Museum Benteng Van Der Wijch

Berlokasi di Kecamatan Gombong sekitar 35 km dari kota Kebumen. Tempat ini merupakan peninggalan zaman belanda yang banyak sejarahnya. Namun komplek benteng ini telah dijadikan Sekolah Calon Tamtama dan Militer TNI AD. Untuk area lainnya di jadikan sebuah taman bermain untuk anak – anak dan terdapat kereta mini.

  1. Pantai Petahanan

Berlokasi di Desa Munggu, Kecamatan Petahanan, Kebumen. Pantai ini cukup indah dan menarik untuk berlibur bersama keluarga.

  1. Pantai Suwuk Kebumen

Berlokasi di Desa Suwuk, Kecamatan Puring, Kebumen. Pantai ini sangat terkenal dan banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Pantai ini juga memiliki fasiltas – fasilitas yang lengkap. Sehingga saat liburan tiba banyak wisatawan yang memadati kawasan pantai ini.

  1. Objek Wisata Pemandian Air Panas
Info Lainnya:  Pantai Seger Kuta Dan Taman Pusuk Sembalun Wisata Di Lombok Paling Hits

Selain memiliki wisata pantai, di kebumen juga terdapat wisata pemandian air panas, yang berlokasi di Krakal, Alian, Kecamatan Kebumen.

  1. Objek Wisata Alam Jembangan

Berlokasi di Desa Jembangan, Kecamatan Poncowarno. Fasilitas ynag terdapat di Wisata Alam Jembangan diantaranya Jembangan Fantasi Zoo, Perahu air dan Wahana anak – anak bermain.

  1. Wisata Splash Water Kebumen

Berlokasi di pinggir jalan raya soka, kebumen. Splash water ini merupakan wahana permainan air. Di tempat ini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap diantaranya café, mini market dan tempat bermain anak – anak.

  1. Wisata Alian Butterfly Park

Berlokasi di Desa Krakal, Kecamatan Alian, Kebumen. Di tempat ini terdapat koleksi tanaman bunga dan 60 jenis kupu – kupu.

  1. Wisata Hutan Mangrove Logending

Berlokasi di sepanjang muara sungai bodo, Desa Logending. Pemandangan hijau  ini sangat indah dan terdapat hamparan tumbuhan bakau dan pantai yang menghiasi kawasan ini.

  1. Wisata Curug Wringin

Berlokasi di Desa Pujotirto, Kecamatan Karangsambung, Jawa tengah. Curug Wringin yaitu salah satu curug yang cukup menarik. Air terjun ini sangat cocok untuk cliff jumping. Terdapat kolam untuk berenang dan kedalamannya sekitar 4 – 6 meter.

Nah, bagaimana kalian tertarik berkunjung ke tempat Wisata Kebumen Bukan? Ini baru sebagian saja, banyak tempat – tempat wisata menarik lainnya yang wajib anda kunjungi.