20 Tempat Wisata Hits Di Banyuwangi Ini Memiliki Keindahan Yang Tak Kalah Dengan Di Bali

0
94

Berada di sebelah ujung Timur Provinsi Jawa Timur, Banyuwangi adalah salah satu kota yang memiliki peranan penting sebagai jembatan penghubung antara Pulau Jawa dengan Pulau Bali sehingga tidak heran karena merupakan jembatan antara kedua pulau tersebut, kesenian serta tradisi masyarakat Banyuwangi hampir sama dengan kedua pulau tersebut. Tidak hanya tradisi dan kesenian saja, Banyuwangi juga memiliki keindahan objek wisata yang tidak kalah menarik dan memesona di bandingkan dengan Bali yang seperti kita tahu bahwa jika berbicara tentang objek wisata alam, Bali adalah salah satu tempat yang memiliki potensi wisata alam tertinggi di Indonesia.

Karena keindahan objek wisatanya tak kalah dengan Bali, tidak heran pada tahun 2016, Wisata Banyuwangi mendapatkan sebuah penghargaan UNWTO Award For Excellence And Inovation In Tourism yang mana UNWTO ini adalah sebuah organisasi dalam bidang pariwisata dunia PBB. Dengan penghargaan yang didapatnya membuat Banyuwangi mendapatkan julukan “The Sunrise Of Java”. Perlu anda ketahui juga bahwa sama halnya dengan kota-kota yang terkenal akan tempat pariwisatanya, Banyuwangi juga memiliki beragam objek wisata yang dikenal oleh masyarakat Indonesia bahkan sampai mendunia serta dikenal secara Internasional.

Terdapat banyak sekali tempat wisata hits di Banyuwangi yang memiliki keindahan tak kalah dengan di Bali mulai dari keindahan pantai dengan pasir putihnya, beberapa kawah yang cukup fenomena, taman nasional sampai tradisi-tradisi para leluhur yang masih dilestarikan sampai sekarang. Bagi anda para pecinta traveler tentunya penasaran kan apa saja tempat hits yang ada di Banyuwangi tersebut? Apalagi bagi anda yang saat ini sedang mencari tempat untuk berlibur. Nah, anda tidak perlu khawatir karena pada ulasan berikut ini kita akan membahas tentang 20 tempat wisata hits di Banyuwangi yang tak kalah indahnya dibandingkan dengan di Bali.

Inilah 20 Tempat Wisata Hits Di Banyuwangi Yang Tak Kalah Indah Dengan Di Bali

Wisata Banyuwangi memang menjadi perbincangan hangat saat ini. Selain terdapat beberapa tempat wisata yang cukup populer, indah dan pastinya murah, ternyata Banyuwangi juga menjadi salah satu tujuan wisata bagi para pecinta tradisi dan kebudayaan. Berikut ini 20 tempat wisata hits di Banyuwangi yang tidak boleh anda lewatkan :

  1. Jawatan Benculuk

Tempat wisata Banyuwangi yang hits pertama yaitu Jawatan Benculuk. Objek wisata yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat hunting foto ataupun sebagai background prewedding dengan tema yang natural. Waktu terbaik untuk menikmati objek wisata yang satu ini yaitu pada saat sore hari karena pada saat waktu tersebut wisatawan bisa menikmati hangatnya matahari terbenam. Selain menawarkan panorama keindahan alam yang sangat menakjubkan, disini juga para wisatawan bisa menikmati berbagai wahana lainnya seperti memancing, bersepeda, bakar ikan dan wahana yang menguji adrenalin seperti arum jeram. Dikarenakan merupakan salah satu objek wisata terkenal di Banyuwangi yang banyak dikunjungi, fasilitas penunjang seperti mushola, toilet, warung kopi, lapangan volu, lapangan karate, lapangan bola, mini market dan beberapa sungai yang bebas dipancing. Perlu anda ketahui bahwa untuk menuju ke lokasi ini cukup mudah dan apabila anda ingin menikmati wahana yang sudah disebutkan diatas anda harus membayar uang tambahan.

Tiket Masuk : Gratis

Opening Hours : –

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Address : Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi.

  1. Waduk Bajulmati

Jika anda ingin menikmati keindahan Raja Ampat namun belum sempat ke objek wisatanya karena biaya, Waduk Bajulmati adalah salah satu solusi untuk anda yang ingin menikmati suasana liburan seperti di Raja Ampat. Mengapa harus ke Waduk Bajulmati? Hal ini dikarenakan waduk ini juga disebut-sebut sebagai miniaturnya Raja Ampat. Julukan ini disematkan di objek wisata yang satu ini karena di tengah kawasan terdapat pulau-pulau kecil yang bentuknya hampir mirip dengan Kepulauan Wayag yang ada di  Raja Ampat. Pulau kecil yang ada di waduk ini menjadi salah satu daya tarik utama mengapa anda harus berkunjung ke tempat ini. Pulau-pulau kecil yang terdapat diwaduk ini bisa dijadikan sebagai salah satu spot foto terbaik. Selain itu, spot foto yang tak kalah menariknya lagi yaitu jalan yang membentang di kawasan waduk. Keindahan Waduk Bajulmati juga akan semakin terlihat pada saat cuaca sedang cerah karena para wisatawan bisa melihat secara langsung keindahan Gunung Ijen dan Gunung Baluran.

Disini juga terdapat beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan oleh para wisatawan seperti outbound dan permainan ATV. Disini juga anda tidak perlu cemas untuk mengisi perut karena di objek wisata ini juga telah tersedia beberapa cafe, warung serta restoran dengan berbagai macam jenis makanan dan minuman. Bagi para wisatawan yang ingin bermalam di tempat ini disini juga tersedia beberapa penginapan yang bisa disewa per malamnya. Tidak lupa, selain bermalam di penginapan para wisatawan juga bisa menyewa peralatan camping. Adapun fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola yaitu kamar mandi serta toilet, rest area dan area parkir yang cukup luas.

Address : Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo dan Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Bus Parking : Yes

Opening Hours : 07.00 – 17.00

Food Courts : Yes

Tiket Masuk : Rp.. 5.000 – Rp. 10.000

  1. Lori Wisata Kalibaru

Berwisata menggunakan motor ataupun mobil tentunya menjadi suatu hal yang biasa. Saat anda sedang di Banyuwangi, liburan anda akan berbeda dengan yang lain karena disini anda bisa menikmati suasana Banyuwangi dengan berkeliling kota menggunakan kereta lori yang di beri nama Lori Wisata Kalibaru. Keberadaan Kereta Lori ini telah ada sejak lama namun memang promosinya dan pengenalan kepada masyarakat sehingga dulu kurang begitu dikenal hanya saja sekarang mulai di resmikan kembali dan mula dikenal oleh masyarakat. Adanya Lori Wisata kalibaru ini semakin menambah potensi wisata di Banyuwangi Barat. Jika anda sedang berada di Banyuwangi tidak ada salahnya jika anda mengunjungi wisata Kereta Lori ini karena anda juga bisa menikmati keindahan Kota Banyuwangi yang sangat menawan ini. Saat anda menaiki Kereta Lori anda akan berkeliling menyusuri pedesaan dengan udara yang sejuk yang bisa anda hirup mengingat jendela kereta terbuka. Fasilitas yang disediakan pihak pengelola Kereta Lori memang cukup sedikit yaitu keamanan dan juga penerangan.

Tiket Masuk : Rp. 1.200.000 untuk 1 kereta lori bisa memuat 12 orang (Rp. 100.000 per orang)

Opening Hours : Sabtu dan Minggu dari pagi sampai sore

Bus Parking : No

Food Courts : No

Address : Kalibaru, Banyuwangi.

  1. Rumah Pohon Songgon

Tempat wisata hits di Banyuwangi yang memiliki keindahan tak kalah dengan di Bali berikutnya yaitu Rumah Pohon Sanggon. Tempat wisata ini memang masih dibilang cukup baru di Banyuwangi namun tidak mau kalah dengan objek wisata serupa yang ada di Banyuwangi Rumah Pohon Sanggon ini banyak sekali dicari dan dikunjungi oleh para wisatawan terutama para insan muda. Salah satu yang menjadi daya tarik dari tempat wisata yang satu ini yaitu pemandangan alam yang sangat cantik dan beberapa spot foto yang instagramable sehingga tidak heran bagi para pecinta selfie dan penikmat senja wajib mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Selain menikmati pemandangan hutan pinus dan mencoba spot-spot foto yang tersedia di tempat ini, para pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seperti rafting atau tubing di aliran sungai yang cukup deras yang bernama Sungai Badeng. Untuk fasilitas sendiri objek wisata Rumah Pohon Songgon memiliki fasilitas cukup memadai seperti area parkir, bangku-bangku taman yang bisa digunakan untuk bersantai, area camping, mobil jeep yang bisa disewa dan fasilitas safari menggunakan kuda. Disini juga terdapat beberapa warung yang menyediakan makanan dan juga minuman. Jika anda berminat untuk berkunjung ke tempat ini tentunya tidak perlu khwatir karena objek wisata tersebut cukup strategis bisa dilalui oleh kendaraan pribadi.

Address : Desa Sumberbulu Wilayah Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Bus Parking : No

Food Courts : Yes

Opening Hours : 07.00 – 20.00

Tiket Masuk : Rp. 5.000 per orang

  1. Pantai Penyu Sukamade

Pantai Penyu Sukamade adalah salah satu diantaranya pantai yang sangat indah Di Banyuwangi. Selain bisa menikmati suasana keindahan pantai yang sangat indah, disini juga anda bisa menyaksikan penyu bertelur karena perlu anda ketahui bahwa pantai ini adalah pantai yang terkenal dengan surganya penyu bertelur atau pelepasan tukik atau anak penyu. Pantai ini terletak di kawasan hutan lindung letaknya sendiri masih di kawasan Taman Meru Betiri dimana pantai ini masih menjadi kawasan hijau karena terdapat perkebunan kopi, coklat dan juga kebun kopi. Lokasi objek wisata ini cukup strategis karena tidak jauh dari pusat Kota Banyuwangi. Namun, walaupun cukup strategis untuk menuju ke pantai memang tidak mudah karena jalannya cukup berliku dan menanjak, anda juga akan menemukan akses jalan yang rusak serta berlumpur oleh sebab itu disarankan agar saat mengunjungi pantai ini anda menggunakan mobil jeep atau motor cross. Bagi para wisatawan yang ingin menginap tentunya tidak perlu khawatir karena disini terdapat homestay yang bisa disewa. Disini juga terdapat beberapa fasilitas seperi toilet, mushola dan rumah makan, tidak lupa disini juga tersedia fasilitas camping ground.

Harga Tiket : Rp. 10.000 – Rp. 25.000 per orang

Opening Hours : 24 Jam

Bus Parking : No

Food Courts : Yes

Address : Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

  1. Waduk Sidodadi Glenmore

Objek wisata Banyuwangi yang tak kalah indahnya yaitu Waduk Sidodadi Glenmore. Objek wisata ini memiliki konsep taman dengan nuansa alam. Objek wisata ini berada di kawasan PTPN XII yang merupakan sebuah kawasan perkebunan Kelijero Grenmore. Walaupin masih terbilamg cukup baru namun masih ramai di kunjungi. Waktu tepat untuk menikmati keindahan Waduk Sidodadi Glenmore ini yaitu pada saat pagi hari karena pada saat tersebut para pengunjung bisa menikmati keindahan pohon hijau dan sejuknya udara di sekitar tempat wisata. Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di objek wisata ini yaitu seperti mengendarai ATV, menaiki perahu mengelilingi waduk, balapan gokart dan memancing. Bagi anda yang menyukai jenis permainan yang menantang anda juga bisa bermain flying fox dan tidak lupa waduk ini juga bisa dijadikana sebagai salah satu spot foto menarik dan cantik apalagi bagi anda yang ingin melakukan sesi foto prewedding. Fasilitas yang disediakan objek wisata ini yaitu berupa area parkir yang cukup luas, tempat duduk, mushola dan beberapa warung yang menyediakan aneka makanan serta minuman.

Address : Desa Karangharjo. Kecamatan Grenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Opening Hours : 24 Jam

Tiket Masuk : Rp. 2.000 per orang

  1. Desa Wisata Osing Kemiren

Tempat wisata Banyuwangi yang hits berikutnya yaitu Desa Wisata Osing Kemiren. Pemerintah Banyuwangi telah menetapkan objek wisata yang satu ini menjadi cagar budaya. Asal usul penamaan Desa Wisata Osing Kemiren ini yaitu dari kebiasaan warga desa yang selalu menjaga tradisi serta adat yang telah berlaku sejak lama. Warga desa tersebut adalah suku osing yang mana warga tersebut merupakan warga terakhir dari keturunan kerajaaan Hindu Blambangan. Dikarenakan merupakan warga yang masih memegang adat serta budaya, tidak heran saat anda berkunjung ke tempat ini diwaktu yang tepat anda akan menyaksikan pertunjukan tari gandrung, atraksi barong osing, gedhongan dan beberapa pertunjukan lainnya yang bisa disaksikan secara langsung. Saat tempat ini diresmikan menjadi desa wisata, pihak pengelola membuat beberapa tempat yaitu seperti ruang pameran, ruang tradisi, ruang adat dan perlengkapan aneka ragam asli suku osing. Disini juga tersedia fasilitas beru[a hotel atau penginapan yang dibuat hampir mirip dengan rumah suku osing. Selain penginapan disini juga tersedia kolam renang, taman bermain anak da tidak lupa disini juga terdapat pohon durian yang bisa dinikmati. Jika anda merasa lapar disini juga tersedia beberapa warung dan perlu anda ketahui bahwa tempat ini juga sering dijadikan sebagai salah satu tempat untuk festival kuliner.

Tiket Masuk : Rp. 5.000 per orang

Opening Hours : 07.00 – 20.00

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Address : Desa Kemiran, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

  1. Pantai Boom

Pantai Boom di kelola oleh PT Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Wangi. Objek wisata yang satu ini memang cukup banyak sekali dikunjungi saat musim liburan telah tiba hal ini dikarenakan letaknya berada di tengah kota sehingga mudah sekali di jangkau. Lokasi Pantai Boom ini cukup dengan Alun-alun kota. Dikarenakan banyak sekali di kunjungi oleh para wisatawan, tidak heran tempat ini selalu mengadakan acara-acara besar yang biasanya selalu ramai pada saat hari Minggu pagi hari. Salah satu yang menjadi daya tarik dari Pantai Boom ini yaitu keindahan pasir pantainya yang berbeda dengan pantai lainnya dimana warna dari pasir pantai berwarna hitam berkilau yang konon katanya kandungan mineral dari pasir tersebut bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit serta tulang. Walaupun dikatakan merupakan pantai yang sangat indah, sayangnya wisatawan tidak dianjurkan untuk berrenang hal ini dikarenakan kedalaman pantai cukup dalam. Namun, anda tidak perlu khawatir walaupun tidak bisa berrenang anda masih bisa duduk santai di tepi pantai karena pihak pengelola telah menyediakan kursi yang dilengkapi dengan payungnya. Pantai ini juga terkenal dengan matahari terbitnya atau The Sunrise Of Java oleh sebab itu tidak heran hal ini sering menjadi hal yang dinantikan oleh para wisatawan. Kegiatan lain yang bisa dilakukan di pantai ini yaitu olahraga pantai sepertu paralatang, berkuda, jet ski dan paramotor.

Harga Tiket : Rp. 2.000 per orang

Bus Parking : Yes

Opening Hours : –

Address : Kampung Mandar, Kelurahan Kampung Mandar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Food Courts : Yes

  1. Taman Nasional Baluran

Tahukah anda? Diantara kurang lebih 53 Taman Nasional yang ada di Indonesia, Taman Nasional Baluran menjadi salah satu taman Nasional yang memiliki daya tarik serta keunikan tersendiri dikarenakan keindahan panorama alam yang bernuansa Afrika. Dikarenakan keindahan alam yang dimilikinya maka tidak heran Taman Nasional Baluran ini banyak sekali dikunjungi oleh para wisatawan baik itu yang datang secara pribadi maupun open trip, karena keindahan taman ini juga menjadi daya tarik para wisatawan asing sehingga tidak heran Taman Nasional Baluran ini menjadi tempat tujuan wisata para wisatawan asing setelah Bali. Untuk menuju ke lokasi wisata tentunya cukup mudah karena bisa dilalui dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Bagi para wisatawan yang menggunakan kendaraan umum maka wajib menyewa kendaraan agar tiba di lokasi dan untuk mengelilingi kawasan taman yang sangat luas ini dengan menggunakan mobil jeep yang mana harga sewanya mulai dari Rp. 300.000 – Rp. 350.000 per hari. Apabila anda ingin menggunakan jasa ojek, bisa juga dengan membayar Rp. 50.000 per hari. Beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan yaitu Goa Jepang, Hutan Evergreen, Padang Savana Bekol, Pantai Bama, Hutan Mangrove, Pantai Bilik Sijie dan Pantai Balanan. Fasilitas yang disediakan objek wisata ini yaitu area parkir, mushola, toilet, warung makan dan beberapa penginapan.

Tiket Masuk :

  • 5.000 (weekday) Rp. 7.500 (weekend) untuk wisatawan lokal
  • 150.000 untuk wisatawan asing

Opening Hours : 24 Jam

Address : Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo dan Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Pulau Merah

Objek wisata Banyuwangi yang hits berikutnya yaitu Pulau Merah. Pulau ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Banyuwangi. Alasan mengapa banyak sekali orang yang mengunjungi pulau ini dikarenakan kondisi pulau yang bersih serta indah. Pemandangan alam yang ditawarkan serta deburan ombak yang cocok untuk surfing menjadi salah satu daya tarik dari sekian banyaknya dari tarik Pulau Merah ini. Alasan mengapa objek wisata ini dinamakan Pulau Merah karena di tempat ini terdapat pulau-pulau kecil yang berada di tengah laut tampak berwarna merah. Waktu yang tepat untuk menikmati keindahan pantai ini yaitu pada saat pagi dan sore hari karena disini wisatawan bisa menikmati sunrise pada saat pagi hari dan sunset pada saat sore hari. Namun, sayangnya menurut informasi yang beredar bahwa pantai ini buka dari jam 07.00 pagi jadi kemungkinan para wisatawan tidak bisa menikmati sunrise. Kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini yaitu seperti berselancar, memancing, berjalan-jalan menuju ke bukit dan saat cuaca mendukung para wisatawan juga bisa bermain ombak di tempat ini. Disini juga para wisatawan bisa menikmati wisata kulinernya karena terdapat banyak sekali warung-warung yang menyediakan aneka makanan serta minuman dengan harga yang bervariasi. Akses jalan menuju ke tempat ini cukup mudah dan bisa dilalui oleh kendaraan pribadi maupun umum. Jika anda ingin lebih santai lagi anda bisa menggunakan jasa travel.

Tiket Masuk : Rp. 8.000 per orang

Opening Hours : 07.00 – 17.00

Bus Parking : Yes

Address : Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Food Courts : Yes

  1. Umbul Bening Waterpark

Tempat wisata Banyuwangi yang tidak kalah dengan tempat wisata lain yaitu Umbul Bening Waterpark. Objek wisata yang satu ini memang menjadi salah satu tempat favorit banyak sekali wisatawan dikarenakan yang membedakan tempat tersebut dari tempat lain yaitu sumber air yang mengalir ke kolam renang berasal dari sumber air Umbul dimana debit air dari sumber mata air ini cukup besar sehingga bisa memenuhi kolam renang. Di objek wisata ini terdapat 4 kolam renang dengan kedalaman yang berbeda-beda. Keempat kolam tersebut bisa dipilih bebas oleh para wisatawan. Bagi anda yang membawa buah hati juga tidak perlu khawatir karena disini juga terdapat kolam renang untuk anak-anak. Umbul Bening Waterpark memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari kamar mandi umum, tempat bermain anak, penyewaan ban, gazebo, area parki yang cukup luas, food courts dan beberapa warung makan, pertunjukan musik reggae dan masih banyak lagi fasilitas lainnya. Untuk menuju ke lokasi wisata tentunya cukup mudah sekali karena bisa dilalui oleh kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Kegiatan yang bisa dilakukan di Umbul Bening Waterpark selain bermain air yaitu berfoto ria dan bersantai-santai di gazebo sembari menikmati keindahan kolam renang yang bersih.

Food Courts : Yes

Address : Desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Bus Parking : Yes

Harga Tiket : Rp. 5.000 per orang

Opening Hours : 08.00 – 17.00

  1. Pantai Mustika

Pantai di Banyuwangi yang cukup dikenal berikutnya yaitu Pantai Mustika. Dulunya, objek wisata ini bernama Mustaka atau kepala namun seiring dengan berjalannya waktu objek wisata Pantai di Banyuwangi ini diberi nama Pantai Mustika. Pantai ini terletak tidak jauh dari Pulau Merah namun walaupun terhitung cukup dekat, pemandangan alam yang disajikan cukup berbeda. Keindahan yang disajikan oleh tempat wisata yang satu ini bukan hanya tentang pemandangan alamnya saja melainkan disini juga anda bisa menyaksikan keindahan bawah laut dengan berbagai kegiatan snorkeling ataupun diving. Saat snorkeling atau diving anda bisa menyaksikan terumbu karang yang sangat indah dan berragam jenis ikan yang hidup. Saat anda berkunjung ke pantai ini tentunya jangan lupa membawa peralatan selfie seperti kamera karena pemandangan yang ada di pantai ini wajib untuk di abadikan. Secara adminitrasi, pantai ini terletak di Kecamatan pesanggaran jika ditempuh dari kota Banyuwangi anda hanya membutuhkan waktu 2 jam untuk sampai ke lokasi dengan menggunakan kendaraan darat. Akses jalan menuju ke tempat ini cukup mudah dilalui dan di sepanjang perjalanan anda juga bisa melihat beberapa papan petunjuk arah. Sesampainya di tempat wisata anda bisa langsung menikmati keindahan alam dan apabila perut anda sudah mulai lapar, anda bisa langsung membeli makanan di sekitar kawasan objek wisata. Apabila anda ingin menginap disini juga telah tersedia penginapan yang bisa dipilih.

Tiket Masuk : Gratis

Opening Hours : 24 Jam

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Address : Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

  1. Pantai Bedul

Pantai ini juga merupakan salah satu objek wisata yang ramai dikunjungi oleh banyak sekali wisatawan baik itu wisatawan lokal maupun asing terutama pada saat hari libur. Sesampainya di pantai wisatawan akan disuguhi pemandangan alam yang sangat menarik serta cantik terutama pemandangan pasir putih agak coklat yang bisa mengundang para wisatawan untuk bermain-main di tempat wisata tersebut. Selain bisa menikmati indahnya pasir putih, wisatawan juga bisa menikmati keindahan air yang berwarna biru yang terpampang nyata di hadapan anda. Yang menjadi keunikan dari pantai ini juga yaitu selain bisa menikmati keindahan pantai, disini juga tanaman mangrove yang menambah keindahan pantai. Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola pun sudah cukup lengkap mulai dari lahan untuk berkemah, warung makan dan beberapa food courts, kamar mandi umum, lahan parkir cukup luas, gazebo dan tempat penginapan yang bisa disewa per malamnya. Akses menuju ke panai juga cukup mudah karena bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat baik itu kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Tiket Masuk : Rp. 7.500 per orang

Opening Hours : 08.00 – 16.00

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Address : Desa Sumbersari, Kecamatan Purwoharjo, Sumbersari, Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

  1. Teluk Hijau

Nah, tempat wisata Banyuwangi berikut ini juga tidak kalah menarik dan romantisnya. Teluk Hijau adalah sebuah teluk yang berada di Banyuwangi dimana teluk ini dijadikan sebagai salah satu objek wisata yang cukup dikenal oleh para wisatawan. Asal usul diberi nama Teluk Hijau karena saat anda melihat air di teluk ini dari kejauhan warna dari airnya seperti berwarna hijau yang tentunya cukup berbeda dengan pantai lainnya yang berwarna biru. Sebenarnya warna hijau ini diakibatkan karena dasar lautnya yang dangka dan disini juga terdapat alga sehingga memantulkan warna hijau. Banyak sekali yang memuji kecantikkan dari teluk ini karena memang benar pesona keindahan yang dipancarkan sangat luar biasa. Selain memiliki pasir putih, air lautnya juga begitu jernih sehingga akan memanjakan mata anda. Salah satu yang menjadi daya tarik dari tempat ini yaitu terdapat air terjun yang berjarak 20 meter dari Teluk Hijau. Namun sayangnya, untuk menuju ke lokasi wisata para wisatawan harus menggunakan kendaraan pribadi karena belum ada angkutan umum yang menuju ke tempat ini, akses jalan menuju ke lokasi juga berbelok-belok jadi dianjurkan untuk selalu berhati-hati.

Address : Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Bus Parking : No

Tiket Masuk : Gratis

Opening Hours : 07.00 – 16.30

Food Courts : Yes

  1. Air Terjun Kampung Anyar

Bosan berlibur ke pantai? Di Banyuwangi anda juga bisa menikmati liburan dengan suasana air terjun yang masih alami. Di Banyuwangi sendiri terdapat banyak sekali objek wisata alam berupa air terjun yang bisa ditemukan salah satunya seperti Air Terjun Kampung Anyar. Segarnya udara serta gemercik air akan menyambut anda saat pertama kali datang ke objek wisata yang satu ini sehingga tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin berlibur di sebuah tempat yang memiliki udara segar, menyejukkan hati dan juga menenangkan. Air Terjun Kampung Anyar ini memang tidak cukup tinggi namun disini terdapat 3 air terjun yang bisa anda temui yang bersumber dari mata air langsung. Selain disebut sebagai Air Terjun Kampung Anyar, warga sekitar juga sering menyebut air terjun ini air terjun kembar. Akses menuju ke lokasi wisata cukup mudah karena kondisi jalan cukup bagus bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan empat. Saat sampai di pintu masuk, para wisatawan bisa memarkirkan kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki namun tidak begitu jauh dan akses jalannya juga cukup mudah.

Opening Hours : –

Address : Dusun Kampunganyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Bus Parking : No

Food Courts : Yes

Tiket Masuk : Rp. 2.000 – Rp. 5.000 per kendaraan.

  1. Kawah Ijen

Kawah Ijen adalah sebuah kawah yang berasal dari Gunung Ijen. Kawah ini memiliki panorama yang sangat indah serta bisa dikunjungi oleh para wisatawan karena telah diresmikan menjadi salah satu objek wisata Banyuwangi. Pemandangan yang disajikan, akan memberikan ketenangan bagi siapa saja yang mengunjungi tempat ini. Walaupun akses jalan menuju ke lokasi kawah ini cukup rumit namun sesampainya di tempat wisata anda akan dimanjakan dengan keindahan pemandangan yang sangat menakjubkan yang mungkin tidak akan pernah anda temukan di tempat lain. Salah satu yang menjadi daya tarik dari tempat wisata yang satu ini yaitu pemandangan Blue Fire-nya yang mana pemandangan tersebut bisa dilihat pada saat sedang gelap atau pada malam hari. Selain pemandangan langka blue fire, disini juga wisatawan bisa menyaksikan keindahan dari warna kawah yang mirip dengan Kawah Putih yang berada di Ciwidey. Dikarenakan berada di pegunungan, suhu udara di tempat ini cukup dingin jadi bagi anda yang ingin berkunjung ke sini harus membawa perlengkapan yang lengkap. Fasilitas yang disediakan pihak pengelola yaitu warung makan, toilet, lokasi parkir, penyewaan masker, jalur pendakian dan beberapa fasilitas lainnya.

Harga Tiket :

  • Wisatawan Domestik Rp. 5.000 – Rp. 7.500 per orang
  • Wisatawan Asing Rp. 100.000 – Rp. 150.000 per orang

Opening Hours : 24 Jam

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Address : Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur.

  1. Air Terjun Kalibendo

Air Terjun Kalibendo memiliki ketinggian 10 meter dan berada dikawasan Agro Wisata Kalibendo. Selain bisa menikmati pemandangan air terjun yang sangat indah, disini juga para wisatawan bisa melihat perkebunan kopi, kebun cengkeh dan kebun karet. Air Terjun Kalibendo ini berada di kaki Gunung Ijen, jadi bisa dikatakan bahwa sumber air dari air terjun ini berasal dari pegunungan Ijen. Untuk menuju ke lokasi wisata anda membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dari Kota Banyuwangi yang mana akses jalannya satu arah dengan objek wisata Kawah Ijen yang cukup terkenal di kalangan wisatawan. Objek wisata ini sangat cocok dijadikan sebagai salah satu tempat wisata bagi para pecinta alam mengingat untuk menuju ke lokasi air terjun, anda perlu menyusuri sungai. Perjalanan yang cukup melelahkan memang, namun sesampainya di Air Terjun Kalibendo anda akan terpesona dengan pemandangan air terjun yang sangat menakjubkan.

Opening Hours : –

Address : Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi.

Tiket Masuk : Rp. 1.000 per orang

Bus Parking : No

Food Courts : No

  1. Jembatan Selfie Kalilo

Tempat wisata Di Banyuwangi yang hits berikutnya yaitu Jembatan Selfie Kalilo. Jika pada umumnya jembatan hanya di pakai sebagai penghubung antar satu daerah dengan daerah lainnya, berbeda dengan di Banyuwangi, disini terdapat sebuah jembatan yang dijadikan sebagai objek wisata untuk melakukan foto selfie. Pada awalnya memang jembatan ini hanya dijadikan sebagai jembatan biasa yang digunakan untuk menyebrang sungai. Seiring dengan berjalannya waktu, masyarakat sekitar memiliki ide untuk mengecat rumahnya menjadi warna warni yang kemudian karena ide kreatif dari masyarakat sekitar menjadi tempat ini salah satu tempat yang cocok untuk berswafoto sehingga tidak heran karena banyak sekali orang yang mengambil foto dari jembatan, tempat ini dijadikan sebagai objek wisata yang bernama Jembatan Selfie Kalilo Banyuwangi. Keunikan dari tempat ini yaitu pengunjung bisa berswafoto dengan latar foto pemukiman warga yang dicat sedemikian rupa. Tidak perlu khawatir saat anda berada di tempat ini karena selain lokasi cukup strategis anda juga bisa dengan mudah menemukan warung makan ataupun penginapan.

Address : Kelurahan Singonegaran, Banyuwangi, Jawa Timur

Tiket Masuk : Rp. 2.000 – Rp. 5.000 per kendaraan

Food Courts : Yes

Bus Parking : No

Opening Hours : 24 Jam

  1. Air Terjun Lider

Air Terjun Lider merupakan salah satu diantara banyaknya air terjun yang berada di Banyuwangi. Air terjun ini menyajikan pemandangan yang sangat menakjubkan sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin berlibur dengan suasana yang menenangkan, sejuk dan damai. Ketinggian air terjun ini yaitu sekitar 60 meter yang mana asal usul dari airnya berasal dari sumber mata air yang sangat alami. Namun, sayangnya untuk menuju kelokasi anda membutuhkan perjuangan yang ekstra karena medan jalan yang harus dilalui cukup sulit dimana anda akan melewati tebing curam, menyebrangi sungai sebanyak 7 kali dan anda juga harus menembus hutan. Jika anda pergi dari Kota Banyuwangi, anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Namun, kendaraan tersebut hanya sampai di pintu masuk saja selebihnya anda harus berjalan kaki. Pastikan anda membawa perlengkapan serta cadangan makanan dan minuman karena di lokasi tersebut warung-warung yang menjual makanan dan minuman masih jarang dan kemungkinan jika adapun harganya akan mahal.

Bus Parking : No

Address : Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Opening Hours : 08.00 – 17.00

Tiket Masuk : Rp. 3.000 per orang

Food Courts : No

  1. Teluk Biru Atau Blue Bay

Tempat wisata hits di Banyuwangi yang memiliki keindahan tak kalah indah dengan di Bali yaitu Teluk Biru atau dikenal dengan Blue Bay. Tempat ini cukup dikenal oleh para wisatawan khususnya para pecinta alam sehingga mereka menganggapnya bahwa tempat ini adalah surga yang tersembunyi. Terdapat banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan saat berkunjung ke tempat wisata yang satu ini yaitu mulai dari memancing, snorkeling (melihat pemandangan bawah laut), diving, berrenang dan bermain sky air. Namun perlu anda ketahui bahwa untuk snorkeling maupun diving, wisatawan dianjurkan untuk membawa perlengkapan sendiri. Agar lebih puas lagi menikmati keindahan alam di Teluk Biru ini wisatawan bisa menyusuri pantai dengan menggunakan kapal yang bisa di sewa.

Address : Sengrong Alas Purwo, Desa Kalipait, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Opening Hours : 04.00 – 16.00

Tiket Masuk : Gratis

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Itulah 20 tempat wisata hits di Banyuwangi yang memiliki keindahan tak kalah dengan di Bali. Selamat berlibur!

 

 

Info Lainnya:  35 Tempat Wisata Paling Memikat di Bogor, Puncak dan Sekitarnya