30 Tempat Wisata di Garut yang Jadi Favorit Wisatawan

0
168

Tempat wisata di Garut sangat banyak sekali, namun ada beberapa tempat yang menjadi favorit para wisatawan. Dilihat dari berbagai aspek keindahan, kenyamanan, bagus untuk di foto dan tak kalah penting mudah diakses dan terjangkau biaya akomodasinya. Meskipun Garut ini merupakan kota yang dekat dengan perbatasan, tetapi wisata Garut sedang sangat populer di kalangan traveler. Jadi, harap jangan lewatkan ketika ada kesempatan berlibur untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Garut.

List Tempat Wisata Garut yang Sering Dikunjungi Wisatawan

Agar liburan kita menjadi istimewa, tentu kita harus melakukan persiapan yang matang. Begitupun untuk memilih lokasi yang tepat sesuai dengan keinginan atau hobi. Berikut beberapa daftar tempat wisata di Garut :

  1. Pantai Santolo

Wisata Garut Selatan pastinya tidak asing lagi dengan satu tempat wisata favorit ini. Banyak foto-foto keren yang dihasilkan dari tempat ini. Pantai ini berpasir putih kecoklatan dan saat menginjakkan kaki terasa sangat lembut. Jalan menuju Pantai Santolo sangat mudah diakses, namun lebar jalannya cukup untuk 1 bus. Bagi warga setempat, Pantai Santolo lebih dikenal dengan nama Pantai Cikelet. Jadi akan mudah bertanya jika menggunakan nama tersebut. Selain menikmati pemandangan khas pantai, kita juga bisa mencoba naik banana boat dengan dipatok biaya lagi per orang IDR 30.000. Di Pantai Santolo ada bagian lain yang banyak dipadati bebatuan, ini bisa menjadi salah satu spot untuk berfoto.

  1. Pulo Santolo

Pulo Santolo ini masih berada di sekitar Pantai Santolo. Untuk sampai di Pulo Santolo kita harus menyeberang menggunakan perahu. Biaya akomodasi perahu sekitar IDR 10.000. Untuk harga naik perahu dan untuk menikmati pemandangan dari Pantai Santolo ke Pulo Santolo belum lagi keindahan yang ada di Pulo Santolo, harga itu termasuk murah. Wisata Garut ini memiliki nama lain selain Pulo Santolo yaitu Pulo Sayang Heulang.

  1. Gunung Papandayan

Tempat wisata di Garut memang tak ada habisnya memberikan kesan yang menakjubkan. Apalagi kalau kita sanggup mendaki Gunung Papandayan. Gunung ini memiliki nuasnsa yang berbeda dari gunung lainnya. Ada hutan mati, ladang bunga keabadian atau edelweiss dan kawah belerang. Tentu wisata Garut ini sangat terkenal dan menjadi tempat favorit para wisatawan. Rasanya bagi para pecinta traveler wajib untuk mengunjungi Gunung Papandayan. Jalan menuju Gunung Papandayan juga sudah lebih baik. Hutan mati yang ada di Gunung Papandayan memiliki perhatian khusus dari beberapa wisatawan.

 

  1. Darajat Pass

Tempat wisata di Garut juga memiliki pemandian air panas. Tidak ingin kalah dari Bandung dan Tegal, kini di Garut ada Darajat Pass yaitu kolam renang dengan air panas. Alamatnya berada di jalan Darajat kecamatan Pasirwangi. Tempat wisata ini populer dikalangan wisatawan, rasanya tidak lengkap jika berlibur di Garut tidak berkunjung ke Darajat Pass. Jika melihat sekeliling, di sana jauh dari perkotaan, jalan menuju lokasi wisata juga berkelok-kelok artinya tempat wisata Garut ini masih asri. Fasilitas yang disediakan sangat lengkap, ada waterboom, area outbond seperti flying fox, toilet, hingga gazebo untuk tempat beristirahat. Tak lupa bagi yang ingin bermalam tersedia penginapan dan tempat makan. Harga tiket yang ditawarkan mulai dari IDR 25.000 – 30.000.

  1. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya ini menyajikan sebuah suasana yang berbeda. Sangat cocok untuk sesorang yang mencari ketenangan. Jika kita perhatikan, Pantai Rancabuaya ini lebih tenang dan sepi. Maka cocok untuk dikunjungi rombongan ataupun keluarga. Tempat wisata di Garut ini berlokasi di Desa Purbayani kecamatan Caringin. Fasilitas sudah cukup terpenuhi seperti toilet, tempat parkir, gazebo dan beberapa tempat penginapan bagi kita yang ingin bermalam. Tiket masuk Pantai Rancabuaya mulai dari IDR 5.000 – 10.000.

  1. Leuwi Jurig

Leuwi Jurig ini jika diibaratan adalah Grand Canyonnya Garut. Memang belum terlalu terkenal karena lokasinya yang terlalu bersembunyi. Leuwi Jurig atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Kolam Setan bertempat di Bungbulang. Meskipun nama wisata Garut ini seram tapi jika melihat pemandangannya sangat berbalik. Air jernih dengan batuan besar akan memperbagus hasil foto kita. Tiket harga masuk belum ditentukan dan fasilitas pun belum terpenuhi karena ini masih dikatakan sebagai lokasi wisata Garut yang masih baru.

  1. Gunung Guntur
Info Lainnya:  Wisata Di Malaysia Yang Bisa Menjadi Pilihan Anda!

Saat kita sudah mendaki Gunung Guntur, kita akan melihat pesona citylight dan gugusan bintang. Pesona itu akan kita dapatkan jika kita berkemah di sisi tenggara. Tak ketinggalan pemandangan matahari terbit dan bukit lembah yang terselimuti kabut. Wisata Garut ini tak hanya memperlihatkan pesona alam tapi juga mengingatkan kita tentang keindahan ciptaan-Nya. Gunung Guntur ini menjadi tempat favorit dan populer bagi wisatawan. Meskipun tidak setinggi gunung lain, tapi kita tetap harus mempersiapkan fisik karena mendaki gunung ini bisa sampai menaiki gunung 70 derajat.

  1. Pantai Karang Papak

Daya tarik pantai ini terletak pada spot foto untuk sunset dan lokasi yang pas untuk berkemah. Beberapa makanan juga tersedia di beberapa warung yang menyajikan makanan khas seafood. Fasilitas pendukung lainnya juga tersedia. Lokasi camping ini bisa kita tempati di lapangan hijau namun begitu tetap harus meminta izin terlebih dahulu kepada warga sekitar karena terdapat banyak semut merah.

  1. Talaga Bodas

Talaga Bodas yang merupakan salah satu objek wisata Garut paling digemari wisatawan. Daya tarik wisata ini ada pada danau yang memiliki warna sangat indah yaitu warna putih bergradasi dengan biru atau hijau. Tempat wisata di Garut ini menjadi spot foto yang sangat bagus, apalagi jika kita membawa fotografer handal maka hasilnya akan lebih bagus lagi. Selain berfoto, kita juga bisa melakukan aktifitas lain seperti traking, piknik dan berjalan-jalan. Tiketnya IDR 5.000 – 7.500.

  1. Curug Arjuna

Curug Arjuna ini menjadi sebuah tempat wisata Garut yang sangat populer. Lokasinya berada di kampung Cikopo Pamulihan. Akses jalan akan sulit dilalui saat hujan turun.

  1. Situ Bagendit

Lokasi wisata Garut Situ Bagendit berada di wilayah desa Bagendit. Tempat wisata di Garut ini masih jadi tempat favorit untuk dikunjungi wisatawan. Daya tarik wisata di Situ Bagendit ini mulai dari naik perahu atau rakit, bersepeda di air, memancing hingga menikmati santapan di tepian danau. Tiket masuk mulai dari IDR 5.000

  1. Candi Cangkuang

Tempat wisata di Garut juga memiliki sebuah candi, seperti halnya di Jogja. Menurut beberapa orang, candi ini merupakan satu-satunya candi peninggalan Budha yang ada di Tatar Sunda. Hal menariknya tidak jauh dari candi ini terdapat sebuah makam penyebar agama Islam yang bernama Eyang Embah Dalem Arief Muhammad. Penemuan candi ini pertama kali pada tahun 1966 dan masih terjaga hingga saat ini. Jika kita ingin berkunjung ke salah satu wisata garut ini, kita harus melewati danau menggunakan rakit. Candi ini ada sebuah desa bernama Kampung Pulo yang akan di bahas nanti. Tiket masuk ke candi ini sekitar IDR 15.000 dan sewa rakit IDR 10.000. Lokasi ini hanya di buka pada pukul 07.00 – 17.00 WIB.

  1. Kawah Kamojang

Tidak mau kalah dari Kawah Putih yang berada di Bandung, Wisata Garut pun memiliki Kawah Kamojang. Bagi beberapa wisatawan, Kawah Kamojang ini menjadi sebuah lokasi wisata alam yang paling unggulan di Garut. Yang menjadi keistimewaan Kawah Kamojang yaitu di sini terdapat beberapa titik lokasi semburan kawah. Titik-titik tersebut juga masing-masing memiliki nama dan artinya. Ada titik kawah bernama Kawah Manuk. Manuk dalam bahasa Sunda artinya burung, di titik semburan kawah ini beberapa lubangnya mengeluarkan suara burung. Yang kedua Kawah Kereta Api, yaitu kawah yang mengeluarkan suara peluit kereta api. Untuk masuk ke Kawah Kamojang ini kita harus membayar IDR 5.000 – 7.500. Fasilitas pendukung sudah sangat lengkap dan lokasinya berada di dalam geothermal PLTU Garut.

  1. Curug Sanghiyang Santen

Curug yang menjadi bagian dari wisata Garut ini memiliki ketinggian hingga 20 meter dengan dikelilingi tanaman hijau di dinding tebing. Untuk mencapai ke curug ini kita harus melewati hutan terlebih dahulu. Lokasinya di desa Pakenjeng kecamatan Pamulihan, Garut.

  1. Curug Salawe
Info Lainnya:  Taman Wisata Pasir Putih

Curug Salawe ini merupakan salah satu tempat wisata di Garut yang memiliki sebuah mitos. Mitosnya adalah salawe itu merupakan sebuah bahasa Jawa yang berarti 25, maka di curug ini terdapat 25 air terjun dan yang pertama ada di paling atas, bagian bawah masih ada 24 lagi air terjun. Lokasi Curug Salawe ini berada di desa Pangrumasan. Ketinggian curug ini mencapai 100 meter. Dan untuk sampai di lokasi kita dapat menggunakan kendaraan setempat.

  1. Kampung Pulo

Kampung Pulo menjadi sebuah tempat wisata di Garut karena kebudayaan yang terus di junjung tinggi. Di sini jumlah rumah tidak boleh bertambah ataupun berkurang. Dan dalam satu rumah hanya boleh ditinggali oleh satu kepala keluarga saja. Kecuali jika kepala keluarga meninggal maka digantikan oleh anak laki-lakinya. Sebelum memasuki Kampung Pulo kita akan melihat beberapa warung yang menjual souvenir.

  1. Rafting Sungai Cimanuk

Ingin menguji adrenalin? Tempat wisata di Garut memiliki fasilitas khusus untuk Rafting. Lokasinya berada di Desa Cimanuk. Arum jeram ini dilakukan di Sungai Cimanuk. Jarak dari pusat Kota Garut juga sangat dekat hanya dengan melalui perjalanan selama 20 menit. Ada dua paket yang satu rafting short dan rafting long. Harga satu paket IDR 350.000 per orang termasuk peralatan, lokal transportasi, makan siang, P3K, asuransi, snack, safety equpment dan team rescue. Minimal pemesanan paket untuk 25 orang.

  1. Pantai Sancang

Pantai ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi karena lokasinya yang menjadi wilayah cagar alam Leuweung Sancang. Kebersihan dan keamanannya sangat terjaga. Pantai Sancang yang menjadi salah satu objek wisata Garut masih dikelilingi oleh hutan yang lebat. Belum ada pengelolaan tiket masuk, hanya saja membayar parkir IDR 10.000. Nuansa pantai yang bercampur dengan karang dan ombak semakin menambah kenyamanan saat berlibur.

  1. Curug Rahong Cisewu

Tinggi air terjun ini sekitar 80 meter. Lokasinya berada di kampung Kombongan Pamulihan. Tiket masuknya sangat murah sekali dan kita bisa menggunakan sepeda motor untuk menuju lokasi wisata Garut tersebut. Fasilitas jalan sudah mulus, gazebo dan bangku. Jangan lupa membawa bekal masing-masing.

  1. Kampung Sampureun

Kampung Sampireun sering digunakan untuk berbulan madu. Tempatnya berada di Samarang Garut. Bangunan yang menggunaka gaya tradisional dan berada di tepian danau. Pemandangan yang ada di sekitar danau juga memberikan kesan romantis saat berwisata di Garut. Selain itu, kita bersama pasangan juga dapat menikmati sajian makanan di Restoran Serung Bambu.

  1. Curug Orok

Curug Orok memiliki kejernihan air yang tidak ada duanya. Dengan ketinggian 45 meter, air yang jatuh dikelilingi oleh pepohonan rimbun. Lokasinya berada di Desa Cikandang Cikajang. Biaya masuk untuk menikmati liburan di wisata Garut kali ini sekitar IDR 10.000.

  1. Kamojang Green Hotel and Resort

Penginapan ini bisa menjadi salah satu tempat wisata di Garut, karena selain memberikan pelayanan yang maksimal juga terdapat sebuah danau yang dapat kita nikmati. Apalagi dengan beberapa spot foto yang sangat instagramable. Lokasinya berada di Jalan Raya Kamojang Samarang. Harga berbeda-beda mulai dari 1 – 3 juta per-malam.

  1. Curug Batu Nyusun

Daya tarik wisata Garut kali ini berada pada dinding curug yang tersusun rapi. Curug ini dikenal juga dengan nama Curug Cisarua. Sayangnya pada saat musim kemarau, airnya pun akan tidak ada. Jadi kita bisa datang pada musim hujan, namun harus tetap menjaga keselamatan karena kondisi jalanan akan sangat licin.

  1. Tegal Panjang

Kita tahu Gunung Papandayan memiliki beberapa objek wisata di dalamnya selain mendaki. Salah satunya adalah Tegal Panjang. Tegal Panjang ini bisa menjadi salah satu wisata Garut yang memberikan spot foto terbaik. Dengan background savana hijau yang sangat luas akan memberikan kesan foto yang bagus. Luas Tegal Panjang ini mencapai 46.830 hektar. Tempat wisata yang bagus tentu harus melewati perjuangan yang setimpal. Untuk sampai di Tegal Panjang ini, kita harus bersiap melewati hutan, limbah dan naik turun bukit. Dari Gunung Papandayang diperkirakan akan memakan waktu 6 jam untuk berjalan ke Tegal Panjang. Tapi kelelahan tersebut akan terbayar setelah melihat pesona Tegal Panjang yang sesungguhnya.

  1. Curug Cisarua
Info Lainnya:  Wisata Bangka Belitung yang Menarik Untuk di Kunjungi

Curug atau Air Terjun Cisarua berada di kampung Cisarua kecamatan Cisewu. Wisata Garut satu ini menyajikan pemandangan alam yang alami. Dengan tinggi 25 meter, curug ini mampu memberikan kesejukan dari puluhan meter sebelum sampai di lokasi wisata. Sekeliling curug masih dipenuhi dengan berbagai jenis tumbuhan hijau yang dapat memberikan hal positif bagi mata kita. Biasanya pada musim penghujan air curug akan berubah menjadi cokelat, tapi tidak dengan curug ini. Air di Curug Cisarua akan tetap bersih meskipun pada musim penghujan. Sebagai lokasi wisata alam, curug ini belum ada pengelola yang jelas. Sehingga harga tiket dan fasilitas belum diberlakukan.

  1. Gunung Cikuray

Gunung Cikuray ini salah satu tempat wisata di Garut yang diminati oleh pendaki muda. Akses jalan untuk mendaki Gunung Cikuray juga tidak terlalu sulit namun membutuhkan waktu yang cukup lama. Pertama kita harus mengambil jalur terminal guntur, setelah itu menuju ke pendakian dengan naik angkutan umum. Nah dari situ kita langsung mendaki selama 7 jam, kesiapan peralatan dan fisik tentu sangat dibutuhkan. Gunung Cikuray ini merupakan salah satu tempat wisata di Garut yang menjadi gunung tertinggi di Jawa Barat. Setelah sampai di puncak, kita akan melihat pemandangan awan seperti sebuah samudra dan matahari terbenam tepat di depan mata.

  1. Bukit Pilar Angin

Tidak hanya pesona pantai dan gunungnya saja, wisata Garut juga masih punya bukit yang memiliki keindahan khasnya. Bukit Pilar Angin berlokasi di kecamatan Cikelet. Sama seperti tempat wisata di Garut lainnya, bukit ini juga masih alami belum dipenuhi dengan warung-warung atau fasilitas pendukung. Daya tarik bukit ini ada pada padang savana dan beberapa domba dengan pengembala. Bukit ini memiliki nama lain yaitu “Sumbawa Van Garut”. Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, gunakan kamera SLR atau DSLR. Tempat ini menjadi salah satu wisata Garut yang sangat instagramable apalagi masuknya masih gratis.

  1. Pantai Cijayana

Pantai Cijayana yang bernama sesuai dengan nama desanya yaitu Desa Cijayana berada di kecamatan Mekarmukti. Suasana pantainya masih sangat alami, belum memiliki pengelola wisatanya. Fasilitas pendukung pun belum tersedia. Jika kita ingin merasakan nuansa yang berbeda dari pantai lain atau ingin merasakan kesunyian di Pantai bisa berkunjung ke wisata Garut satu ini. Warna airnya masih sangat jernih, biru. Ombaknya cukup besar, meskipun sepi tapi selalu ada wisatawan yang berkunjung untuk menikmati deruan ombak dan angin sepoi-sepoi. Pantai Cijana ini berjarak 87 km dari Pusat Kota dengan perkiraan waktu di perjalanan 4 – 4,5 jam.

  1. Pantai Cijeruk Indah

Garut memang memiliki banyak wisata pantainya. Pantai Cijeruk Indah ini berlokasi di Desa Sagara kecamatan Pameungpeuk. Keunikan yang ada di pantai ini pasti akan membuat kita terpesona. Tepian pantai hingga tengah, air lautnya berwarna biru. Sedangkan bagian muara pantai, air laut berwarna hijau. Tempat wisata di Garut akan lebih terasa lagi dengan keadaan alami yang ada di Pantai ini. Harga tiket masuk IDR 6.000 dengan fasilitas pendukung yang sangat lengkap mulai dari tempat beribadah, toilet, lahan parkir hingga penginapan. Tekstur pantai ini landay, kita bisa bermain air namun tetap waspada jika ombak sedang pasang bisa mencapai 1 meter.

  1. Pantai Manalusu

Tempat wisata di Garut ada juga yang termurah alias tidak dipungut biaya sepeserpun. Pantai Manalusu ini salah satu pantai terfavorit beberapa wisatawan. Dan belum banyak yang tahu tentang keindahan Pantai Manalusu. Jika dibandingkan dengan Pantai Santolo yang menjadi ikon wisata Garut dari segi pantainya, pantai ini jauh lebih tenang dan sepi. Kita bisa menikmati kenyamanan berwisata bersama keluarga. Pantai Manalusu memiliki pasit putih dengan karang hijau yang ditumbuhi biota laut. Pantai ini menghadap ke barat, jadi pastikan kita melihat pemandangan sunset.