30 TEMPAT WISATA DI JOGJA YANG POPULER & BIKIN LIBURAN ASYIK

0
110

Selain Kota Bandung, sebuah kota di Indonesia yang memiliki tempat wisata yang tak kalah menarik dan sangat sayang jika dilewatkan yaitu Jogja. Tempat ini sendiri merupakan salah satu kota istimewa di provinsi Jawa Tengah yang memiliki banyak sekali objek wisata yang sangat beragam. Bagi anda yang ingin berlibur ke jogja, berikut ini kami akan persembahkan 30 tempat wisata di Jogja yang populer dan akan membuat liburan anda menjadi lebih asyik mulai objek wisata yang berada di pusak kota sampai berada di kabupaten. Berikut ulasannya!

Inilah 30 Tempat Wisata Di Jogja Yang Populer & Bikin Liburan Asyik

Berikut ini beberapa tempat wisata di Jogja yang populer dan akan membuat liburan anda menjadi lebih asyik atau menyenangkan lagi. Berikut ulasannya!

  1. The World Landmarks Merapi Park

Wisata Jogja yang pertama ini merupakan salah satu destinasi wisata Jogja yang sangat wajib untuk di kunjungi. Sebuah tempat yang menjadi surganya spot selfie ini berada hampir dekat dengan pusat kota tepatnya di kilometer 25 Jalan kaliurang, Desa Pakembinangun, Kabupaten Sleman. Yang menjadi daya tarik tempat ini yaitu berbagai miniatur landmark dari berbagai belahan dunia yang spot paling banyak diminati yaitu Menara Eiffel. Fasilitas yang disediakan tempat ini cukup lengkap. Harga tiket masuknya yaitu Rp. 15.000 per orang.

  1. Transmart Carrefour Maguwo

Nah, tempat wisata di Jogja yang satu ini merupakan objek wisata yang menghadirkan berbagai jenis arena hiburan dalam satu kawasan. Selain terdapat tempat pembelajaan, tempat makan disini juga terdapat Trans Studio Mini serta bioskop CGV. Biaya masuk ke tempat ini gratis. Namun, pengunjung akan dikenakan biaya untuk deposit sebesar Rp. 50.000 dan untuk masuk ke bioskop akan dikenakan tarif Rp. 35.000 – Rp. 85.000,-. Lokasi tempat wisata ini sangat strategis dimana disekitar tempat wisata terdapat fasilitas pelengkap seperti hotel dan restaurant berbintang.

  1. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan juga menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi. Tempat wisata yang menawarkan eksotisme alam berupa pegunungan hijau, hutan serta sungan akan membuat hati terasa lebih tentram. Perjalanan menuju ke tempat ini cukup sulit, untuk dapat mencapai puncak pengunjung haus menempuh perjalanan 15 menit dari pintu masuk. Harga tiket masuk per orangnya yaitu Rp. 5.000 per orang.

  1. Pantai Nglambor

Destinasi wisata Jogja selanjutnya ini adalah sebuah pantai yang sangat pas bagi pengunjung yang menyukai snorkeling. Daya tarik dari tempat wisata Jogja ini yaitu keindahan bawah laut dimana terdapat terumbu karang serta beribu jenis ikan dan spesies laut lainnya. Bagi pengunjung yang kurang menyukai snorkeling tidak perlu khawatir karena keindahan pantai yang berwarna biru dan jernih akan memanjakan para pengunjung. Fasilitas yang tersedia di tempat ini yaitu beberapa penginapan serta restaurant. Untuk mengunjungi tempat ini anda akan dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000 untuk tiket masuk dan Rp. 30.000 – Rp. 50.000 untuk snorkeling.

  1. Jurang Tembelan

Sedangkan objek wisata berikutnya ini merupakan salah satu tempat wisata yang tak kalah indah dan menarik. Berlokasi hampir berdekatan dengan Kebun Buah Mangunan ini memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu spot foto karena disini terdapat gardu berbentuk kapal dengan latar pegunungan serta sungai.

  1. Bukit Bintang Patuk

Tempat destinasi wisata yang satu ini menyuguhkan keindahan kota Jogja dan sekitarnya pada malam hari yang dilihat dari atas bukit. Akses jalan menuju ke tempat ini cukup mudah disepanjang perjalanan anda akan menemukan warung-warung yang menjajakan makanan. Untuk bisa menikmati keindahan kerlap kerlip lampu dari rumah-rumah warga Jogja pengunjung tidak akan dikenakan biaya masuk alias gratis.

  1. Jogja Bay Waterpark

Tempat wisata ini mengusung tema wahana air diatas lahan yang cukup luas dengan konsep yang diusung adalah bajak laut. Selain terdapat banyak wahana disini juga terdapat pertunjukan yang bertemakan bajak laut juga. Saat anda mengunjungi tempat ini, maka hal yang sangat wajib untuk berfoto dengan latar kapal bajak laut. Lokasi tempat wisata ini cukup dekat dengan kota jadi pengunjung tidak akan kesulitan menemukan penginapan ataupun restaurant. Untuk bisa menikmati wahana di tempat ini maka akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 60.000 untuk anak-anak dan Rp. 90.000 untuk orang dewasa.

  1. Kebun Teh Nglinggo

Nah, kebun teh yang satu ini juga merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang cukup terkenal. Tempat ini berada di daerah Samigaluh, Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kulon Progo. Daya tarik dari objek wisata ini yaitu udara yang sejuk serta hamparan teh hijau yang membuat mata yang memandang menjadi lebih tenang dan adem. Disini juga pengunjung akan melihat 8 puncak gunung yang berjajar sangat indah. Akses jalan menuju lokasi ini juga cukup mudah dilalui, disini juga terdapat homestay yang bisa dimanfaatkan untuk bermalam. Harga tiket masuk menuju tempat wisata ini yaitu Rp. 3.000,- per orang.

  1. Umbul Ponggok Klaten

Destinasi wisata di Jogja yang satu ini memang menjadi salah satu wisata air populer dikalangan para wisatawan. Kolam yang terbentuk natural dengan air yang biru jernih ini menawarkan wisata underwater yang kekinian. Selain itu, yang menjadi daya tarik dari tempat ini juga yaitu tersedianya fasilitas foto yang ada didalam air sehingga akan membuat suasana di dalam air menjadi lebih unik serta beda. Namun, tanpa berfotopun, keindahan bawah air Umbul Ponggok masih tetap layak untuk dinikmati. Untuk bisa menikmati keindahan tempat wisata ini, pengunjung hanya cukup mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp. 8.000 per orang, sewa kacamata renang Rp. 13.000,- dan sewa kamera underwater mulai dari Rp. 60.000 – Rp. 100.000 per orang.

  1. Gunung Api Purba Nglangeran

Gunung ini berada di Pathuk, Wonosari. Tempat ini merupakan salah satu tempat terbaik di Jogja yang bisa dijadikan tempat untuk menikmati sunrise. Walaupun lokasi dari tempat ini cukup jauh dari pusat kota dan akses jalan menuju ke tempat ini cukup sulit apalagi saat musim penghujan, tidak menyurutkan semangat para wisatawan yang cukup penasaran dengan tempat ini. Harga tiket masuk untuk menikmati keindahan alam ditempat ini yaitu Rp. 7.000 per orang.

  1. Taman Pelangi Monjali

Taman Pelangi Monjali ini adalah salah satu tempat wisata Jogja yang bernuansa romantis. Romatisme ini akan dirasakan pada saat malam hari karena terdapat banyak sekali lampion warna warni yang menjadi salah satu daya tarik dari tempat ini. Lokasi tempat wisata ini cukup dekat dengan kota jadi anda akan mudah menemukan penginapan ataupun rumah makan. Untuk bisa menikmati keromantisan tempat ini anda akan dikenakan biaya masuk mulai dari Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000 per orang.

  1. Tebing Breksi

Sedangkan tempat wisata berikut ini yaitu sebuah objek wisata yang sangat populer dari tahun 2016 sampai sekarang. Sesuai dengan namanya, sekitar tebing ini pengunjung bisa menikmati keindahan tebing berukir yang sangat fotogenik. Relief yang menghias tebing ini memang baru dibuat. Namun, tebing batuan breksinya terbentuk sejak tahunan yang lalu. Tempat wisata ini dikelilingi oleh pepohonan hijau dan juga beberapa pesawahan. Untuk menuju ketempat ini tentunya cukup mudah. Untuk biaya masuk ke tempat wisata ini, sejauh ini biaya masuknya masih gratis.

  1. Hutan Pinus Manggunan

Selain tempat wisata kalibiru, tempat wisata Jogja ini juga tidak kalah menariknya. Hutan Pinus Manggunan ini adalah salah satu objek wisata alam yang sangat cocok untuk anda pecinta alam. Menuju ke tempat ini memang tidak mudah dan melelahkan, namun rasa lelah anda akan terobati dengan keindahan alam yang masih alami. Untuk bisa menikmati keindahan panorama alami di tempat ini anda akan dikenakan tarif untuk membayar parkir sebesar Rp. 2.000 sampai Rp. 5.000.

  1. Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo ini adalah salah satu tempat destinasi wisata Jogja yang berupa kawasan bakau yang terdapat di Desa Pasir Menditt Temon. Tempat ini menjadi salah satu objek wisata yang sangat bagus dijadikan sebagai spot foto yang keren dan unik. Namun, sayangnya lokasi tempat wisata tersebut cukup jauh dari pusat Kota Jogjakarta, butuh waktu 2 jam agar sampai ke tempat tersebut. Untuk dapat menikmati keindahan Hutan Mangrove, pengunjung akan dikenakan tarif Rp. 4.000/orang.

  1. Candi Ijo

Candi yang satu ini memang tidak begitu terkenal seperti candi borobudur ataupun prambanan, padahal dilihat dari segi pemandangan, tempat ini juga sangat indah dan mempesona. Candi ini menawarkan banyak sekali keindahan alam. Disini para pengunjung bisa menikmati sunset. Lokasi dari candi ijo ini memang berada di atas bukit jadi dibutuhkan pengorbanan untuk mencapainya. Untuk bisa menikmati keindahannya, anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 5.000 per orang.

  1. Wisata Kalibiru Kulon Progo

Tempat wisata yang satu ini memiliki pemandangan yang sama cantiknya dengan tebing keraton yang berada di Bandung. Kaliiru Kulon Progo merupakan salah satu tempat yang asyik untuk anda yang menyukai trekking dengan latar pemandangan indah seperti pepohonan hijau yang tidak heran hal ini menjadi salah satu daya tarik para wisatawan. Menikmati sunset di atas pijakan yang terbuat dari kayu menjadikan tempat ini sangat indah jika diabadikan. Untuk menuju ke lokasi, memang tidak mudah dimana perjalanannya cukup jauh dari pusat kota namun tidak perlu khawatir karena disepanjang perjalanan anda akan menemukan beberapa penginapan ataupun rumah makan. Untuk bisa masuk dan menikmati tempat wisata ini anda akan dikenakan uang sebesar Rp. 3.000 per orang.

  1. Pantai Pok Tunggal

Pok Tugga merupakan salah satu tempat wisata Jogja favorit yang ada di Gunung Kidul. Pantai ini sangat cantik dengan dikelilingi batu karang. Salah satu daya tarik dari tempat wisata ini yaitu keindahan pantainya yang sangat indah dan bersih sehingga tidak heran pengunjung sangat menikmati kesejukannya. Pantai ini akan banyak sekali di kunjungi pada sore hari karena disini pengunjung bisa menikmati keindahan sunset. Akses jalan menuju ke tempat ini cukup mudah, disini juga terdapat beberapa fasilitas umum yang bisa di digunakan seperti tempat parkir, toilet dan gazebo. Pengunjung juga bisa menikmati makanan laut khas pantai pok tunggal yang tersedia dan tidak lupa disini juga terdapat beberapa penginapan yang bisa disewa. Untuk bisa menikmati keindahan pantai ini pengunjung akan dikenakan tarif Rp. 3.000/motor, Rp. 5.000/mobil dan Rp. 15.000/minibus.

  1. Goa Kalisuci

Goa Kalisuci adalah salah satu tempat wisata yang berada di Wonosari, Gunung Kidul. Tempat ini merupakan salah satu tempat berparawisata menjelajahi sungai serta gua. Daya tarik dari tempat wisata ini yaitu keindahan sungai dan gua yang masih alami dan menyegarkan. Pengunjung bisa datang dengan berkelompok disini. Wahana yang seringkali dinikmati oleh pengunjung yaitu rafting serta cave tubing di Goa Pindul. Untuk bisa menikmati keindahan Goa Kalisuci ini pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp. 75.000 per orang.

  1. Pantai baron, Krakal Dan Kukup

Saat anda sedang berkunjung ke Jogja juga selain akan menikmati banyak sekali keindahan alam seperti air terjun, sungai dan lainnya tentunya anda juga jangan sampai melewatkan untuk berlibur ke salah satu destinasi wisata Jogja yang meliputi 3 tempat sekaligus, sensasi liburan ke 3 tempat wisata sekaligus ini tentunya bisa anda temukan di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Pantai krakal cukup terkenal dengan keindahan pantainya, begitupun dengan pantai yang berkontur lembah yang cukup eksotis dan terakhir pantai yang cukup terkenal dengan pemandangan gunungnya. Untuk bisa menuju ke tempat ini tentunya tidak begitu mudah karena letaknya cukup jauh dekat pusat kota Jogja. Namun, jangan khawatir karena sesampainya disana anda akan dimanjakan dengan panorama alam yang indah, rumah makan yang berjejer dan penginapan dengan berragam pelayanan.

  1. Taman Sari

Saat berlibur ke Jogja rasanya tidak lengkap jika anda tidak menikmati indahnya arsitektur kesultanan Jogha. Salah satu objek wisata yang sangat wajib anda kunjungi saat sedang berada di tempat ini yaitu Taman Sari. Yang menjadi daya taik dari tempat ini yaitu keindahan arsitektur bangunan yang terbilang masih kuno dan sebuah kolam di depan keraton yang konon katanya merupakan salah satu pemandian putri-putri. Karena keindahan yang dimilikinya tidak heran tempat ini sering dijadikan sebagai tempat pemotretan atau pre-wedding. Untuk biisa menikmati keindahan keraton Taman Sari pengunjung akan dikenakan tarif RP. 3.000 per orang.

  1. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk juga merupakan salah satu tempat wisata Jogja yang sayang jika dilewatkan. Air terjun ini cukup tinggi dan deras. Salah satu daya tarik mengapa banyak sekali pengunjung yang datang ke tempat ini yaitu keindahan air terjun yang sangat memukau dan aliran air yang cukup deras, dingin serta bersih sehingga akan membuat pengunjung sangat ingin bermain air di tempat tersebut. Walaupun tempat ini cukup jauh dari pusat kota dan akses jalan menuju ke lokasi cukup sulit, hal ini akan terobati dengan seketika apalagi saat dalam perjalanan anda akan melihat pemandangan yang sangat indah seperti keindahan sungai, hutan dan hamparan sawah. Bagi pengunjung yang ingin menyusuri sungai menggunakan perahu tentu sangat bisa yaitu dengan menyewa perahu seharga Rp. 5.000 per orang. Untuk harga tiket masuk menuju ke tempat wisata ini yaitu sekitar Rp. 7.000 per orang.

  1. Malioboro

Saat anda berkunjung Ke Jogja tentunya tidak lengkap jika anda tidak berkunjung ke tempat ini. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki banyak sekali daya tarik seperti halnya berbagai macam outlet fashion yang bisa ditemukan. Disini juga para pengunjung bisa wisata kuliner dikarenakan terdapat banyak sekali angkringan-angkringan yang menjajakan makanan khas dengan harga yang cukup murah. Disini juga tentunya merupakan salah satu tempat pusat oleh-oleh Jogja.

  1. Taman Pintar

Objek wisata ini memang berbeda dengan objek wisata Jogja yang telah dijelaskan di atas. Taman Pintar merupakan salah satu tempat wisata edukasi yang berbentuk permainan. Disini terdapat banyak sekali gedung seperti gedung kotak, oval, planetarium, paud, theater 3D dan juga kampung kerajinan. Tempat ini sangat cocok jika dijadikan tempat bermain anak-anak sambil belajar. Untuk bisa masuk ke lokasi ini anda akan dikenakan tarif Rp. 15.000 untuk anak-anak dan Rp. 20.000 untuk anda dewasa.

Berikut ini beberapa tempat wisata Jogja lainnya yang tak kalah menarik, murah, asyik dan sayang jika di lewatkan, berikut tempat-tempat wisatanya :

  1. Taman Budaya Jogjakarta
  2. Titik Kilometer 0 Jogja
  3. Museum Benteng Vredeburg
  4. Pasar Beringharjo
  5. Jalan Prawirotaman
  6. Pantai Jogan Jogja
  7. Alun-Alun Kidul

Demikian 30 tempat wisata di Jogja yang populer. Ke 30 tempat wisata diatas tentunya memiliki fasilitas yang cukup memadai dan sebanding dengan tiket masuk yang anda keluarkan. Tidak hanya itu saja tempat-tempat wisata diatas juga berlokasi cukup dekat dan masih di sekitaran Jogja. Bagi anda yang ingin menikmati tempat wisata di Jogja yang cukup beragam ini alangkah lebih baiknya jika anda menggunakan paket tour Jogja dengan tujuan agar lebih hemat dan mengasyikan. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menjadi referensi untuk anda. Selamat berlibur!

 

 

 

Info Lainnya:  Pesona Keindahan di Atas Awan, Wisata Kebun Buah Mangunan