30 TEMPAT WISATA DI LEMBANG DAN REVIEW LENGKAP!

0
69

Wisata lembang, siapa yang tidak tahu? Tempat berwisata alam yang sangat terkenal dengan alamnya dan wajib dikunjungi saat berlibur ke Bandung. Sebagai kota yang mulai memilih sebagai kota pariwisata, Bandung tak ada habisnya memberikan pesona wisata yang berbeda dan sangat lengkap. Apalagi di Lembang dengan cuaca yang asri sangat mendukung kenyamanan wisatawan saat berkunjung.

30 Tempat Wisata Lembang dan Reviewnya

Meskipun ada banyak tempat wisata di Lembang, namun semuanya memiliki ciri khas yang berbeda. Semakin banyak pilihan tempat wisata lembang akan memperbanyak pengalaman kita saat berlibur. Beberapa tempat wisata lembang dan reviewnya akan dijelaskan berikut ini.

  1. Gunung Tangkuban Perahu

Wisata lembang yang pertama adalah Gunung Tangkuban Perahu. Tempat wisata satu ini memiliki sebuah cerita rakyat yang berbentuk seperti perahu terbalik. Tentu kita pernah mendengar ceritanya tentang Sangkurian. Bentuknya yang unik menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung. Begitu pun dengan udara dan pemandangan yang ada di sekitar Gunung Tangkuban Perahu. Di sekitar lereng gunung, kita dapat melihat hutan pinus yang mengelilinginya dan juga beberapa kebun teh yang ada di sekitar lereng. Persiapkan masker penutup mulut untuk melindungi kita dari gas belerang. Saat berkunjung, kita tidak diperbolehkan berlama-lama, karena dikhawatirkan bau belerang itu tidak baik bagi kesehatan pengunjung. Untuk sampai di pucak Gunung Tangkuban Perahu, kita harus berjalan melewati beberapa anak tangga, dari situ kita harus memakai masker penutup mulut.

2. Wisata Lembang Farmhouse

Disini kita akan merasakan sensasi berwisata di sebuah peternakan yang luas. Wisata lembang satu ini mengusung konsep peternakan dan bisa kita lakukan seperti memerah sapi, memberi makan kambing dan lain-lain. Tak hanya itu, tempat ini sangat instagramable karena nuansa bangunannya seperti Eropa. Kita bisa menikmati susu lembang yang harum dan bernutrisi. Harga tiketnya bisa ditukar dengan susu dengan berbagai pilihan rasa. Sebagai pelengkap liburan, wisata lembang farmhouse menyediakan beragam souvenir yang bisa kita jadikan oleh-oleh kerabat. Tempat parkirnya sangat luas bisa untuk parkir bus. Saat masuk ke dalam kita akan menemukan rumah-rumah Belanda dan Hobbit. Taman bunga ada dimana-mana namun tertata rapi, jadi sangat ciamik untuk digunakan berfoto. Rumah hobbit itu hanya bisa digunakan untuk berfoto tidak bisa dimasuki orang, mungkin karena terlalu kecil. Lalu ada sebuah factory outlet yang menjual makanan khas Bandung.

3. Floating Market

Wisata lembang yang tak kalah terkenalnya ada floating market. Tempat wisata yang menyajikan pasar terapung sebagai daya tariknya. Pasar terapung ini tidak seperti yang ada di Kalimantan, kita tetap bisa membeli aneka ragam makanan dan tidak perlu menggunakan perahu. Selain ada banyak penjual makanan, tempat ini juga memiliki penataan lingkungan yang sangat bagus. Beberapa tanaman sering dijadikan background untuk berswafoto. Jika kesulitan untuk mencari tempat makan yang nyaman, disini juga sudah tersedia restoran atau cafe. Ada banyak objek wisata yang menarik terutama bagi si kecil, maka tak jarang yang datang adalah beberapa keluarga yang menghabiskan akhir pekan di Lembang. Yang harus menjadi catatan ialah setiap pembayaran di wisata lembang floating market ini menggunakan koin khusus dan kita bisa menukarkannya sesuai dengan kebutuhan. Harga tiket per orang sekitar Rp 20.000 dan buka setiap hari pukul 09.00 sampai 17.00 sedangkan khusus weekend tutup pukul 20.00.

4. Wisata Lembang Observatorium Bosscha

Selain pemandangan alam, wisata lembang juga memiliki beberapa tempat wisata yang memiliki nilai edukasi salah satunya observatorium bosscha. Di sini terdapat sebuah teropong bintang yang paling tua di Indonesia yaitu dibangun di tahun 1923. Tidak hanya disuguhi dengan pemandangan yang asri di sekitar bosscha, pengunjung pun mendapatkan pengetahuan baru tentang sejarah atau benda-benda yang ada di langit. Rata-rata pengunjung berasal dari sekolah atau perguruan tinggi yang sedang melakukan study tour. Setiap ada kejadian langka seperti gerhana bulan atau gerhana matahari akan ada tim yang memantau dari Observatorium Bosscha.

5. Wisata Lembang Ciater

Siapa yang tidak ingin berendam air panas? Tentu semua ingin merasakannya apalagi jika air panas ini alami. Jika ingin merasakan hal tersebut, Ciater-lah salah satu tempat yang cocok untuk di kunjung saat berwisata di Lembang. Selain menyegarkan, air panas ini dapat menyembuhkan penyakit kulit. Lalu jika kita tidak terbiasa dengan keramaian di kolam, kita bisa memesan ruangan private. Untuk masuk ke wisata lembang pemandian air panas ini per orangnya membayar Rp 40.000. Selain pemandian air panas, ternyata kini ada wana wisata lain seperti menunggang kuda dan rafting. Pastikan datang tidak di hari weekend, karena akan sangat padat sekali. Kita bisa berlibur lebih dari 2 hari apalagi jika aktivitas harian kita sangat padat, tentu membutuhkan pemulihan energi dengan berendam air panas. Tidak perlu khawatir mengenai penginapan, di sana telah disediakan beberapa jenis penginapan, tinggal kita menentukan yang sesuai dengan budget yang dimiliki.

6. Wisata Lembang The Lodge Maribaya

Tempat wisata lembang satu ini sudah sangat terkenal untuk wisatawan, apalagi yang memiliki hobi fotografer tempat wisata ini jangan sampai terlewatkan. Disana kita dapat berkemah sambil menikmati pemandangan, kesejukan hutan pinus pun tentu menjadi pelengkap suasana berlibur kita. Tiket masuk sekitar Rp 30.000 yang ditukar dengan tiket dan bisa ditukar dengan minuman di dalam. Ada banyak sekali spot foto seperti zip bike, sky tree, mountain swing dan masih banyak lagi. Setiap spot foto kita harus membayar sekitar Rp 25.000. Setiap spot foto juga disediakan fotografer jika kita tidak membawa kamera atau ingin hasil foto yang lebih bagus. Selain beberapa spot foto, di sana juga terdapat restoran atau cafe yang sangat unik. Mengikuti dengan konsep The Lodge Maribaya, restoran dan cafe pun bernuansa pondok-pondok yang khas dengan kayu dan pohon pinus.

7. Pine Firest Camp

Info Lainnya:  Babakan Siliwangi Bandung: Menikmati Segarnya Udara Hutan Di Tengah Kota

Para pecinta alam dan yang ingin menikmati berkemah di tempat yang bersih dengan pemandangan indah, Pine Firest Camp lah yang bisa menjadi pilihan wisata lembang. Dengan lahan yang luas memungkinkan kita untuk mengajak rombongan untuk berkemah. Selain berkemah, ternyata tempat ini biasa dijadikan tempat untuk foto prewedding. Tidak hanya foto prewedding saja, tapi juga ada beberapa pasangan yang sengaja menjadikan tempat ini untuk acara resepsi dengan konsep alam terbuka. Fasilitasnya pun sudah lengkap dan kita tidak perlu membayar untuk masuk ke area ini. Jika ingin menikmati salah satu wahana, baru kita harus membayar.

8. Taman Miniatur Kereta Api

Tempat wisata lembang satu ini sangat cocok untuk edukasi anak-anak. Taman ini seperti museum kereta Api di Bandung namun yang membedakan bentuk di taman ini lebih kecil (miniatur). Disini kita belajar mengenal nama-nama dan bentuk dari jenis lokomotif. Perbandingan dengan jenis lokomotif yang asli hingga 1:24. Setiap jengkalnya sama seperti dengan yang asli. Lokasinya berada di dalam Floating Market. Meskipun masih berada di satu area dengan Floating Market, kita masih harus membayar tiket untuk masuk ke Taman Miniatur Kereta Api. Tidak hanya benda wajib yang ada di KA, tapi semacam ornamen gunung, rel kereta, pohon-pohon dan bukit pun turut melengkapi miniatur KA. Fasilitasnya pun sangat terawat, jadi bisa dipastikan kenyamanan pengunjung.

9. Wisata Lembang Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah Wonderland dikenal sebagai tempat wisata keluarga terbesar di Lembang. Sebab wahana di tempat wisata lembang ini sangat banyak sekitar 30 wahana. Cocok dikunjungi saat anak-anak sedang berlibur sekolah atau mengisi hari weekend. Di sana kita akan menemukan waterboom, mini zoo, hourse riding dan masih banyak lagi. Tiket dijual sekitar Rp 20.000 belum termasuk wahana dan parkir kendaraan. Tiket terusan untuk wahana nya sekitar Rp 250.000 saat weekend dan Rp 150.000 untuk weekday. Khusus untuk tiket waterboom yaitu Rp 100.000 – Rp 125.000. Disarankan untuk datang di hari biasa, karena tempatnya bisa lebih sepi dan leluasa bagi si kecil bermain. Wahana ter favorit selama ini yaitu waterboom karena dibagi ke beberapa fasilitas wisata. Mulai dari kolam berenang khusus untuk anak-anak dan beserta jenis permainannya, kemudian waterboom yang berada di tengah-tengah dengan kolam yang cukup dalam, kemudian yang paling memicu adrenalin ada wana tornado.

10. Wisata Lembang Jendela Alam

Wisata lembang satu ini memiliki sedikit kesamaan dengan Farmhouse. Kita bisa merasakan keseruan beternak dan memberi makan hewan unggas. Lagi-lagi lokasi wisata ini cocok untuk anak-anak, di sana mereka bisa bermain sambil belajar. Lokasinya berada di dalam Graha Puspa dan hanya dengan Rp 15.000 kita bisa masuk ke lokasi wisata Jendela Alam. Wisata yang bisa anak-anak lakukan sangat beragam, dan untuk itu kita harus membayar sejumlah uang. Misalnya untuk naik kuda poni bayar Rp 20.000 dan animal feeding bayar Rp 15.000 begitu pun dengan wisata lainnya. Banyak kita temukan kebun-kebun hidroponik yaitu di greenhouse hidroponik, disitu anak-anak bisa melihat-lihat sambil belajar. Jika ingin meliha hewan ada di Animal Feeding dengan membayar Rp 15.000 anak-anak bisa berkeliling ke rumah rusa totol, kambing etawa, sapi hingga marmut. Ingin mencoba panen telur ayam juga bisa, dan tentunya bisa kita beli.

11. Wisata Lembang Kampung Daun

Sebenarnya Kampung Daun ini merupakan sebuah nama restoran yang sangat terkenal se-Indonesia. Lalu dimana letak wisatanya? Letak wisatanya dan yang menjadi pembeda sekaligus spesial untuk restoran ini yaitu kita bisa menikmati hidangan khas Sunda di dalam saung yang berada di atas perbukitan dengan udara yang sejuk dengan pemandangan pohon-pohon rindang. Pemandangan yang disajikan juga tak hanya pohon rindang saja tapi suasana pedesaan juga. Kita yang terbiasa dengan suasana kota akan sangat nyaman berada disini. Apalagi menjelang malam, beberapa lampu redup akan menambah kesan romantis. Lampu-lampu obor berjejer di sisi-sisi jalan. Lokasinya berada di Jalan Sersan, harga makannya pun bervariasi mulai dari Rp 8.000 hingga Rp 115.000.

12. Wisata Lembang Burgundi Dine & Wine

Tempat wisata lembang ini cocok untuk tempat nongkrong para pecinta anggur. Letaknya di Maribaya. Anggur atau wine di sini berasal dari berbagai negara dan dari Indonesia pun berasal dari berbagai daerah. Menikmati wine dengan pemandangan yang sejuk memang sensasi yang luar biasa. Lokasinya yang berada di dataran tinggi menjadikan udara yang ada di sekitar wisata lembang satu ini masih asri dan jauh dari polusi. Dekorasi bangunannya menarik dengan konsep eksterior membuat kita ingin berlama-lama disana. Tidak hanya wine saja, berbagai macam makanan pun disediakan. Fasilitas yang disediakan juga sangat lengkap. Jika kita ingin ruangan yang lebih privat ada pinot pair. Ingin nuansa semi indoor ada terrace, ingin nuansa simple ada gamay atau ruangan terbuka ada the village dan masih banyak lagi.

13. Wisata Lembang Gunung Putri

Tidak hanya bukit, waterboom atau peternakan, wisata lembang juga mempunyai tempat wisata gunung. Gunung Putri ini hanya salah satu pegunungan yang ada di Lembang yang memiliki pemandangan sangat indah terlebih saat matahari terbit atau terbenam. Pesona alamnya ternyata memiliki sejarah dan misteri. Para wisatawan biasanya melakukan aktivitas mendaki dan berkemah. Selain berkemah, di Gunung Putri ini juga ada banyak spot foto yang bagus untuk menghiasi feed instagram. Jika kita beruntung ada momen saat langit dipenuhi bintang dan spot yang tepat untuk berfoto ada di Puncak Tugu. Tiket masuknya pun sangat terjangkau hanya Rp 7.500 dan untuk berkemah Rp 17.500. Akses jalannya pun mudah dilalui baik bagi yang membawa kendaraan pribadi ataupun umum.

14. Gunung Batu

Gunung Batu ini salah satu wisata lembang yang cocok untuk pecinta climbing. Gunung Batu juga memiliki tekstur gunung yang dipenuhi dengan bebatuan andesit. Maka dari itu tempat wisata ini cocok untuk panjat tebing. Dahulunya, Gunung Batu ini merupakan tilas letusan dari Gunung Sunda yang berusia lebih dari 500 ribu tahun. Keberadaannya cukup jauh dari pusat kota, namun bagi para pecinta gunung dan penakluk gunung tentu tidak perlu berpikir panjang untuk mengunjungi Gunung Batu. Dari puncak Gunung Batu akan terlihat berbagai pemandangan yang sangat jarang kita temui seperti sunset, sunrise hingga citylight. Sayangnya lahan parkir kurang mendukung, kita bisa menggunakan lahan beberapa warung.

Info Lainnya:  FLOATING MARKET LEMBANG, WISATA FAVORIT KELUARGA DAN KEREN ABIS DI BANDUNG

15. Wisata Lembang Curug Tilu Leuwi Opat

Kini berpindah pada wisata lembang dengan sajian air terjun. Salah satunya curug tilu leuwi opat. Tidak hanya curug saja yang bisa kita nikmati, tapi disana juga terdapat lahan oubound seperti body rafting, jembatan dua tali, shaking bridge dan lain-lain, perkemahan dan wahana permainan juga tersedia. Rute jalan yang ditempuh untuk sampai di Curug Tilu Leuwi Opat juga tidak terlalu sulit, tapi tetap perhatikan keselamatan selama perjalanan. Tempatnya masih sangat alami dan cocok untuk kita yang mencintai wisata alam.

16. Wisata Lembang Taman Begonia

Seperti namanya, wisata lembang kali ini terdiri dari kebun Begonia. Bunga Begonia yang berasal dari Bali memang sangat mendominasi tempat ini. Bunganya selalu bermekaran setiap saat, di musim apapun dan pemeliharaannya pun sangat mudah. Warnanya sangat cantik yaitu merah dan pink. Selain menikmati pemandangan bunga-bunga, kita juga bisa membeli bunga lain yang tersedia di Taman Begonia. Selain kebun Begonia, ada juga tomat cherry yang ditanam dengan metode hidroponik dan bisa kita petik sendiri. Di akhir pekan, kita bisa menikmati live musik untuk pengunjung. Harga tiket cukup terjangkau sekitar Rp 10.000 dan gratis soft drink atau es lilin. Lokasinya berada di sekitar Maribaya, fasilitasnya pun sangat lengkap hingga tour guide.

17. Taman Bunga Cihideung

Wisata lembang taman bunga Cihideung ini sudah dikenal sebagai tempat penjualan bunga hias terbesar di Bandung. Pengunjung pun sering datang ke taman ini. Di taman ini ada budidaya khusus untuk bunga melati, anggrek dan bunga lainnya. Untuk penggemar bunga hias, taman bunga Cihideung harus menjadi salah satu list taman yang harus dikunjungi. Tiket masuknya sangat murah yaitu Rp 5.000 dan jam bukanya dari pukul 8 pagi hingga jam 5 sore.

18. Wisata Lembang De Ranch

Tempat wisata lembang yang khas dengan nuansa cowboy. Bagaimana tidak? Pengunjung bisa menunggang kuda dan disertai dengan aksesoris khas cowboy dan lengkap. Untuk anak-anak pastinya akan menjadi sebuah pengalaman yang spesial. Lokasinya di jalan Maribaya dan tidak jauh dari The Lodge Maribaya. Jadi saat jalan-jalan di De Ranch kita bisa mampir juga ke The Lodge. De Ranch memberikan nuansa wisata yang berbeda, kita akan diajak berkeliling dengan menunggangi kuda. Tidak hanya itu, ada juga kuda poni khusus untuk anak-anak, bersepeda track, trampolin hingga belajar memanah. Harga tiketnya Rp 10.000 dengan fasilitas yang sangat lengkap. Jadi jangan lewatkan momen wisata yang unik ini.

19. Situ Lembang

Situ Lembang ini sebuah wisata lembang yang dibuat pada zaman Belanda dan sama halnya dengan Gunung Batu, Situ Lembang juga merupakan sebuah cekungan hasil dari letusan Gunung Sunda. Daya tarik Situ Lembang sudah sangat populer di kalangan travelers. Dikelilingi dengan hutan yang masih alami menambah pengalaman berwisata yang berbeda. Harga tiketnya murah sekali hanya Rp 5.000. Jaraknya sekitar 17 km dari tempat wisata lembang lainnya, yaitu dekat dengan rumah hobbit Farmhouse.

20. Wisata Lembang Jayagiri

Secara umum, Jayagiri merupakan tempat wisata yang dipenuhi dengan hutan pinus yang lebat dan padat ditambah dengan udaranya yang dingin dan sejuk. Suasana hutan tersebut bukanlah buatan melainkan keadaan alami yang tidak ada campur tangan manusia. Luasnya mencapai 7 hektar. Bagi hikers tentu akan sangat menggoda untuk berkunjung kesini. Para fotografer juga bisa membuat hasil foto yang bagus apalagi saat ini sedang trend foto prewedding di daerah hutan pinus. Para pecinta hiking akan dimanjakan dengan pemandangan perkebunan pedesaan, bukit dan hutan. Harga tiketnya hanya Rp 5.000, jika ingin bermalam disana tersedia beberapa villa yang bisa menjadi pilihan sesuai dengan budget yang kita miliki.

21. Terminal Wisata Grafika Cikole

Masih dengan area hutan pinus, wisata lembang satu ini juga berada di dalam hutan pinus. Tempatnya ada di jalan Tangkuban Perahu. Di dalamnya terdapat sejumlah penginapan seperti hotel dan pondokkan. Kemudian terdapat lapangan kemah yang bisa dijadikan ground camp. Tak perlu khawatir soal makanan, karena disediakan pula makanan yang menjadi ciri khas Lembang. Kesejukkan grafika cikole bisa menambah kenyamanan kita saat berwisata. Jangan lupa untuk mengambil gambar, karena tempatnya unik dengan pondok-pondok yang terbuat dari kayu. Tempat parkir pun tersedia dan dipisah sesuai jenis kendaraan. Pondok di Grafika Cikole di hargai 1 juta permalam belum termasuk pajak dan biaya service. Sedangkan untuk masuk ke hutan pinus nya membayar Rp 5.000. Tiket yang didapat bisa ditukar dengan minuman, makanan atau souvenir.

22. Bandung Treetop Adventure Park

Lokasinya dekat dengan Grafika Cikole yaitu di Jalan Tangkuban Perahu. Bandung Treetop Adventure Park ini merupakan tempat bermain yang penuh dengan tantangan mengenai ketinggian. Beberapa wahana tersebut yaitu flying fox dengan jarak 160 meter dan ketinggian 20 meter. Setiap wahana sudah dapat dipastikan keamanannya dan ada beberapa wahana yang dibatasi dengan usia. Untuk tiket masuknya per orang dikenakan biaya Rp 200.000 untuk dewasa dan Rp 140.000 untuk anak-anak, adapun paket keluarga Rp 540.000. Biasanya tempat ini sering dikunjungi oleh para siswa rombongan karena fasilitasnya pun memadai.

23. Wisata Lembang Imah Seniman

Imah seniman ini merupakan sebuah penginapan dengan nuansa danau. Jadi penginapan tersebut berada di atas danau. Kemudian, imah seniman dikelilingi dengan tanaman hijau yang sejuk di pandang. Gaya tradisional yang khas ada disetiap atap-atap rumah, fasilitas lain seperti galeri seni, layanan spa dan akses internet gratis di beberapa tempat umum. Disetiap kamar pun dihiasi dengan hiasan khas kayu dan kesenian lokal yang cantik. Tidak hanya itu, kita dapat memancing di danau tersebut. Tempat parkir yang disediakan gratis dan terdapat area bermain anak-anak.

Info Lainnya:  BEBERAPA TEMPAT WISATA DI DAGO BANDUNG

24. Rainbow Garden

Wisata lembang rainbow garden ini merupakan sebuah taman yang ada di Floating Market. Taman bunga yang ada disana layaknya taman bunga di negara Jepang. Baru ada sejak Februari tahun lalu. Dan yang lebih uniknya lagi, sebanyak 80% bunga yang ditanam disini bisa untuk dimakan. Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap ditambah dengan gazebo yang bisa kita gunakan untuk beristirahat bersama keluarga.

25. Wisata Lembang Tafso Barn

Secara umum tempat ini merupakan sebuah tempat makan atau cafe. Yang menjadi nilai istimewa yaitu dari pemandangan pesona pegunungan khas Lembang. Kita bisa menikmati makanan sambil melihat pemandangan, bahkan tempat makan ini sangat instagramble. Menu makananya sangat beragam, dari mulai makanan khas lokal hingga mancanegara. Tentunya dengan harga yang cukup terjangkau. Fasilitas lain yang bisa kita nikmati yaitu bermain golf mini dengan membayar biaya tambahan untuk penyewaan alat bermain. Lokasinya berada di Ciumuleuit. Setiap area memiliki keunikan yang berbeda-beda. Misalnya saja area paling atas terdapat kursi sofa lengkap dengan meja dan beratap, lalu turun ke bawah terdapat meja panjang dan kursi yang terbuat dari tong. Di bagian bawah lagi ada sebuah tempat seperti “sangkar burung” berwarna putih terdapat meja dan kursi untuk menampung kurang dari 5 orang.

26. Kebun Teh Sukawana Lembang

Wisata lembang satu ini sebelumnya dikenal dengan nama pangheotan yang dalam arti sebenarnya adalah nama seorang Belanda yaitu Van Houten. Kebun teh yang berjajar sangat rapih akan menyejukkan siapa pun yang melihatnya. Tidak hanya kebunnya saja, disana juga terdapat pabrik teh yang digunakan untuk proses pengolahan. Dari kejauhan kita dapat melihat Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Burangrang. Tiket masuknya sekitar Rp 5.000 kita sudah bebas mengelilingi area kebun teh. Fasilitas yang disediakan seperti warung-warung, mesjid ada di area perumahan pegawai sekaligus dengan toiletnya. Sayangnya jalan menuju kebun teh ini masih berupa bebatuan namun terbayar saat sampai di hamparan kebun teh Sukawana.

27. Air Terjun Maribaya

Ada banyak wisata lembang yang belum banyak diketahui masyarakat. Misalnya seperti air terjun maribaya ini. Air terjun ini ternyata dilewati oleh dua sungai yang dari kedua sungai tersebut juga terdapat 3 buah air terjun yaitu Air Terjun (Curug) Cigulung, Air Terjun Cikawari dan Air Terjun Cikoleang. Disana kita dapat bebas bermain air sepuasnya, airnya sangat jernih dan bersih apalagi di Air Terjun Cikawari. Sedangkan di dua curug lainnya, kita tidak diperbolehkan untuk turun karena airnya cukup dalam. Soal makanan tepat di samping curug Cigulung ada sebuah cafe bernama Twig Cafe. Sayangnya dari ketiga curug tersebut masih kurang perawatan terlebih soal sampah.

28. Balitsa Lembang

Balitsa atau balai penelitian tanaman dan sayuran ini berlokasi di jalan Tangkuban Perahu. Tempat ini menjadi salah satu wisata lembang yang mempunyai nilai edukasi. Di sini semua jenis tanaman dan sayuran dilakukan penelitian. Tak lupa juga menjadi tempat pengembangan tanaman holtikultura terbesar yang ada di Bandung. Selain menambah pengalaman, kita juga akan menambah wawasan. Pengelola akan memperlihatkan langsung proses penelitian tanaman dan sayuran. Jenis sayuran dan tanaman pun beragam, mulai dari yang sederhana seperti bumbu masakan hingga sayuran seperti sawi dan bayam. Sebagai sebuah tempat yang menjadi pusat penelitian, maka disekitarnya dikeliling dengan tanaman yang berwarna warni dengan pohon rindang yang menambah kesejukan. Tempat dengan jajaran pohon pinus selalu menjadi tempat favorit untuk berfoto. Apalagi ada sebuah Rumah Kaca yang memiliki pemandangan indah dan tidak bisa kita lewatkan dari bidikan kamera kita.

29. Desa Wisata Kampung Pasir Angling

Jika kita rindu akan suasana pedesaan, maka desa ini adalah tempat yang tepat untuk kita kunjungi. Suasana perkampungannya sangat alami dan kini dinding rumahnya pun sudah dihiasi dengan seni lukisan mural yang biasa digunakan background foto oleh wisatawan yang datang. Sejauh mata memandang, kita akan lihat perkebunan khas pedesaan dan udara yang sejuk. Apalagi di desa ini kita akan menjumpai adat istiadat Sunda. Di desa ini juga terdapat sebuah curug yang bernama Curug Bellarosa. Selain itu, dari desa ini kita dapat berkunjung ke beberapa tempat wisata yang jaraknya berdekatan misalnya saja seperti ke Batu Ngampar, sebuah tempat wisata alam yang mempelihatkan hamparan batu, kemudian Bukit Tunggul, yang memperlihatkan pemandangan Kota Bandung dari ketinggian. Untuk masuk ke Desa Wisata Kampung Pasir Angling ini kita hanya harus membayar Rp 5.000 sudah termasuk biaya masuk curug Bellarosa.

30. Salian Art Space Lembang

Salin Art Space ini merupakan salah satu wisata lembang yang menampilkan hasil karya seniman Bandung. Di sini kita dapat mengambil gambar dengan background yang unik, bahkan beberapa fotografer dapat menjadikan tempat ini sebagai koleksi fotonya. Lokasinya berada di daerah Parongpong. Konsep wisatanya mencakup galeri seni, spacelab, eatery dan cafe. Tidak hanya itu beberapa event juga sering dilakukan di Salian Art Space. Para pecinta seni jangan dilewatkan untuk mampir ke Salian Art Space, karena tidak hanya seniman yang berasal dari lokal saja, tidak menutup kemungkinan ada dari internasional. Kita juga memanjakan lidah di beberapa resto dan cafe yang ada di area Salian Art Space. Jam operasionalnya sekitar pukul 8 pagi hingga jam 5 sore.

Nah itulah beberapa tempat wisata di kawasan Lembang Bandung yang lagi hits saat ini, tempat mana yang akan anda kunjungi silahkan pilih yang sesuai dan cocok dengan keluarga anda.