30 Tempat Wisata di Purwakarta Yang Paling Populer

0
108

Purwakarta merupakan salah satu kota bersahabat di Indonesia dan meskipun bukan menjadi destinasi wisata tersibuk, ada banyak objek wisata di kota ini yang sangat layak untuk dijelajahi. Mulai dari spot wisata alam sampai wisata kulinernya semua lengkap tersedia di Purwakarta. Terlebih beberapa tahun ini industri pariwisata di Purwakarta semakin dikembangkan terbukti dengan banyak dibangunnya berbagai objek wisata Purwakarta baru yang hits dan popular.

Rekomendasi tempat wisata di Purwakarta untuk anda kunjungi

Berikut 30 rekomendasi destinasi wisata di Purwakarta sebagai referensi utnuk rencana liburan anda selanjutnya:

  1. Hidden Valley Hills Purwakarta

Ini merupakan objek wisata yang sedang hits terutama dikalangan anak muda di Purwakarta. Ini merupakan spot wisata yang masih terbilang baru. Didalamnya ada fasilitas lengkap mulai dari villa, resort, sampai skypool. Jajaran pilar merupakan spot foto terfavorit wisatawan ketika berkunjung kesini. Selain itu, keindahan gunung Lembu, gunung Cupu dan gunung Parang juga dapat terlihat dari sini dan menjadi background spot wisata ini. Hal ini juga yang menambah suasana sejuk dan nyaman ketika berada disini. Dari sini juga anda dapat melihat bendungan jatiluhur yang ikonik di Purwakarta. Spot wisata ini ada di desa Cibodas, kecamatan Sukatani, Purwakarta.

  1. Bukit Katumbiri

Destinasi wisata yang satu ini sering juga disebut Bukit Pelangi. Ini karena Katumbiri sendiri memiliki arti Pelangi. Objek wisata ini masih sangat baru karena baru dibuka awal tahun 2018 lalu. Yang menjadi daya Tarik utama spot wisata ini ialah pemandangannya yang luar biasa. Disini ada berbagai spot foto yang keren mulai dari rumah pohon, gardu pandang, sampai jembatan. Pemandangan indah seputar Purwakarta dapat dinikmati dari ketinggian dengan jelas. Lokasinya sendiri ada di Bukit Katumbiri, kecamatan Kiarapedes, Purwakarta.

  1. Giri Tirta Kahuripan

Ini bukanlah wahana kolam renang biasa. Namun lokasinya yang berada di ketinggian dengan konsep terbuka membuat anda seolah sedang berenang diatas awan layaknya kolam-kolam renang mewah yang ada di beberapa resort di Bali. Spot wisata ini masih menjadi bagian dari kawasan Agrowisata Resort Giri Tirta Kahuripan yang menyediakan berbagai fasilitas penginapan, restoran dan lain-lain. Kolam ini ada di ketinggian 500 mdpl. Spot wisata Purwakarta ini berlokasi di desa Taringgul Tonggoh, kecamatan Wanayasa, Purwakarta.

  1. Desa Wisata Tajur

Disini anda bisa belajar lebih jauh tentang kebudayaan masyarakat Purwakarta. Kampung wisata ini tidak hanya bisa menjadi spot wisata yang menyenangkan tapi juga mengedukasi. Selama disini, anda bisa tinggal di salah satu rumah warga dan melakukan berbagai kegiatan seru seperti beternak, membajak sawah, dan berkebun. Lokasinya ada di Pesanggrahan, kecamatan Bojong, Purwakarta.

  1. Waterpark Kuya Marangi

Purwakarta juga punya wisata taman air yang menjadi lokasi liburan keluarga yaitu Waterpark Kuya Marangi. Taman air ini memang memiliki tema kura-kura sesuai namanya. Jika dilihat dari ataspun, kolamnya memiliki bentuk menyerupai tempurung kura-kura. Fasilitas wahana disini sudah lengkap mulai dari air tumpah, perosotan air, perahu kuya, jembatan selfie, dll. Taman air yang berdiri diatas lahan seluas 5.000 meter persegi ini berlokasi di desa Cibungur, kecamatan Bungursari, Purwakarta.

  1. Urban Farming

Destinasi wisata kekinian juga ada di Purwakarta termasuk salah satunya Urban Farming Purwakarta. Disini, suasana di setting menyesuaikan atmosfer arsitektur rumah petani di Eropa. Setiap rumah dicat dengan warna warni yang menarik lengkap dengan tanaman gantung dan pagar kayunya yang klasik. Ada juga perkebunan sebagai sarana edukasi dimana anda bahkan bisa membeli bibit bunga, sayur, hingga buah. Objek wisata ini cocok untuk destinasi wisata keluarga. Alamatnya ada di Benteng, Campaka, Purwakarta.

  1. Cikao Park Purwakarta
Info Lainnya:  12 Alasan Kenapa The Onsen Hot Spring Resort Malang Bisa Bikin Rencana Anda ke Jepang Batal

Ini merupakan objek wisata yang tengah hits di Purwakarta. Disini tersaji berbagai wahana wisata yang tidak hanya menghibur namun juga mengedukasi. Disini terdapat waterpark dengan tema alam dan pantai, kebun binatang mini, area bermain khusus anak, gazebo untuk tempat beristirahat, sampai taman burung. Karena berbagai wahana yang lengkap tersedia disini, ia menjadi destinasi wisata favorit khususnya masyarakat Purwakarta. Lokasinya ada di desa Cisalada, kecamatan Jatiluhur, Purwakarta.

  1. Desa Sejuta Batu

Tempat wisata di Purwakarta unik ini memang sedang hits. Yang menjadi primadona dari spot wisata ini tentu saja bebatuan alam buatan yang ada dalam berbagai ukruan dan bentuk. Disini, pengunjung juga bisa melakukan aktifitas rock climbing, selain itu, fasilitas untuk kegiatan memancing, berkemah, flying fox, sampai offroad sudah tersedia disini. Sehingga anda yang suka wisata petualangan bisa memilih tempat ini sebagai destinasi wisata selanjutnya. Ia berlokasi di Cipeundeuy, Bojong, Purwakarta.

  1. Tanjakan Cinta

Destinasi wisata ini memang terlihat simple dan kegiatan utama yang paling banyak dilakukan pengunjung ketika berwisata ke tempat ini ialah berfoto. Namun pemandangan disini membuat foto-foto terlihat sangat indah. Ada juga spot khusus untuk berfoto yang terbuat dari bamboo yang membuat anda seolah sedang berada diatas awan. Lokasinya ada di desa Wanawali, kecamatan Cibatu, Purwakarta.

  1. Gunung Lembu

Destinasi wisata petualangan ini cocok untuk anda yang suka berkegiatan di outdoor. Ini merupakan salah satu spot hiking favorit dengan tingkat kesulitan yang cukup bisa memeras keringat. Namun semua lelah terbayarkan ketika sudah ada dipuncak. Darisini juga anda dapat melihat Waduk Jatiluhur yang ikonik di Purwakarta dari ketinggian 792 meter diatas permukaan laut. Lokasi Gunung ini ada di kampung Panunggal, desa Panyindangan, kecamatan Sukatani, Purwakarta.

  1. Gunung Parang

Ada juga Gunung Parang bagi para penyuka olahraga ekstrim. Selain mendaki, anda juga bisa mencoba sensai bersantai diatas hammock diatas ketinggian gunung. Anda bisa bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitar Purwakarta dari ketinggian.  Tentu saja waktu yang paling ideal untuk bersantai diatas hammock ialah ketika matahari mulai terbenam. Selain itu, disini juga tersedia fasilitas panjat tebing sehingga menambah keseruan. Lokasi gunung ini ada di desa Sukamulya, kecamatan Tegal Waru, Purwakarta.

  1. Gunung Bongkok

Objek wisata Purwakarta ini merupakan gunung yang bisa didaki dengan cukup mudah oleh pendaki pemula sekalipun dengan ketinggiannya di 1000 mdpl. Ada dua puncak utama disini yaitu Puncak Datar dan Puncak Batu Tumpuk. Ada juga gardu pandang untuk anda bisa melihat pemandangan lebih jelas dan menjadi lokasi berfoto yang keren. Lokasinya ada di Cisarua, kecamatan Tegal Tegal Waru, Purwakarta.

  1. Mata Air Cijanun

Ini merupakan sumber mata air alami yang menyajikan air jernih dan bersih. Suasana disekitar yang dikelilingi dengan peohonan hijau membuat udara disini lebih sejuk. Disekitar kolam juga terdapat bebatuan yang menambah eksotisme objek wisata ini. Lokasinya yang terbuka cocok untuk dijadikan sebagai wahana bermain air bagi anak-anak. Mata air ini berlokasi di Cijanun Lembangsari, desa Cipeundeuy, kecamatan Bojong, Purwakarta.

  1. Curug Cipurut

Curug atau air terjun ini masih termasuk dalam kawasan cagar alam sehingga suasana disekitarnya memang masih sangat terjaga. Jaraknya harus ditempuh dengan sedikit trekking selama 20 menit dari kampung terdekat. Ada tiga curug yang bisa anda lihat ketika berkunjung kesini yang memiliki ketinggian sekitar 25-30 meter. Lokasi air terjun ini ada di kampung Cileungsing, desa Samurugul, kecamatan Wanayasa, Purwakarta.

  1. Curug Tilu
Info Lainnya:  15 CURUG DI BOGOR BERIKUT TINGKAT KESULITANNYA

Curug ini memiliki karaketristik yang menarik perhatian wisatawan dengan kontur tanahnya yang sedikit berbatu dan dikelilingi pepohonan hijau yang asri. Warna airnya juga sangat jernih bahkan sedikit kehijauan. Pengunjung bisa bermain sepuasnya disini dan bahkan sudah tersedia pelampung untuk disewa. Lokasinya di desa Ciririp, kecamatan Sukasari, Purwakarta.

  1. The Colorville Alam Sari Wates

Alam Sari Wates sendiri merupakan tempat wisata di Purwakarta bagi keluarga yang menyediakan berbagai fasilitas lengkap mulai dari arena outbond, rumah pohon, kolam renang, ATV, sampai gardu pandang untuk menikmati pemandangan dari ketinggian. Ada juga wahana upside side room untuk berfoto dengan tema yang tidak biasa. Destinasi wisata yang sedang hits ini berlokasi di Jl. Raya Darangdan KM. 21, Sawit, Darangdan, Purwakarta.

  1. Pasir Langlang Panyawangan

Bagi anda yang ingin berwisata tanpa harus berdesakan dengan wisatawan lain maka Pasir Langlang Panyawangan ini merupakan destinasi yang cocok untuk dikunjungi. Spot wisata ini ada ditengah-tengah hutan pinus yang cantik dengan suasananya yang cenderung tenang dan damai. Ada berbagai hal menarik untuk dilakukan disini seperti menjelajahi hutan pinus, berkunjung ke Goa Jepang, atau sekedar bersantai diatas hammock. Ia beralamat di Pasir Muncang, kecamatan Kiarapedes, Purwakarta.

  1. Bukit Panenjoan

Ini merupakan spot wisata yang sering dijadikan sebagai lokasi foto yang instagrammable. Ada berbagai spot foto unik yang bisa dicoba pengunjung seperti salah satunya gardu pandang yang didesain seperti sarang burung. Pemandangan disini sangat indah terlebih dengan adanya hamparan perkebunan, bukit, serta danau Juanda Jatiluhur yang menjadi latar belakangnya. Disini juga terdapat saung-saung untuk bersitirahat sekaligus berselfie. Lokasinya ada di Kampung Cinangka, desa Sindang Panon, kecamatan Bojong, Purwakarta.

  1. Waduk Jatiluhur

Ini merupakan waduk ikonik di Purwakarta dan sekaligus waduk terbesar di Indonesia. Disini cocok untuk dijadikan lokasi liburan yang menenangkan dan murah meriah. Anda juga bisa bersantai sambil berfoto disekitar waduk. Bahkan, anda juga bisa keliling waduk dengan menggunakan perahu yang disewakan untuk pengunjung. Lokasinya ada di Jl. Waduk Jatiluhur, kecamatan Jatiluhur, Purwakarta.

  1. Jatiluhur Water World Purwakarta

Ini merupakan taman air yang cocok untuk wisata keluarga. Disini tersedia berbagai wahana permainan air yang bisa memanjakan hari liburan anda seperti kolam renang dengan berbagai ukuran dan kedalaman, sampai wahana permainan seru seperti water slide setinggi 7-11 meter, seluncuran dengan rute sepanjang 43 meter, hingga Jet Sky. Lokasinya yang masih dikelilingi nuansa hijau nan asri membuat suasananya cenderung sejuk. Ia beralamat di Jatimekar, kecamatan Jatiluhur, Purwakarta.

  1. Taman Air Mancur Sri Baduga

Bagi anda yang ingin berwisata tanpa merogoh kocek yang dalam, taman air mancur ini bisa menjadi solusi yang tepat. Waktu paling ideal untuk mengunjungi air mancur ini ialah saat malam hari, dimana tata cahaya lampu membuat atraksi air mancur lebih indah dan menarik. Ada berbagai spot foto yang bisa kamu manfaatkan untuk berselfie. Lokasinya sendiri ada di Situ  Buleud, Negeri Kidul, kecamatan Purwakarta, kabupaten Purwakarta.

  1. Saung Manglid

Ini merupakan spot wisata kuliner yang wajib anda sambangi ketika berlibur ke Purwakarta. Ia berlokasi didataran tinggi sehingga suasana sejuk dan asri sangat terasa. Disini ada berbagai pilihan hidangan khas Indonesia yang bisa dicoba. Suasana makan lebih menyenangkan dengan pemandangan disekelilingnya. Disini juga tersedia fasilitas kolam ikan yang indah. Lokasinya ada di Parakanceuri, Pusakamulya, Kiarapedes, Purwakarta.

  1. Waduk Cirata
Info Lainnya:  Tempat Wisata Anak di Bogor

Selain Waduk Jatiluhur, Purwakarta juga punya waduk lainnya yaitu Waduk Cirata. Selain menjadi sumber air bagi masyarakat sekitar dan pembangkit listrik, waduk ini juga menjadi spot wisata Purwakarta yang murah meriah favorit keluarga di Purwakarta. Disini anda bisa bersantai menikmati tenangnya air ditemani suasana sejuk. Lokasinya ada di desa Margalaksana, Cipeundeuy, Purwakarta.

  1. Situ Wanayasa

Situ atau danau ini ada diketinggian 600 meter diatas permukaan laut. Ia dikelilingi nuansa hijau dan gunung Burangrang yang menjadi backgroundnya. Yang menarik dari danau ini ialah adanya pulau kecil ditengah danau. Disana dibangun makam RA. Suriawinata yang merupakan pendiri Purwakarta. Ada perahu bebek yang bisa disewa untuk berkeliling danau, bahkan anda juga bisa sekedar bersantai dipinggir danau sambil menikmati pemandangan. Lokasinya ada di Jl. Raya Wanayasa No. 36, kecamatan Wanayasa, Purwakarta.

  1. Sumber Air Panas Ciracas

Anda penggemar sumber air panas alami wajib mengunjungi spot wisata pemandian air panas Ciracas ini. Lokasinya sendiri tidak jauh dari Situ Wanayasa yaitu hanya berjarak sekitar 8km saja. Ada sekitar 12 titik sumber air panas disini yang bisa anda manfaatkan untuk relaksasi melepas otot-otot tubuh yang tegang. Bahkan air panas ini juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Ia berlokasi di kecamatan Wanayasa, Purwakarta.

  1. Sentra Keramik Plered

Anda penyuka keramik bisa berkunjung ke sentra keramik yang ada di Purwakarta ini. Ini merupakan daerah penghasil keramik dengan kualitas tinggi. Bahkan berbagai koleksi keramik telah diekspor ke beberapa negara didunia. Lokasinya sendiri ada di desa Arjun, kecamatan Plered, atau 13 Km dari pusat kota Purwakarta.

  1. Gedung Karesidenan

Ini juga menjadi salah satu spot wisata murah meriah di Purwakarta untuk anda kunjungi. Selain itu, disini juga anda bisa mempelajari tentang sejarah kemerdekaan Indonesia pada jaman dulu. Dibangun ditahun 1854 dimana Indonesia masih ada dibawah penjajahan kala itu, gedung ini masih berdiri dengan kokoh hingga saat ini. Banyak wisatawan yang mengabadikan kunjungan ketempat ini dengan berfoto dibeberapa spot keren. Ia berlokasi di Jl. Gandanegara No. 25, Purwakarta.

  1. Museum Bale Indung Rahayu

Purwakarta juga punya museum yang menjadi spot wisata sejarah yang menyenangkan dan mengedukasi. Museum ini terbilang baru dikota ini dimana didalamnya terdapat berbagai benda yang berhubungan dengan ibu termasuk perjuangan seorang ibu, dan pentingnya peranan ibu dalam kehidupan. Ini bisa menjadi alternatif wisata keluarga yang mendidik. Alamatnya sendiri ada di Jl. Martadinata, Blok Dahlia 1 No. 14, Nagri Tengah, Purwakarta.

  1. Sate Maranggi Cibungur

Sate Maranggi merupakan kuliner khas Purwakarta yang sudah sangat terkenal. Jadi tidak lengkap rasanya jika wisata ke Purwakarta tanpa mencicipi Sate Maranggi yang ikonik. Salah satu lokasi wisata kuliner khusus Sate Maranggi yang terkenal di Purwakarta ialah rumah makan Haji Yetty dimana ada berbagai pilihan sate untuk ditemani dengan es kelapa mudanya yang menyegarkan. Ia beralamat di Jl. Desa Cibungur, Bungursari, Purwakarta.

  1. Museum Bale Panyawangan Diorama Nusantara

Ini merupakan museum interaktif yang sudah popular di Purwakarta. Tempat wisata di Purwakarta ini terbilang baru karena baru diresmikan ditahun 2015 lalu. Disini, anda bisa melihat koleksi museum dan mempelajari sejarah yang dikemas secara digital dan modern. Sejarah yang bisa dipelajari mulai dari sejarah terbentuknya bumi, manusia pra sejarah, zaman kerajaan di Indonesia, dll. Ia beralamat di Jl. K.K. Singawinata, Nagri Tengah, kecamatan Purwakarta, kabupaten Purwakarta.