35 CAFE PALING HITS DI BANDUNG YANG MENAWARKAN PENGALAMAN UNIK DAN MEMORABLE

0
115

Saat ini sudah banyak cafe di Bandung yang menawarkan berbagai konsep yang unik. Tidak hanya sekedar menjadi tempat makan, cafe sekarang ini juga dijadikan sebagai tempat nongkrong sekaligus tempat foto-foto yang instagrammable. Bandung sudah menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Tidak hanya atraksi wisatanya saja yang menarik perhatian, namun juga berbagai hal termasuk fashion dan life style. Untuk itulah, semakin banyak cafe-cafe unik bermunculan yang menawarkan berbagai menu sajian makanan dan minuman yang kekinian serta desain interior yang tidak biasa.

Cafe di Bandung yang unik dan wajib dikunjungi

Dengan suasana yang lebih cozy dan santai, cafe-cafe di Bandung juga punya daya tarik tersendiri. Berikut adalah 35 cafe yang unik dan sedang hits di Bandung:

  1. Kalpa Tree

Yang menarik dari cafe ini ialah area makan yang berada ditengah-tengah kolam renang yang dihubungkan dengan tangga mini. Di cafe ini disajikan berbagai menu makanan baik yang bergaya Western maupun lokal seperti Nasi Goreng Kalpa, Spaghetti Carbonara, serta Dory Singapore Sauce. Kalpe Tree Cafe ini berada di Jl. Kiputih, No. 37, Ciumbuleuit, Cidadap, Bandung. Jam operasionalnya mulai pukul 07.00-22.00 WIB (Senin-Jumat) dan 07.00-23.00 WIB (Sabtu-Minggu). Range harga disini antara Rp 35.000-189.000 untuk makanannya dan antara Rp 12.000-45.000 untuk minumannya. Sedangkan jika pengunjung ingin berenang di kolam renangnya maka harus membayar tiket masuknya dengan biaya Rp 80.000/orang.

  1. D’Moners Home

Cafe di Bandung ini bertema Doreamon dan berdiri diatas bangunan dua lantai dimana dilantai satu terdapat area makan yang didekorasi dengan wallpaper Doraemon. Sedangkan dilantai dua ada replika rumah Nobita, sahabat Doraemon. Bahkan dilengkapi juga dengan dekorasi kamar Nobita serta tempat tidur dan meja dengan laci tempat Doraemon berteleportasi. Untuk menu makanan yang disajikan juga sesuai tema. Ada bento, Ramen Ganari, Jelly Translator Cheese, Dorayaki Milk Pudding, sampai Omurice. D’Moners Home Cafe ini berlokasi di Jl. PH.H. Mustofa No. 73, Padasuka, Cibeunying Kidul, Bandung. Jam operasionalnya mulai pukul 11.00-22.00 WIB dan khusus hari Jumat mulai pukul 13.00-22.00 WIB. Range harga makanannya antara Rp 12.000-30.000.

  1. Goldstar 360 Cafe

Cafe ini menghadirkan suasana unik dimana pengunjung bisa menikmati sajian makanan di cafe berdekorasi gua. Setiap gua memiliki tema yang unik misalnya saja Megas Lakkos yang merupakan area private dengan lampu-lampu berwarna biru. Selain itu ada area gua bertema penjara, dll. Yang menarik lainnya ialah, pengunjung bisa ke area rooftop dan akan disuguhkan dengan view kota Bandung dalam 360 derajat. Makanan yang disajikan bervariasi seperti Nasi Goreng sampai Pasta. Cafe ini berlokasi di Jl. Dangdeur Indah no. 2B, Sukagalih, Sukajadi, Bandung. Jam operasionalnya mulai pukul 11.00-24.00 WIB setiap hari. Range harga makanannya antara Rp 19.000-85.000.

  1. Kota Mini, Lembang

Cafe ini masih menjadi bagian dari Floating Market Lembang. Cafe di Bandung ini berada di kawasan kota mini bergaya Eropa. Ini membuat pengunjung seolah sedang berada di Eropa. Ada juga Barbie House, Cat House, Teddy Bear House dan lain lain sebagai spot foto yang menarik untuk pengunjung. Cafe ini beralamat di Jl. Grand Hotel no. 33, Lembang, Bandung. Pengunjung hanya harus mengarahkan jalur menuju Floating Market untuk bisa berkunjung ke cafe ini sekaligus semua hal menarik di Kota Mini. Jam operasionalnya mulai pukul 09.00-18.00 WIB (Senin-Jumat) dan 08.00-19.00 WIB (Sabtu-Minggu). Range harga makanan dan minuman mulai dari Rp 50.000 keatas.

  1. One Eighty Coffee

Selanjutnya ada One Eighty Coffee dimana pengunjung bisa menikmati sajian makanan diatas meja dan kursi yang berada dalam kolam renang. Cafe ini berupa bangunan dua lantai dengan tema industrial. Disini disajikan berbagai makanan lokal khas Indonesia serta Western seperti Nasi Sop Buntut, Iga Garang Asam, Caesar Salad, dan Burger. Disini, anak-anak bebas bermain diarea kolam renang namun pastikan untuk membawa baju gantinya. Cafe ini beralamat di Jl. Ganesha No. 3, Bandung. Jam operasionalnya mulai pukul 08.00-23.00 WIB (Senin-Kamis) dan 08.00-24.00 WIB (Jumat). Range harga makanannya antara Rp 24.000-99.000.

  1. La Costilla

Cafe di Bandung ini juga menyajikan desain unik dimana terdapat area terbuka berupa taman dibelakang cafe yang memiliki dekorasi lukisan ala Meksiko. Selain itu, perpaduan dekorasi atap, lantai dan dinding yang didominasi warna putih dan biru akan mengingatkan pengunjung dengan suasana di Santorini. Di cafe ini, pengunjung bisa menikmati hidangan ala Western serta Spanyol-Meksiko seperti Jalapeno Poppers dan Horchata. Cafe ini berlokasi di Jl. Karangsari No. 8, Pasteur, Sukajadi, Bandung. Jam operasionalnya mulai pukul 10.30-22.00 WIB (Senin-Jumat) dan 09.00-22.00 WIB (Sabtu-Minggu). Range harga makanannya antara Rp 30.000-100.000.

  1. Welfed

Ini merupakan cafe yang bergaya mewah dan klasik dengan adanya area outdoor yang menawarkan pemandangan indah kota Bandung. Cafe ini merupakan bagian dari Gedung Putih di Villa Triniti yang dikelilingi dengan area hijau. Area interior cafe didesain dengan gaya klasik dimana terdapat dekorasi lampu hias, seta ceiling yang tinggi. cafe ini cocok untuk menikmati makan malam romantis bersama pasangan. Sedangkan untuk makanannya disini ada Lamb Rack, Wagyu Beef, Black Angus, dll. Semua makanan disajikan dengan plating yang cantik. Untuk minumannya ada cocktails serta berbagai smoothies. Cafe ini berlokasi di Jl. Sersan Bajuri No. 88 KM 4,7, Parongpong, Bandung. Jam operasionalnya mulai pukul 15.00-22.00 WIB Setiap hari. Range harga makanannya antara Rp 50.000-300.000.

  1. Brother John & Son

Cafe di Bandung ini berupa food truck dimana kendaraan warna-warni di parkir didepan rumah yang memiliki halaman luas. Pengunjung dapat memesan di Food Truck dan menikmatinya di area meja dan kursi yang disediakan di halaman bangunan rumah tersebut. Meja dan kursinya juga dicat dengan warna warni sehingga suasana lebih menyenangkan. Menu andalan disini tentu saja burgernya yang hadir dalam berbagai pilihan. Yang membuat burgernya spesial karena isian dagingnya atau patty dibuat dengan resep rahasia yang sudah ada sejak 1984. Cafe ala Food Truck ini berlokasi di Jl. Ciumbuleuit No. 107, Hegarmanah, Bandung. Jam operasionalnya mulai pukul 11.00-22.00 WIB (Senin-Kamis) dan 11.00-23.00 WIB (Jumat-Minggu). Range harga makanan antara Rp 10.000-55.000.

  1. Kapulaga Indonesian Bistro
Info Lainnya:  Tafso Barn: Caffe Baru Di Kota Bandung Dengan Konsep Unik

Disini disediakan area bermain khusus untuk anak di halaman belakang. Selain area utama di bagian indoornya, bagian outdoor juga dilengkapi berbagai spot menarik seperti area untuk gathering bergaya formal, serta area lainnya dengan gaya yang lebih santai dimana terdapat dekorasi kanopi, dan di sekeliling area berupa kaca. Disini disajikan kuliner khas Indonesia seperti Nasi Liwet, Nasi Bakar, Sate Ayam, Tempe Mendoan dan lainnya. Ada juga Es Teler dan Es Cendol untuk menghilangkan dahaga. Cafe ini berlokasi di Jl. Dayang Sumbi No. 1-3, Coblong, Kota Bandung. Jam operasionalnya mulai pukul 08.00-22.00 WIB (Senin-Jumat) dan 08.00-23.00 Wib (Sabtu-Minggu). Range harga makanan antara Rp 5.000-50.000.

  1. Cafe D’Pakar

Cafe di Bandung dikelilingi dengan panorama kota Bandung yang sejuk dan indah. Disini disajikan makanan ringan seperti sandwiches dan martabak. Ada juga makanan beratnya seperti menu nasi dan mie. Tentu saja tidak ketinggalan berbagai menu kopi yang bisa dinikmati untuk menghangatkan badan. Cafe ini beralamat di Jl. Dago Pakar Utara, Sekejolang, Ciburial, Cimenyan, Bandung. Jam operasionalnya mulai pukul 11-00-18.00 WIB (Selasa-Kamis) dan 09.00-18.00 WIB (Sabtu-Minggu) sedangkan hari Senin tutup. Range harga makanan disini antara Rp 7.000-44.000. Pengunjung juga harus membayar tiket masuk sebesar Rp 25.000/orang yang bisa ditukar dengan makanan dan minuman.

  1. Morning Glory Coffee

Tempat nongkrong ini berada di area rooftop Hotel Mitra Bandung. Cafe yang berada di lantai 6 gedung hotel ini menyajikan suasana yang nyaman dengan spot yang menarik. Selain meja dan kursi diarea indoor cafe, disediakan pula area makan diarea outdoor berupa sofa dengan suasana dan pemandangan kota Bandung yang indah. Ada juga rumah kaca di cafe ini yang menarik perhatian para pengunjung. Ada juga area kolam mini yang membuat suasana lebih sejuk. Menu disini bervariasi seperti Crown on a Plate, Jet in Fog’s Mist, Clumsy Nutcracker, dll. Tidak ketinggalan sajian kopi andalan diantaranya Hazelnut Creme Brulee, Iced Caramel Macchiato, dll. Cafe ngehits ini berlokasi di Mitra Hotel Bandung, Jl. Supratman, No.98. Jam operasionalnya mulai pukul 07.00-23.00 WIB setiap hari. Range harga makanan antara Rp 15.000-70.000.

  1. Cremeria di Dee

Cafe di Bandung ini menyajikan menu andalan gelato. Cafe ini berupa rumah kaca yang menyajikan suasana outdoor yang cozy. Disediakan pula bean bags warna warni dan ayunan bagi para pengunjung untuk menikmati gelato favorit. Yang menarik lainnya dari cafe ini ialah furniturnya yang bergaya Bali dengan area dapur yng tembus pandang. Cafe ini menggunakan mesin gelato Italia dan menyajikan gelato dalam berbagai pilihan rasa misalnya Chocolate Earl Grey, Buah Naga, Kopyor, Blueberry Cheese Cake, dll. Cremeria di Dee ini beralamat di Jl. Ranca Bentang 2C, Ciumbuleuit, Bandung. Jam operasionalnya mulai pukul 09.00-17.00 WIB setiap hari. Range harga makanannya mulai dari Rp 18.000-125.000.

  1. Kampung Daun

Cafe ini menyajikan suasana alam yang nyaman namun tetap artistik. Cafe sekaligus resto ini didesain dengan gaya tradisional dimana furniturnya didominasi kayu, bambu, dan bebatuan. Bahkan dekorasinya juga alami seperti dedaunan hijau, air terjun, dengan suasana pedesaan yang kental. Pengunjung bisa menikmati hidangan di gazebo yang disediakan sehingga lebih terasa private. Makanan yang disajikan yaitu ala Sunda seperti Nasi Timbel, Tutug Oncom, Ikan Bakar, dll. Cafe dan resto ini berlokasi di Villa Triniti, Jl. Sersan Bajuri No. 88, KM 4,7, Bandung. Jam operasionalnya mulai pukul 10.00-22.00 WIB setiap hari. Range harganya mulai dari Rp 8.000-115.000.

  1. Dusun Bambu

Ini merupakan cafe di Bandung yang sekaligus resto. Dusun Bambu menyajikan fasilitas yang lengkap berupa villa sampai area kemah dan area outbond. Ia juga punya tiga area makan yaitu Lutung Kasarung, Purbasari, dan Burangrang yang masing-masing menyajikan keunikan tersendiri. Untuk makanannya sendiri, setiap area menghadirkan menu yang berbeda. Misalnya saja ada Nasi Kelapa Bakar, Ayam Betutu Panggang, dll. Dusun Bambu beralamat di Jl. Kolonel Matsuri Km 11, Cisarua, Bandung. Harga makanan dan minuman bervariasi. Namun pengunjung sebelumnya juga harus membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000/orang untuk hari biasa dan Rp 25.000/orang untuk akhir pekan. Jam operasionalnya mulai pukul 09.00-21.00 WIB hari biasa dan 08.00-23.00 WIB akhir pekan.

  1. Hummingbird Eatery

Cafe yang satu ini menghadirkan tema yang tidak biasa yaitu Hummingbird. Dimulai dari area luar cafe yang sudah didesain dengan dekorasi menyerupai sarang burung. Sedangkan untuk area interiornya didesain dengan konsep homey dan cozy dengan furniture berbahan kayu. Dekorasinya juga dilengkapi dengan pernak pernik bertema Hummingbird seperti patung, gambar didinding, dll. Menu makanan dan minumannya juga bertema Hummingbird namun tentu saja bukan makanan burung yang disajikan. Menu favorit disini diantaranya ada Lucifer Galette with Beef, Pasta, Ayam Panggang, dll. Cafe ini berlokasi di Jl. Progo, No. 14, Bandung. Jam operasionalnya mulai pukul 07.00-23.00 WIB setiap hari. Untuk range harga makanan antara Rp 20.000-70.000.

  1. Nanny Pavillon Home

Cafe di Bandung yang satu ini memiliki desain interior yang unik dan hampir mirip dengan rumah boneka. Pengunjung bisa menikmati sajian makanan di ruangan dengan tema bervariasi yang bisa dipilih sendiri. Ada Ruang Makan, Kamar Tidur, Taman, Ruang Bermain, sampai Kamar Mandi. Namun jangan khawatir karena semuanya hanya dekorasi dan pengunjung tidak akan makan di kamar mandi sungguhan. Menu makanan andalan yang disajikan disini bergaya Western seperti French American Pancakes, Peach Pancake, Green Tea Pancake, dll. Cafe and resto ini berlokasi di Jl. RE Martadinata No. 127, Cihapit, Bandung. Jam operasionalnya mulai pukul 07.00-23.00 Wib setiap hari. Range harga makanannya berkisar antara Rp 29.000-99.000.

  1. Warung Suluh
Info Lainnya:  Rumah Sosis Bandung

Cafe, resto sekaligus tempat nongkrong di Bandung ini menyajikan konsep yang unik bergaya tradisional, lengkap dengan dekorasi bertema jadul. Furnitur disini didominasi dengan kayu dengan dekorasi bernuansa jadul mulai dari komik jadul, poster jadul, lukisan jadul, dll. Tema tempat makan ini memang kental dengan nuansa Jawa jaman dulu. Sambil menikmati makanan, pengunjung juga akan diiringi alunan musik keroncong. Menu andalan disini ialah Nasi Pendem, Soto, sampai Nasi Campur. Warung Suluh ini beralamat di Jl. Dr. Cipto No.8, Bandung. Jam operasionalnya mulai dari pukul 07.00-22.00 WIB (Minggu-Jumat) dan 07.00-23.00 WIB (Sabtu). Range harga makanannya mulai dari Rp 8.500-55.000.

  1. Sugar & Cream, Maja House

Ini merupakan restoran yang menyajikan cafe di area rooftopnya. Yang menjadi highlight dari cafe di Bandung ini ialah desainnya yang unik. Gaya cafe yang diusung ialah ala retro dengan memadukan nuansa nyaman dan alami. Dekorasi indoornya juga dilengkapi dengan tanaman hias, furnitur kayu, serta tambahan dekorasi kaca. Di area outdoor juga disediakan daybed yang nyaman untuk bersantai. Menu yang disajikan di cafe ini bervariasi mulai dari ala Western, Asian, sampai lokal. Menu andalan dan favorit disini ialah Spaghetti Aglio Olio. Cafe dan resto in berlokasi di Jl. Sersan Abjuri No. 72, Bandung. Jam operasionalnya mulai pukul 11.00 pagi – 02.00 pagi setiap hari. Range harga makanannya antara Rp 30.000-120.000.

  1. Lawangwangi

Lawangwangi membuat pengunjung tidak hanya bisa menikmati sajian makanan namun juga karya-karya seni. Dilantai pertama, terdapat area pameran yang biasanya diadakan juga acara pameran khusus pada waktu-waktu tertentu. Puas melihat-lihat berbagai karya seni, pengunjung bisa menikmati sajian makanan diarea makan yang mewah namun masih dengan nuansa nyaman. Menu andalan disini diantaranya Nasi Goreng Risotto, Salad Buah, dll. Lawang Wangi Creative Space ini berlokasi di Jl. Dago Giri, No. 99A, Mekarwangi, Bandung. Jam operasionalnya mulai pukul 11.00-22.00 WIB (Senin-Kamis), 10.00-23.00 WIB (Jumat), dan 07.00-23.00 WIB (Sabtu-Minggu). Range harga makanan dan minuman antara Rp 10.000-75.000.

  1. Lereng Anteng Panoramic Coffee

Cafe di Bandung yang satu ini menyajikan panorama yang indah bagi pengunjung yang ingin menikmati sajian kopi sambil bersantai. Cafe ini mengusung tema rustic industrial yang juga dilengkapi dengan berbagai furnitur unik seperti bean bag warna warni, meja dan kursi berbahan kayu, dan konsep atap terbuka. Ada juga area outdoor berupa tenda transparan yang berdiri diatas terasiring. Menu makanan diantaranya kue cubit, lumpia, nasi goreng, nasi ayam, dll. Tentu saja tidak ketinggalan menu andalan kopi dengan berbagai pilihan. Cafe ini beralamat di Kampung Pagermaneuh, Pagerwangi, Bandung Barat. Jam operasionalnya mulai pukul 08.00-22.00 WIB setiap hari. Range harga makanannya antara Rp 15.000-30.000.

  1. Tafso Barn

Tempat nongkrong favorit anak muda di Bandung ini juga menghadirkan suasana yang unik dilengkapi dengan spot-spot menarik untuk fotografi. Berbagai tempat duduk unik seperti bentuk lesehan, sarang burung, hingga transparan disediakan untuk memanjakan pengunjung. Menu makanan juga bervarias serta terjangkau mulai dari ala Western, Japanese, dan lokal. Di sekeliling cafe ini berupa pemandangan bukit yang hijau dan asri. Tempat ini berlokasi di Jl. Baru Laksana No. 75, Pagerwangi, Lembang, Bandung. Jam operasionalnya mulai pukul 08.00-22.00 Wib setiap hari.

  1. Dago Bakery Punclut

Dago Bakery Punclut yang menghadirkan nuansa unik dimana bangunannya didesain seperti kastil kerajaan ala Eropa. Cafe di Bandung ini memiliki 4 lantai dan yang paling favorit tentu saja lantai paling atas karena pengunjung bisa melihat pemandangan kota Bandung dari ketinggian. Makanan yang disajikan tidak hany kue atau roti namun juga makanan lain seperti nasi goreng, pasta, soto, pizza, dan tentu saja berbagai menu kopi. Dago Bakery Punclut ini berlokasi di Jl. Pagermaneuh No. 57, Pagerwangi, Lembang, Bandung Barat. Jam operasionalnya mulai pukul 09.00-22.00 WIB. Range harga makanannya mulai Rp 25.000 keatas.

  1. Windy Point Punclut

Punclut masih punya tempat nongkrong kece lainnya seperti Windy Point. Cafe sekaligus resto ini menghadirkan nuansa alam yang menyejukkan namun tetap unik dengan desainnya yang bergaya klasik jaman dulu. Disini terdapat berbagai spot yang instagrammable dimana terdapat furnitur tempo dulu seperti meja dan kursi berbahan kayu, mesin jahit jadul, tv hitam putih, dll. Menu makanan yang disajikan bervariasi seperti Sate Maranggi, Ayam Betutu, eskrim, aneka minuman, dll. Tempat ini berlokasi di Jl. Pagermaneuh No. 274, Pagerwangi, Lembang, Bandung Barat. Jam operasionalnya mulai pukul 13.00-23.00 WIB setiap hari. Range harga makanannya antara Rp 5.000-50.000.

  1. Miss Bee Providore

Tempat nongkrong yang satu ini menghadirkan tema berkelas namun dengan suasana yang nyaman. Desainnya mengusung konsep vintage yang didominasi dengan dekorasi kaca. Diarea luar salah satu cafe di Bandung ini dikelilingi dengan nuansa hijau yang sejuk. Disediakan pula are bermain anak, bahkan ada berbagai binatang yang bisa diajak bermain. Menu makanan yang disajikan bervariasi mulai dari ala Western sampai lokal. Tempat ini beralamat di Jl. Rancabentang No. 11A, Ciumbuleuit, Cidadap, Kota Bandung. Jam operasionalnya mulai pukul 07.00-23.00 WIB setiap hari.

  1. Wild Grass

Cafe ini juga merangkap sebagai resto dengan konsep yang unik dan menarik. Tema yang diusung pada desain cafe ini ialah rustic industrial dengan tambahan nuansa klasik yang membuatnya lebih nyaman. Cafe ini dikelilingi nuansa hijau yang sejuk. Menu andalan di cafe dan resto ini ialah chicken wings yang pedas, burgernya yang dilengkapi keju dan patty yang tebal, dll. Wild Grass beralamat di Jl. Gunung Kareumbi No. 10, Ciumbuleuit, Cidadap, Kota Bandung. Jam operasionalnya mulai pukul 08.00-22.00 WIB setiap hari.

  1. Angkringan De Blank On
Info Lainnya:  Saga Caffe And Mart: Tempat Nongkrong Dengan Konsep yang Unik

Cafe di Bandung ini juga merangkap sebagai resto yang mengusung tema angkringan seperti di Jogja namun dengan sentuhan yang lebih unik. Disini disediakan area nongkrong dan makan yang dibingkai dengan pemandangan alam di sekelilingnya yang indah. Bangunan utama cafe berupa Joglo khas jawa yang terdiri dari 2 lantai. Di area outdoor terdapat tenda-tenda untuk bersantai sambil menikmati makanan dan iringan live music. Menu makanannya bervariasi seperti tape singkong, iga bakar, roti bakar, dan berbagai minuman seperti kopi, teh dan lainnya. Cafe ini berlokasi di Jl. Baru Laksana No. 75, Pagerwangi, Lembang, Bandung Barat. Jam operasionalnya mulai pukul 08.00-21.00 WIB. Harga makanannya mulai dari Rp 3.000 keatas.

  1. Warkop Modjok

Cafe ini mengusung konsep unik namun nyaman digunakan sebagai lokasi nongkrong anak muda. Yang menarik ialah desainnya berupa rumah sederhana. Dibagian outdoor terdapat area nongkrong berupa meja dan kursi kayu yang unik. Disini diusung tema vintage klasik sehingga kesannya menghadirkan nuansa nostalgia. Menu makanan dan minuman bervariasi dan dibanderol dengan harga murah mulai dari Rp 15.000. selain itu, disini juga disediakan fasilitas wifi gratis bagi pengunjung. Warkop Modjok ini berlokasi di Jl. Pinus Raya No. 73B, Isola, Sukasari, Bandung. jam operasionalnya mulai pukul 09.00-24.00 WIB setiap hari.

  1. Please Please Please Cafe and Resto

Nama cafe di Bandung ini memang unik. Ini merupakan tempat nongkrong seru dan nyaman dengan desain interior yang cantik dan elegan. Cafe ini kabarnya mengusung tema yang terinspirasi dari film The Grand Hotel Budapest. Disini juga banyak spot-spot foto yang instagrammable. untuk menu makanannya sangat bervariasi dan cukup terjangkau di kantong anak muda seperti The Green Rocket Waffle, Pizza, Pasta, sampai menu makanan lokal. Cafe and resto ini beralamat di Jl. Progo, No. 37, Citarum, bandung Wetan. Jam operasionalnya mulai pukul 10.00-23.00 WIB setiap hari.

  1. Orofi Cafe

Cafe ini mengusung tema unik layaknya cafe-cafe yang berada di Santorini. Desain interior cafe menggunakan warna yang didominasi warna putih dengan corak biru. Spot favorit di cafe ini ialah area rooftopnya yang menghadirkan view kota Bandung yang indah terutama dimalam hari. Cafe ini juga sering dijadikan lokasi nongkrong anak muda serta dinner romantis. Selain terdapat banyak spot foto yang instagrammable, cafe ini juga menyajikan menu makanan yang bervariasi. Orofi Cafe berlokasi di Jl. Lembah Pakar Tim No. 99, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. Jam operasionalnya mulai pukul 16.00-23.00 WIB setiap hari.

  1. Cat’s Village

Cafe di Bandung ini menawarkan sensasi tempat nongkrong yang beda karena pengunjung juga bisa sambil bermain dengan kucing-kucing disini. Kucing yang ada di cafe ini terpelihara kesehatan dan kebersihannya. Cat’s Village terdiri dari dua lantai dimana lantai pertama merupakan area khusus makan dan lantai dua merupakan area bermain dengan kucing. Disini terdapat berbagai menu makanan dan minuman dengan harga bervariasi. Untuk bisa bermain dengan kuncing, pengunjung harus membayar Rp50.000/orang. Cafe ini beralamat di Jl. Raya Lembang No. 136, Gudangkahuripan, Lembang, Bandung. Jam operasionalnya mulai pukul 11.00-20.00 WIB setiap hari.

  1. Cats and Ice Cream

Tempat nongkrong yang satu ini juga memiliki konsep yang mirip dengan Cat’s Village. Namun bedanya disini menu yang disediakan ialah eskrim dengan berbagai rasa dan pilihan topping. Pengunjung bisa memesan eskrim langsung kemudian bermain dengan kucing. Namun sebelumnya pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 50.000/orang/jam. Pengunjung juga diharuskan untuk mencuci tangan serta memakan sandal yang disediakan sebelum bisa bermain dengan kucing. Jam operasionalnya mulai pukul 11.00-22.00 WIB.

  1. Congo

Ini merupakan salah sau cafe di Bandung yang unik dengan nuansa kayu yang kental. Tempat ini mulanya merupakan galeri berbagai koleksi kerajinan kayu. Kemudian dikembangkan menjadi cafe dan resto dengan nuansa yang sama. Disini pengunjung bisa mengunjungi galeri dan tempat makannya juga. Menu makanan mengusung konsep Western seperti Ebony Steak dengan saus jamur. Cafe and Resto ini beralamat di Jl. Rancakendal Luhur No. 8, Bandung. Jam operasionalnya mulai pukul 07.00-23.00 WIB (Senin-Jumat) dan 07.00-24.00 WIB (Sabtu-Minggu). Range harga makanannya antara Rp 29.000- 100.000.

  1. Warung Salse

Tempat nongkrong yang satu ini punya desain eksterior unik dan menarik. Namun berbeda dengan kesan yang tidak biasa di area ekteriornya, area interiornya didesain dengan gaya rumahan dikelilingi kaca dimana pemandangan pegunungan nampak jelas terlihat. Disini juga disediakan berbagai menu makanan seperti Spaghetti TekTek dan Pasta namun dengan paduan bumbu khas lokal. Warung Salse beralamat di Jl. Dago Giri No.101, Bandung. Jam operasionalnya mulai pukul 09.00-22.00 WIB (Senin-Jumat, dan Minggu) dan 09.00-23.00 WIB dihari Sabtu. Range harga makanannya antara Rp15.000-50.000

  1. Atmosphere

Ini merupakan tempat nongkrong yang mengusung konsep alam di Bali. Disini tersedia gazebo, kolam ikan, sampai area makan yang didesain dengan dekorasi romantis. Disini disajikan menu makanan yang bervariasi mulai dari ala Eropa, Asia, sampai lokal. Ada juga menu khas Bali seperti Nasi Campur dengan Bebek Betutu dan Sate Lilit dilengkapi dengan sambal matah. Atmosphere berlokasi di Jl. Lengkong Besar, No. 97, bandung. Jam operasionalnya mulai pukul 11.00-24.00 WIB setiap hari. Range harga makanannya antara Rp 29.000-500.000.

  1. Kopi Selasar

Kopi Selasar merupakan salah satu cafe di Bandung yang sedang hits dan memang cocok untuk lokasi nongkrong anak-anak muda. Disini desain yang diusung sangat artistik dan elegan. Area ngopipun dididesain dengan nuansa unik didominasi material kayu. Disini juga terkenal dengan berbagai menu kopi yang nikmat. Selain itu, tersedia juga berbagai makanan pendamping untuk menemani kopi favorit. Atmosphere berlokasi di Jl. Bukit Pakar Timur No. 100, Bandung. jam operasionalnya mulai pukul 11.00-18.00 WIB (Senin-Kamis) dan 11.00-22.00 WIB (Jumat-Minggu). Range harga makanannya berkisar antara Rp 75.000-200.000.