35 Tempat Wisata di Sumba Yang Bikin Kamu Melupakan Bali dan Lombok

0
45

Bali dan Lombok memang sudah menjadi ikon pariwisata Indonesia yang dikenal publik internasional. Namun, Indonesia juga punya Sumba dengan potensi pariwisata yang tinggi dan tidak kalah dari Bali maupun Lombok. Ada banyak tempat-tempat wisata di Sumba yang tidak kalah cantik dan unik. Bahkan Sumba memiliki nilai plus karena belum begitu dikerumuni wisatawan.

Rekomendasi tempat wisata terbaik di Sumba yang wajib kamu sambangi

Berikut 35 rekomendasi tempat wisata di Sumba yang bisa kamu pilih untuk destinasi wisata selanjutnya:

  1. Laguna Weekuri

Ini merupakan danau air asin yang ikonik dan satu-satunya yang ada di Indonesia. Dikelilingi pemandangan hijau dan dibingkai dengan batu karang alami, danau air asin ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Alamatnya di Kalena Rongo, Kodi Utara, kabupaten Sumba Barat Daya, NTT.

  1. Pantai Walakiri

Pantai ini membuat kamu bisa jalan-jalan menyusurinya sampai ke bagian bibirnya dimana ada pohon bakau dikala airnya surut. Pantai nya juga memiliki struktur unik dan diselimuti pasir putih yang lembut. Pantai ini berlokasi di Watubaka, kabupaten Sumba Timur, NTT.

  1. Sumba Cultural Research and Conservation Institute

Lembaga budaya berbasis donasi ini mengoleksi sekitar 500 artefak bersejarah dari seluruh pulau yang ebrasal dari abad ke16. Lokasinya sendiri berjarak 30km sebelah barat pusat Waitubala.

  1. Festival Pasola

Ini merupakan festival adu tombak khas masyarakat Sumba. Ini juga menjadi atraksi menarik bagi wisatawan lokal dan internasional. Tujuan festival ini ialah untuk menyuburkan tanah serta menghibur dewa Marapu kepercayaan masyarakat setempat. Festival ini biasanya diadakan secara tahunan di beberapa lokasi seperti di Lamboya, Kodi, serta Wanokaka di Sumba Barat.

  1. Air Terjun Laiwi

Air terjun ini diapit oleh tebing-tebing bebatuan yang tinggi sehingga menambah keindahannya. Ia juga dikelilingi pepohonan besar dan menjulang tinggi menambah suasana eksotis. Ia terletak di desa Metawai Ama, Sumba Timur.

  1. Air Terjun Waimarang

Air terjun ini memiliki kolam air di bawahnya yang luar biasa indahnya. Kolam tersebut dikelilingi bebatuan serta dikelilingi pepohonan hijau yang rindang. Lokasinya cukup tersembunyi yaitu di kawasan kota Melolo, Sumba Timur.

  1. Air Terjun Tanggedu

Air terjun ini merupakan lokasi yang tepat untuk kamu menikmati river tubing. Sepanjang perjalanan menuju lokasi, kamu akan melewati desa-desa adat. Ada aliran air jernih yang berasal dari air terjun yang bisa kamu nikmati. Lokasinya ada di 45 kilometer sebelah Utara Waingapu.

  1. Puru Kambera

Ingin berlibur ke padang savanah, maka Puru Kambera menjadi destinasi yang tepat. Yang menarik disini ialah adanya pohon buah Bila yang kabarnya menjadi makann favorit sapi lokal disini. Puru Kambera berlokasi di Mondu, Kanatang, kabupaten Sumba Timur, NTT.

  1. Kampung Tarung
Info Lainnya:  Situ Bagendit: Situ Si Pelit Dengan Pemandangan Yang Mengagumkan

Disini merupakan tempat dimana masyarakat masih mempertahankan adat istiadat leluhur. Disini kamu bisa melihat langsung rumah adat masyarakat setempat yang dibangun dengan material dan desain traditional. Kampung Tarung ini berlokasi di Wailiang, kota Waikabubak, kabupaten Sumba Barat, NTT.

  1. Air Terjun Hirumanu

Air terjun setinggi 70 meter ini memiliki bentuk berundak yang unik. Bahkan kamu juga bisa naik kesalah satu undakan air terjun karena aliran air tidak begitu deras. Lokasinya ada di desa Kananggar, Sumba Timur.

  1. Nihiwatu Beach

Pantai ikonik di Sumba ini sudah terkenal sebagai salah satu pantai terindah di Asia dan tidak kalah cantik dari Hawaii. Fasilitas wisata disini sudah sangat lengkap termasuk resort berkelas internasional sudah ada untuk memanjakan wisatawan. Ini juga menjadi lokasi yang pas untuk diving dan snorkeling dengan airnya yang jernih. Lokasinya di desa Hobawawi, Wanokaka, Sumba Barat, NTT.

  1. Nihiwatu Resort

Berwisata ke pantai Nihiwatu, kamu juga bisa sekalian menginap di Nihiwatu Resort. Ini bukan resort biasa karena resort ini juga mendirikan The Sumba Foundation untuk membantu ekonomi, kesehatan dan pendidikan masyarakat sekitar. Fasilitas disini juga lengkap sehingga sambil menginap juga bisa sambil berkontribusi untuk memberikan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat setempat. Lokasinya ada di Nihiwatu, Hoba Wawi, Wanokaka, Sumba, NTT.

  1. Patung Kuda Kota Waikabubak

Ini menjadi destinasi wisata kuliner masyarakat Sumba terutama dimalam hari. Patungnya sendiri merupakan patung kuda yang kabarnya dinaiki ksatria Pasola yang membawa senjata Tombak. Alamatnya di Komerda, Waikabubak, Sumba Barat, NTT.

  1. Pantai Pero

Pantai ini memiliki struktur yang unik berupa teluk yang menjadi tempat aliran sungai. Disekitar pantai juga dihiasi berbagai batu karang yang cantik. Dengan landscape yang unik, pantai ini telah banyak mencuri perhatian. Ia beralamat di Pero Batang, Kodi, Sumba Barat, NTT.

  1. Pantai Marosi

Pantai yang membentang sepanjang 3 kilometer ini memiliki sunset terindah di Sumba. Pantai ini merupakan lokasi yang cocok untuk berenang, snorkeling maupun diving. Lokasinya sendiri ada di Jl. Marosi, Patiala Bawa, Lamboya, Sumba Barat, NTT.

  1. Pantai Londa Lima

Pantai ini memiliki kecantikan alami yang luar biasa. Karakter pantainya memiliki pasir putih, dengan strukturnya yang cenderung landai. Lokasinya juga dekat dengan Kota Waingapu sehingga mudah diakses. Pantai ini beralamat di Kuta, Waingapu, kabupaten Sumba, NTT.

  1. Pantai Watuparunu
Info Lainnya:  Pantai Rancabuaya: Pantai Dengan Air Terjun Di Selatan Kota Bandung

Pantai ini memang lokasinya cukup jauh dari kota terdekat. Namun pesona dan keindahan yang dimilikinya sangat sebanding. Yang menarik dipantai ini ialah adanya Tebing Batu Putih yang ikonik. Alamatnya di Lain Janji, Wula Waijelu, Sumba Timur, NTT.

  1. Pantai Karewei

Yang menarik dari pantai indah ini ialah adanya nyiur dipesisir pantainya. Lokasinya juga mudah dicapai. Kamu juga bisa naik kebukit untuk melihat pemandangan yang lebih indah. Alamatnya di Patiala Bawa, Lamboya, Sumba Barat, NTT.

  1. Tugu Kota Waikabubak

Kota Waikabubak merupakan kota kedua terbesar di Sumba sehingga banyak destinasi wisata lahir disini. Jika berkunjung kekota ini, maka wajib menyambangi Tugu Kota Waikabubak yang ikonik. Lokasinya ada di Komerda, Kota Waikabubak, Sumba Barat, NTT.

  1. Air Terjun Matayangu

Air terjun dengan ketinggian 75 meter ini masih bagian dari Taman nasional. Sehingga suasana disekitarnya juga masih sangat alami dan terjaga. Ia berlokasi di Manurara, Katikutana Selatan, Sumba Tengah, NTT.

  1. Bukit Persaudaraan

Bukit ikonik di Sumba ini cocok buat kamu yang ingin bersantai sekaligus menikmati pemandangan alam yang luar biasa indahnya dari ketinggian. Bahkan ia sempat dijadikan sebagai lokasi syuting film. Alamatnya di Mauliru, Kambera, Sumba Timur, NTT.

  1. Kampung Praijing

Desa adat ini ada diatas bukit dan masih dikelilingi dengan hutan asli yang indah. Ini juga menjadi tempat favorit para pecinta sejarah. Disini juga menjadi tempat makam megalitik dimana kuburan menggunakan batu dengan berat mencapai puluhan kilo. Alamatnya di Tebara, Waikabubak, Sumba Barat, NTT.

  1. Desa Ratenggaro

Ini merupakan desa adat dimana kamu bisa melihat rumah tradisional yang terbuat dari bambu dan atapnya setinggi 25 meter. Disini juga ada pantai tersembunyi yang bisa kamu sambangi. Lokasinya ada di 50 kilometer Barat Daya Waitabula.

  1. Waikelo Sawah

Ini merupakan air terjun sekaligus bendungan dengan debit airnya yang mencapai 1.000 liter per detiknya. Sehingga ini bukan tempat yang cocok untuk kamu berenang atau berendam seperti diair terjun biasa. Namun pemandangan air terjun yang deras bisa kamu abadikan melalui foto-foto cantik. Ia berlokasi di desa Tema Tana, Wewewa Timur, Sumba.

  1. Pantai Bawana

Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya serta tebing bebatuan yang menjulang tinggi. Ada juga sebuah lengkungan unik berupa lubang besar pada batu karang dipesisir pantai yang ikonik. Pantai ini masih belum banyak terjamah wisatawan. Lokasinya ada di Kodi dan berjarak hanya 1 jam dari Bandara Tambolaka.

  1. Kompleks Makam Megalitik
Info Lainnya:  Kampoeng Ciherang: Destinasi Wisata Baru Di Kabupaten Sumedang

Sumba memang terkenal dengan makam megalitiknya yang ikonik. Didesa Gallu Bakul misalnya, kamu akan menemukan makam megalitik besar berukuran 5x4x0.5 meter. Untuk menemukan beberapa lokasi makamĀ  megalitik, kamu bisa berkunjung ke beberapa desa yang terletak di 20km arah Timur Waikabubak.

  1. Air terjun Koalat

Air terjun ini memiliki pemandangan yang indah dan eksotis. Untuk mencapai lokasi, kamu harus sedikit mendaki dan melewati aliran sungai. Lokasinya ada di desa Maidang, 70km dari Waingapu, Sumba Timur.

  1. Pantai Watu Parunu

Pantai ini memiliki struktur yang cantik dengan pasir putihnya serta jejeran pohon kelapa yang menjulang. Karena masih jarang dikunjungi wisatawan, kamu bisa menikmati waktu liburanmu disini sepuasnya. Lokasinya ada di dekat Pantai Kalala, 60Km dari Melolo.

  1. Air Terjun Kanabu Wai

Air terjun ini menyerupai lukisan Cina Kuno. Ia juga dikelilingi bebatuan cantik. Lokasinya memang cukup tersembunyi yaitu di desa Waikanabu, kabupaten Pinupahar, Sumba.

  1. Bukit Wairinding

Ini merupakan padang rumput yang menyajikan pemandangan alam luar biasa di Sumba. Hembusan angin akan menambah suasana damai saat bersantai disini. Lokasinya bisa ditempuh sekitar 30 menit disebelah Barat Waingapu.

  1. Toko Seni di Waikabubak

Kota Waikabubak yang terletak di Sumba Barat memang menyimpan banyak potensi wisata. Kamu bisa mengeskplor beberapa desa disini dan mempelajari kebudayaan lokal. Kamu juga bisa berkunjung ke beberapa toko seni serta rumah tempat wanita menganyam wadah penyimpanan beras tradisional.

  1. Pantai Padadita

Pantai ini cocok untuk kamu yang ingin liburan dalam waktu lama. Disini ada Padadita Beach Hotel sehingga akomodasi kamu sudah terjamin. Pantainya memang tidak seluas pantai lain namun tidak kalah indahnya. Pantai ini ada dikawasan Waingapu, Sumba Timur.

  1. Air Terjun Kolam Jodoh Lewa

Air terjun ini memiliki kolam yang indah dan diapit oleh pepohonan rindang disekitarnya. Airnya yang jernih menambah daya tarik untuk berlama-lama bermain air dikolamnya. Air terjun dengan ukuran yang tidak begitu besar ini ada di kecamatan Lewa, Sumba Timur.

  1. Bendungan Kambaniru

Ini merupakan mata air yang mengalir ditengah perbukitan Sumba Timur dengan pemandangan yang megah. Bukit yang menjadi background serta aliran sungai yang indah bisa dijelajahi sepuasnya.

  1. Sakura Sumba Timur

Ini merupakan spot dimana pohon sakura tumbuh yang kabarnya merupakan bawaan tentara Jepang pada jaman dulu. Kamu bisa mencari spot tumbuhnya pohon bunga sakura disepanjang pesisir utara hingga timur wilayah Sumba Timur.