35 Tempat Wisata Paling Memikat di Bogor, Puncak dan Sekitarnya

0
50

Bogor merupakan destinasi wisata favorit khususnya warga Jakarta karena lokasinya yang mudah di jangkau. Selain itu, banyak tempat wisata di Bogor yang bisa dipilih dan dikunjungi setiap wisatawan. Tidak hanya Bogor, namun wilayah Puncak dan sekitarnya juga menawarkan berbagai pilihan wisata terutama wisata alam yang mengagumkan. Dari Jakarta sendiri, perjalanan menuju Bogor bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam saja. Selain itu, akses menuju Bogor baik dari Jakarta maupun kota-kota lainnya di Indonesia juga sangat terbuka dan ada banyak alternatif. Jadi, Tidak heran jika Bogor menjadi salah satu destinasi pariwisata terpopuler di Indonesia.

Destinasi wisata di Bogor tidak hanya seputar wisata alam namun juga ada berbagai wisata yang menawarkan suasana yang modern dan futuristik. Karena Bogor menjadi destinasi wisata yang sudah sangat populer, maka industri pariwisata di Kota Hujan ini memang terus dikembangkan. Berikut 35 destinasi wisata di kawasan Bogor, Puncak dan sekitarnya yang bisa dipilih pengunjung untuk rencana berwisata kedepan:

  1. Curug Ciherang

Curug Ciherang yang merupakan salah satu objek wisata Bogor ini menawarkan pengalaman berwisata yang cukup berbeda namun seru untuk dicoba. Disini, curug atau air terjunnya masih sangat terjaga kebersihannya. Sehingga air juga sangat jernih dan bersih. Cocok untuk melakukan berbagai aktifitas seperti berenang atau berendam santai. Selain menikmati pesona air terjun, pengunjung juga bisa berkunjung ke rumah pohon dan jembatan kayu yang berada tepat dijalan masuk menuju Curug Ciherang. Jembatan kayu yang ada disini merupakan akses satu-satunya menuju rumah pohon. Jembatan ini pun menjadi spot favorit untuk berfoto dan berselfie bagi para pengunjung. Namun tidak disarankan untuk membawa anak kecil atau balita jika ingin menyebrangi jembatan ini untuk mengunjungi rumah kayu. Ini karena ketinggian jembatan dan rumah kayu cukup membahayakan bagi anak-anak. Curug Ciherang ini berlokasi di desa Sukawangi, kecamatan Sukamakmur, kabupaten Bogor. Untuk bisa masuk ke area Curug Ciherang, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000/orang. Selain itu, pengunjung juga harus membayar biaya parkir jika membawa kendaran sebesar Rp 5.000/motor dan Rp 20.000/ mobil. Jam operasional air terjun ini mulai pukul 07.00-18.00 WIB setiap hari.

  1. Curug Cibaliung

Curug Cibaliung memiliki daya tarik tersedniri terutama dengan bentuk kolam yang berasal dari aliran air terjunnya yang cukup luas. Airnya pun jernih dan bersih sehingga cocok untuk digunakan berbagai aktifitas seru seperti berenang, berendam, atau sekedar berselfie dengan latar belakang air terjunnya yang indah. Temperatur suhu di Bogor memang cenderung dingin sehingga tidak heran jika air terjun ini juga cukup dingin. Yang menarik lainnya dari air terjun ini ialah bebatuan di sekitarnya yang memperindah suasana curug. Air terjunnya sendiri memang tidak begtu tinggi begitupun dengan volumenya yang tidak begitu besar. Namun pemandangan disekitar kolam dibawah air terjunnya memang menyuguhkan suasana yang spesial. Terlebih setiap sudut air terjun ini menghadirkan spot foto yang instagrammable bagi pengunjung. Bagi pengunjung yang tidak mau bermain air disekitar curug juga bisa mengeskplor suasana di sekitarnya yang juga indah dan mengagumkan apalagi untuk berfoto. Air terjun ini sendiri berlokasi di Raya Gn. Pancar, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor. Untuk bisa menikmati segarnya air terjun di Curug Cibaliung ini, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000/orang. Kemudian, pengunjung bisa masuk ke kawasan curug Cibaliung dengan mambayar tiket masuk sebesar Rp 5.000/orang. Jam operasional air terjun ini buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB setiap hari.

  1. Curug Bidadari

Curug Bidadari juga sering disebut dengan Curug Koneng oleh warga setempat dan merupakan salah satu destinasi wisata Puncak dan Bogor yang sudah sangat populer. Curug Koneng memiliki arti air terjun yang berlokasi di Bojong Koneng, dimana lokasi air terjun ini berada. Air ini merupakan bagian dari Paradise Sentul Park. Sejak dikelola inilah, nama Curug Koneng berubah menjadi Curug Bidadari. Air terjun ini memiliki ketinggian yang cukup mengagumkan ditambah dengan kolam dibawah air terjunnya yang luas untuk pengunjung melakukan berbagai aktifitas. Di kawasan air terjun ini juga terdapat jembatan yang yang sering menjadi lokasi berselfie oleh para pengunjung. Kolam dibawah air terjunnya memang sengaja dibuat seolah seperti taman wisata air modern. Sehingga pengunjung bisa menggunakan ban untuk mengapung diatas kolam yang airnya berasal dari aliran air terjun. Yang menarik lainnya ialah tepat sebelum air terjun berada, ada batu raksasa yang seolah terbelah menjadi dua dan menjadi pintu gerbang menuju air terjun. Pemandangannya membuat air terjun ini lebih istimewa. Terlebih air terjun ini dikelilingi pepohonan hijau sehingga menambah suasana asri dan sejuk. Curug Bidadari ini berlokasi di desa Bojong Koneng, Paradise Sentul Park, Sentul Selatan, Bogor. Untuk bisa berkunjung ke Curug Bidadari, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 25.000/orang dihari biasa dan Rp 40.000/orang di akhir pekan dan hari libur. Jam operasionalnya sendiri mulai pukul 08.00-17.00 WIB dihari biasa dan 07.30-18.30 WIB di akhir pekan.

  1. Curug Bengkok Leuwi Hejo

Curug ini sering disebut Curug Leuwi Hejo, Curug Bengkok, atau Curug Bengkok Leuwi Hejo. Namun yang membuat curug ini terkenal ialah karena ia disebut-sebut merupakan miniatur dari Grand Canyon. Jika dilihat dari pemandangan yang tersaji di curug ini, sepertinya memang tidak salah jika ini merupakan Grand Canyon versi Bogor. Kolam air yang mengalir dari air terjun memiliki warna yang jernih dengan refleksi biru kehijauan. Air yang bersih dan jernih cocok untuk pengunjung gunakan sebagai arena bermain, berenang, maupun berendam. Kolam air dikelilingi bebatuan mirip tebing yang cukup tinggi sehingga menambah suasana romantis air terjun ini. Kedalaman kolam juga tidak begitu ekstrim sehingga air terjun ini juga cocok untuk dijadikan destinasi wisata keluarga. Meski begitu, kebanyakan pengunjung yang datang kesini memang kalangan anak-anak muda terutama yang mencari spot foto menarik. Curug ini berlokasi di Cibadak, Sukamakmur, Bogor. Untuk bisa masuk ke kawasan air terjun ini, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang. Untuk jam operasionalnya sendiri mulai pukul 08.00-18.00 WIB setiap hari. Curug ini sendiri bisa diakses melalui dua alternatif jalan yaitu melalui Sentul City atau Citeureup.

  1. Curug Ciburial

Curug Ciburial sering juga disebut dengan Curug Kembar Ciburial oleh masyarakat setempat. Tempat wisata di Bogor ini disebut Curug Kembar karena memang disini terdapat air terjun yang letaknya berdampingan. Ditambah dengan bebatuan tebing di sekeliling aliran sungai yang berasal dari air terjun yang membuat suasana di sekitarnya semakin dramatis dan menarik. Lokasinya yang berada di area pegunungan juga membuat suasana lebih sejuk. Air terjun ini dikelilingi dengan pepohonan hijau yang rindang. Sehingga tidak perlu takut untuk berlama-lama di air terjun ini. Sinar matahari tidak menyinari secara ekstrim karena terhalang oleh pepohonan rindang. Namun disarankan untuk berhati-hati ketika bermain air terlebih jika membawa anak-anak. Ini karena arus aliran air terjun cukup deras. Disini juga merupakan lokasi yang pas untuk berselfie ataupun mengambil gambar dengan latar belakang pemandangan yang indah. Lokasi air terjun ini berada di desa Cibeureum, Sentul, Bogor. Disarankan untuk mengunjunginya diluar musim hujan untuk menghindari aliran arus yang terlalu deras.

  1. Curug Country

Curug Country memang memiliki nama yang unik dan menarik. Yang membuat salah satu curug di Bogor ini menarik ialah tebing tempat jatuhnya aliran air yang berundak namun memiliki ketinggian yang tidak begitu tinggi. Undakan-undakan tebing tersebut membuat aliran air terjun terlihat lebih istimewa dibanding air terjun lainnya. Ada pula kolam atau sungai yang berasal dari aliran air terjun yang jernih dan menyejukkan. Banyak pengunjung yang menyebut air terjun ini sebagai Niagara mini versi Bogor. Itu karena undakan tempat terjunnya air sepintas memang mirip dengan air terjun Niagara. Pengunjung bisa melakukan berbagai aktifitas seru disekitar air terjun dan kolamnya. Pengunjung juga bisa berfoto ria mengabadikan keindahan air terjun ini. Aliran air terjun tidak begitu deras sehingga pengunjung juga bisa naik ke salah satu undakan tebing untuk menikmati air terjun maupun berselfie. Namun tentunya harus tetap berhati-hati karena kondisi bebatuan yang licin. Air terjun ini berlokasi di Tanjungrasa, Tanjung Sari, Bogor. Untuk bisa masuk ke kawasan air terjun, pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp 20.000/orang. Jam operasionalnya sendiri mulai pukul 08.00-18.00 WIB setiap hari.

  1. Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk merupakan destinasi wisata Bogor yang menawarkan suasana alam yang indah. Aliran sungai yang berasal dari air terjun sangatlah jernih dan bersih. Airnya juga memberikan pancaran warna hijau kebiruan karena bebatuan didasarnya. Yang menarik dari air terjun Leuwi Lieuk ini ialah sungai atau kolam aliran air terjun diapit oleh tebing bebatuan sehingga membuatnya terlihat semakin indah. Pengunjung bisa terjun bebas dari tebing ke aliran air dengan aman. Selain itu, air terjun ini juga dikelilingi pepohonan hijau menambah suasana sejuk. Kegiatan menarik yang dilakukan disini selain bermain air ialah tentu saja berfoto ria. Gambar yang dihasilkan sangat instagrammable karena didukung pemandangan sekitar Leuwi yang memikat mata. Air terjun ini sendiri berlokasi di Wangun Cileungsi, Karang Tengah, babakan Madang, Sukamakmur, Bogor. Untuk bisa mengunjungi air terjun ini, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang. Jam operasionalnya sendir buka mulai pukul 06.00-18.00 setiap hari.

  1. Goa Agung Garunggang

Ini memang destinasi wisata yang belum begitu populer di Bogor namuan sudah mulai menarik perhatian wisatawan khususnya lokal sekitar Bogor dan Puncak. Lokasi Goa Agung ini berada di Karang Tengah 2, Babakan Madang, Sentul. Gua ini memiliki alam sekitar yang indah dan sejuk. Bahkan terdapat berbagai spot menarik untuk dikunjungi dan dijadikan spot foto yang instagrammable. Perlu diketahui bahwa guanya sendiri ada dibawah tanah. Sehingga pengunjung harus turun kebawah untuk bisa mengakses gua. Selain itu, didalam gua belum tersedia penerangan sehingga harus lebih berhati-hati saat menyusurinya. Didalam gua, pengunjung akan di suguhkan dengan bebatuan stalaktit yang memukau. Untuk mengarungi gua memang tidak bisa berkelompok langsung karena akses jalannya hanya muat untuk satu orang saja. Untuk bisa menjelajahi gua dengan aman, pengunjung juga bisa menyewa jasa pemandu lokal. Belum ada tiket masuk yang diberlakukan di kawasan wisata gua ini. Pengunjung hanya harus membayar biaya parkir dan biaya jasa pemandu wisata seikhlasnya.

  1. Gunung Batu Jonggol

Wisata Puncak memang sangat layak untuk dicoba dan salah satu destinasi yang direkomendasikan ialah Gunung Batu Jonggol. Gunung ini sendiri menjulang di ketinggian yang tidak ekstrim yaitu hanya 875 mdpl dan cocok untuk dijadikan lokasi pendakian bagi para pemula. Medannya yang tidak begitu sulit membuat pendaki pemula bisa dengan aman melewati jalur pendakian. Puncak gunung ini bisa ditempuh dengan pendakian dalam waktu kurang lebih 60 menitan saja. Setibanya di kawasan puncak gunung, pengunjung akan disuguhkan dengan panorama alam yang indah terutama megahnya Gunung Gede Pangrango. Selain bisa melakukan pendakian yang cukup singkat, pengunjung yang ingin berlama-lama juga bisa berkemah bersama rombongan di area yang memang dikhususkan untuk para pecinta kemping. Objek wisata alam ini berlokasi di Sukaharja, Sukamakmur, Bogor. Pengunjung diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000/orang jika ingin menikmati keindahan objek wisata ini.  Jika ingin masuk ke wilayah puncaknya maka harus membayar lagi sebesar RP 5.000/orang.

  1. Gunung Munara Rumpin
Info Lainnya:  100 Daftar Tempat Wisata di Bandung

Wisata Gunung selanjutnya di Bogor yaitu menjelajahi Gunung Munara Rumpin. Gunung ini sering dijadikan spot mendaki baik baik pemula maupun yang sudah berpengalaman. Waktu tempuh untuk bisa mendaki gunung ini juga bisa dilakukan dalam sehari. Untuk medannya cukup menantang bagi pendaki pemula namun masih terbilang aman. Selain itu, pendaki juga tidak perlu khawatir dengan keamanan karena tersedia beberapa pos penjagaan yang ditempatkan. Bahkan disetiap pos terdapat penjual yang menjajakan makanan dan minuman yang bisa dijadikan perbekalan untuk melanjutkan pendakian. Ketinggian gunung ini sendiri sekitar 1.119 mdpl. Pengunjung yang mendaki ke gunung ini kebanyakan mengincar momen sunrise atau sunset. Disini juga terdapat beberapa situs yang dikeramatkan seperti goa serta petilasan. Salah satu yang paling menarik ialah Batu Menara Adzan. Ada juga petilasan Sultan Hasanudin yang sering dijadikan lokasi berziarah pengunjung. Lokasi gunung ini sendiri berada di desa Kampung Sawah, kecamatan Rumpin, Bogor. Tiket masuknya sangat terjangkau yaitu hanya Rp 5.000/orang dan dibuka 24 jam.

  1. Bukit Alesano

Tempat wisata di Bogor ini memiliki nama yang unik, Bukit Alesano. Ini merupakan spot yang pas untuk pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Bogor dari ketinggian. Dari sini, pemandangan kota Bogor dapat terlihat dengan lebih luas dan indah. Pengunjung bisa menikmati hamparan pemandangan kota Bogor ditempat ini baik di siang ataupun malam hari. Namun tentunya suasana di malam hari lebih memukau karena adanya berbagai cahaya lampu pada pemandangan kota Bogor yang terlihat. Bukit Alesano ini berlokasi di desa Cipelang, kecamatan Cijeruk, Bogor. Bukit ini sendiri masih tergolong baru sehingga belum begitu banyak dikunjungi wisatawan. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung tahu dari berbagai foto di media sosial yang di posting oleh mereka yang pernah berkunjung kesini. Karena belum dikelola secara resmi maka fasilitasnya pun masih terbatas. Namun sensasi sightseeing yang didapat akan sangat sebanding dengan perjalanan yang ditempuh. Dari bukit ini pula, pengunjung bisa melihat kemegahan Gunung gede Pangrango serta Gunung Salak yang terkenal di Bogor. Jika berkunjung di malam hari, tidak hanya pemandangan kota Bogor yang dapat dinikmati tapi juga kerlap kerlip bintang. Maka disaranan untuk berkunjung kesini saat cuaca tidak sedang mendung. Tidak ada tiket masuk yang dikenakan jika ingin berkunjung ke bukit ini. Jadi, pengunjung bisa datang kapanpun.

  1. Danau Quarry

Bogor juga punya wisata danau yang mengagumkan yaitu di Danau Quarry. Kabarnya, danau ini sendiri terbentuk secara tidak sengaja. Awalnya, ia merupakan penambangan pasir. Kemudian, ia tidak digunakan lagi dan terbentuklah danau yang berasal dari bekas penambangan pasir. Berasal dari kubangan air, kini Danau Quarry menjadi spot wisata di Bogor yang populer. Air di danau ini yang terkadang hijau atau kebiruan menjadi daya tarik tersendiri. Terlebih danau sangat cocok untuk dijadikan lokasi berfoto ataupun berselfie. Selain kondisi danaunya yang kecil namun indah, suasana di sekitarnya juga menambah daya tarik spot wisata alam ini. Suasana hijau dan tebing-tebing membingkai danau dengan indahnya membuat latar belakang foto menjadi terlihat lebih eksotis. Namun perlu diingat bahwa danau ini tidak untuk dijadikan lokasi berenang dan aktifitas air lainnya. Begitupun dengan tebingnya, pengunjung tidak disarankan untuk memanjatnya. Danau Quarry ini berlokasi di Tegalega, Cigudeg, Bogor. Harga tiket masuknya sangat terjangkau yaitu hanya Rp 2.000/orang. Jam operasionalnya mulai dari pukul 08.00-17.00 Wib setiap hari.

  1. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng Parung

Bagi yang ingin melepas lelah dan penat serta meregangkan otot-otot yang tegang maka bisa berwisata ke pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng Parung di Bogor. Objek wisata Bogor ini memiliki kolam air panas yang bisa pengunjung gunakan untuk berendam dan rileksasi. Air panas disini mengandung belerang sehingga dipercaya bisa membantu menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Selain mengandung belerang, kandungan garam di pemandian air panas ini juga kabarnya cukup tinggi sehingga baik untuk membantu menghaluskan dan meremajakan kulit. Disini juga tersedia fasilitas kolam air panas khusus untuk anak-anak sehingga mereka bisa bermain dengan aman. Ada juga fasilitas permainan anak, outbond, perahu, becak mini yang bisa dicoba. Ada juga kolam terapi tradisional seperti terapi ikan, terapi bekam, dan terapi lintah. Untuk bisa menikmati semua fasilitas yang ada di pemandian air panas ini, pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 15.000/orang. Pemandian air panas ini tepatnya berlokasi di desa Bojong Indah, kecamatan Ciseeng, kabupaten Parung, Bogor. Jam operasionalnya mulai pukul 07.00-20.00 WIB setiap hari.

  1. Pemandian Air Panas Ciparay

Masih ada fasilitas pemandian air panas lainya di Bogor yaitu pemandian air panas Ciparay. Ini masih merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Halimun yang berlokasi di kampung Ciparay, desa Gunung Sari, kecamatan Pamijahan, Bogor. Pemandian air panas ini menyediakan fasilitas kolam air panas yang bisa digunakan untuk berendam. Ada banyak khasiat yang dapat diperoleh pengunjung setelah berendam dan mandi di kolam pemandian air panas ini. Misalnya saja, kulit yang lebih halus, sampai tubuh yang lebih rileks, bebas dari rasa nyeri dan pegal. Untuk bisa sampai dilokasi pengunjung harus memarkirkan kendaraan di area parkir yang disediakan. Kemudian, pengunjung akan diharuskan untuk trekking. Pengunjung akan menuruni 400 anak tangga sebelum sampai di lokasi. Untuk kembali ke lokasi, pengunjung akan harus menaiki ke 400 anak tangga tersebut. Disini terdapat dua kolam pemandian air panas yang ukurannya tidak begitu besar. Namun tentu saja manfaat yang diperoleh lebih besar. Tiket masuk ke pemandian air panas ini yaitu RP 5.000/orang.

  1. Danau Dora

Danau Dora merupakan destinasi wisata Puncak dan Bogor yang sudah cukup populer dikalangan wisatawan lokal. Ini merupakan danau yang berada di kawasan LIPI. Danau tersebut menyuguhkan suasana yang damai terutama karena ia dikelilingi nuansa hijau pepohonan. Disini pengunjung bisa menikmati hamparan danau yang indah bersama keluarga dan bersantai. Pengunjung juga bisa menggunakan area pinggir danau sebagai area piknik keluarga untuk bersantai dan menyantap makanan yang di bekal dari rumah. Disi pula terdapat jembatan kayu yang sering digunakan sebagai spot foto oleh para pengunjung. Untuk bisa masuk ke kawasan danau ini, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk apapun. Pengunjung hanya harus membayar biaya parkir kendaraan yang di parkir disekitar kawasan danau. Danau ini beralamat di Cibinong, Jl. Bakos Surtanal, Bogor. Jam operasional Danau Dora mulai pukul 08.00-18.00 WIB setiap hari.

  1. Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Spot wisata yang satu ini juga sudah cukup populer dikalangan wisatawan. Disini, pengunjung bisa menikmati indahnya hutan pinus seperti yang ada di film Twilight. Hutan pinus ini berada di ketinggian 800 mdpl. Disini, pengunjung akan dimanjakan dengan suasana hutan yang damai dan indah dikelilingi pohon-pohon pinus raksasa yang menjulang tinggi. Disini pengunjung bisa bersantai dan rileksasi menghilangkan penat. Bahkan disini juga sering dijadikan lokasi photoshoot misalnya untuk prewedding. Selain itu, pengunjung juga bisa berkunjung ke fasilitas pemandian air panas yang lokasinya tidak jauh. Objek wisata ini berlokasi di kp. Ciburial, desa Karang Tengah, kecamatan Babakan Madang,  Bogor. Untuk bisa masuk, pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp 5.000/orang di hari biasa dan Rp 7.500/orang di akhir pekan. Untuk bisa menikmati fasilitas pemandian air panas, pengunjung harus membayar Rp 25.000/orang. Jam operasional mulai pukul 08.00-17.00 WIB setiap hari.

  1. Little Venice Puncak

Ini merupakan tempat wisata di Bogor yang modern namun sudah cukup populer dikalangan wisatawan domestik. Little Venice Puncak tepatnya berada di Kota Bunga. Sesuai namanya, spot wisata ini menawarkan sensasi pariwisata yang mirip dengan kota Venice di Italia. Pengunjung disini bisa menyusuri kanal air menggunakan perahu atau gondola. Kanal air tersebut merupakan danau buatan dan didesain agar semirip mungkin dengan Venice. Sepanjang perjalanan menaiki gondola, pengunjung akan di suguhkan dengan pemandangan layaknya kota Venice dimana bangunan bergaya Eropa berjejer di sepanjang pinggir kanal. Selain itu, disini juga tersedia berbagai wahana permainan lain seperti perahu bebek, sepeda anak, serta Mississipi Boat Ride yang merupakan kapal bergaya western dan bisa pengunjung naiki. Little Venice merupakan destinasi wisata yang cocok untuk berbagai kalangan usia mulai dari anak-anak hingga dewasa. Lokasi objek wisata ini berada di Kota Bunga Estate, Jl. Hanjawar, Desa Sukanagalih, Pacet, Cipanas, Cianjur. Untuk bisa masuk ke spot wisata ini, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000/orang. Jika ingin menaiki Gondola dan Mississipi Boat, maka pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 50.000/orang.  Jam operasionalnya mulai pukul 09.00-17.00 WIB setiap hari.

  1. Taman Sakura

Tidak hanya Jepang yang punya bunga sakura. Wisata Bogor menawarkan tempat dimana pengunjung bisa melihat langsung bunga sakura yang mekar di pohonnya. Pengunjung bisa berwisata ke Taman Sakura yang ada di Kebun Raya Cibodas. Bunga berwarna pink lembut ini memang indah untuk dipandang mata. Di kebun ini, pohon sakura sudah ditanam sejak tahun 1971. Ini mempercantik Kebun Raya Cibodas dan emnambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Disini terdapat kurang lebih 435 pohon bunga sakura memenuhi kebun. Suasana semakin indah dengan Gunung Gede Pangrango yang menjadi latar belakang landscapenya. Yang lebih menarik tentang Taman Sakura ini ialah pohon bunga sakura disini mekar setiap dua kali dalam setahun, tidak seperti di Jepang yang hanya sekali dalam setahun. Pengunjung bisa menyaksikan pemandangan terindah Taman Sakura antara bulan Januari-Februari serta Juli-Agustus. Di Kebun Raya Cibodas, pengunjung juga bisa menikmati keindahan lainnya seperti padang rumput, pepohonan raksasa, rumah kaca, dll. Taman Sakura berlokasi di Sindanglaya, Cipanas, Cianjur. Untuk bisa menikmati keindahan bunga sakura, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 9.500/orang. Selain itu, pengunjung juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000/motor dan Rp 16.000/mobil. Jam operasionalnya mulai pukul 08.00-17.00 WIB setiap hari.

  1. Taman Bunga Nusantara
Info Lainnya:  47 Daftar Tempat Wisata Purwakarta

Bogor masih punya taman bunga lainnya yaitu Taman Bunga Nusantara. Disini, pengunjung akan di suguhkan dengan berbagai jenis bunga berwarna-warni. Suasana disini sangat sejuk dan menyegarkan. Cocok bagi wisatawan yang ingin mengilangkan penat. Banyak pengunjung yang membandingkan taman bunga ini dengan dunia fantasi di film Alice in Wonderland. Setiap area di taman bunga ini didesain dengan tema yang berbeda seperti taman bergaya Mediterranean, Perancis, Jepang, sampai Bali. Daya tarik yang tak kalah populer di taman ini ialah adanya labirin raksasa yang bisa dimasuki pengunjung yang disebut Secret Labyrinth atau Taman Rahasia. Selain labirin, pengunjung juga bisa bersantai sambil duduk di bangku-bangku yang tersedia disekitar taman untuk menikmati suasana disekitar. Untuk bisa masuk, pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp 30.000/orang. Jam operasional taman bunga ini mulai pukul 08.00-17.00 WIB hari biasa dan 08.00-17.30 WIB untuk akhir pekan dan hari libur nasional.

  1. Kota Bunga Estate

Kota Bunga Estate merupakan destinasi wisata Puncak yang sudah cukup populer. Disini, pengunjung bisa menyewa salah satu villa yang tersedia. Setiap villa yang ada disini memiliki desain dengan tema yang unik dan menarik. Misalnya saja villa bergaya Inggris kuno serta villa bertema khas Jepang. Selain tempat penginapan berupa villa-villa tematik, disini juga disediakan berbagai fasilitas untuk mendukung keamanan dan kenyamanan pengunjung selama berwisata. Beberapa fasilitas sekaligus wahana yang bisa dinikmati pengunjung ialah taman hiburan mini, lapangan tenis, kolam renang, kebun binatang mini, area menunggang kuda, dan The Little Venice yang merupakan miniatur dari kota Venice. Ini merupakan destinasi wisata yang cocok bagi anak-anak maupun dewasa. Pengunjung bisa menghabiskan waktu beberapa hari disini untuk bisa menjelajahi dan mencoba semua wahana yang tersedia sampai puas. Untuk harga menyewa villa disesuaikan dengan lama menginap serta jenis villanya sendiri. Kota Bunga Estate ini berlokasi di Jl. Hanjawar, desa Sukanagalih, kecamatan Pacet, Cipanas, Cianjur.

  1. Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia di Bogor memang sangat ikonik dan sudah terkenal diseluruh Indonesia. Disini, pengunjung akan disambut dengan ribuan spesies binatang yang menghuni taman safari. Jika musim libur tiba, maka sudah dipastikan banyak keluarga yang berwisata ke Taman Safari dan membawa rombongan besar. Tempat wisata di Bogor yang populer ini ini didirikan sejak tahun 1980 dan berdiri diatas lahan dikawasan perkebunan teh Cisarua seluas 50 hektar dan kini telah diperluas hingga 168 hektar. Ini merupakan taman safari pertama di Indonesia sehingga tidak hanya wisatawan lokal yang berkunjung namun juga wisatawan mancanegara. Disini terdapat berbagai wahana permainan yang menarik dan mendidik. Disini juga tersedia fasilitas penginapan berupa rumah pohon atau Safari Lodge. Yang menarik lainnya ialah, pengunjung tidak hanya bisa berkunjung bersafari disiang hari namun juga malam hari. Taman Safari Bogor Indonesia ini berlokasi di Jl. Raya Puncak, No. 601, Cibeureum, Cisarua, Bogor. Pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 140.000/orang untuk usia 1-5 tahun dan Rp 150.000/orang untuk usia 5 tahun keatas. Jam operasionalnya mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Pengunjung yang menginap di Safari Lodge bisa menikmati wisata malam di objek wisata ini.

  1. Pondok Rasamala

Pondok Rasamala merupakan area penginapan yang menyajikan suasana yang membuat pengunjung bisa merasa lebih dekat dengan alam. Namun, pengunjung masih tetap bisa menikmati fasilitas modern yang menunjang selama menginap disini. Inilah yang dinamakan glamping atau glamour camping yaitu kemping mewah. Disini, terdapat area kemah terbuka di hutan pinus. Namun pengunjung tidak harus membangun tenda sendiri karena penginapan disini sudah menyediakan semua fasilitas berskala hotel. Selain menikmati api unggun di malam hari, pengunjung juga bisa mengeksplor sekitar pondok di siang hari. Disini terdapat curug atau ar terjun mini tidak jauh dari area perkemahan. Dibawah aliran air terjun, pengunjung bisa bermain air sepuasnya baik itu berenang ataupun sekedar berendam dan rileksasi menikmati suasana alam yang damai dan sejuk. Ponsok Rasamala ini berada di Kawasan Wisata Gunung Salak Endah, Jl. Gunung Bunder, Gunung Sari, Pamijahan, Bogor Barat. Harga sewa untuk bisa glamping di Pondok Rasamala mulai dari Rp 1,4-1,9 jutaan tergantung kapasitas peserta glamping.

  1. Cimory Riverside

Cimory Riverside merupakan objek wisata Bogor yang tidak hanya menyajikan suasana alamnya yang indah namun juga pengalaman seru menikmati makanan dengan berbagai pilihan menu untuk memanjakan lidah. Destinasi wisata ini juga cocok untuk keluarga menghabiskan waktu liburan bersama. Udara puncak yang sejuk menjadikan pengalaman wisata kuliner disini semakin menarik dan nyaman. Selain area makan, disini juga tersedia playground khusus untuk bermain anak-anak yang tentunya aman. Kemudian, ada juga toko yang menjual oleh-oleh serta produk susu andalan Cimory. Selain itu, ada juga pabrik coklat yang bisa dikunjungi selama berwisata ke Cimory Riverside. Sesuai namanya, pengunjung dapat menyaksikan langsung aliran sungai dengan bebatuan dan menambah indahnya pemandangan terutama ketika berfoto disekitar lokasi. Cimory Riverside ini berlokasi di Jl. Raya Puncak Km. 76, Megamendung, Bogor. Harga makanan dan minuman disini berkisar antara Rp 8.000-55.000. Untuk jam operasionalnya sendiri mulai pukul 08.00-20.30 WIB setiap hari.

  1. The Jungle Waterpark

Rasanya hampir semua masyarakat Indonesia sudah familiar dengan The Jungle. Ini merupakan salah satu destinasi favorit di Bogor dan jangan heran jika di musim liburan tempat ini dipenuhi pengunjung dari berbagai daerah. Ini merupakan taman wisata air favorit keluarga yang cocok untuk berbagai kalangan disemua usia. Wahana airnya sangat beragam sehingga pengunjung bisa memilih sendiri wahana mana yang ingin dinikmati. Ada juga wahana khusus untuk anak-anak, Kiddy Pool sehingga anak-anak bisa bermain sepuasnya dengan aman. Disini terdapat wahana perosotan, arena bermain pistol air, dll. Ada juga wahana Lazy River sepanjang 400 meter. Aliran air ini mengitari akuarium raksasa yang berisi ikan-ikan langka.

Di objek wisata Puncak ini juga ada Leisure Pool yang bisa pengunjung gunakan untuk bersantai dan berendam. Bahkan pengunjung bisa melakukannya sambil menikmati hidangan favorit untuk disantap. Food courtnya sendiri ada ditengah kolam sehingga pengunjung bisa pesan makanan favorit tanpa harus keluar area. Fasilitas di taman wisata air ini juga sangat lengkap mulai dari toilet, kamar mandi, tempat ibadah, food court, sampai lahan parkir yang sangat luas untuk berbagai kendaraan. Untuk bisa menikmati berbagai wahana di taman air The Jungle Waterpark ini, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 80.000/orang dihari biasa dan Rp 100.000/orang diakhir pekan dna musim libur. The Jungle Waterpark sendiri berlokasi di Bogor Nirwana Boulevard, Perumahan Bogor Nirwana Residence, Jl. Dreded Pahlawan, Bogor Selatan. Jam operasionalnya mulai pukul 10.00-18.00 WIB dihari biasa, 09.00-18.00 diakhir pekan, dan 09.00-20.00 WIB dimusim liburan.

  1. Death By Chocolate

Ini merupakan spot wisata makan menarik terutama bagi para pecinta cokelat. Death By Chocolate menawarkan pengalaman makan yang berbeda dengan tema mencekam. Namun inilah yang menjadi daya tarik dari tempat makan di Bogor ini. Restoran yang berada di kawasan Taman Kencana Bogor ini memang memiliki desain dan tema horor. Mayoritas makanan dan minuman yang ditawarkan tentunya bertemakan cokelat. Menunya memang didominasi makanan ringan namun tersedia juga makanan berat seperti pasta, maupun Frittatas. Dekorasi restoran ini didominasi oleh warna hitam, coklat, abu dengan sentuhan warna putih. Disetiap sudutnya terdapat dekorasi bertema horor seperti gambar tengkorak yang memegang celurit, dll. Bahkan dindingnya pun didesain menyerupai dinding gua dengan warna gelap sehingga menambah suasana mencekam. Selain menjadi lokasi makan bertema cokelat, disini juga menawarkan berbagai spot foto menarik yang sayang jika dilewatkan. Death by Chocolate berlokasi di Jl. Ciremai Ujung No. 22, Bogor Utara, Kota Bogor. Harga makanan dan minuman disini berkisar antara Rp 5.000-59.000. cukup terjangkau dengan kantong masyarakat Indonesia. Untuk jam operasionalnya mulai pukul 07.00-22.00 WIB setiap hari.

  1. Ah Poong Floating Market

Tempat wisata di Bogor yang sayang untuk dilewatkan ialah Ah Poong Floating Market. Sesuai namanya, ini merupakan destinasi wisata kuliner yang mengapung diatas sungai. Ada sekitar 30 lebih gerai makanan yang bisa dipilih pengunjung untuk bisa menikmati makanan favorit dengan suasana yang berbeda. Menu makanan di pusat kuliner ala pasar terapung ini beragam mulai dari makanan lokal khas Indonesia, Cina, Eropa, Timur Tengah dan masih banyak lagi. Area makan memiliki desain yang menarik sehingga tidak terasa membosankan saat menyantap makanan yang sudah dipesan. Selain menyantap berbagai jenis kuliner, pengunjung juga bisa menikmati wahana lain yang tersedia disini misalnya saja menikmati area bermain khusus anak, naik perahu menyusuri sungai dan lainnya. Pengunjung yang berwisata kesini mayoritas keluarga besar yang membawa serta anak-anak serta kalangan anak muda yang mengincar spot foto menarik dan makanan unik. Ah Poong Floating Market ini berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda, Sentul City, Bogor. Harga makanan dan minuman yang ada disini cukup terjangkau yakni berkisar antara Rp 10.000-100.000. Jam operasionalnya mulai pukul 08.00-22 WIB setiap hari.

  1. Raja Factory Outlet

Selain berwisata alam, wisata air, maupun wisata kuliner, Bogor juga menyediakan lokasi wisata belanja yang menarik dan tidak kalah dari Bandung. di Bogor, factory outlet sudah banyak berjejer di berbagai area. Di kawasan Pajajaran khususnya, pengunjung bisa menemukan berbagai factory outlet yang menyediakan berbagai produk fashion menarik. Salah satunya adalah Raja Factory Outlet yang menjadi tempat favorit wisatawan untuk berwisata belanja. Disini, pengunjung juga bisa belanja barang-barang bermerk dengan harga murah. Ada banyak diskon yang ditawarkan terutama di hari-hari spesial seperti hari Natal dan Tahun Baru. Pilihan produk fashionnya sangat beragam mulai dari anak-anak sampai dewasa. Tidak hanya produk fashion, pengunjung juga bisa berbelanja oleh-oleh berupa pernak pernik maupun makanan khas Bogor. Selain berbelanja, di Raja Factory Outlet pengunjung juga bisa menemukan banyak spot foto yang instagrammable. Jadi pengunjung bisa puas berbelanja sekaligus mengoleksi foto-foto menarik. Raja Factory Outlet berlokasi di Jl. Raya Pajajaran No. 3, Bogor. Jam operasionalnya mulai pukul 10.00-21.00 WIB setiap hari.

  1. Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol PPAKB

Ini merupakan objek wisata alam yang tidak hanya menyuguhkan indahnya suasana alam di kota Bogor namun juga menjadi sarana edukasi yang menarik bagi pengunjung diberbagai kalangan usia. Disini, pengunjung akan diperkenalkan dengan megahnya alam hutan hujan tropis Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Kebanyakan pengunjung yang datang ke objek wisata Bogor ini merupakan rombongan anak sekolah. Namun tidak sedikit juga rombongan keluarga yang berkunjung kesini dan menikmati setiap momen dengan antusias. Ada banyak hal menarik yang bisa dilihat dan dipelajari. Salah satu pengalaman menarik disini ialah ketika pengunjung harus melewati jembatan gantung kanopi yang membentang antara puncak pepohonan. Ini memang sedikit menakutkan dan menegangkan terutama yang tidak suka dengan ketinggian. Namun pengalaman dan keseruan yang didapat sangatlah sebanding. Dari jembatan kanopi inilah, pengunjung dapat mengambil berbagai gambar menarik disekitar. Jembatan ini sendiri memiliki panjang sekitar 400 meter. Beberapa binatang yang bisa ditemui jika pengunjung beruntung ialah Elang Jawa dan Owa atau Monyet Jawa. Pusat Pendidikan dan Konservasi ini berada di kawasan PPAKB, Jl. Raya Bogor-Sukabumi, desa Bodogol, Lido, kabupaten Bogor. Untuk bisa masuk ke PPAKB, pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp 37.500/orang di hari biasa dan Rp 40.000/orang diakhir pekan.

  1. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu
Info Lainnya:  20 Tempat Wisata Di Jepara Yang Eksotis

Ini merupakan destinasi wisata keluarga yang tidak hanya menghibur tapi juga mengedukasi generasi muda. Penangkaran ini sudah berdiri sejak tahun 1993 diatas lahan seluas 5 hektar. Disini, pengunjung bisa melihat langsung dan berinteraksi dengan rusa-rusa seperti Rusa Jawa, Rusa Cheetal, Rusa Bawean, dll. Untuk bisa sampai dipenangkaran, pengunjung harus melewati jembatan gantung yang terbentang diatas sungai dengan arus yang kuat. Jadi, untuk yang membawa kendaraan pribadi tentunya harus memarkirkan kendaraan terlebih dahulu dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Sampai di tujuan, pengunjung akan disambut dengan berbagai rusa yang lucu dan jinak. Pengunjung bisa memberi makan rusa namun dengan catatan makanan yang diberikan berasal dari pihak penangkaran. Pengunjung juga diperkenankan berfoto dengan rusa. Selain dapat berinteraksi dengan rusa secara langsung, pengunjung juga bisa menikmati wahana permainan outbond serta berkemah. Objek wisata ini berlokasi di desa Buana Jaya, kecamatan Tanjung Sari, kabupaten Bogor. Sebelum masuk, pengunjung harus membayar tiket Rp 2.500/orang. Jam operasionalnya mulai pukul 07.00-17.00 WIB setiap hari.

  1. Pura Parahyangan Agung Jagatkartta

Wisata Puncak, Bogor dan sekitarnya tidak hanya untuk senang-senang namun juga mempelajari sejarah dan kebudayaan asli Indonesia. Misalnya saja dengan berwisata ke Pura Parahyangan Agung Jagatkartta. Ini sebenarya bukan sekedar tempat wisata karena sampai saat ini Pura ini masih digunakan masyarakat setempat untuk beribadah khususnya bagi para pemeluk agama Hindu. Menuju pura ini terdapat dua pura yang bernama Pura Melanting dan Pura Pasar Agung. Kedua pura tersebut khusus digunakan untuk tempat beribadah masyarakat setempat. Disini juga terdapat berbagai jenis sesajian yang ditujukkan untuk dewa. Biasanya pengunjung dilarang memasuki area tersebut kecuali jika ingin berdoa atau melakukan ritual. Area yang dibuka untuk wisatawan ialah bagian alun-alun. Keindahan kawasan pura ini tidak hanya dari bangunan puranya saja yang mengagumkan tapi juga latar belakang panorama gunung Salak yang melengkapi cantiknya pemandangan disini. Pura Jagatkartta sendiri merupakan pura Hindu terbesar kedua di Jawa Barat. Pura ini juga merupakan makam dan area pemujaan bagi leluhur terdahulu yang hidup pada masa kerajaan Pajajaran. Pura ini berlokasi di Kampung Warungloa, desa Taman Sari, kaki Gunung Salak, 13km selatan Bogor. Tiket masuknya sendiri gratis dan jam operasionalnya mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Sangat disarankan untuk mengenakan pakaian yang sopan dan menghormati para jemaah yang sedang beribadah dipura.

  1. Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang merupakan destinasi wisata yang menarik di Bogor karena disini pengunjung bisa mengenal lebih jauh budaya Indonesia, khususnya budaya di kampung tertua di Bogor. Bahkan menurut warga setempat kampung ini sudah berdiri sejak jaman kerajaan Sunda tepatnya pada abah ke-7 Masehi. Disini, pengunjung akan disuguhkan dengan suasana otentik kampung Sunda jaman dulu. Selain itu, pengunjung juga bisa mempelajari lebih jauh mengenai 8 kesenian Sunda yang masih dilestarikan di kampung Sunda ini. Berbagai rumah dengan bentuk asli khas Sunda jaman dulu juga bisa dilihat oleh pengunjung dan menjadi daya tarik tersendiri. Kemudian, ada juga berbagai situs peninggalan Kerajaan Pajajaran. Situs-stus tersebut dalam bentu bukit berundak yang menarik.

Selain itu, tempat wisata di Bogor ini juga biasanya diadakan acara tahunan berupa upacara adat Seret Taun. Ini merupakan bentuk ungkapan rasa syukur masyarakat setempat atas rejeki panen yang diperoleh. Bagi yang ingin mengenal lebih jauh adat dan kebudayaan masyarakat setempat juga bisa menginap dirumah adat warga dan berinteraksi langsung dengan kehidupan masyarakat disana. Tentu saja pengunjung harus meminta ijin kepada kokolot/tetua di kampung adat ini terlebih dahulu. Disini gaya hidup masyarakatnya masih sangat tradisional sehingga bisa menjadi pengalaman yang unik dan otentik bagi pengunjung yang berasal dari kota besar. Kampung Budaya Sindangbarang ini berlokasi di Jl. Endang Suma Wijaya, Sindang Barang, Dukuh Menteng, desa Pasir Eurih, kecamatan Tamansari, Bogor. Harga tiket masuk dihitung sebagai paket kunjungan dengan biaya Rp 55.000/orang minimal 40 orang/rombongan. Untuk paket menginap dikenakan biaya sekitar Rp 800.000/rumah.

  1. Warso Farm

Bagi para pecinta durian yang merupakan Raja Buah, Warso farm merupakan destinasi wisata yang tepat untuk dikunjungi. Warso Farm ini berdiri diatas lahan seluas 8.5 hektar. Didalamnya terdapat lebih dari 900 pohon buah durian dengan berbagai varietas. Setidaknya ada lebih dari 7 varietas durian yang dikembangkan di Warso Farm ini. Beberapa diantara varietasnya antara lain durian sunan, petruk, lay, tembaga, montong, dan Simas. Perlu diketahui bahwa durian Simas merupakan varietas asli Bogor. Dagingnya memiliki warna khas kuning, dengan rasanya yang legit dan manis. Pengunjung bisa berkeliling disekitar lahan pohon durian dan menikmati suasana di sekitarnya. Bahkan pengunjung juga bisa memetik buah durian langsung yang sudah matang untuk dibawa pulang atau dinikmati ditempat. Selain buah durian, disini juga terdapat kolam ikan serta panorama alam yang indah. Waktu yang direkomendasikan untuk mengunjungi Warso Farm ialah antara Desember-Mei. Sedangkan puncak musim duren sendiri jatuh pada sekitar bulan Januari-Maret. Di pintu masuk Warso Farm terdapat patung buah duren raksasa yang biasa pengunjung jadikan spot untuk berfoto. Warso Farm berlokasi di Jl. K. H. Halimi, desa Cihideung, kecamatan Cipelang, Bogor. Tidak ada tiket masuk yang dikenakan untuk bisa mengunjungi perkebunan durian ini. Pengunjung hanya harus membayar durian yang dipetik untuk dimakan atau dibawa pulang. Jam operasionalnya mulai pukul 07.00-17.00 WIB setiap hari.

  1. Taman Matahari Puncak

Taman Matahari yang menjadi bagian dari kawasan wisata Puncak ini bukan hanya menjadi pusat rekreasi namun juga edukasi. Yang paling menarik dari Taman Matahari ialah adanya fasilitas untuk melakukan kegiatan rafting yang tidak hanya seru tapi juga menyehatkan. Bagi para penggemar wisata petualang, maka Taman Matahari ini merupakan destinasi yang tepat untuk dikunjungi. Kegiatan rafting yang dilakukan disini mengarungi Sungai Ciliwung. Ini merupakan lokasi yang cocok untuk melakukan rafting bagi para pemula karena kondisi arus air cenderung masih aman dan tidak begitu deras. Jarak tempuh rafting juga tidak begitu jauh sehingga memang cocok untuk pemula. Pengunjung bisa memilih rute pendek atau panjang. Rute pendek yaitu berjarak 600 meter dan rute panjang berjarak 3km. Bahkan tidak sedikit anak-anak yang juga mencoba kegiatan rafting yang ada di Taman Matahari ini. Tentu saja ini kegiatan positif untuk dilakukan. Taman Matahari Puncak ini berlokasi di Jl. Raya Puncak KM.77-78, Cilember, Jogjogan, Cisarua, Bogor. Tiket masuk yang harus dibayar pengunjung ialah Rp 25.000/orang. Jika ingin melakukan rafting, maka harus membayar biaya tambahan sebesar Rp 25.000/orang. Jam operasionalnya mulai pukul 07.00-17.00 WIB setiap hari.

  1. Perkebunan Teh Gunung Mas

Bagi para wisatawan yang ingin berwisata ke tempat yang dapat membuat suasana hati dan pikiran lebih rileks, Perkebunan Teh Gunung Mas bisa jadi destinasi yang pas untuk dikunjungi. Disini pengunjung akan disuguhkan dengan hamparan perkebunan teh yang luas dan menyejukkan. Selain itu, hamparan kebun teh juga dikelilingi panorama gunung yang cantik. Sehingga suasana disini menjadi semakin damai dan menyejukkan. Namun yang tidak kalah menarik ialah disini tersedia fasilitas menunggang kuda bagi pengunjung. Menunggang kuda sambil mengitari area perkebunan teh bisa menjadi pengalaman yang seru. Jika tidak berani menunggang kuda, pengunjung juga bisa bebas berjalan-jalan disekitar perkebunan untuk sekedar menikmati suasana disekitar. Untuk mendapat informasi seputar perkebunan teh ini, pengunjung juga bisa menyewa pemandu lokal. Disini juga ada pabrik teh yang bisa dikunjungi wisatawan. Bahkan tersedia juga pondok-pondok yang disewakan bagi pengunjung yang ingin berlama-lama di perkebunan teh ini. Tidak jauh dari lokasi, terdapat pula kolam renang Tirta Mas yang bisa dikunjungi untuk bermain air, berenang maupun berendam melepas lelah. Perkebunan Teh Gunung Mas ini berlokasi di Jl. Rapa Puncak, KM. 27, Cisarua, Bogor. Tidak ada tiket masuk jika pengunjung ingin menikmati perkebunan teh ini. Namun jika ingin menunggang kuda akan dikenakan biaya sebesar Rp 75.000/orang. Jam operasionalnya mulai pukul 09.00-17.00 WIB setiap hari.

  1. Fly Indonesia Paragliding

Satu lagi destinasi wisata adventure di Bogor yang patut dicoba yaitu Fly Indonesia Paragliding. Disini, pengunjung bisa merasakan sensasi terbang di ketinggian 1,5 km diatas permukaan laut. Tentu saja kegiatan ini akan dipandu oleh instruktur paragliding profesional sehingga pengunjung tidak akan terbang sendirian. Terbang mengitari kawasan Bogor tentunya akan menjadi pengalaman seru dan tak terlupakan. Disarankan untuk membawa kamera saat melakukan paragliding untuk mengabadikan momen saat terbang diudara serta untuk menangkap indahnya pemandangan disekitar ketika terbang. Pengunjung juga akan melihat jelas pemandangan Gunung Salak yang terkenal di Bogor. Disarankan pula untuk mengenakan pakaian yang nyaman jika ingin  melakukan paragliding dengan aman dan nyaman seperti mengenakan pakaian hangat, celana dan sepatu. Lokasi Fly Indonesia Paragliding ini berada di Jl. Raya Puncak, KM. 87 Bukit Paralayang, Puncak, Bogor. Untuk bisa terbang, pengunjung harus membayar biasa sebesar Rp 350.000/orang. Ini sudah termasuk sertifikat yang akan diterima pengunjung nantinya. Jam operasionalnya mulai pukul 09.00-17.00 WIB.

Itulah 35 rekomendasi untuk tempat wisata di Bogor, Puncak, dan sekitarnya. Disarankan untuk mempersiapkan rencana liburan atau wisata sedari awal terlebih di musim puncak liburan seperti sekarang ini dimana wisatawan datang dari berbagai daerah. Ada baiknya juga untuk berangkat lebih dini agar terhindar dari kemacetan yang sering terjadi di kawasan yang menuju wisata Bogor dan Puncak. Selamat berlibur!