5 Pemandian Air Panas Di Garut

0
155

Selain terkenal dengan julukan Kota Dodol, ternyata Garut juga merupakan salah satu Kota di Jawa Barat yang memiliki beragam tempat wisata yang sangat jika dilewatkan. Mulai dari tempat wisata pantainya yang sangat indah dan mempesona sampai wisata pemandiannya yang tidak kalah menariknya. Berbicara tentang Pemandian Air Panas di Garut tentunya tidak akan ada ujungnya mengingat seperti yang kita tahu juga bahwa di Garut sendiri terdapat banyak sekali gunung berapi yang masih aktif jadi tidak heran Garut menjadi salah satu tempat yang memiliki tempat wisata berupa pemandian air panas. Mulai dari pemandian air panas alami yang letaknya berada di kaki gunung sampai pemandian yang disediakan berupa resort.

Tanpa menunggu lama, berikut ini 5 pemandian air panas di Garut yang sangat wajib anda kunjungi saat musim liburan telah tiba baik itu bersama keluarga, teman maupun pasangan. Berikut ulasannya!

Inilah 5 Pemandian Air Panas Di Garut Yang Wajib Di Kunjungi

Seperti yang kita tahu bahwa selain dijadikan sebagai salah satu tempat wisata air, pemandian air panas juga tentunya memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk kesehatan tubuh. Bagi anda yang merasa memiliki gangguan pada kulit, berrendam di kolam air panas bisa menjadi solusinya karena kandungan yang ada didalam air panas dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Saat ini terdapat banyak sekali pemandian air panas yang bisa dikunjungi salah satunya pemandian air panas Garut. Berikut 5 tempat wisata pemandian air panas yang ada di Garut :

Cipanas Garut

Cipanas merupakan salah satu pemandian air panas Garut yang sangat terkenal dan juga populer. Saat anda sedang berada di Kota Garut, rasanya tidak akan lengkap jika anda tidak mengunjungi Cipanas Garut, dikarenakan tempat ini memiliki kolam pemandian air panas yang cukup beragam yang pastinya dengan fasilitas yang disediakan cukup beragam pula. Berikut kolam renang beserta harga tiket yang di Cipanas Garut :

  1. Kolam Renang Danau Dariza

Pemandian air panas di Cipanas Garut yang pertama ini tidak hanya terkenal dengan hotel atau penginapan yang memiliki desain unik serta eksotis saja, melainkan pemandian ini juga terkenal dengan kolam renang Danau Dariza yang dibuka untuk umum. Disini terdapat kolam renang air hangat dan juga dingin yang mana setiap kolam renang terdapat waterboomnya. Kedalaman dari kolamnya juga cukup bervariasi. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap mulai dari kamar ganti, toliet dan beberapa fasilitas lainnya. Untuk bisa menikmati kehangatan dari kolam renang ini wisatawan akan dikenakan biaya sebesar :

Harga Tiket :

  • 40.000/orang (weekday) dan Rp. 50.000/orang (weekend) untuk dewasa.
  • 30.000/orang (weekday) dan Rp. 40.000/orang (weekend) untuk anak-anak.
  1. Kolam Renang Sabda Alam

Kolam yang ada di Cipanas Garut satu ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat liburan bersama keluarga. Terdapat banyak sekali wahana yang seru disini baik itu untuk dewasa maupun anak-anak. Terdapat kolam air dingin dan juga air panas serta tidak lupa disini juga terdapat ember tumpah.

Harga Tiket :

  • Dewasa : Rp. 40.000/orang (weekday) dan Rp. 50.000/orang (weekend)
  • Anak-anak : Rp. 30.000/orang (weekday) dan Rp. 40.000/orang (weekend)
  1. Kolam Renang Surya Alam

Kolam renang yang satu ini bisa dikatakan sebagai kolam renang yang cukup terjangkau. Kolam ini berada di dua lokasi yang berbeda, pertama khusus di kawasan untuk penginapan dan yang satunya lagi khusus pemandian serta kolam renang air panas. Di kolam renangnya sendiri terdapat beberapa fasilitas seperti kamar bilas, kamar ganti dan beberapa fasilitas lainnya.

Harga Tiket :

  • Dewasa : Rp. 30.000/orang (weekday) dan Rp. 40.000/orang (weekend)
  • Anak-anak : Rp. 20.000/orang (weekday) dan Rp. 30.000/orang (weekend)
  1. Kolam Renang Tirtagangga

Kolam renang air panas Tirtagangga ini cukup luas dan besar. Selain terdapat kolam renang, disini juga terdapat terapi air panas seperti shower. Kandungan air panas di kolam renang ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti stroke ataupun rhematik karena kadar magnesium sulfatnya tinggi.

Harga Tiket :

  • Dewasa : Rp. 25.000/orang (weekday) dan Rp. 30.000/orang (weekend)
  • Anak-anak : Rp. 20.000/orang (weekday) dan Rp. 25.000/orang (weekend)
  1. Kolam Renang Sumber Alam

Sumbe air kolam renang sumber alam ini berasal dari Gunung Guntur, Cipanas. Disini terdapat beberapa fasilitas cukup lengkap dan tentunya terdapat 2 jenis kolam renang yaitu kolam renang untuk berrenang anak-anak dan dewasa serta tempat berrendam.

Harga Tiket :

  • Dewasa : Rp. 35.000/orang (weekday) dan Rp. 40.000/orang (weekend)
  • Anak-anak : Rp. 30.000/orang (weekday) dan Rp. 35.000/orang (weekend)
  1. Kolam Renang Cipanas Indah

Kolam renang air panas ini juga termasuk ke kawasan pemandian air panas yang mana hargannya cukup terjangkau sebanding dengan fasilitas yang disediakan.

Harga Tiket :

  • Dewasa : Rp. 15.000/orang (weekday) dan Rp. 20.000/orang (weekend)
  • Anak-anak : Rp. 10.000/orang (weekday) dan Rp. 15.000/orang (weekend)

Kolam Renang Kawah Papandayan

Nah, pemandian air panas garut berikutnya yaitu Kolam Renang Kawah Papandayan. Lokasi dari kolam renang ini yaitu berada di belakang tempat parkir dimana disini terdapat dua kolam renang untuk anak-anak dan dewasa. Untuk kenyamanan para pengunjung pihak pengelola juga menyediakan fasilitas cukup memadai seperti tempat mandi, tempat ganti. Disini juga terdapat beberapa food courts yang menjual makanan maupun minuman.

Harga Tiket :

  • Dewasa : Rp. 20.000/orang (weekday) dan Rp. 25.000/orang (weekend)
  • Anak-anak : Rp. 10.000/orang (weekday) dan Rp. 15.000/orang (weekend)

Address : Jalan Sinarjaya, Cisurupan, Garut Regency, Jawa Barat.

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Opening Hours : –

Darajat Garut

Pemandian air panas berikutnya ini tentunya tidak asing lagi di dengar, Drajat merupakan salah satu objek wisata yang dikategorikan sebagai pemandian air panas yang terkenal di Garut. Di tempat ini terdapat fasilitas yang sangat lengkap mulai dari kolam renang untuk anak-anak maupun untuk orang dewasa, fasilitas bermain anak-anak seperti waterboom, area parkir yang cukup luas, food courts yang menjual aneka makanan dan minuman, penginapan, kamar mandi, toilet dan beberapa fasilitas lainnya. Akses menujuĀ  ke tempat ini memang mudah walaupun lokasinya cukup jauh dari pusat kota.

Address : Desa Padaawas, Kecamata Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Opening Hours : 24 Jam

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Harga Tiket : Rp. 30.000 per orang

Talaga Bodas

Walaupun masih murni berupa sebuah kawah, namun terdapat beberapa kolam alami di sekitaran Telaga Bodas ini yang bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk berendam. Selain berendam terdapat beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini seperti hiking, trekking, pikik dan hanya sekedar menikmati keindahan serta kesejukan alam yang masih sangat alami. Akses menuju ke lokasi cukup mudah karena bisa dilewati oleh kendaraan roda empat maupun roda, walaupun sebenarnya kendaraan anda akan di parkirkan tepat di pintu masuk, agar sampai ke lokasi wisatawan harus berjalan kaki atau naik ojek yang disediakan dengan biaya Rp. 15.000 pulang pergi.

Harga Tiket : Rp. 9.500/orang dan biaya parkir Rp. 5.000/kendaraan

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Address : Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Opening Hours : 24 jam

Kawah Kamojang

Tempat wisata pemandian air panas yang satu ini memang berada di perbatasan antara Kabupaten Garut dan Kabupaten Bandung. Terdapat beberapa objek wisata yang bisa anda temui disini, pertama Kawah Manuk dan Kawah Kereta Api. Disini wisatawan memang tidak terdapat kolam air panas khusus namun tepat di kawah hujan, wisatawan bisa menikmati mandi uap atau sauna. Uap yang dikeluarkan cukup hangat dan banyak sehingga akan membuat baju anda basah. Namun, sayangnya fasilitas yang tersedia masih belum lengkap.

Harga Tiket :

  • Wisatawan Lokal : Rp. 7.000/orang (weekday) dan Rp. 9.500/orang (weekend)
  • Wisatawan Mancanegara Rp. 105.000/orang (weekday) dan Rp. 155.000/orang (weekend)

Opening Hours : –

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Address : Kamojang, Kecamata Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Nah, itulah 5 pemandian air panas di Garut yang sayang dilewatkan. Ke lima tempat wisata diatas tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurangan termasuk dari segi fasilitas, wahana dan juga lokasi. Semoga bermanfaat!

 

Info Lainnya:  Pantai Cijeruk: Destinasi Wisata Alam Perawan Yang Ada Di Selatan Kota Garut