55 Tempat Wisata Seru Di Sekitar Semarang Yang Tidak Boleh Dilewatkan

0
40

Tempat wisata – Berbicara tentang tempat wisata di Indonesia tentunya tidak akan ada habisnya dari Sabang sampai dengan Merauke terdapat banyak sekali tempat wisata yang bisa anda kunjungi bersama dengan keluarga ataupun orang terdekat. Salah satu kota di Indonesia yang memiliki tempat wisata cukup beragam yaitu Kota Semarang. Selain dijuluki sebagai Kota Venesia di Pulau Jawa dikarenakan tempatnya bermuara di pelabuhan Kota Semarang juga terkenal dengan tempat pariwisatanya yang cukup beragam dan sayang jika dilewatkan dikarenakan terdapat banyak sekali tempat wisata di Kota yang satu ini maka tidak heran tempat ini cukup terkenal di Indonesia.

Saat musim liburan telah tiba, tidak heran Kota Semarang menjadi salah satu tempat tujuan wisata para wisatawan. Apa saja tempat wisata yang ada di Kota Semarang? Tanpa menunggu lama, berikut kami akan menyajikan 55 tempat wisata seru di sekitar Semarang yang tidak boleh dilewatkan.

Inilah 55 Tempat Wisata Seru Di Sekitar Semarang Yang Tidak Boleh Di Lewatkan

Seperti telah di janjikan pada ulasan diatas bahwa pada ulasan kali ini kita akan membahas tentang tempat wisata Semarang yang tidak boleh dilewatkan. Berikut ini 55 tempat wisata seru di sekitar Semarang yang tidak boleh dilewatkan :

  1. Kelenteng Tay Kak Sie

Tempat wisata yang satu ini merupakan salah satu tempat peribadatan Umat Konghucu yang cukup besar di Kota Semarang. Dikarenakan berada di Jalan Gang Lombok, tempat wisata yang satu ini juga dikenal oleh masyarakat sekitar dengan sebutan Kelenteng Gang Lombok. Yang menjadi salah satu daya tarik dari tempat wisata yang satu ini yaitu arsitektur bangunan yang sangat kental dengan budaya China ditambah dengan ukiran naga, pagar kelenteng yang di cat warna merah serta lampion gantung yang ada di depan bagian bangunan.

Tiket Masuk : Gratis

Food Courts : Yes

Address : Jalan Gang Lombok No. 62, Pecinan, Maltiharjo, Semarang Timur.

Opening Hours : Senin – Minggu mulai pukul 07.00 – 18.00

Bus Parking : Yes

  1. Pagoda Avolokitesvara Buddhagaya Watugong

Bangunan yang satu ini berdiri kokoh dengan ketinggian mencapai kurang lebih 45 meter. Pagoda Avolokitesvara adalah sebuah pagoda tertinggi di Indonesia. Bangunan suci umat Buddha ini dibangun dengan tujuan untuk menghormati Dewi Kwan Im yaitu seorang dewi kasih sayang yang merupakan kepercayaan dari umat yang beragama Buddha. Salah satu yang menjadi daya tarik wisatawan yaitu adanya patung besar Dewi Kwan Im yang berukuran 5,1 meter dan sebanyak 30 patung dewa-dewa di area pagoda.

Food Courts : Yes

Tiket Masuk : Gratis

Bus Parking : Yes

Address : Jalan Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Banyumanik.

Opening Hours : Senin – Minggu pukul 07.00 – 21.00

  1. Umbul Sidomukti

Berbeda dengan tempat wisata yang telah disebutkan diatas yang pada dasarnya merupakan tempat wisata berupa bangunan yang memiliki sejarah. Umbul Sidomukti merupakan salah satu objek wisata Semarang banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menghabiskan liburan dengan outbound serta wisata alam. Di kawasan ini terdapat kolam renang alami serta beberapa pemondokan yang bisa di sewa. Tidak lupa disini juga terdapat area untuk berkemah, jadi bagi para pengunjung yang ingin menikmati suasana di malam hari bisa memutuskan untuk berkemah di tempat wisata Umbul Sidomukti. Selain banyak sekali penawaran yang jarang ditemui di objek wisata lain, yang menjadi daya tarik dari tempat wisata ini yaitu pepohonan yang masih rindang sehingga akan membuat udara disekitar objek wisata sangat sejuk ditambah lagi dengan susunan kolam renang yang bertingkat dan jalur yang berundak.

Tiket Masuk :

  • Senin – Jum’at Rp. 4.000 per orang
  • Sabtu – Minggu Rp. 5.000 per orang

Opening Hours : Buka 24 jam

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Address : Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang

  1. Gereja Blenduk

Saat anda memutuskan untuk berkunjung ke Kota Semarang untuk berwisata sejarah, rasanya tidak lengkap jika anda tidak mengunjungi salah satu tempat wisata Semarang yang bersejarah ini. Gereja Blenduk merupakan salah satu gereja tertua di Provinsi Jawa tengah. Salah satu yang menjadi daya tarik dari tempat ini yaitu gaya arsitektur Neo-Klasik Eropa yang membuat bangunan terlihat lebih megah di tengah deretan bangunan tua modern. Dengan keindahan dan kemegahannya, tidak heran tempat ini dijadikan sebagai objek wisata yang menjadi warisan Pemerintahan Hindia-Belanda di Semarang.

Address : Jalan Letjend Suprapto No. 32, Tanjung Mas, Semarang Utara.

Tiket Masuk : Rp. 10.000 per orang

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Opening Hours : Senin – Minggu mulai pukul 09.00 – 16.00

  1. Lawang Sewu

Tempat Wisata yang satu ini memang merupakan salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di Kota Semarang. Lawang Sewu merupakan sebuah landmark di Kota Semaang yang konon katanya dahulu merupakan sebuah kantor dari perusahaan kereta api pada zaman pemerintahan Hindia-Belanda. Bangunan bersejarah ini berdiri sejak tahun 1907, yang menjadi daya tarik dari tempat ini yaitu struktur bangunan yang terlihat antik dan juga klasik. Selain itu, untuk menambah kemegahan pihak pengelola juga menyediakan ornamen cantik seperti lampu hias. Tempat wisata Semarang ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat berfoto maupun menjadi tempat wisata malam di Semarang.

Address : Komplek Tugu Muda, Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah.

Opening Hours : Senin – Minggu Pukul 06.00 – 21.00

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Tiket Masuk : Rp. 10.000/orang (dewasa) dan Rp. 5.000/orang (anak-anak)

  1. Pura Giri Natha

Nah, objek wisata Semarang yang tidak boleh di lewatkan berikutnya yaitu Pura Giri Natha. Menikmati eksotisme Pura Giri Natha ini akan membuah anda merasa sedang berada di Pulau Seribu Pura, Bali. Area tempat wisata ini dikelilingi oleh kawasan perbukitan sehingga dengan tidak heran udara yang akan dirasakan sangat sejuk dan segar. Tempat ini banyak sekali dikunjungi pada saat sora hari dikarenakan para wisatawan bisa menikmati kehangatan dan senja. Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini yaitu pada saat hari-hari besar Umat Hindu karena pada saat hari tersebut pengunjung bisa melihat perayaan hari besar tersebut.

Tiket Masuk : Rp. 20.000 per orang

Bus Parking : Yes

Address : Jalan Sumbing No. 12, Bendungan, Gajahmungkur.

Opening Hours : Buka 24 Jam

Food Courts : Yes

  1. Pantai Maron

Nah, objek wisata Semarang yang satu ini juga menjadi salah satu tempat wisata pilihan saat musim liburan telah tiba. Salah satu alasan mengapa tempat wisata ini menjadi salah satu pilihan banyak sekali wisatawan yaitu dikarenakan kondisi air pantai ini sangat jernih dan suasana di sekitar pantai yang bersih. Pantai Maron terletak di dekat muara Sungai Silandak. Saat anda mengunjungi pantai ini, anda bisa menikmati lembutnya pasir yang membentang sangat luas. Selain itu, anda juga bisa menikmati wisata kuliner disini karena terdapat banyak sekali warung-warung yang menyediakan aneka makanan laut yang sangat lezat dengan harga terjangkau. Karena merupakan salah satu tempat tujuan wisata, tidak heran fasilitas yang disediakan cukup lengkap walaupun demikian untuk mengunjungi tempat ini bukan hal yang mudah pengunjung harus melalui jalur dengan kondisi jalan yang tidak begitu baik dan akan licin saat musim hujan.

Tiket masuk : Rp. 5.000 per orang

Address : Tugurejo, Tugu

Opening Hours : Senin – Minggu 09.00 – 17.00

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Kelenteng Sam Poo Kong

Kelenteng Sam Poo Kong atau dikenal dengan kelenteng Gedung Batu adalah keleneng tertua di Kota Semarang dan merupakan salah satu tempat persinggahan Laksamana Cheng Ho dalam penjelajahannya menuju Ke Tanah Jawa. Bangunan ini mengusung gaya arsitektir China dan Tradisional Jawa. Saat Berkunjung ke tempat wisata Semarang yang satu ini para pengunjung bisa menyewa kostum tradisional Cina kemudian bisa berselfie ria di depan bangunan artistik.

Tiket Masuk :

  • Senin – Jum’at Rp. 5.000 (untuk dewasa) dan Rp. 3000 (untuk anak-anak)
  • Sabtu – Minggu Rp. 8.000 (untuk dewasa) dan Rp. 5.000 (untuk anak-anak)

Bus Parking : Yes

Address : Jalan Simongan No. 129, Bongsari, Semarang Barat

Food Courts : Yes

Opening Hours : Buka Setiap Hari mulai Pukul 08.00 – 20.00

  1. Masjid Agung Jawa Tengah

Selain bisa mengunjungi tempat wisata bersejarah, saat berada di Semarang anda juga bisa menikmati wisata religi disini yaitu dengan mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah. Bangunan mesjid dengan bergaya tradisional Jawa yang berpadu dengan arsitektur Islam serta Romawi tentunya menjadi salah satu alasan mengapa tempat ini sangat wajib untuk di kunjungi. Di kawasan Mesjid Agung ini juga terdapat Meseum Perkembangan Islam serta Menara Asmaul Husna yang konon katanya tingginya mencapai 99 meter.

Tiket Masuk : Gratis, namun jika ingin masuk ke kawasan menara harus bayar Rp. 3.000 – Rp. 5.000/orang

Opening Hours : Buka 24 Jam

Address : Jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari.

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Curug Lawe

Curug lawe merupakan salah satu objek wisata alam yang sayang jika dilewatkan. Diberi nama lawe ini dikarenakan disini terdapat air terjun mulai dari air terjun besar sampai mata air kecil yang termasuk dalam aliran Curug Lawe, nama lawe ini diambil dari bahasa jawa yang berarti 25. Berada tepat di lereng Gunung Ungaran Semarang, menjadikan Curug Lawe ini  memiliki daya tarik tersendiri yaitu keindahan alam yang masih begitu Asri, udara yang sejuk, dan suasana yang masih alami tentunya sangat cocok untuk para wisatawan yang mencari ketentraman. Untuk bisa sampai ke lokasi tujuan wisata pengunjung akan melewati hamparan perkebunan teh Medini serta perkebunan cengkeh yang tidak kalah menarik dan menyenangkannya. Namun, perlu anda ketahui bahwa untuk dapat sampai ke tujuan alangkah lebih baiknya jika anda menggunakan kendaraan pribadi saja karena belum ada angkutan umum yang menuju ke tempat ini

Address : Kawasan Gunung Ungaran dan Gunung Pati, Desa Kalisidi, Kecamata Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Opening Hours : Senin – Minggu, Pukul 06.00 – 15.00

Tiket Masuk : Rp. 4.000 per orang

Bus Parking : No

Food Courts : Yes

  1. Pantai Marina

Sama Halnya dengan Pantai Maron, Pantai Marina juga merupakan salah satu objek wisata yang banyak sekali di kunjungi oleh para wisatawan terutama bagi para wisatawan asli Kota Semarang. Pantai ini menawarkan banyak sekali keindahan alam yang bisa pengunjung lihat dari deburan ombaknya serta udara di sekitar pesisir pantai yang sangat sejuk dan juga segar. Selain itu, indahnya panorama matahari terbit ataupun tenggelam menjadi salah satu daya tarik atau alasan mengapa pengunjung harus mengunjungi pantai di kota ini. Selain bisa menikmati keindahan alam di pesisir pantai, pengunjung juga bisa menyewa kapal kecil yang bisa digunakan untuk menjelajahi perairan pantai.

Address : Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Tawang Sari.

Bus Parking : Yes

Opening Hours : Buka 24 jam

Tiket Masuk : Rp. 5.000 per orang

Food Courts : Yes

  1. Candi Gedong Songo

Tempat wisata Semarang yang sayang jika dilewatkan yaitu Candi Gedong Songo. Di tempat ini terdapat 9 buah candi yang merupakan peninggalan dari zaman Wangsa Syailendra. Selain terdapat situs bersejarah, di tempat ini juga terdapat pemandian air panas. Saat pengunjung telah lelah berkeliling candi, berrendam di air panas bisa menjadi salah satu pilihan untuk beristirahat. Disini juga terdapat perkemahan dan saran berkuda. Jadi, bisa dikatakan saat berkunjung ke tempat ini anda tidak hanya akan menjelajah situs-situs bersejarah saja melainkan terdapat beberapa aktivitas yang bisa dilakukan.

Address : Jalan Candi Gedong Songo No. 166, Banyukuning, Bandungan.

Tiket Masuk :

  • Senin – Jum’at Rp. 6.000 per orang
  • Sabtu – Minggu dan hari libur Rp. 7.500 per orang

Opening Hours : Senin – Minggu, 06.00 – 17.00

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Curug Benowo

Curug lainnya yang berada di Lereng Gunung Ungaran yaitu Curug Benowo. Curug yang satu ini terkenal dengan mata airnya yang sangat jernih serta menyegarkan. Terlepas dari keindahan alam yang disajikannya, untuk menuju ke Curug Benowo ini para wisatawan perlu melewati jalur menuju ke lokasi yang cukup ekstrem ditambah jalan setapak yang cukup curam. Jadi, dengan begitu para wisatawan perlu tetap berhati-hati dan membawa persedian makanan dikarenakan lokasinya masih tersembunyi.

Address : Kawasan Gunung dan Gunung Pati, Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Opening Hours : Senin – Minggu, Pukul 08.00 – 15.00

Tiket Masuk : Rp. 4.000 per orang

Bus Parking : No

Food Courts : No

  1. Air Terjun Kali Pancur

Salah satu objek wisata alam dimiliki oleh Kota Semarang yang tidak boleh di lewatkan berikutnya yaitu Air Terjun Kali Pancur. Air terjun ini sangat terkenal dengan keindahan alamnya, dimana ketinggian air terjun tersebut mencapai 150 meter. Air terjun Kali Pancur ini menawarkan kesegaran mata air yang dikeliling oleh pepohonan hijau yang sangat rindang ditambah dengan deretan batu alam menjadi salah satu alasan mengapa anda sangat wajib untuk mengunjungi tempat wisata ini. Namun, untuk sampai ke lokasi air terjun pengunjung harus melalui jalur pendakian yang cukup panjang serta melelahkan termasuk melewati anak tangga yang konon katanya berjumlah 900 anak tangga.

Address : Desa Nogosaren, Kecamatan Getesan, Kabupaten Semarang

Opening Hours : Senin – Minggu 07.30 – 17.00

Bus Parking : No

Food Courts : Yes

Tiket Masuk : Rp. 2.000 – Rp. 2.500 per orang

  1. Masjid Kauman Semarang

Tempat wisata religi yang satu ini juga tentunya tidak kalah menariknya. Masjid Kauman Semarang merupakan salah satu mesjid tertua di Kota Semarang. Konon katanya bangunan ini sudah berdiri saat peradaban Kerajaan Jawa kuno tepatnya pada pertengahan Abad ke 18. Dikarenakan saking tuanya, tidak heran para ahli menganggap bahwa usia dari mesjid ini lebih tua dari Kota Semarang. Selain dijadikan sebagai tempat tujuan wisata tempat ini juga dijadikan sebagai kegiatan pengajian serta pembinaan umat.

Bus Parking : Yes

Address : Jalan Alun-Alun Barat No. 11, Bangunharjo, Semarang Tengah.

Opening Hours : Buka Setiap hari 03.00 – 20.00

Tiket Masuk : Gratis

Food Courts : Yes

  1. Curug 7 Bidadari

Nah, Tempat wisata seru di Kota Semarang yang tidak boleh dilewatkan selanjutnya yaitu Curug 7 Bidadari. Curug yang satu ini sangat terkenal dikalangan pecinta alam. Selain cukup terkenal, masyarakat asli Semarang juga percaya bahwa sumber mata air curug ini sarat akan legendany. Konon katanya, curug ini disinggahi oleh para bidadari yang ingin membersihkan diri dari kutukan. Terlepas dari benar atau tidaknya sebuah cerita tersebut, Curug 7 Bidadari saat ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang banyak sekali dikunjungi. Curug ini terdiri dari 3 tingkatan yang berjarak 6 sampai dengan 7 meter dari satu tingkat ke tingkatan lainnya. Untuk bisa sampai ke curug ini, disarankan agar membawa kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan saja karena walaupun terkenal tempat wisata ini belum bisa dilewati oleh angkutan umum.

Tiket Masuk :

  • Senin – Jum’at Rp. 4.000 per orang
  • Sabtu – Minggu Rp. 5.000 per orang

Opening Hours : Senin – Minggu, Pukul 08.00 – 17.00

Address : Desa Keseneng, Sumowono, Kabupaten Semarang

Bus Parking : No

Food Courts : Yes

  1. Pantai Tirang

Objek wisata yang satu ini terkenal dengan air lautnya yang berwarna biru serta bersih sehingga tidak heran bahwa pantai yang satu ini banyak sekali dikunjungi oleh para wisatawan. Selain bisa dijadikan sebagai salah satu tempat tujuan wisata menikmati keindahan pantainya, Pantai Tirang juga dijadikan sebagai salah satu pantai yang pas untuk berrenang, bermain air dan memancing. Nelayan dan warga asli Kota Semarang menjadi pantai ini sebagai lokasi favorit untuk berburu ian laut. Di area pantai juga terdapat deretan pohon bakau serta batu karang yang akan menambah keindahan Pantai Tirang.

Address : Desa Tembakrejo, Kecamatan Tugu

Tiket Masuk : Rp. 5.000 per orang

Opening Hours : 24 jam

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Taman Rekreasi Wonderia

Taman Rekreasi Wonderia ini menyediakan berbagai wahana yang daoat di coba oleh seluruh masyarakat Indonesia yang kebetulan sedang berada di Semarang. Tempat wisata ini menjadi salah satu objek wisata berkumpul dengan keluarga dikarenakan wahana-wahana yang berada di tempat ini bisa dinikmati oleh orang dewasa mauoun anak-anak. Terdapat beberapa wahana yang ada di tempat ini seperi Merru Go Round, Boom Boom Car, Typhoon Coaster dan Kiddy Boat. Selain itu, disini juga terdapat wahana yang akan menguji adrenalin yaitu wahana Ghost House atau Rumah Hantu. Di beberapa kesempatan tertentu anda juga bisa menyaksikan berbagai pertunjukan yang diselenggarakan di Gedung Pementasan Wonderia. Dikarenakan objek wisata yang cukup terkenal di Kota Semarang, fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap.

Address : Jalan Sriwijaya No. 29, Tegalsari, Candisari.

Tiket Masuk : Rp. 5.000 per orang belum termasuk wahana.

Opening Hours :

  • Senin – Jum’at, Pukul, 09.00 – 22.00 WIB
  • Sabtu – Minggu, Pukul 09.00 – 23.00 WIB

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Rawa Pening

Rawa Pening adalah sebuah danau yang mana lokasinya membentang di empat kecamatan yang berada di Kabupaten Semarang yaitu Kecamatan Ambarawa, Banyubiru, Tuntang dan Kecamatan Bawen. Salah satu alasan mengapa tempat wisata ini tidak boleh dilewatkan karena Rawa Pening menyuguhkan panorama alam yang sangat mempesona ditambah lagi dengan perairan luas yang sangat jernih. Saat anda berkunjung ke objek wisata ini, anda dapat menjelajahi keindahan danau dengan menyewa perahu yang sudah disediakan pihak pengelola. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati sajian kuliner yang disediakan oleh beberapa rumah makan terrapung yang berada di sekitar danau. Untuk bisa menikmati keindahan alam yang jarang sekali di temui ini pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Harga Tiket :

  • Senin – Jum’at Rp. 6.000 per orang
  • Sabtu – Minggu Rp. 7.500 per orang

Opening Hours : Buka Setiap Hari, Pukul 08.00 – 21.00

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Address : Kawasan Lereng Gunung Merbabu, Telemoyo dan Ungaran, Ambarawa.

  1. Air Terjun Semirang

Tempat wisata seru di sekitar Semarang yang tidak boleh dilewatkan berikutnya yaitu Air Terjun Semirang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter, salah satu yang menjadi daya tarik dari tempat wisata Semarang yang satu ini yaitu hawanya yang sejuk sehingga sangat cocok bagi para wisatawan yang ingin merasakan suasana pegunungan. Air terjun yang satu ini letaknya agak tersembunyi yaitu tepatnya di balik Gunung Ungaran. Untuk sampai ke tempat wisata, para wisatawan harus berjalan kaki sekitar 1 kilometer melalui lereng gunung serta jalur pendakian yang berundak-undak. Oleh sebab itu, apabila anda ingin berkunjung ke tempat wisata yang satu ini pastikan bahwa kondisi tubuh anda benar-benar fit.

Address : Dusun Gintungan, Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Tiket Masuk : Rp. 5.000 per orang

Opening Hours : Buka 24 Jam

Food Courts : Yes

Bus Parking : No

  1. Kampoeng Wisata Taman Lele

Saat mendengar Taman Lele tentu saja  yang ada dipikiran beberapa orang yang belum pernah ke objek wisata ini mengira bahwa tempat ini merupakan sebuah taman dengan kolam lele, bukan? Padahal sebenarnya bukan, walaupun bernama Taman Lele, kawasan objek wisata ini bukanlah merupakan area peternakan ataupun pemancingan lele melainkan sebuah tempat wisata alam yang sangat pas untuk berkumpul dengan keluarga. Dikawasan ini terdapat banyak sekali spot menarik untuk berpariwisata, termasuk sebuah danau buatan yang bisa dijelajahi oleh para wisatawan menggunakan perahu kayuh. Bagi para pengunjung yang membawa anak-anak, disini juga terdapat pula area taman bermain, kolam renang dan kebun binatang mini. Demi kenyamanan para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, pihak pengelolal juga menyediakan beberapa fasilitas cukup lengkap seperti halnya gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai.

Address : Jalan Walisongo KM 10, Tembakaji, Kecamatan Ngaliyan.

Tiket Masuk :

  • Senin – Sabtu Rp. 2.000 per orang
  • Minggu Rp. 3.500 per orang

Opening Hours : Buka setiap hari, Pukul 08.00 – 18.00

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Taman Diponegoro Semarang

Taman yang satu ini berada di Pusat Kota Semarang dimana objek wisata tersebut dikeliling oleh sejumlah bangunan penting yang ada di Kota Semarang yaitu seperti Puri Wedari, Ruas Pertokoaan Sultan Agung dan Rumah Dinas Kasdam Diponegoro. Sekilas, taman ini memiliki kemiripan dengan taman-taman yang mengusung tema Renaissance dengan ditambah plaza yang bebentuk bulat dibagian tengah. Deretan pohon palem serta hamparan rumput hijau yang memenuhi area taman menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Objek wisata yang satu sangat cocok dijadikan tujuan wisata bagi para wisatawan yang ingin menikmati keasrian taman yang masih alami di Kota Semarang. Karena berada di Pusat Kota, maka tidak sulit menemukan tempat ini dan bisa dilewati dengan kendaraan umum maupun pribadi.

Address : Jalan Diponegoro, Kecamatan Gajah Mungkur, Candisari

Tiket Masuk : Gratis

Food Courts : Yes

Bus Parking : Yes

Opening Hours : 24 Jam

  1. Kolam Renang Tirto Argo Siwarak

Selanjutnya, wisata Semarang yang tidak boleh dilewatkan yaitu Kolam Renang Tirto Argo Siwarak. Kolam renang yang satu ini sangat pas dikunjungi bersama dengan keluarga, bisa dikatakan bahwa objek wisata ini merupakan salah satu objek wisata untuk keluarga. Terdapat 4 buah kolam renang di area wisata ini yaitu kolam renang khusus dewasa, kolam renang keluarga dan dua kolam renang untuk anak-anak yang mana disetiap kolam renang terdapat wahana permainan yang bisa dinikmati seperti mini waterboom, seluncuran spiral dan ember tumpah. Untuk dapat sampai ke tempat tujuan wisata pengujung bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Dikarenakan merupakan salah satu objek wisata keluarga tujuan maka tidak heran fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap.

Harga Tiket : Rp. 10.000 – Rp. 15.000

Opening Hours : Selasa dan Rabu Tutup, kecuali hari tersebut buka mulai pukul 07.30 – 17.30

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Address : Jalan Tirtp Argo RT/RW 04/08, Nyatnyono, Ungaran Barat.

  1. Taman Bunga Bandungan

Objek wisata yang satu ini merupakan salah satu objek wisata paling hits di Kota Semarang. Taman Bunga Bandungan berada di kawasan lereng Gunung Ungaran, taman ini menyuguhkan berbagai jenis bunga yang sangat indah seperti bunga lavender, bunga mawar, bunga celosia dan bunga diantus. Saat anda berkunjung ke tempat wisata yang satu ini, anda akan disambut dengan deretan pagar pensil raksasa berwarna-warni yang difungsikan menjadi salah satu pagar taman. Tidak hanya itu saja, saat berada di area taman, anda juga akan menemukan beberapa kincir angin yang dijadikan sebagai salah satu spot foto serta alasan mengapa tempat ini sangat wajib untuk di kunjungi. Untuk oleh-oleh anda juga bisa membeli buang hias yang sudah disediakan pihak pengelola. Disini juga terdapat beberapa fasilitas yang cukup lengkap dan kabar baiknya akses menuju ke tempat ini cukup mudah ditambah bisa di lalui oleh kendaraan roda empat maupun roda dua baik itu kendaraan umum maupun pribadi.

Harga Tiket :

  • Dewasa Rp. 10.000 per orang
  • Anak-Anak Rp. 5.000 per orang

Opening Hours : Buka setiap hari, pukul 07.00 – 18.00

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Address : Jalan Wisata Gedong Songo Km 5, Jetis, Bandungan.

  1. Wana Wisata Penggaron

Objek wisata ini merupakan sebuah hutan wisata yang menyuguhkan pemandangan sangat eksotis dimana disini terdapat deretan pepohonan hijau dan berbagai jenis spesies burung yang berlalu-lalang berterbangan bebas ataupun diperlihaa di area konservasi. Objek wisata ini dikelola oleh Perum Perhutani Jawa Tengah yang mana Merupakan sebuah Hutan bernama Penggaron yang difungsikan menjadi lokasi wisata yang memadukan ecotourism serta pendidikan mengenai kelestarian alam. Selain dijadikan sebagai tempat konservasi yang dilindungi oleh Pemerintah, objek wisata ini juga sering di manfaatkan oleh para wisatawan sebagai salah satu tempat berkemah, jungle tracking dan sebagai salah satu tempat observasi alam.

Harga Tiket : Rp. 6.000 per orang

Address : Desa Susukan, Kecamatan Ungaran, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang.

Opening Hours : Senin – Minggu, Pukul 07.00 – 17.00

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Taman Srigunting

Objek wisata yang satu ini merupakan salah satu objek wisata terbuka hijau yang berada dikawasan Kota Lama Semarang. Taman ini menyajikan suasana asri serta permai di tengah bangunan-bangunan tua yang ada di kawasan wisata. Para wisatawan bisa bersantai di hamparan rumput hijau yang empuk atau bisa juga duduk-duduk di kursi taman yang sudah disediakan pihak pengelola. Tempat wisata ini merupakan salah satu objek wisata yang instragamable sehigga tidak heran sering dijadikan sebagai salah satu tempat berselfie ria. Akses jalan menuju ke objek wisata ini juga cukup mudah karena bisa dilewati oleh kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Tiket Masuk : Gratis

Opening Hours : Buka 24 Jam

Address : Jalan Letjen Suprapto, Tanjung Mas, Semarang Utara

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. The Fountain Water Park

Objek wisata yang satu ini berada tidak jauh dari kawasan Gunung Ungaran. The Fountain Water Park menyajikan area taman rekreasi air dengan hawa pegunungan yang masih terasa sejuk serta alami. Tempat ini merupakan salah satu objek wisata Semarang yang cocok untuk anda yang ingin berlibur membawa anak-anak. The Fountain Water Park ini memiliki 3 buah kolam reang dengan kedalaman yang berbeda-beda yaitu kedalaman 15 cm untuk balita, kedalaman 30 – 60 cm untuk anak-anak dan kedalaman 150 cm kolam renang untuk anak-anak ataupun dewasa. Selain menyajikan kolam renang, disini juga terdapat arena bermain anak-anaknya dan fasilitas yang cukup lengkap. Salah satu arena permainan yang banyak sekali diminati oleh banyak orang yaitu Flying Fox. Akses jalan menuju ke objek wisata ini cukup baik dan bisa dilewati oleh kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Tiket Masuk :

  • Senin – Jum’at Rp. 15.000 per orang
  • Sabtu – Minggu Rp. 25.000 per orang

Opening Hours : 06.00 – 17.00

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Address : Jalan Bima Sakti Raya No 16, Mapagan, Ungaran.

  1. Semarang Contemporary Art Galery

Semarang Contemporary Art Galery merupakan salah satu tempat wisata favorit yang ada di kawsan Kota Lama Semarang. Sama halnya dengan objek wisata lainnya, Semarang Contemporary Art Galery juga menjadi salah satu tempat wisata yang cukup populer. Salah satu daya tarik dari tempat ini yaitu  nuansa arsitektur Eropa Klasik, selain itu tempat ini juga dijadikan area pameran yang menampilkan berbagai jenis lukisan dan karya seni rupa kontemporer. Lukisan atau koleksi di tempat ini diperbaharui setiap 2 sampai 3 bulan sekali. Lokasi tempat ini bisa dibilang cukup terjangkau karena letaknya tidak jauh dari Gereja Blenduk. Perlu anda ketahui bahwa Semarang Contemporary menjadi salah satu situs tertua di Kota lama.

Address : Jalan Taman Srigunting No. 5 – 6 Tanjung Mas, Semarang Utara.

Opening Hours : Buka Setiap hari mulai pukul 08.00 – 18.00

Tiket Masuk : Rp. 10.000 per orang

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Jungle Toon Waterpark Semarang

Jungle Toon Waterpark Semarang adalah salah satu destinasi wisata di Kota Semarang yang cukup terkenal dimana disini menghadirkan fasilitas berupa kolam renang yang bisa digunakan oleh para wisatawan baik itu perorangan ataupun bersama keluarga. Kolam renang di objek wisata ini cukup berragam mulai dari kolam renang untuk orang dewasa, anak-anak dan remaja, selain itu disetiap kolam renang juga dilengkapi dengan wahana permaianan air yang seru serta menyenangkan. Beberapa diantaranya yaitu ember tumpah, air mancur, seluncuran air dan whirpool. Disini juga terdapat fasilitas kebugaran serta area untuk senam aerobik.

Address : Jalan Bukit Wahid Boulevard, Gedongsongo, Manyaran, Semarang Barat.

Tiket Masuk :

  • Senin – Jum’at Rp. 30.000 per orang
  • Sabtu – Minggu dan hari libur Rp, 40.000 per orang

Bus Parking : Yes

Opening Hours : Buka setiap hari, Pukul 08.00 – 17.00

Food Courts : Yes

  1. Setiya Aji Flower Farm

Sama halnya dengan objek-objek wisata yang ada di Kota Semarang, Setuya Aji Flower Farm merupakan salah satu tempat wisata yang menawarkan suasana yang romantis sekaligus lokasi yang pas untuk selfie karena tempatnya sangat intagramable. Di tempat ini terdapat hamparan berbagai jenis bunga terutama nunga krisan, bunga-bunga tersebut menjadi salah satu daya tarik tersendiri dan akan memanjakan para pengunjung saat berada di kebun bunga. Apabila pengunjung ingin mendapatkan foto terbaik, para pengunjung bisa datang setiap pagi hari pasalnya pada saat waktu tersebut cuaca di lokasi cukup cerah dan segar. Maka dari itu, datanglah pada saat pagi hari selain cuaca mendukung anda juga akan terhindar dari panas matahari. Disekitar lokasi wisata juga terdapat beberapa rumah makan dan juga beberapa penginapan. Untuk sampai ke lokasi wisata juga terbilang cukup mudah karena bisa dilalui dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Harga Tiket : Rp. 7.500 per orang

Opening Hours : Buka setiap hari, pukul 07.00 – 18.00

Address : Jalan Kendalisodo, Dusun Ngasem Lor, Desa Jetis, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Water Blaster Graha Candi Golf

Tempat wisata seru di sekitar Semarang yang tidak boleh dilewatkan berikutnya yaitu Water Blaster Graha Candi Golf. Objek wisata ini menyajikan banyak sekali jenis wahana menyenangkan yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga, teman ataupun pasangan. Terdapat kurang lebih 8 kolam renang serta tempat bermain di objek wisata ini yang mengusung tema berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Selain itu, yang menjadi daya tarik objek ini yaitu seluncuran air yang berliuk-liuk dengan ketinggian 25 meter yang akan mengunji adrenalin anda. Selain itu, disini juga terdapat seluncuran spiral yang memiliki panjang 230 meter yang sangat akan menguji adrenalin anda. Untuk menuju ke objek wisata pengunjung tidak perlu khawatir karena bisa dilewati oleh kendaraan umum ataupun pribadi. Disini juga terdapat fasilitas yang cukup memadai sehingga tidak akan mengecewakan para pengunjung.

Harga Tiket : Rp. 35.000 – Rp. 50.000 per orang

Opening Hours :

Senin 13.00 – 17.30

Selasa – Sabtu 10.00 – 17.30

Minggu dan hari libur 07.00 – 17.30

Food Courts : Yes

Address : Jalan Bukit Candi Golf No. 1

Bus Parking : Yes

  1. Kampung Pelangi

Seperti namanya, tempat wisata yang satu ini  merupakan salah satu objek wsiata dimana saat wisatawan berkunjung mereka akan menemukan rumah-rumah di sebuah perkampungan yang dihias serta di cat warna-warni seperti pelangi. Rumah-rumah tersebut diwarnai dengan warna-warna yang semenarik mungkin sehingga terlihat seperti pelangi yang berjejer. Warna pelangi ini tidak hanya di cat pada bagian dinding aja melainkan pada atap rumah juga. Selain rumah yang dicat sedemikian rupa, fasilitas-fasilitas lain seperti jembatan dan fasilitas lainya juga di cat sedemikian rupa yang akan membuat tempat wisata ini sangat pas dijadikan sebagai spot foto yang unik.

Address : Jalan Dr. Sutomo No. 89, Randusari, Semarang Selatan

Tiket Masuk : Rp. 3.000 per orang

Opening Hours : Buka 24 Jam

Bus Parking : No

Food Courts : Yes

  1. Bantir Hills

Tempat ini menawarkan area perbukitan yang dilatar belakangi dengan deretan pepohonan hijau yang sangat rindang. Bantir Hills menjadi salah satu tempat wisata di Kota Semarang yang banyak sekali dikunjungi oleh kaum mudah mudi di Kota yang berjuluk Venesia dari timur ini. Saat berkunjung ketempat wisata ini, para wisatawan bisa menikmati dan memuaskan keinginan berselfie atau berfoto di rumah pohon dengan latar belakang keindahan alam yang masih alami. Walaupun objek wisata yang satu ini masih dalam tahap pembangunan, namun tetap saja Bantir Hills menjadi salah satu objek wisata yang banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan dan juga tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan saat anda berada di Semarang.

Tiket Masuk : Rp. 5.000 per orang

Opening Hours : Senin – Minggu, pukul 08.00 – 17.00

Address : Jalan Bantir, Desa Losari, Kecamatan Sumowono

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Kota Lama Semarang

Saat anda berkunjung ke Kota Semarang rasanya tidak lengkap jika anda tidak mengunjungi salah satu kota yang memiliki sejarah cukup berpengaruh di Kota tersebut. Seperti yang kita tahu bahwa Kawasan Kota Lama Semarang dulunya menjadi salah satu pusat perdangangan Hindia – Belanda di abad ke-19 sampai awal abad ke-20 yang mana dulunya dikenal dengan nama Little Netherland. Seiring dengan berjalannya waktu, tempat ini dijadikan sebagai salah satu kawasan wisata yang mana di tempat ini terdapat bangunan serta gedung tua yang sudah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu. Yang menjadi daya tarik dari bangunan-bangunan tersebut yaitu gaya arsitektur Eropa yang khas sehingga sangat bagus jika diabadikan. Karena tempatnya begitu berbeda dengan yang lain, tidak heran banyak sekali para fotographer yang datang ketempat ini untuk mengabadikan bangunan unik dalam sebuah foto.

Address : Jalan Letjen Suprapto No. 22, Tanjung Mas, Semarang Utara

Bus parking : Yes

Tiket Masuk : Gratis

Food Courts : Yes

Opening Hours : 24 jam setiap hari

  1. Hutan Pinus Kayon

Objek wisata yang satu ini menawarkan keindahan alam pegunungan yang dikelilingi oleh deretan pohon pinus. Hutan Pinus Kayon merupakan salah satu kawasan wisata yang sering dijadikan sebagai kawasan perkemahan. Selain dijadikan sebagai tempat berkemah, objek wisata ini juga sangat pas untuk anda yang ingin berselfie dengan latar belakangan keindahan alam pohon pinus.

Address : Lereng Gunung Batur, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang

Tiket Masuk : Rp. 5.000 per orang

Opening Hours : Buka 24 Jam

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Pasar Johar Semarang

Nah, tempat ini juga tentunya tidak kalah serunya. Pasar Johar adalah salah satu kawasan wisata belanja tradisional di Kota Semarang yang cukup terkenal dan populer. Tempat wisata belanja ini menawarkan berbagai jenis produk berkualitas tinggi dengan harga yang cukup terjangkau. Di tempat ini dijual berbagai jenis produk mulai dari oleh-oleh sampai dengan perlengkapan sehari-hari yang tersedia di tempat ini sejak tahun 1936. Pusat perbelanjaan ini sempat menjadi salah satu pusat perbelanjaan atau perdagangan terbesar dan terkenal Se-Asia dulu dan sampai saat ini Pasar Johar Semarang masih menjadi salah satu tempat yang sangat wajib dikunjungi saat anda sedang berada di Kota Semarang. Dikarenakan tempat ini menjadi salah satu pusat perbelanjaan terkenal di Semarang, tidak heran untuk sampai ke tempat ini cukup mudah dan bisa di akses menggunakan kendaraan umum maupun pribadi.

Harga Tiket : Gratis

Food Courts : Yes

Address : Jalan KH. Agus Salim, Kauman, Semarang Tengah.

Opening Hours : Buka 24 Jam

Bus Parking : Yes

  1. Bukit Gombel

Bukit ini dikenal juga sebagai Taman Tabanas dimana objek wisata Semarang ini juga menawarkan pemandangan Kota Semarang dari ketinggian. Tempat ini sangat cocok dikunjungi saat malam hari karena pengunjung bisa menikmati udara sejuk ditambah dengan pemandangan kerlap kerlip lampu Kota Semarang yang seperti bintang. Bagi wisatawan yang menyukai senja, mereka juga bisa mengunjungi tempat ini pada saat sore hari.

Harga Tiket : Gratis

Bus Parking : No

Food Courts : Yes

Address : Jalan Setiabudi, Gombel, Banyumanik

Opening Hours : Buka 24 Jam

  1. Grand Maerakaca

Jika anda berlibur ke Kota Semarang dalam waktu yang cukup singkat, Grand Maerakaca yang sebelumnya bernama Puri Maerokoco sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata utama anda. Objek wisata yang satu ini menghadirkan berbagai destinasi wisata yang sangat lengkap mulai dari desa wisata, kolam renang, wahana permainan untuk anak-anak sampai miniatur rumah adat serta berbagai jenis situs bersejarah yang ada di Indonesia. Para wisatawan bisa berkeliling menyusuri tempat wisata ini dengan berbagai macam spot foto yang bisa dicoba. Selain memiliki wahana permainan yang cukup lengkap, spot foto yang menarik dan sayang jika dilewatkan, Grand Maerakaca ini juga menjadi alah satu tempat menyenangkan bagi anak-anak karena disini meraka bisa merasakan keseruan berpetualang di arena outbound dan mencoba wahana permainan yang sangat menyenangkan.

Tiket Masuk : Rp. 15.000 per orang

Opening Hours : Buka setiap hari, Pukul 08.00 – 18.00

Food Courts : Yes

Bus Parking : Yes

Address : Jalan Anjasmoro-Tawangsari, Semarang Barat

  1. Simpang Lima

Objek wisata Semarang berikutnya yaitu Simpang Lima. Tempat ini berada d tengah persimpangan jalan Gajah Mada, Jalan Ahmad Dahlan, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Pandanaran yang mana tempat wisata Simpang Lima ini menjadi salah satu kawasan destinasi wisata terbaik bagi para wisatawan yang ingin merasakan pengalaman berwisata di Jantung Kota Semarang . Tempat wisata Simpang Lima ini menjadi salah satu objek wisata di Kota Semarang yang tidak pernah sepi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu berkumpul bersama keluarga, teman maupun pasangan. Selain bisa dijadikan sebagai salah satu tempat untuk bersantai, di tempat ini juga para pengunjung bisa menikmati jajanan yang dijajakan oleh para pedagang. Untuk menuju ke lokasi wisata, para pengunjung tidak perlu khawatir karena tempat ini bisa dilalui oleh kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Harga Tiket : Gratis

Opening Hours : Buka 24 Jam

Address : Pleburan, Semarang Selatan

Food Courts : Yes

Bus Parking : Yes

  1. Brown Canyon

Perlu anda ketahui bahwa pada awalnya kawasan ini adalah sisa dari tambang alam. Namun, dikarenakan sering menjadi spot foto anak remaja di Semarang yang kemudian fotonya di upload ke sosial media, menjadikan tempat ini dijadikan sebuah destinasi wisata yang menarik dan sayang jika dilewatkan. Selain dijadikan sebagai salah satu tempat yang memiliki spot foto menarik tempat ini juga merupakan salah satu tempat favorit untuk dijadikan sebagai tempat bersantai menikmati keindahan Kota Semarang.

Address : Menteseh, Rowosari, Kecamatan Tembalang

Tiket Masuk : Gratis

Opening Hours : 24 Jam

Bus Parking : No

Food Courts : No

  1. Lereng Kelir

Jika anda ingin mengunjungi salah satu tempat wisata dnegan panorama kota dari ketinggian saat berada di Kota Semarang, Lereng Kelir bisa menjadi jawabannya. Tempat ini merupakan sebuah destinasi wisata alam terbaik untuk menikmati hal tersebut. Di bagian puncak lereng, para wisatawan bisa menyaksikan keindahan alam Kota Semarang yang seperti kita ketahui sangatlah indah dan mempesona. Waktu terbaik untuk mengunjungi objek wisata ini yaitu pada saat pagi hari menjelang matahari terbit dan waktu sore saat senja telah tiba. Walaupun untuk sampai ketujuan memerlukan waktu dan tenaga, namun tempat wisata Lereng Kelir ini masih saja ramai di kunjungi terutama oleh para remaja.

Address : Dusun Gertas, Desa Brongkol, Kecamatan Jambu, Ambarawa

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Tiket Masuk : Rp. 5.000 – Rp. 7.000 per orang

Opening Hours : Senin – Minggu, Pukul 05.00 – 18.00

  1. Meseum Kereta Api Ambarawa

Tempat ini merupakan salah satu diantara banyaknya meseum di Kota Semarang yang menyajikan koleksi benda bersejarah yang cukup unik. Di Meseum Kereta Api Ambarawa ini anda akan menemukan lokomotif uap kuno yang digunakan saat masa penjajahan Belanda. Selain bisa mengetahui benda-benda sejarah tempo dulu disini juga wisatawan bisa menjelajahi kawasan Ambarawa dengan menggunakan kereta wisata.

Address : Jalan Stasiun No. 1, Ambarawa

Tiket Masuk Rp. 6.000 – Rp. 10.000 per orang

Bus Parking : No

Food Courts : Yes

Opening Hours : 08.00 – 16.00

  1. Old City 3D Art Museum

Objek wisata ini memang masih terbilang cukup baru di Kota Semarang. Namun, walaupun terhitung cukup baru tak kalah dengan tempat-tempat wisata yang berada di Kota Semarang tempat ini juga cukup ramai di kunjungi. Old City 3D Art Museum merupakan sebuah museum yang mana terdapat lukisan-lukisan 3 dimensi yang mana lukisan tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu spot foto terbaik anda. Salah satu lukisan yang bisa dijadikan sebagai spot foto yang menarik yaitu lukisan sarang tarantula raksasa ataupun jembatan yang berlatar belakang air terjun dengan 3 dimensi. Sebagai salah satu destinasi wisata Semarang yang kekinian, Old City 3D Art Meseum menjadi salah satu objek wisata banyak dicari. Untuk sampai ke meseum ini tentunya cukup mudah sekali karena bisa dilewati oleh kendaraan umum maupun kendaraan pribadi baik itu roda empat maupun roda dua. Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap.

Tiket Masuk : Rp. 50.000 per orang

Opening Hours : Buka Setiap Hari, Pukul 10.00 – 22.00

Food Courts : Yes

Address : Jalan Letjen Supropto No. 26, Tanjung Mas, Semarang Utara.

Bus Parking : Yes

  1. Kebun Durian Dan Wisata Edukasi Watu Simbar

Bagi anda para pecintan buah durian, tempat wisata yang berada di Kota Semarang ini bisa menjadi salah satu tempat destinasi wisata yang harus dikunjugi. Disepanjang jalan menuju ke lokasi, pengunjung akan melihat deretan pohon durian yang mengeluarkan bau sedap dari buah durian. Disini terdapat beberapa fasilitas seperti gazebo yang bisa digunakan oleh pengunjung sambil duduk menikmati buah durian.

Address : Jalan Mr. Koebiono Tjondro Wibowo, Kecamatan Gunung Pakis, Pakintelan

Harga Tiket : Rp. 5.000 – Rp.7.500 per orang

Opening Hours : 09.00 – 16.00

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Gua Kreo

Sedangkan tempat wisata berikutnya yaitu Gua Kreo, tempat ini merupakan sebuah gua alam yang cukup terkenal di Kota Semarang. Menurut cerita yang beredar, gua ini dulunya pernah digunakan oleh Sunan Kalijaga sebagai salah satu lokasi pertapaan. Saat berkunjung ke tempat wisata yang satu ini anda akan menemukan segerombolan kera yang menyambut anda. Namun, anda tidak perlu takut karena biasanya selalu ada pawang.

Tiket Masuk : Rp. 4.000 per orang

Food Courts : No

Bus Parking : No

Address : Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati

Opening Hours : 06.00 – 18.00

  1. Wisata Eling Bening

Perlu anda ketahui bahwa keindahan dari tempat wisata Eling Bening ini memang tidak bisa diragukan lagi. Selain lokasinya berada di dekat danau cantik bernama Rawa Pening, Kawasan objek wisata Eling Bening ini juga dikelilingi oleh area pegunungan dan pepohonan rindang yang akan membuat suasana di sekitar menjadi lebih sejuk dan segar. Selain itu, tempat wisata ini juga menawarkan berbagai jenis wahana  yang mendukung untuk menikmati liburan bersama keluarga, teman atau orang terdekat, wahana tersebut seperti klam renang, restoran, ruang pertemuan, area perkemahan dan fasilitas outbound.

Harga Tiket : Rp. 15.000 per orang

Opening Hours : Buka setiap hari dari pukul 09.00 – 19.00

Address : Jalan Sarjono, Bawen, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Meseum Ronggowarsito

Di tempat ini anda akan melihat puluhan ribu koleksi lintas zaman serta kebudayaan. Koleksi lintas zaman tersebut seperti koleksi alam, koleksi arkeologi dan masih banyak lagi. Saat berkunjung ke objek wisata ini pengunjung bisa melihat berragam koleksi peninggalan zaman dulu.

Address : Jalan Abdulrahman Saleh No. 1, Kalibanteng Kulon, Semarang Barat.

Bus Parking : Yes

Tiket Masuk ; Rp. 2.000 – Rp. 4.000 per orang

Opening Hours : 08.00 – 16.00

Food Courts : Yes

  1. Waduk Jatibarang

Waduk Jatibarang adalah sebuah bendungan yang berada di aliran Sungai Kreo. Selain difungsikan menjadi sebuah tanggul untuk menghindari air yang meluap, waduk ini juga menjadi salah satu destinasi wisata. Waduk ini bisa dijadikan tempat bersantai atau istirahat sejenak dari keramaian, kesibukan di perkotaan karena waduk ini terkenal dengan suasananya yang menenangkan dan juga sejuk.

Tiket Masuk : Rp. 8.500 per orang

Address : Kelurahan Kandiri, Kecamatan Gunungpati

Bus Parking : No

Food Courts : Yes

Opening Hours : 06.00 – 18.00

  1. Benteng Pendem Ambarawa

Tempat ini merupakan sebuah bangunan yang dikenal sebagai salah satu peninggalan Kolonial Belanda yang masih berdiri kokoh sampai dengan sekarang di Kota Semarang. Benteng Pendem Ambarawa ini dijadikan sebagai salah satu tempat wisata yang memiliki spot foto menarik dan unik.

Opening Hours : 24 Jam

Tiket Masuk : Gratis

Address : Lodoyong, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Meseum Rekor Indonesia (Meseum MURI)

Sedangkan meseum yang satu ini menampilkan berbagai jenis data serta dokumentasi prestasi anak bangsa yang sangat luar biasa serta mampu mencetak rekor di Indonesia sampai bahkan dunia. Saat berkunjung ke tempat ini anda bisa berkeliling menyaksikan bukti percetakan rekor di Negeri ini melalui foto maupun vidio.

Opening Hours : Sening – Jum’at, Pukul 09.00 – 15.00

Tiket Masuk : Gratis

Address : Jalan Perintis Kemerdekaan No. 275, Srondol Kulon, Banyumanis.

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Jembatan Biru Ambarawa

Jembatan ini cukup dikenal di Kota Semarang karena merupakan salah satu destinasi wisata terbaik untuk menikmati sejuknya alam pegunungan sembari memuaskan diri untuk berburu spot foto yang instagramable. Jembatan ini melintang diatas danau yang mana warna dari jembatan tersebut berwarna biru.

Opening Hours : 24 Jam

Tiket Masuk : Gratis

Bus Parking : No

Food Courts : No

Address : Jalan Lintas Tuntang, Ambarawa, Asinan, Bawen.

  1. Kebun Binatang Mangkang

Kebun binatang yang satu ini selalu menjadi tujuan wisata yang banyak di pilih oleh para wisatawan saat musim libur telah tiba. Disini terdapat 150 jenis hewan serta kurang lebih 40 spesies di kebun binatang ini. Selain bisa berinteraksi serta berfoto, pengujung juga bisa memanjakan anaknya dengan mengajak naik perahu atau kereta mini.

Opening Hours : 08.00 – 17.00

Tiket Masuk : Rp. 5.000 – Rp. 7.500 per orang

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Address : Jalan Walisongo KM 16, Semarang

  1. Meseum Mandala Bhakti

Berbeda dengan Meseum MURI, meseum ini menyajikan berragam benda-benda bersejarah yang berhubungan dengan riwayat perjalanan serta perjuangan Kodam Diponegoro Jawa Tengah. Meseum ini masih sangat kental dengan nuansanya serta arsitektur Eropa.

Tiket Masuk : Gratis

Opening Hours : 08.00 – 18.00

Address : Jalan Sugiyopranoto No. 2, Barusari, Semarang Selatan.

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Bukit Cita Ambarawa

Jika anda berkunjung ke tempat ini suasana romanti di tengah panorama alam yang sangat menakjubkan akan anda dapatkan. Objek wisata ini menjadikan keindahan Danau Rawa Pening dari area perbukitan yang dikelilingi oleh pohon pinus. Selain bisa menikmati keindahan alamnya, pengunjung juga bisa berkeliling menjelajahi danau terluas di Kota Semarang dengan menyewa motor boat.

Tiket Masuk : Rp. 6.000 – Rp. 7.500

Opening Hours : 08.00 – 17.00

Address : Kebondowo, Banyubiru

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

  1. Kampoeng Kopi Banaran

Tempat wisata yang satu ini merupakan salah satu objek wisata yang sangat cocok dikunjungi bersama dengan orang terdekat dan juga keluarga. Objek wisata ini mengusung konsep edu-tourism dengan memadukan antara fasilitas hiburan dengan perkebunan kopi. Selain bisa menikmati hal tersebut, para wisatawan juga menikmati aktivitas lainnya seperti mengendarai kendaraan ATV dan berkemah.

Opening Hours : 07.00 – 22.00

Tiket Masuk : Rp. 75.000 per orang

Address : Jalan Raya Semarang – Solo KM 35, Bawen, Kabupaten Semarang

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Itulah 55 tempat wisata seru disekitar Semarang yang tidak boleh dilewatkan. Selamat berlibur!

 

Info Lainnya:  Tempat Wisata Brebes Yang Paling Populer