Menengok Indahnya 11 Air Terjun Di Bandung Dengan Pemandangan Eksotis

Berlibur ke curug atau air terjun merupakan salah satu pilihan ketika Anda mulai bosan dengan rutinitas kota. Karna bagaimanapun juga, suasana di curug atau air terjun sendiri memiliki sensasi yang sangat berbeda, apalagi dengan udaranya yang masih sangat asri dan segar, pasti Anda akan betah berlama-lama di kawasan wisata ini.

Nah, kota Bandung sendiri memiliki kawasan wisata curug dengan jumlah yang cukup banyak, dimulai dari yang terkenal hingga yang masih jarang terjamah oleh orang-orang dan hanya ada beberapa orang saja yang mengenalnya. Berikut ini beberapa daftar air terjun di Bandung yang memiliki keindahan pemandangan yang sangat eksotis, yaitu sebagai berikut:

1. Curug Citambur

Curug Citambur, curug atau air terjun di Bandung yang satu ini memang belum dikenal oleh banyak orang, namun keindahannya mampu menyaingi curug Cimahi, Malela, dan curug-curug lainnya. Curug Citambur ini berlokasikan di perbatasan Ciwidey dan juga Kabupaten Cianjur. Dimana akses untuk menuju kawasan wisata ini masih terbilang sangat sulit.

2. Curug Malela

Curug Malela, mungkin sudah banyak orang yang mengenal nama curug yang satu ini. Bagaimana tidak, curug yang satu ini di sebut-sebut juga sebagai surganya Bandung yang tersembunyi. Sama halnya dengan Curug Citambur, akses untuk menuju Curug Malela juga masih sangat sulit, kita diharuskan untuk berjalan dulu sekitar beberaap kilo meter dengan trek yang cukup sulit. Curug ini berlokasikan di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.

3. Curug Dago

Curug Dago, memiliki nilai sejarah yang cukup kuat. Bahkan tidak jauh jaraknya dari air terjun, terdapat dua buah prasasti batu tulis yang mana keduanya merupakan peninggalan kerajaan jaman dulu di tahun 1818. Dan berdasarkan ahli sejarah, bahwa kedua prasasti tersebut merupakan peninggalan Raja Rama V yaitu Raja Chulalonkorn serta Raja Rama VII yang bernama Pradjathipok Pharaminthara yang memang mereka pernah berkunjung ke curug Dago ini.

4. Curug Sawer

Curug Sawer, berada di Desa Cililin, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Curug Sawer ini masih berada di bawah naongan pihak KPH Perhutani yang memiliki area yang cukup luas, yaitu sekitar 7 ha yang juga berada di atas ketinggian 1700mdpl. Curug Sawer ini memiliki curah hujan yang cukup besar, yaitu sekitar 4000mm/tahunnya.

5. Curug Panganten

Curug Panganten, berada di atas ketinggian 1050 mdpl serta memiliki ketinggian air terjun sekitar 50 meter. Berlokasikan di Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat.

6. Curug Siliwangi

Menurut sejarah yang beredar, Curug Siliwangi juga memiliki nilai sejarah yang cukup besar, yang mana masih berkaitan dengan kehidupan Prabu Siliwangi. Jika di ambil jalur dari Gunung Puntang, Curug yang satu ini hanya berjarak 3,5 KM dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Namun Anda jangan berharap akan menemukan jalur mulus seperti jalur tol, karna Anda akan menyusuri jalur setapak yang sangat terjal.

7. Curug Cimahi

Siapa yang tidak mengenal Curug yang stau ini, keindahan dan keromantisan Curug ini akan terlihat dan terasa sangat jelas ketika memasuki waktu sore menjelang malam hari. Dimana Anda akan melihat warna-warna air terjun yang sangatlah cantik nan eksotis. Curug atau Air Terjun Cimahi ini berlokasikan di Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia.

8. Curug Bugbrug

Curug Bugbrug, salah satu curug yang memiliki pemandangan eksotis yang masih belum di kenal oleh banyak orang. Berlokasikan di Desa Kertawangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Curug ini berada di antara Curug Tilu dna juga Curug Cimahi, namun Curug Bugbrug sendiri masih kalah pamor dengan kedua curug yang di sbeutkan tadi, hal ini di karenakan fasilitas yang tersedia di kawasan tersbeut belum berjalan secara maksimal.

9. Curug Lalay Bandung Barat

Curug Lalay ini berlokasikan di bagian Barat kota Bandung, dimana Curug atau air terjun ini memiliki ketinggian air terjun sekitar 30 m serta tersembunyi di antara lembahan. Dengan begitu, hanya sedikit orang yang mengenal tempat yang sangat indah ini. Kawasan wisata Curug Lalay ini berada di Desa Bonggol, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat.

10. Curug Cinulang

Curug Cinulang merupakan curug yang banyak di kenal parawisatawan, yang berlokasikan di perbatasan Kabupaten Bandung dan Sumedang. Curug ini memang indah, bahkan udaranya masih sangat asri, namun yang menjadi kendala di sana adalah, air terjunnya yang leih sering berwarna keruh kecoklatan di bandingkan bening bersih.

11. Curug Omas

Curug Omas, diambil dari bahasa Sunda yang memang memiliki arti banyak. Curug ini berada di kawasan wisata Taman Hutan Raya Ir. Djuanda, bukan hanya Curug Omas, namun di kawasan ini juga terdapat beberapa curug lainnya yang juga memiliki keindahan yang sangat luar biasa serta udara yang masih sangat segar.

Dan itu beberapa Curug atai Air Terjun di Bandung yang bisa Anda kunjungi dan nikmati sensasinya. Karena beberapa Curug di Bandung terdapat di tempat-tempat yang cukup jauh dari perkotaan, sehingga memiliki udara yang masih sangat asri dan juga segar.