Air Terjun Pinang Seribu

0
25

Pulau Kalimantan merupakan salah satu pulau di Indonesia yang cukup populer akan pesona alamnya. Tidaklah heran jika ada banyak objek wisata alam di pulau ini, salah satunya yaitu Air Terjun Pinang Seribu. Terlahir di negara yang kaya akan keindahan alamnya memang membanggakan, karena hal tersebut untuk apa jauh-jauh liburan ke luar negeri kalau destinasi di negara sendiri belum terjamah semuanya.

Daya Tarik Pesona Air Terjun Pinang Seribu

Air Terjun Pinang Seribu memiliki ketinggian sekitar 4-5 meter dengan tingkat kemiringan 45 derajat. Meskipun tidak begitu tinggi seperti waterfall yang ada di Pulau Jawa, keindahannya mampu bersaing dan tentunya tidak akan kalah.

Dengan keindahan “curug” (dibaca air terjun yang tidak terlalu tinggi dalam Bahasa Sunda) yang cukup mempesona, para pengunjung bisa mengabadikannya dalam suatu foto. Hal ini tentunya menjadi kabar baik untuk kamu yang menyukai seni fotografi. Di sekitar air terjun dibangun jembatan gantung yang biasa digunakan untuk menjalani kegiatan outbound.

Objek wisata air terjun ini memiliki sebuah tebing dengan celah di bagian tengah yang cukup besar kurang lebih berdiameter 2 meter. Spot ini sangat tepat untuk bermain air. Pemandangan alam di sekitarnya sangat indah, para wisatawan bisa berenang di kolam yang airnya begitu jernih dikelilingi berbagai pohon yang rindang untuk melindungi kawasan wisata.

Fasilitas Wisata Air Terjun Pinang Seribu

Selama bermain air dan menikmati keindangan alam disini, tersedia beberapa fasilitas penunjang wisata diantaranya:

  • Pendopo untuk bersantai
  • Penginapan seperti villa atau gazebo
  • Tempat makan
  • Pemandian umum
  • Mushola
  • Wahan permainan seperti flying fox dan sepeda air
  • Spot outbound
  • Tempat parkir

Lokasi Air Terjun Pinang Seribu

Air Terjun Pinang Seribu terletak di daerah Bengkuring, Kelurahan Sempaja Utara, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Lokasinya tidak jauh dari Kampus B, SMAN 10 Samarinda.

Rute Perjalanan Menuju Air Terjun Pinang Seribu

Dari pusat Kota Samarinda, untuk bisa sampai ke lokasi Air Terjun Pinang Sribu jaraknya tidak terlalu jauh. Hanya saja akses jalan menuju lokasi ini kurang baik dan masih dalam tahap perbaikan dari pihak pemerintah Kalimantan Timur. Jika diakses dari wilayah Sempaja, jarak untuk sampai ke air terjun ini hanya membutuhkan waktu 10-15 menit di perjalanan.

Selama di perjalanan untuk sampai ke lokasi, kamu akan melewati perkampungan penduduk yang masih asri. Jalannya cukup tajam untuk dilewati namun di sekitarnya pengunjung bisa menikmati pesawahan dengan pemandangan yang indah dan tebing-tebing tinggi.

HTM : Rp.5.000/orang (belum termasuk untuk biaya wahana permainan)

Jam Buka-Tutup : Pukul 10.00-17.00 WITA

Biaya parkir kendaraan :

  • Roda dua Rp.1.000
  • Roda empat Rp.4.000
Info Lainnya:  Keindahan Desa Wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang