Air Terjun Tanah Merah

0
21

Wilayah negara Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa untuk dinikmati wisawatan. Hal yang sama juga berlaku di Samarinda yang tidak kehilangan panorama alam miliknya. Meskipun termasuk salah satu ibukota provinsi, Samarinda masih memiliki lokasi alami yang cocok untuk dijadikan destinasi wisata seperti Air Terjun Tanah Merah.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Tanah Merah

Air Terjun Tanah Merah memiliki pesona yang membuatnya berbeda dari air terjun lain. Memiliki ketinggian sekitar 15 meter dari titik permukaan bawah, waterfall ini menyuguhkan keindahan alam yang begitu mempesona. Dengan semua keindahan alam tersebut, kamu bisa mengabadikan momen liburan disana dengan berfoto di spot-spot yang bagus.

Para pengunjung yang liburan ke objek wisata ini sepertinya akan betah dan nyaman. Apalagi disana sudah tersedia tempat beristirahat seperti pendopo dan tempat-tempat teduh lainnya yang dikeliling pepohonan rimbun.

Selain itu, wisatawan bisa menemukan beberapa mata air yang tertutup akar pohon sampai kolam air yang masih segar seluas 500 meter. Meskipun tidak bisa digunakan untuk berenang, pengunjung masih bisa menikmati keindahan kolam tersebut dari luar pagar yang mengelilingi.

Fasilitas Wisata Air Terjun Tanah Merah

Di sekitar lokasi wisata air terjun, terdapat beberapa fasilitas yang bisa digunakan para pengunjung diantaranya :

  • Warung atau rumah makan.
  • Area parkir yang cukup luas.
  • Tempat pemandian.
  • Lokasi untuk melakukan pentas terbuka.

Bagi pengunjung yang ingin melepas penat, lapar, dan dahaga bisa memanfaatkan warung-warung kecil dan rumah makan yang ada di lokasi wisata. Untuk harga makanan dan minuman yang ditawarkan pun tidak terlalu mahal, pasalnya kamu bisa mengenyangkan perut dengan harga yang sangat terjangkau.

Info Lainnya:  Penangkaran Buaya Samarinda

Rute Akses Menuju Air Terjun Tanah Merah

Bagi wisatawan yang ingin mencapai objek wisata ini, harus menempuh perjalanan dengan berbagai transportasi baik kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Rute perjalanan yang bisa digunakan yaitu :

  • Melewati Pasar Segiri – Sungai Siring, sampai di simpang tiga
  • Melalui Gapura di pusat kota Samarinda
  • Berkendara dari Bontang

Selama di perjalanan dengan jarak 1 km, pengunjung sudah bisa merasakan akses jalan yang di cor betong. Sementara itu di sekitar jalan terdapat perkampungan penduduk dan tempat pemancingan.

Lokasi Wisata Air Terjun Tanah Merah

Air Terjun Tanah Merah merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Dusun Purwosari, Kelurahan Tanah Merah, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Letaknya tepat berada di wilayah ibukota, namun pemandangannya masih alami dan mampu bersaing dengan objek wisata lain di Indonesia. Dari pusat kota, jaraknya kurang lebih 14 kilometer.

Harga Tiket Masuk (HTM) : Rp.10.000/orang

Jam Buka-Tutup : 24 jam nonstop

Biaya parkir :

  • Motor Rp.2.000
  • Mobil Rp.5.000