Babakan Siliwangi Bandung: Menikmati Segarnya Udara Hutan Di Tengah Kota

0
31

Babakan Siliwangi atau yang sekarang lebih di kenal sebagia BAKSIL yaitu salah satu kawasan hutan yang berada di kota Parahiangan Bandung, tepatnya berlokasikan di Babakan Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Dikarenakan kawasan ini berlokasikan tidak jauh dari pusat kota, maka menjadikan tempat ini sebagai Ruang Terbuka Hijau atau RTH yang memang lokasinya paling terjangkau oleh masyarakat Bandung.

Dan nyatanya kawasan Baksil ini sudah menjadi bagian paru-parunya dari kota Bandung, yang memang kerap kali di jadikan sebagai tempat berwisata oleh warga Bandung. Bagaimana tidak, bukan hanya memiliki udara yang masih segar, kawasan ini juga merupakan kawasan wisata yang tidak harus mengeluarkan budget besar agar bisa memasuki kawasannya.

SEJARAH BABAKAN SILIWANGI

Penting untuk di ketahui, bahwa nyatanya kawasan Babakan Siliwangi ini merupakan salah satu kawasan lembah yang memang di bentuk sebagai Sungai Cikapundung sejak ribuan tahun yang lalu, dengan begitu kawasan ini di anggap oleh masyarakat Bandung sebagai kawasan yang di wariskan oleh alam untuk warga Bandung dan harus di rawat dengan sebaik mungkin.

Kawasan ini memang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, bahkan sudah di kenal sebagai kawasan sabuk hijau kota Bandung yang mana memiliki nama Lebak Gede. Maka dari itu, sejak tahun 1920, para arsitek dunia yang memang merancang kota Bandung merencanakan untuk membuat satu kawasan yang berfungsi sebagai hutan kota sekaligus sebuah perkebunan yang terbuka bagi masyarakat Bandung, dan akhirnya di tetapkanlah kawasan Babakan Siliwangi ini.

Bukan hanya itu, bahkan sejak penjajahan Jepang, ada sebuah rencana yang di sepakati oleh beberapa pihak, kalau di kawasan ini akan di dirikan sebuah museum, akan tetapi rencana tersebut tidak terlaksana, hingga akhirnya Jepang mengakhiri kependudukannya di Negara Indonesia ini.

Info Lainnya:  Menikmati Romantisnya Alam Di Taman Love Soreang

ALAMAT BABAKAN SILIWANGI

Nah, bagi sahabat traveler’s yang penasaran untuk menikmati hutan di tengah kota Bandung ini, maka kalian bisa langsung datang saja ke alamat Jl. Taman Sari No.73, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132. Bukan hanya udaranya yang cukup menyegarkan, namun di kawasan ini ada beberapa spot poto yang bisa Anda ambil untuk membuat instagram Anda memiliki tampilan yang berbeda.

JAM BUKA BABAKAN SILIWANGI

Babakan Siliwangi atau lebih di kenal dengan BAKSIL ini tidak memiliki jam buka atau bahkan jam tutup, mengapa demikian? Karena di kawasan wisata ini buka 24 jam, itu artinya kalian bisa berkunjung kapan saja kalian mau.

TIKET MASUK BABAKAN SILIWANGI

Untuk masuk ke kawasan ini sebenarnya Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk tiket masuknya, namun Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk biaya parkir saja, dan itu dulu. Tidak tahu jika sekarang, karena tempat ini sudah tersohor, mungkin saja sudah ada tiket masuk untuk memasuki kawasan ini.

Nah, itu dia sedikit informasi mengenai Babakan Siliwangi atau yang leih di kenal sebagai BAKSIL. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi bagi Anda ketika hendak berlibur.