Bukit Tunggul: Mengintip Indahnya Wisata Alam yang Mirip Dunia Alice In Wonderland

0
36

Untuk saat ini, sudah banyak tempat wisata alam unik yang ada di kota Bandung yang memang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Dan biasanya, para wisatawan akan mengunjungi kawasan wisata yang memiliki pemandangan indah serta unik, diantaranya seperti Kawah Putih, Situ Patenggang dan masih banyak lagi tempat unik lainnya yang ada di kota Bandung.

 

Nah, ngomong-ngomong masalah tempat wisata unik, di bagian Timur kota Bandung juga terdapat tempat wisata alam unik yang memang memiliki pemandangan sangat luar biasa. Bahkan tempat tersebut kerap kali di sebut sebagai bukit yang mirip dengan dunia imajinasi yang ada di dalam film Alice in Wonderland, bukit ini memiliki nama Bukit Tunggul.

Sepintas tentang Bukit Tunggul

Nama dari tempat ini sebenarnya adalah Wisata Kebun Kina Bukit Tunggul, namun banyak orang yang mengenal tempat ini sebagai Bukit Tunggul. Sesuai dengan namanya, di kawasan ini memang banyak terdapat pohon Kina, bahkan tidak jauh dari kawasan ini juga terdapat pabrik yang mengolah jenis pohon tersebut.

Bukit Tunggul sendiri di kelola oleh PT. Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII), dan kerap kali di jadikan sebagai tempat berkemah bagi mereka para pencinta alam. Namun bukan hanya itu, di kawasan ini juga terdapat beberapa fasilitas yang di sediakan oleh tim pengelola, seperti wisata kebun kina, wisata outbound & camping ground, flying fox, Situ Sangkuriang, Curug Batu Sangkar, masjid, warung, toilet dan beberapa fasilitas umum lainnya yang memang bisa Anda manfaatkan ketika Anda berkunjung ke kawasan ini.

Legenda Bukit Tunggul

Setiap kawasan pasti memiliki legenda atau sejarah yang bersangkutan dengannya, dan Bukit Tunggul ini juga memiliki legenda yang mana legenda itu sudah banyak di kenal orang. Apakah Anda tahu cerita rakyat Sangkuriang dan juga legenda Tangkuban Perahu? Nah, kabarnya Bukit Tunggul ini juga masih memiliki kaitannya dengan kedua cerita tersebut.

Info Lainnya:  Curug Bangku Pangalengan: Curug Tersembunyi Di Ujung Kota Bandung

Jika cerita rakyat Sangkuriang dan Legenda Tangkuban Perahu memiliki kaitan dengan Bukit Tunggul, lantas hal apa yang mengaitkan kawasan ini dengan kedua cerita tersebut? Konon katanya, perahu yang di buat oleh Sangkuriang ini pohonnya d ambil tepat dari kawasan Bukit Tunggul. Bahkan di kawasan ini juga terdapat situ atau danau dengan ukuran kecil yang mana saat ini di jadikan sebagai DAM.

Nah, danau inilah yang dulunya di jadikan sebagai tempat untuk mencuci tangan dan juga mencuci kayu yang akan di jadikannya perahu oleh Sangkuriang. Karena adanya legenda tersebut, maka situ atau danau ini di namai dengan Situ Sangkuriang.

Bagaimana dengan kabar taman alam yang mirip dengan dunia Alice In Wonderland?

Hal itu mungkin benar, karena di kawasan Bukit Tunggul ini terdapat satu tempat yang sangat indah yang mana jika kita perhatikan secara seksama tempat tersebut sangat mirip dengan dunia ajaib yang ada di dalam film Alice In Wonderland. Jika Anda penasaran, Anda bisa langsung melihat sendiri ke kawasan Bukit Tunggul. Dan sebagai gambaran, kurang lebih seperti gambar di bawah ini.

Harga tiket masuk Bukit Tunggul

Bagi Anda yang ingin memasuki kawasan Bukit Tunggul yang di kelola oleh PTPN VIII ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 5.000 saja /orang, harga yang cukup terjangkau, bukan? Dengan uang tersebut, Anda bisa menikmati dunia Alice In Wonderland versi Bukit Tinggi.

Nah, itu dia sedikit informasi mengenai Bukit tunggul yang memang di kabarkan mirip dengan dunia imajinasi Alice In Wonderland. Anda penasaran dengan dunia imajinasi itu? Yuk, ajak kerabat, teman atau saudara Anda untuk melihat keindahan Bukit Tunggul.

Info Lainnya:  Taman Buru Masigit Kareumbi: Indahnya Wisata Hutan Di Batas Timur Kota Bandung