Curug Cilengkrang: Menengok Keindahan Yang Terpencil Di Kaki Gunung Manglayang

0
34

Curug cilengkrang merupakan salah satu objek wisata yang berada di bagian timur kota Bandung. Mengapa dinamai Curug Cilengkrnag? Hal ini di karenakan nama Cilengkrang di ambil dari salah satu bentuk batu yang berada di wilayah hulu air atau dimana air yang terjun itu berasal. Nah jika Anda ingin merasakan suasana sejuk dengan udara yang masih sangat asri, maka Anda bisa berkunjung ke kawasan wisata ini.

Penting untuk Anda ketahui, ketika Anda berkunjung ke kawasan ini, maka bukan hanya Curug Cilengkrang yang akan Anda temui, melainkan ada beberapa curug lain yang bisa di kunjungi yang mana lokasinya berdekatan dengan Curug Cilengkrang. Dan pastinya, Anda akan merasa puas dengan suguhan alam yang sangat menakjubkan ini.

Lokasi Curug Cilengkrang

Curug Cilengkrang merupakan salah stau objek wisata yang saat ini maish di kelola oleh Perum Perhutani yang terletak percis di kaki gunung Manglayang, tepatnya di Desa Cilengkrang Kabupaten Bandung Timur, yang memang masih masuk kedalam wilayah Provinsi Jawa Barat. Bagi Anda yang hendak bermain ke wilayah ini, maka Anda bisa masuk melalui jalan yang berdekatan dengan alun-alun Ujungberung. Jika sudah di sana, Anda bisa langsung bertanya kepada warga sekitar agar Anda tidak salah mengambil jalan.

Cara Menuju Curug Cilengkrang

Untuk menuju kawasan wisata ini sebenarnya tidaklah begitu sulit, bahkan jarak tempuh dari kota Bandung ke lokais juga hanya sekitar 10Km. Jika Anda berasal dari arah Jln. A.h Nasution, maka Anda bisa mengambil arah ke Alun-alun Ujungberung, dan setelah itu Anda bisa masuk ke Jln. Cilengkrang. Jika sudah berada di jalan tersebut, Anda cukup mengikuti jalanan itu hingga Anda menemukan ujungnya.

Info Lainnya:  Puncak Eurad Lembang: Sisi Romantis Kota Bandung Yang Masih Tersembunyi

Nah setelah berada di ujung jalan, Anda bisa melanjutkan perjalanan untuk mencari Kantor Desa Cilengkrang, dan jika sudah berada di Kantor Desa tersebut, maka itu artinya perjalanan Anda tinggal sedikit lagi menuju Curug Cilengkrang. Perjalanan Anda belum selesai, karena untuk mencapai pintu masuk atau gerbang curug, Anda harus berjalan dulu sekitar 3 km.

Keindahan Curug Cilengkrang

Bukan hanya pemandangan air terjun yang eksotis, di kawasan ini Anda juga bisa menikmati beberap aekosistem alam yang pastinya bisa membuat Anda terpukau. Rindangnya pepohonan, udara yang sangat sejuk, suara binatang dan burung yang merdu, pastinya bisa membuat Anda merasa sangat nyaman dan betah untuk berlama-lama di lokasi ini.

Nah, penting juga untuk Anda ketahui, bahwa di kawasan ini bukan hanya ada Curug Cilengkrang, melainkan ada curug lainnya yang lokasinya masih berdekatan dengan Curug Cilengkrang ini, diantaranya adalah:

  • Curug Batu Peti
  • Curug Papak
  • Curug Batu Panganten
  • Curug Kacapi

Tiket Masuk Curug Cilengkrang

Untuk menikmati keindahan tempat wisata ini Anda tidak harus mengeluarkan kocek yang terlalu besar, karena Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000/orang dan Rp. 5. 000 untuk parkir kendaraan roda dua.

Nah itu dia bahasan mengenai Curug Cilengkrang, semoga informasi yang kami sampaikan pada kesempatan ini bermanfaat bagi Anda semua yang membaca, terima kasih!