Curug Dago, Eksotisme Air Terjun di Bandung Utara

0
22

Bagi yang akan liburan ke bandung, ada lokasi wisata yang sangat eksotis dan wajib untuk anda kunjungi. Apa lokasi wisata tersebut? Ya, lokasi itu adalah ‘Curug Dago’ atau dalam Bahasa inggris lebih keren disebut dengan ‘Dago Waterfall’. Disana anda bisa menikmati keindahan jatuhan air dari ketinggian 12 meter atau sekitar 800 meter diatas permukaan laut. Tak hanya itu, di sepanjang perjalanan serta di sekitar curug, sensasinya masih alami dan tentu bisa menghilangkan kepenatan dari aktivitas flat anda sehari-hari.

Lokasi Curug Dago

Curug dago terletak di bukit dago atau Dago Hill. Wilayah tersebut masih termasuk dalam territorial Taman Hutan Raya Ir H Djuanda Bandung. Adapun lokasi tepatnya ada di Jl. Dago Pojok, Dago, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135, Indonesia. Lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota bandung yakni hanya sekitar 8 km saja.

Punya Nilai Sejarah

Lokasi wisata tersebut dianggap sebagai salah satu lokasi yang memiliki nilai sejarah. Tidak jauh dari lokasi curug, ada prasasti batu tulis yang konon merupakan bekas peninggalan sejarah pada tahun 1818 M lalu. Berdasarkan cerita tokoh masyarakat sekitar, prasasti tersebut merupakan peninggal dari raja yang berasal dari dinasti Chakri. Raja yang dimaksud adalah Raja Rama VII atau Pradjathipok Pharaminthara dan Raja Rama V  atau Raja Chulalonkorn yang dulu pernah berkunjung ke Dago.

Nilai Eksotisme Curug Dago

Nilai eksotisme curug dago bisa terlihat dari beberapa sudut pandang. Diantaranya dikarenakan lokasi wisata ini masih menyatu dengan taman hutan yang masih terjaga. Suasana hutan yang sejuk dibarengi deburan curahan air terjun mampu memberikan sensasi tersendiri kepada para wisatawan yang datang kesana. Selain itu, ada juga bangunan-bangunan kecil yang terbuat dari kayu, atau dalam Bahasa sunda sering disebut dengan ‘saung’, ikut memberikan sensasi wisata yang eksotis. Di sepanjang jalan menuju lokasi curug, anda juga bisa menikmati keindahan hutan yang masih segar dan alami itu.

Info Lainnya:  Menikmati Romantisnya Alam Di Taman Love Soreang

Nilai Alami-nya Semakin Pudar

Sebelum lokasi wisata curug dago tersebut terkenal, kondisi air dan lingkungan sekitarnya memang masih jernih dan bersih. Akan tetapi kini, lokasi tersebut sudah mengalami perubahan dimana nilai alaminya sudah mulai memudar. Air yang dulunya jernih, kini berubah menjadi coklat kebiruan. Mungkin karena di sekitar alirang sungai sudah ada pemukiman penduduk. Tidak hanya itu, berdirinya pabrik di sekitar lokasi ikut serta mempengaruhi kejernihan air di lokasi tersebut. Tidak hanya itu, kebersihan di lokasi wisata juga sedikit tidak mengenakan. Ada banyak sampah yang terdapat di sekitar lokasi. Mungkin juga disebabkan oleh perilaku wisatawan yang kurang beradab dan tidak memperhatikan kebersihan sekitar.

Akomodasi ke Lokasi

Karena lokasinya tidak jauh dari pusat kota bandung, maka untuk sampai kesana tidaklah terlalu sulit. Anda bisa menjangkaunya dengan menggunakan kendaraan umum seperti angkot ataupun sepeda motor. Jika ingin berkunjung kesana berkelompok, anda bisa sewa mobil atau charter angkot. Namun untuk sampai ke lokasi, anda tidak bisa menggunakan kendaraan roda 4. Solusinya anda bisa sewa motor, naik ojek atau bahkan bisa juga jalan kaki.

Rute yang harus anda lewati: Pusat kota – (Terminal dago – Taman Budaya Ganesha Dago – Dago Tea House) Tiga lokasi itu bisa jadi jalan alternative untuk anda yang mau berkunjung ke curug dago namun hanya bisa dijangkau jalan kaki atau naik sepeda motor.

Jam Buka Biaya Masuk (Tiket):

Bagi anda yang mau berkunjung kesana, sebaiknya tahu jam berapa lokasi tersebut buka dan jam berapa juga tutup. Nah, berdasarkan informasi dari pengelola lokasi wisata tersebut, aktivitas wisata dibuka sejak jam 08.00 wib sampai dengan jam 05:00 sore.

Info Lainnya:  Mengenal Jenis Bunga Anggrek dan Kaktus Di Rumah Bunga Rizal Lembang Bandung

Sementara itu mengenai biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati keindahan disana adalah sekitar 5Ribu rupiah untuk satu orang. Sedangkan bagi yang mau membawa kendaran ke lokasi, anda harus membayar sekitar 2Ribu saja.

Nah, bagaimana? Apakah anda tertarik untuk berkunjung kesana. Jika anda memang tertarik, segera siapkan dari sekarang. Semoga informasi diatas bisa membantu anda yang akan berkunjung dan menikmati eksotisme alam curug dago tersebut.