Curug Malela: Ini Dia Niagara Mini yang Dimiliki Kota Bandung

0
14

Bandung memang memiliki tempat wisata dengan jumlah yang sulit untuk di hitung, bahkan Bandung sendiri memiliki wisata alam dengan pemandangan-pemandangan yang sangat luar biasa, diantaranya adalah Curug. Dan Curug atau Air Terjun yang tengah menjadi sorotan para travelers adalah Curug Malela.

CURUG MALELA

Curug Malela merupakan salah satu air terjun yang dimiliki kota Bandung dengan keindahannya yang sangat luar biasa. Curug ini berasal dari hulu sungai bagian utara Gunung Kendang, yakni sebuah gunung berapi yang mana lokasinya berada di sebelah barat kota Ciwidey.

Curug Malela ini memiliki lokasi yang sangat tersembunyi, bahkan banyak orang yang mengatakan kalau curug ini merupakan surge alam yang tersembunyi. Curug Malela sendiri memiliki ketinggian sekitar 60 meter dengan lebar curug sekitar 70 meter, uniknya lagi curug ini memiliki 5 jalur air terjun yang jika di lihat keindahannya akan terpampang dengan sangat nyata.

 

MISTERI CURUG MALELA

Curug Malela memang memiliki pesona alam yang sangat luar biasa, bahkan pemandangan, dinginnya air, dan juga udara di kawasan ini masih sangat asri jauh dari kata polusi. Akan tetapi di balik itu semua, ada beberapa cerita ganjal yang menyertai kawasan wisata ini. Salah satunya adalah lokasi yang sangat sulit untuk di temukan, terutama bagi Anda yang baru pertama kali berkunjung ke kawasan ini. Maka dari itu, ketika Anda ingin mengunjungi surge kecil tersembunyi ini, Anda harus dibarengi oleh orang atau bahkan warga yang sudah mengenal seluk beluk lokasi wisata Curug Malela.

Sampai saat ini misteri di kawasan Curug Malela ini belum terkuak dengan nyata, karena ketika berkunjung warga sekitar hanya akan mengatakan satu kata, yaitu “Hati-hati di bawah,” tanpa adanya penjelasan lebih lanjut. Karna memang warga sekitar yang mengetahui mitos mengenai curug ini pun enggan untuk mengekspos cerita yang berkaitan dengan Curug Malela.

Info Lainnya:  Wisata Gunung Tangkuban Perahu Yang Melegenda

Mau seperti apapun cerita mistis di kawasan ini, sebaiknya kita berhati-hati saja dan berprilaku sewajarnya, apalagi kita tengah mengunjungi kawasan orang lain yang nyatanya kita hanya berperan sebagai tamu.

ALAMAT CURUG MALELA

Curug Malela ini berlokasikan di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga- Gununghalu Kabupaten Bandung Barat. Jika dari arah kota Bandung, maka kita hanya membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam. Namun setelah sampai, kita juga diharuskan untuk berjalan kaki kembali menyusuri jalanan setapak untuk menuju lokasi yang indah nan cantik tersebut, kira-kira kita akan berjalan kaki sekitar 10 km dengan menyusuri perbukitan.

Namun Anda tidak perlu khawatir, ketika Anda berjalan kaki untuk menuju Curug Malela, Anda akan di suguhkan oleh pemandangan yang sangat indah serta udara yang tidak kalah segarnya. Anda juga akan merasakan sensasi yang berbeda ketika mulai mendekati lokasi Curug Malela.

TIKET MASUK CURUG MALELA

Nah, bagi Anda yang ingn masuk ke kawasan wisata tersebut, maka Anda akan di kenakan biaya sebesar Rp. 10.000/orang. Harga tiket tersebut belum termasuk dengan biaya parkir, karena untuk parkir sendiri Anda akan di kenakan biaya sebesar Rp. 5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 10.000 untuk kendaraan roda empat.

FASILITAS CURUG MALELA

Di kawasan curug sendiri Anda tidak akan menemukan fasilitas yang bisa Anda manfaatkan seperti mushola, WC atau bahkan warung. Namun fasilitas tersebut hanya akan Anda temukan di basecame atau pintu masuk. Maka dari itu, ketika berkunjung ke kawasan tersebut Anda dianjurkan untuk memenuhi perbekalan Anda, terutama air minum.

Dan itu dia ulasan mengenai Curug Malela, semoga informasi yang kami sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat bagi Anda semua. Selamat berlibur!

Info Lainnya:  Sanghyang Heuleut: Danau Berwarna Indah yang Terletak Diantara Bebatuan Purba