Curug Panganten Cisarua: Ini Dia Air Terjun yang Penuh Dengan Mitos

0
28

Sebuah tempat wisata banyak di kunjungi oleh para wisatawan bisa di sebabkan oleh beberapa faktor, entah karena tempatnya yang unik, pemandangannya yang sangat indah, udaranya yang masih sangat asri dan segar, penuh akan cerita bersejarah, dan masih banyak lagi faktor lainnya.

Dan salah satu tempat wisata yang sering di kunjungi oleh banyak parawisata adalah curug atau air terjun. Mengapa demikian? Bukan hanya pemandangannya yang menawan, curug juga pastinya memiliki udara yang segar dan juga asri. Bukan hanya itu, pemandangan ketika air terjatuh dari atas tebing pastinya bisa membuat sensasi yang berbeda. Dan salah satu Curug yang memiliki jatuhan air tertinggi adalah Curug Panganten.

CURUG PANGANTEN

Curug Panganten merupakan salah satu air terjun yang ada di kota Bandung bagian Barat. Curug ini sendiri berada di atas ketinggian 1050 mdpl dengan ketinggian curug sekitar 50m, cukup tinggi bukan? Sama seperti tempat wisata lainnya yang memang memiliki keunikan tersendiri, dan Curug ini juga memiliki keunikan yaitu pemandangan alamnya yang sangat luar biasa. Mengapa demikian? Hal ini di karenakan lokasi Curug Panganten yang berada di antara lembahan hijau yang menyejukkan.

Curug ini memiliki dua aliran air terjun yang memang posisinya saling berdampingan, mungkin saja di sebut Panganten karena kondisi air tersejun tersebut. Air terjun atau curug utama memiliki ukuran yang cukup besar, namun curug yang berada di sebelah curug utama memiliki ukuran yang cukup kecil jika di bandingkan dengan curug utama.

MITOS CURUG PANGANTEN

Curug panganten sendiri memiliki cerita mitos yang banyak berkembang di masyarakat, dimana mitos ini berhubungan erat dengan sepasang kekasih yang baru saja menjadi pengantin. Konon katanya, dulu ada sepasang pengantin baru yang mengunjungi kawasan wisata ini, akan tetapi karna adanya suatu kejadian, sepasang pengantin ini terjatuh dan akhirnya hanyut terbawa arus air terjun tersebut. Namun ada kisah lainnya, yaitu menyebutkan bahwa pasangan pengantin tersebut tidaklah terjatuh dan hanyat, melainkan mereka berdua mati karena bunuh diri.

Info Lainnya:  Berlibur Unik Ke Stone Garden Citatah Padalarang

FASILITAS CURUG PANGANTEN

Beda halnya dengan Curug Cimahi atau sejumlah curug lainnya yang sudah tersohor, karena jelas di curug ini fasilitas yang bisa di manfaatkan masih sangat terbatas. Mengapa demikian? Karena memang Curug Panganten ini belum di kelola dengan baik oleh pemerintah atau bahkan oleh warga sekitar, sehingga fasilitas yang ada di kawasan tersebut masih belum bisa tersedia dengan baik bahkan jikapun ada fasilitas tersebut terkesan sudah rusak karena tidak terawatt dengan baik.

Bagaimana jika pengunjung ingin pergi ke toilet, jika para pengunjung ingin pergi ke wc atau toilet, maka mereka bisa memakain fasilitas yang ada di kawasan wisata Alam Katumiri, yang memang lokasinya cukup jauh dengan kawasan wisata alam Curug Panganten. Untuk makanan dan juga iar, sebaiknya Anda menyiapkan perbekalan yang memadai.

ALAMAT CURUG PANGANTEN

Nah, bagi Anda yang ingin merasakan sensasi di Curug Panganten ini, maka Anda bisa langsung datang ke alamat Jalan Raya Cihanjuang Km 5,6. Dan secara administratif berada di Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

TIKET MASUK CURUG PANGANTEN

Agar Anda bisa menikmati keindahan alam di kawasan curug ini dan merasakan sensasi yang berbeda dengan tempat wisata lain, maka Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 8.000/orang, namun biaya tersebut belum termasuk harga biaya parkir. Untuk biaya parkir sendiri Anda harus kembali membayar sebesar Rp. 3.000 untuk kendaraan roda dua dan juga Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Nah, jika Anda ingin masuk ke kawasan wisata Alam Katumiri, maka Anda juga harus kembali mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000/orang jika Anda penasaran dengan kawasan wisata tersebut.
Dan itu sedikit ulasan mengenai Curug Panganten yang kabar katanya terdapat mitos-mitos yang bisa membuat bulu kunduk berdiri.

Info Lainnya:  Sanghyang Heuleut: Danau Berwarna Indah yang Terletak Diantara Bebatuan Purba