Destinasi Wisata Kuliner Solo Yang Wajib Anda Coba Ketika Sedang Liburan Di Solo

0
34

Surakarta atau Kota Solo merupakan salah satu kota favorit tujuan wisatawan. Kota Solo bukan hanya memiliki wisata budaya dan sejarah, melainkan terdapat tempat hiburan modern yang dapat anda kunjungi. Tetapi, ada yang menarik dari kota ini yaitu aneka kulinernya yang cukup unik dan menarik, begitupun dengan rasanya yang bisa memanjakan lidah anda. Aneka ragam makanan khas solo yang begitu banyak. Nah, buat kalian yang kebingungan mencari wisata kuliner solo, disini akan mengulas seputar tentang wisata kuliner solo lho! Berikut apa saja sih kuliner yang ada di Kota Solo, diantaranya:

  • Cabuk Rambak

Disajikan dengan menggunakan daun pisang, yang terdiri dari kupat yang dipotong tipis, karak dan sambal wijen. Terletak di kawasan Stadion Manahan Solo. Cambuk Rambak ini makanan yang cukup populer di masyarakat solo sebagai menu sarapan pagi. Tetapi makanan ini bisa disantap saat siang hari maupun malam hari.

  • Es Dawet Telasih Bu Dermi

Ketika seharian lelah mengelilingi kota solo, alangkah baiknya mampir ke Pasar Gede, disana akan menemukan penjual es dawet telasih bu dermi, kios ini setiap harinya selalu ramai oleh pembeli. Terdiri dari biji selasih, cendol, bubur ketan hitam dan bubur sumsum. Dijamin perut kalian kenyang dan terasa segar.

  • Soto Gading

Soto ayam merupakan menu andalan untuk sarapan pagi saat berada di kota solo. Dari beberapa warung soto yang terkenal, soto yang terletak di Jalan Jenderal Sudiarto No.75, Pasar Kliwon sekitar alun – alun Selatan Keraton Solo salah satu pilihan tepat bagi anda. Nasi putih dengan mie soon lau diberi suwiran daging ayam kemudian disiram kuah bening yang aroma bumbu rempah – rempahnya dijamin ketagihan. Selain itu, menyajikan menu pilihan lainnya diantaranya jeroan sapi, sosis, tempe, dan berbagai macam jenis lauk – pauk di warung makan ini.

  • Warung Ndeso Yang Menyajikan Pecel Ndeso
Info Lainnya:  Wisata Kuliner Cirebon Yang Paling Populer Di Tahun 2019

Berikut wisata kuliner solo lainnya yaitu Warung Ndeso, tidak hanya menghidangkan kuliner tradisional khas solo saja, namun pengunjung dapat menikamati suasana ethic khas solo. Lokasinya terletak di Jalan Dr.Soepomo No.55, Mangkubumen, Solo. Menu favorit di Rumah Makan ini yaitu pecel ndeso. Selain itu, menyajikan minuman tradisional diantaranya beras kencur, temulawak, dan lain – lain.

  • Srabi Notosuman

Makanan ini cukup populer sejak tahun 1923, srabi notosuman merupakan salah satu kuliner di solo yang menjadi sasaran para pelancong. Terbuat dari campuran tepung beras, santan lalu dicetak kedalam cetakan kemudian dimasak di atas tungku kecil. Lokasinya terletak di Jalan Mohammad Yamin No.28.

  • Sambal Tumpang Ibu Kis

Sepintas  warung pecel bu kis ini mirip dengan warung pecel lainnya, tetapi warung bu kis ini terdapat menu special yaitu sambel tumpeng. Rasanya yang gurih, manis, pedas cocok di santap dengan nasi putih hangat. Lokasinya terletak di belakang Pengadilan Negeri Solo atau berdekatan dengan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah.

  • Es Gempol Pleret Bapak Suhar

Gempol terbuat dari tepung beras yang dibentuk bulat pipih, sedangkan untuk pleretnya dibuat drai bahan tepung beras dan gula jawa. Kemudian keduanya dicampur lalu disiram santan cair dan es batu. Lokasinya terletak di Pinggir Masjid Tegalsari, Solo.

  • Tahok Pak Citro Pasar Gede

Kuliner ini sebenarnya berasal dari china, tahok ini tidak beda jauh dengan tahu yang berwarna putih dan bertekstur putih. Tahok dihidangkan dengan menggunakan siraman kuah yang terbuat dari rempah – rempah dan gula jawa.