Gedung Merdeka: Wisata Sejarah Bandung yang Wajib Anda Ketahui

0
16

Hallo sahabat Traveler’s, kali ini kami masih akan membahas tentang tempat wisata bersejarah yang ada di kota Bandung, karna memang nyatanya Bandung sendiri memiliki beberapa tempat wisata budaya dan sejarah yang bisa membuat siapa saja menjadi sangat penasaran.

Dan pada kesempatan ini, kami akan mengeksplor tempat wisata bersejarah Gedung Merdeka yang mana lokasinya berada di pusat kota dan sangat berdekatan dengan Alun-alun Bandung. Lokasi ini bukan hanya memiliki nilai sejarah yang kuat, namun nyatanya bangunan Gedung Merdeka ini juga memiliki arsitektur yang unik, sehingga tidak jarang banyak orang yang berkunjung hanya untuk berfoto.

Tidak sampai di sana, di sekitaran tempat tersebut juga banyak karakter-karakter atau tokoh-tokoh di mulai dari yang lucu, keren hingga seram bisa Anda ajak berfoto ria untuk menambah koleksi photo Anda.

Sejarah Singkat Gedung Merdeka

Gedung Merdeka yang berlokasikan di Jln Asia – Afrika ini merupakan salah satu gedung bersejarah di kota Bandung yang mana pernah di gunakan sebagai tempat Konferensi Tingkat Tinggi Asia- Afrika yang berlangsung pada tahun 1955. Dan saat ini Gedung Merdeka ini di gunakan sebagai salah satu museum kota Bandung yang mana isinya memakerkan sejumlah benda koleksi atau bahkan foto-foto Konferensi Asia – Afrika yang mana hal tersebut merupakan cikal bakal Gerakan Non-Blok pertama yang mana pernah di gelar di gedung ini pada tahun 1955.

Gedung Merdeka ini pertama kali di bangun dan diberi nama Sociëteit Concordia yaitu pada tahun 1895. Namun pada tahun 1926 bangunan ini berhasil di renovasi keseluruhannya oleh Wolff Schoemacher, Aalbers dan juga Van Gallen. Dan alhasil gedung Sociëteit Concordia ini di jadikan sebagai tempat sosialisasi dan berkumpul oleh sekelompok masyarakat-masyarakat Belanda yang memang berdomisili di kota Bandung ini.

Info Lainnya:  Mengenal Sisi Lain Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monju)

Dan sebagian besar dari mereka adalah para pengusaha sukses, perwira, pegawai perkebunan, serta beberapa kalangan lainnya yang memang bisa di bilang kalangan menengah ke atas. Dan ketika hari libur terutama di malam hari, maka gedung ini akan di penuhi oleh mereka untuk berpesta ria dan juga berdansa.

Nah, di masa pendudukan Jepang, gedung ini di ganti namanya menjadi Dai Toa Kaman, yang mana fungsinya juga beralih sebagai pusat budaya.

Namun pada masa proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pad atanggal 17 Agustus 1945, gedung ini akhirnya beralih fungsi sebagai markas besar Pemuda Indonesia untuk menghadapi para tentara Jepang yang saat itu enggan menyerahkan kekuasaannya kepada Indonesia.

Dan setelah pemerintahaan Indonesia mulai terbentuk dengan baik, yaitu pada tahun 1946 – 1950, yang mana ditandai dengan adanya pemerintahan Haminte Bandung, Negara Pasundan, dan juga Recomba Jawa Barat, Gedung ini akhirnya di gunakan kembali sebagai gedung pertemuan umum. Dan biasanya di gedung ini kerap kali di selenggarakan beberapa pertunjukan kesenian, pesta, dan beberapa kegiatan lainnya.

Singkatnya, meskipun fungsi dari gedung ini terus berubah-ubah dari waktu ke waktu, namun nama Gedung Merdeka tetap terpancang pada bagian muka gedung tersebut sampai saat ini.

Alamat Gedung Merdeka

Gedung Merdeka ini berlokasikan di pusat kota, yang memang sangat berdekatan lokasinya dengan Alun-alun Bandung. Jika ANda penasaran ingin berkunjung ke lokasi ini, Anda bisa datang ke alamat Jln. Asia Afrika, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111.

Jam Buka Gedung Merdeka

  • Senin: Tutup
  • Selasa: 08.00–16.00 WIB
  • Rabu: 08.00–16.00 WIB
  • Kamis: 08.00–16.00 WIB
  • Jumat: 14.00–16.00 WIB
  • Sabtu: 09.00–16.00 WIB
  • Minggu: 09.00–16.00 WIB
Info Lainnya:  Museum Barli: Melihat Indahnya Karya Seni Hasil Seniman Bandung

Itu dia sekilas mengenai tempat wisata sejarah Gedung Merdeka. Nah bagi Anda yang penasaran dengan Gedung bersejarah yang satu ini, apalagi bagi Anda yang sangat menyukai dunia sejarah, maka Anda wajib untuk berkunjung ke lokasi tersebut.