Gunung Lembu: Melihat Indahnya Waduk Jatiluhur Dari Ketinggian Purwakarta

0
35

Gunung Lembu, merupakan salah stau gunung yang berlokasikan di Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 780 MDPL yang mana lokasinya terletak tepat di sekitaran waduk Jatilihur. Dengan begitu, ketika berada di atas puncak Gunung Lembu, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan di sekitaran Gunung Lembu dan juga Waduk Jatiluhur.

Jika di lihat secara administrative, kawasan Gunung Lawu ini berada di wilayah Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani. Dan meskipun memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi untuk ukuran gunung, namun Gunung Lembu memiliki trek yang cukup sulit untuk bisa mencapai puncaknya guna menikmati pemandangan waduk yang sangat luar biasa.

ALAMAT GUNUNG LEMBU

Gunung Lembu sendiri beralamatkan di Kampung Panunggal Desa Panyindang Kecamatan Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat. Yang mana lokasinya percis berada di dekat waduk Jatiluhur Purwakarta. Dan biasanya banyak para wisatawan yang rela berjalan berjam-jam dengan trek yang sulit hanya untuk bisa melihat pemandangan waduk Jatiluhur dari atas ketinggian. Karena memang nyatanya di kawasan ini Anda bisa melihat keindahan alam yang sangat luar biasa dipadukan dengan adanya waduk Jatiluhur dengan pemandangan yang sangat eksotis, apalagi jika hari mulai sore, keeksotisan pemandangan di sana akan di lengkapi dengan sisi romantisnya senja.

PESONA GUNUNG LEMBU

Penting untuk kita ketahui, bahwa di atas puncak Gunung Lembu ini terdapat sebuah batu besar yang mana batu tersebut memiliki julukan sebagai Batu Lembu, sama dengan nama gunungnya. Banyak yang beranggapan, kalau bentuk dari batu tersebut hampir sama dengan punuk Lembu. Dan Lembu ini merupakan hewan sejenis sapi atau bahkan bisa juga di samakan dengan banteng hutan.

Info Lainnya:  Menguak Misteri Leuweung Sancang Garut Yang Eksotis

Dari atas batu lembu inilah, kita bisa menikmati indahnya pemandangan waduk Jatiluhur dari atas ketinggian yang memang memiliki pesona alam yang sangat luar biasa. Bukan hanya pemandangannya yang indah, namun udara di kawasan ini juga masih segar nan asri, mungkin karena kawasan ini berada di atas ketinggian gunung.

AKSES MENUJU GUNUNG LEMBU

Nah, bagi Anda yang ingin berkunjung ke Gunung Lembu, caranya cukup mudah. Anda bisa datang ke kawasan tersebut dengan menggunakan kendaraan roda dua, atau jika mau lebih cepat Anda bisa menggunakan kereta dari arah Jakarta menuju stasiun Purwakarta. Jika menggunakan kendaraan roda dua, Anda bisa langsung menuju kawasan Gunung Lawu, namun jika menggunakan kereta, Anda harus kembali menggunakan angkutan umum atau jika ada Anda bisa menggunakan kendaraan pick up atau kendaraan dengan bak terbuka untuk menuju gerbang atau basecame Gunung Lembu.

TIKET MASUK GUNUNG LEMBU

Untuk masuk ke kawasan ini memang tidak ada tiket masuk yang di berlakukan, namun biasanya para pendaki akan membayar sesuai dengan biaya yang di berlakukan oleh pihak penjaga di kawasan tersebut. Dan sayangnya lagi, di kawasan tersebut masih ada pungli yang beredar karna memang kawasan ini belum mendapatkan pengolaan yang baik.

Nah, itu dia sedikit ulasan mengenai pesona Gunung Lembu. Semoga informasi yang kami sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat bagi Anda semua.