Gunung Papandayan: Menengok Indahnya Hutan Mati Di Atas Ketinggian

0
38

Gunung Papandayan merupakan salah satu gunung api strato, yang memang berlokasikan di Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut. Gunung Papandayan sendiri memiliki ketinggian sekitar 2665 mdpl, dan merupakan salah satu Gunung terindah yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga.

 

Meskipun gunung biasanya identik dengan para pendaki gunung, namun tidak dengan Gunung Papandayan. Karena banyak pula para wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berkunjung hanya untuk menikmati keindahan alam dan pemandangannya saja.

Untuk bisa mencapai kawasan hutan mati Gunung Papandayan, Anda harus berjalan terlebih dahulu dari gerbang masuk kira-kira selama 3-4 jam. Dan di sana Anda akan disuguhi dengan pemandangan hutan mati yang sangatlah indah.

Bukan hanya hutan mati, karna di kawasan tersebut juga Anda akan menemukan beberapa keunikan, seperti menemukan bunga Edelwis, Pohon suagai, Kihujan, Pasang, Puspa dan beberapa jenis tanaman lainnya yang akan sangat jarang Anda temukan jika berada di kota atau tempat lainnya.

ALAMAT GUNUNG PAPANDAYAN

Gunung Papandayan ini berlokasikan di Kabupaten Garut, tepatnya di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Salah satu gunung yang berada di Garut ini memiliki ketinggian 2665 MDPL yang memang terletak sekitar 70 KM sebelah tenggara kota Parahiangan Bandung.

Bukan hanya para pendaki dan pencinta alam, namun tidak sedikit pula para wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung hanya untuk menengok indahnya hutan mati dan juga bunga abadi yang ada di kawasan tersebut, yaitu bunda Edelwis.

TIKET MASUK GUNUNG PAPANDAYAN

Nah, hal ini yang sangat di sayangkan dari tempat ini, bahkan banyak para pengunjung yang mengeluhkan persoalan ini. Bagaimana tidak, mungkin dulu Anda hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp. 15.000/orang, dan itu sudah termasuk biaya berkemah di Pondk Saladah. Namun untuk saat ini, harga tiket masuknya sudah melambung tinggi, menjadi Rp. 97.000/orang.

Info Lainnya:  Curug Kaliangkak Subang: Curug Dengan Pemandangan Eksotis

Berdasarkan kabar yang beredar, uang tersebut nantinya di gunakan untuk mengelola Gunung Papandayan agar lebih tertata. Biaya yang Anda keluarkan ini juga sudah termasuk biaya berkemah, biaya parkir serta asuransi jika terjadi apa-apa di atas puncak sana.

FASILITAS GUNUNG PAPANDAYAN

Di kawasan wisata tersebut pastinya sudah tersedia berbagai bentuk fasilitas seperti mushola, toilet, sejumlah warung yang menjual berbagai jenis makanan, bahkan banyak juga warung-warung yang menjual berbagai macam souvenir untuk dijadikan oleh-oleh Gunung Papandayan.

Jika Anda ingin berkemah di kawasan tersebut, namun Anda tidak membawa perlengkapan, maka Anda bisa menyewa sejumlah perlengkapan berkemah, seperti tenda, kompor, gas, nesting dan lain sebagainya. Karna di kawasan Gunung Papandayan juga sudah tersedia tempat untuk menyewakan perlengkapan berkemah.

Nah, itu dia sedikit ulasan mengenai Gunung Papandayan yang mungkin saja bisa Anda jadikan sebagai referensi ketika ingin berlibur. Semoga bermanfaat dan salam liburan!