HARGA TIKET MASUK DAN REVIEW LENGKAP TAMAN BUNGA NUSANTARA CIPANAS

0
46

Akhir tahun menjadi momen yang pas bagi anda untuk berkumpul bersama keluarga terlebih anak-anak pada waktu ini pula sedang libur sekolah, pegawai kantoran cuti bersama tahun baru, mahasiswa menyelesaikan ujian akhir semester tentu anda tidak ingin menyiakan waktu libur ini, jika anda berniat untuk berlibur bersama keluarga dan mencari tempat yang pas bagi segala usia taman bunga nusantara memang cocok untuk liburan kali ini.

Taman Bunga Nusantara merupakan ‘display’ dari berbagai macam bunga dari berbagai macam tempat baik di nusantara atau pun di beberapa belahan dunia. Disini terdapat beratus ratus varietas tanaman berbunga di Taman Bunga Nusantara yang tumbuh dengan baik dan indah karena di rawat keindahannya, taman ini memiliki lahan display bedding plant dengan luasnya yang mencapai 50.000m2.

Perintis dari Taman Bunga Nusantara ini sendiri ialah Dani Bustanil Arifin yang sekaligus seagai ketua umum dari Yayasan Taman Bunga Nusantara dan bersama anggota yang lainnya yang membantu merintis taman ini, pembangunan dari taman bunga nusantara ini dimulai pada tahun 1992 dan secara intensif dikerjakan pada tahun 1993.

Tujuannya sendiri untuk menciptakan aset wisata bangsa yang tentu saja berbasis agrowisata yang berstandar nasional hingga internasional, nyatanya taman bunga nusantara hingga kini membantu pemerintah di bidang pembangunan agrowisata, sebagai sarana penelitian, pendidikan hingga mampu meningkatkan kreatifitas dari masyarakat sekitarnya, menciptakan ruang terbuka yang sehat juga nyaman untuk masyarakat darimanapun asalnya.

Ide dari berdirinya Taman Bunga Nusantara pun tidak lepas dari prestasi nyata bagi Yayasan Bunga Nusantara di kancah ineternasional yayasan dari Taman Bunga Nusantara sendiri dengan rutin mengikuti berbagai festival baik parade bunga yang terdapat di berbagai belahan negeri, hingga keikutsertaan mereka membuahkan hasil yang mumpuni, seperti parade kendaraan hias tournament of roses yang diselenggarakan di Pasadena, California, tentunya yayasan ini mendapatkan penghargaan atas karya-karya bagi yayasan sendiri.

Hal ini tentu saja menjadi hal yang membanggakan bagi taman bunga nusantara juga Indonesia dengan karya dari anak-anak bangsa, hal inilah yang membuatnya diakui oleh dunia internasional.

Daya Tarik Taman Bunga Nusantara

Lokasi dari taman bunga nusantara sendiri berada di Jalan Mariwati No.KM 7, Kawungluwuk, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, taman bunga nusantara memang sering disebut sebagai Taman Bunga Nusantara Bogor, namun secara administrasi memang berada di Kabupaten Cianjur.

Jika anda pergi dai Jakarta anda bisa menempuh perjalanan selama 4 jam, dan’ menuju arah puncak, hingga anda sampai di taman bunga nusantara, jika anda pergi dari arah bandung anda juga bisa melewati jalu puncak dan menghabiskan waktu selama 3 jam, namun lama perjalananpun tergantung dengan situasi macet atau tidaknya di perjalanan.

Info Lainnya:  Ini Dia Harga Tiket Dan Alamat Jungle WaterPark Bogor

Sedangkan bagi anda yang menggunakan kendaraan umum, anda bisa menggunakan bis dengan jurusan Bogor-Cianjur ataupun bis jurusan Bandung- Jakarta melalui rute puncak, setelahnya anda turun di pertigaan Hanjawar Taman Bunga Nusantara, dan dilanjutkan menaiki angkot jurusan Cipanas – Loji menuju Pasar Gsp, sesampainya di Pasar GSP anda bisa melanjutkan perjalanan dengan lanjut menaiki angkot jurusan Cipanas – Mariwati dan turun sampai anda menemukan Taman Bunga Nusantara.

Sesampainya anda di Taman Bunga Nusantara anda akan disambut dengan udara nya yang sejuk, dan area parkir yang luas, dari area parkir anda sudah dapat melihat gerbang tiket dari taman bunga nusantara yang atapnya dihiasi oleh banyak tanaman gantung. Sampailah anda di lket tiket taman nusantara dan siapkan budget sebesar 40.000/orang.

Mata anda akan langsung menemukan hamparan hijau nan asri dengan beribu-ribu bunga yang menghiasi, di banyaknya taman di berbagai sudut ruang hijau ini, taman-taman tersebut diantaranya :

  1. Taman Air

Merupakan sebuah kolam besar di dalamnya terdapat banyak jenis tanaman lainnya di atasnya, taman air ini sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup tanaman di sekitar kolam atau pun di dalam kolam tersebut, diantaranya Kana Air (Thalia Dealbata) merupakan tanaman air yang berasal dari Amerika Serikat dan tumbuh secara vertikal. Ada juga Lotus atau (Nelumbo Nucifera) yang berasal dari Australia bagian timur laut dan asia timur, tanaman ini tumbuh secara horizontal, ada juga teratai raksasa yang menarik perhatian banyak pengunjung, juga Giant Arum yang berasal dari Amerika Selatan, tanaman-taman di taman ni di budidayakan secara baik.

  1. Taman Mawar

Dari namanya pun sudah bisa anda ketahui anda akan menemukan banyak mawar di Taman Mawar ini, memang benar, taman mawar ini menyajikan berbagai macam taman mawar dengan berbagai warnanya yang cantik dan tentunya tertata degan rapi, dengan aroma nya yang khas, sehingga siapa saja akan terpukau dengan keindahannya.

  1. Taman Perancis

Taman perancis ini pun menjadi idola wisatawan karena suasananya bak di negara prancis karena gaya nya yang khas, taman ini memang mengedepankan keserasian, kerapihan, dan keseimbangan bentuk, anda akan menemukan tanaman Perdu Taiwan Beauty yang membentuk suatu bingkai dan didalamnya  terdapat bunga cantik berwarna warni.

  1. Taman Rahasia (Labyrinth)

Taman Rahasia atau taman labirin ini juga digandrungi banyak wisatawan karena berbentuk labirin hingga siapa saja ingin mencoba memasuki taman ini dan mencari jalan keluar dari taman, banyak dari mereka secara berkelompok maupun sendiri berusaha mencari jalan keluar dan itu terasa menyenangkan, buka terbuat dari beton seperti dalam film-film namun taman ini terbentuk dari rumput yang membentuk labirin secara rapi, disekitar taman ini anda akan menemukan menara pengawas, dari atasnya anda akan melihat keindahan taman dari atas juga taman labirin dari atas, menara pengawas ini pun merupakan ikon dari Taman Bunga Nusantara.

  1. Taman Bali
Info Lainnya:  Mengintip Indahnya Air Mancur Di Taman Sri Baduga Situ Buleud Purwakarta

Tak usah jauh-jauh ke Bali jika anda ingin berfoto layaknya di Pulau Bali, karena taman bunga nusantara memiliki miniatur Kota Bali lengkap dengan pure nya, mulai dari tanaman khas bali seperti kamboja, kembang sepatu, helekonia akan menambah ciri khas dari kota bali pada taman bali ini.

  1. Taman Mediterania

Yang berikutnya adalah Taman Mediterania yang tak jauh dari Taman Bali, sesuai dengan namanya taman ini mengusung konsep mediterania yang digiasi dengan tumbuhan kaktus, yakni kaktus Yucca, dan kaktus Cactaceace, kaktus memang cenderung tidak begitu membutuhkan air selama hidupnya, namun dia akan tetap hidup, karena menyimpan cadangan ari di tubuh kaktus, sedangkan jenis kaktus yang berkembang di Taman mediterania yakni Cephalocereus Senilis, Opuntia Rufida, Notocactus Magnificus, Cereus Hexagonus.

  1. Taman Palem

Taman palem memiliki banyak pohon palem yang membuat sekitarnya menjadi lebih sejuk dengan rindangnya pohon palem, pohon palem di taman ini tumbuh subur dengan berbagai ukuran dari yang besar hingga yang kecil, membuat siapa saja ingin tertidur di taman ini.

  1. Taman Jepang

Taman ini tentunya terinspirasi dari Jepang, disini kamu akan menemukan rumah-rumah jepang tempo dulu dengan tamannya yang sederhana, serta pohon-pohon khas jepang menghiasi sekitaran taman ini.

  1. Taman Rumah Kaca

Taman Rumah Kca ini memiliki luas 2000 x 2000 meter, rumah kaca atau Green House sering ditemukan di negara yang memiliki iklim yang ekstrem, dan rumah kaca sendiri berfungsi  untuk pelindung bunga-bunga dari cuaca buruk, biasanya bunga-bunga yang ditanam di taman rumah kaca berjenis bunga yang sulit menghadapi terik ataupun hujan yang deras

Masih banyak taman-taman lainnya yang bisa anda nikmati di Taman Bunga Nusantara, anda akan puas mengabadikan momen disini dengan berbagai macam backgorund yang unik dan indah tentunya, selain itu banyak fasilitas yang menunjang wisata anda di Taman Bunga Nusantara diantaranya :

  1. Kereta Dotto : merupakan kereta terbuka yang dapat digunakan wisatawan untuk mengelilingi kawasan Taman Bunga Nusantara, disetiap taman memiliki statsiunya sendiri yang akan dilalui oleh kereta dotto.
  2. Mobil Wara-wiri : layaknya kereta dotto, mobil wara-wiri memiliki kapasitas untuk 14 orang dan terdapat audiovisual sebagai pemandu untuk wisatawan.
  3. Raflesia Mini Theater : berupa fasilitas audiovisual dengan durasi kurang lebih 15 menit yang disediakan pihak pengelola untuk memberikan sedikitinya informasi mengenai kawasan ini.
  4. Menara Padang : menjadi kawasan yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melihat pemandangan dari taman bunga diatas ketinggian.
  5. Nany’s Galleria : disini pengunjung akan menemukan toko souvenir yang menjuak berbagai macam pilihan souvenir yang unik dan menarik sehingga sepulang anda dari Taman Bunga Nusantara anda bisa membeli buah tangan untuk keluarga atau kerabat anda di rumah.
  6. Café Marigold : anda akan menemukan banyak menu spesial yang bisa anda pesan setelah lelah anda mengelilingi taman bunga nusantara, harganya cukup terjangkau.
  7. Gedung Serbaguna Saung Aki : tak hanya taman-tamanya yang luas, taman bunga nusantara juga menyediakan Gedung Serbaguna yang bisa disewa oleh siapa saja untuk berbagai macam acara seperti pernikaham meeting, atau kegiatan lainnya.
  8. Wisma Saung Nini : jika anda ingin menghabiskan malam di Taman Bunga Nusantara, tak perlu pusing-pusing mencari penginapan, karena anda bisa menghabiskan malam di Wisma Saung Nini.
  9. Bursa Bunga dan Tanaman : bagi anda yang senang untuk mengoleksi bunga, anda bisa datang ke Bursa Bunga dari Taman Bunga Nusantara, karena anda bisa membeli bunga-bunga di Bursa Bunga ini dengan harga yang beragam.
  10. Gazebo : ada 18 gazebo lebih yang tersebar di kawasan ini, tentu saja anda bisa menggunakannya untuk beristirahat setalah mengelilingi taman bunga nusantara.
  11. Danau Angsa : ini menjadi incaran bagi anak-anak, karena anak-anak bisa menemukan angsa-angsa yang indah di atas air ada juga ansa hitam.
  12. Panggung Terapung (Amphiteater) berada di area danau, seringkali panggung terapung digunakan untuk berbagai macam acara.
Info Lainnya:  38 Tempat Wisata Di Lombok Yang Bikin Siapapun Tercengang Akan Keindahannya

Degan banyaknya fasilitas yang ditawarkan pengelola Taman Bunga Nusantara tentu saja dapat membantu dan meningkatkan kenyamanan pengunjung, anda akan benar-benar menikmati suasana liburan bersama keluarga di Taman Bunga Nusantara, juga menikmati keindahan bunga-bunga di dalamnya, sebaiknya anda selalu bersiap membawa topi karena cuaca yang kadang kala bisa saja hujan gerimis, demikian ulasan mengenai Taman Bunga Nusantara semoga bisa menjadi referensi wisata anda di liburan akhir tahun.

Harga Tiket : 40.000/org

Opening Hours : 08.00 – 17.00

Food Court : Yes

Bus Parking : Yes

Alamat : Jalan Mariwati KM 7, Kaungkuluwuk, Sukaresmi Cipanas – Puncak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43254.