Harga Tiket Masuk, Jam Operasional Dan Daya Tarik Goa Gong

0
91

Seperti yang kita tahu bahwa Jawa Timur merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang menyimpan banyak sekali keindahan alam yang luar biasa dan mempesona. Salah satu tempat wisata yang saat ini banyak sekali di perbincangkan karena keunikan dan keindahannya adalah Goa Gong yang berada di Jawa Timur tepatnya di daerah Pacitan. Saat anda berlibur ke Pacitan, rasanya tidak lengkap jika anda tidak mengunjungi objek wisata yang satu ini dikarenakan banyak sekali orang terutama para wisatawan yang pernah ke tempat ini yang berkata bahwa objek wisata Goa Gong merupakan salah satu tempat paling indah yang berada di Pulau Jawa dan bahkan banyak sekali orang yang menyebutkan juga bahwa Goa Gang merupakan salah satu objek wisata terindah se-Asia Tenggara.

Wisata Goa Gong sendiri berada di Pacitan tepatnya di Bomo, Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Sesuai namanya, Goa Gong merupakan sebuah goa yang di dalamnya terdapat pemandangan yang sangat menakjubkan dan eksotis hal ini dikarenakan di sepanjangn jalan baik itu kanan, kiri, atas, bawah didalam lorong goa penuh dengan stalaktit serta stalakmit yang memiliki bentuk beraneka ragam dipadukan dengan efek dari cahaya lampu yang ada di lorong goa akan membuat keindahan goa semakin terlihat nyata sehingga tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Daya Tarik Goa Gong

Selain menyimpan keindahan alam yang sangat eksotis, Goa Gong juga menyimpang banyak sekali keunikan didalamnya yang menjadi salah satu daya tarik dan alasan mengapa banyak sekali orang yang ingin mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Keunikan tersebut salah satunya yaitu stalaktit yang mengantung di atap goa, apabila stalaktit tersebut di pukul makanya akan menghasilkan bunyi yang mirip dengan suara gong sehingga inilah alasan mengapa objek wisata ini diberi nama Goa Gong. Memang benar saat anda memasuki goa, anda akan disambut dengan formasi stalaktot serta stalakmit yang indah.

Di ujung lorong, wisatawan juga akan menemukan alasan mengapa goa yang satu ini dinamakan goa terindah se Jawa Tmur dan malah se Asia Tenggara, hal ini dikarenakan sebuah ruangan yang membentuk sebuah kubah raksasa dengan ukuran 100 meter, lebar 15 sampai 40 meter dan tinggi kurang lebih 20-30 meter yang akan membuat siapapun yang melihatnya akan berdecak kagum. Stalaktif dan stalamit di bentuk dengan beraneka ragam yang bertujuan untuk menghiasi seluruh penjuru ruangan. Beberapa bentuk tersebut malah diberi nama hal ini dimaksudkan untuk mengabaikan keindahaanya. Nama-nama tersebut diantaranya Selo Jengger Bumi, Selo Adi Citro Buwono, Selo Pakuan Bomo, Selo Citro Cipto Agung, Selo Bantaran Angin dan lain sebagainya.

Untuk menjelajahi seluruh lorong serta bagian yang ada didalam gua, wisatawan memerlukan waktu sekitar 2 jam, waktu yang cukup lama dan melelahkan namun anda tidak perlu khawatir karena rasa lelah yang akan anda rasakan akan hilang oleh keindahan goa yang sangat menakjubkan.

Didalam Goa Gong juga terdapat beberapa ruangan yang sangat wajib dikunjungi dimana ruangan-ruangan ini juga diberi nama yaitu seperti Ruang Sendang Bidadari, Ruang Batu Gong, Ruang Bidadari, Ruang Petapaan, Ruang Kristal dan Ruang Marmer. Perlu anda ketahui juga bahwa salah satu ruangan yang ada disini juga pernah dijadikan sebagai salah satu ruangan untuk menampilkan sebuah konser musik yang disiarkan secara langsung di empat negara dalam rangka mempromosikan potensi alam Goa Gong. Selain ruangan, disini juga terdapat mata air yaitu Sendang Jampi Rogo, Sendang Relung Nisto, Sendeng Relung Jiwo, Sendang Panguripan dan Sendang Kamulyan.

Goa Gong berada diantara gunung-gunung berapi non-aktif yang ada di Jawa Timur seperti Gunung Manyar di sebelah sisi utara, Gunung Gede di sebelah sisi timur, Gunung Karang Pulut di sisi selatan dan Gunung Grugah di sisi barat sehingga para wisatawan tidak hanya akan menikmati keindahan dalam goa saja melainkan wisatawan juga akan merasakan keindahan diluar goa yang tak kalah indah dan menawannya. Keberadaan goa ini disebabkan dari aktivitas vulkanik serta gerakan temik yang berlangsung selama ratusan ribu tahun yang lalu.

Pemandangan lain yang akan dilihat langsung saat wisatawan masuk ke dalam Goa Gong adalah rekahan endapan kalsium, shawl drappery yang masih meneteskan air hingga terbentuklah danau kecil yang berada di ujung-ujung goa. Sejumlah penerangan berupa lampu warna warni yang sengaja di desain dengan tujuan agar dapat menambah keindahan Goa Gong yang alami dan megah.

Rute Jalan Menuju Ke Lokasi Goa Gong

Untuk sampai ke lokasi, wisatawan bisa melewati tiga jalur yang mana ke tiga jalur tersebut berasal dari kota-kota Pacitan yaitu Wonogiri, Ponogoro dan Trenggalek. Untuk menuju ke lokasi, bisa diakses dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum baik itu roda empat maupun roda dua. Bagi wisatawan yang ingin menggunakan kendaraan umum tentunya tidak perlu khawatir karena wisatawan bisa menggunakan transportasi berupa bus umum ataupun travel menuju ke Pacitan.

Bagi wisatawan yang memutuskan untuk naik kendaraan umum dari arah Jawa Tengah, maka wisatawan bisa naik bus jurusan Pacitan kemudian berhenti di rumah makan Bu Dzakir di daerang Punung yang mana disini juga tersedia jasa transit ke Goa Gong, Pantai Ngiroboyo, Kali Maron dan Pantai Klayar dengan biaya transitnya kurang lebih sekitar Rp. 200.000 sampai Rp. 500.000 per orang maka dari itu agar biaya yang dikeluarkan lebih hemat, anda bisa mengajak sanak saudara ataupun teman anda untuk pergi liburan.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Operasional Goa Gong

Untuk menelurusi serta menikmati indahnya Goa Gong, wisatawan tidak perlu merogoh biaya yang besar, untuk tiket masuk ke Goa Gong anda harus membayar Rp. 5.000,- – Rp. 15.000,- per orang wisatawan sudah bisa menikmati suasana Goa Gong sepuasnya. Apabila wisatawan membutuhkan senter untuk menjelajahi Goa Gong, pihak pengelola juga menyediakan jasa penyewaan senter dengan biaya Rp. 5.000,- per senter dan selain itu wisatawan juga bisa menyewa jasa guide dengan biaya Rp. 30.000,-. Untuk jam operasional sendiri Goa Gong buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB. Biaya tiket masuk yang dikeluarkan belum termasuk biaya parkir kendaraan.

Fasilitas Di Goa Gong

Sebagai salah satu objek wisata terkenal dan tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap dan juga memadai. Adapun fasilitas-fasilitas yang disediakan berupa area parkir yang luas baik itu untuk kendaraan roda empat dan roda dua, beberapa toilet yang dikelola dengan baik sehingga akan membuat pengunjung merasa nyaman dan juga mushola.

Disini juga terdapat warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman yang lezat khususnya makanan khas Pacitan yang cukup terkenal. Disini juga terdapat beberapa penjual souvenir, jadi bagi para wisatawan yang ingin membawa oleh-oleh tidak perlu khawatir karena bisa dengan bebas membeli souvenir khas objek wisata Goa Gong.

Bagi para wisatawan yang ingin menjelajah Goa Gong juga tidak perlu khawatir dikarenakan Pemerintah setempat juga menambahkan prasarana di dalam gua seperti tangga, penerangan, kipas angin, pagar pengaman dan beberapa prasarana lainnya. Namun, tetap saja walaupun begitu para wisatawan harus tetap berhati-hati dikarenakan saat memasuki Goa, medan jalan biasanya cukup licin.

Bagi para wisatawan yang memutuskan untuk menjelajah objek wisata Goa Gong lebih dalam lagi dan memutuskan untuk menginap, disekitar objek wisata juga terdapat beberapa hotel maupun penginapan yang mana harganya berbeda-beda sesuai dengan fasilitas yang disediakan. Harga sewa untuk satu malam berkisar antara Rp. 100.000,- sampai Rp. 1.000.000,- per malamnya.

Seperti yang kita tahu bahwa libur panjangan merupakan salah satu moment yang paling di tunggu-tunggu oleh banyak sekali orang terutama bagi anda yang sudah jenuh dengan dunia pekerjaan. Saat liburan panjang telah tiba  berbagai objek wisata tentunya akan dipenuhi oleh para wisatawan baik itu wisatawan asli daerah yang ditinggali maupun dari luar kota dan bahkan luar negeri. Goa Gong menjadi salah satu tempat wisata yang ramai sekali dikunjungi oleh para wisatawan. Jadi, anda jangan bingung saat berkunjung ke Goa Gong saat liburan panjang, tentunya banyak sekali wisatawan yang memenuhi tempat wisata tersebut apalagi seperti yang kita tahu bahwa Goa Gong sendiri merupakan salah satu diantara banyaknya objek wisata terindah Se Asia Tenggara.

Itulah sekilas ulasan tentang objek wisata terindah se Asia Tenggara “Goa Gong” yang berada di Pacitan Jawa Timur. Tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini? Maka tunggu apalagi segeralah berlibur dan nikmati petualangan anda di tempat terindah, tereksotis dan pastinya termegah di Jawa Timur ini. semoga bermanfaat!

Opening Hours : 09.00 – 17.00 WIB

Harga Tiket :

  • Dewasa : Rp. 5.000/orang (weekday) dan Rp. 10.000/orang (weekend)
  • Anak-anak : Rp. 5.000/orang (weekday) dan Rp. 12.000/orang (weekend)

Address : Bomo, Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

 

Info Lainnya:  Museum Barli: Melihat Indahnya Karya Seni Hasil Seniman Bandung