INFO LENGKAP WISATA PANTAI INDRAYANTI JOGJA

0
37

Pantai Indrayanti merupakan salah satu tempat wisata yang ada di daerah istimewa Jogjakarta. Pantai Indrayanti Jogja juga sudah lumayan terkenal sebagai tempat wisata yang direkomendasikan untuk wisatawan lokal dan manca negara. Keindahan pemandangan dari mulai pasir halus dan biru langit bersatu dengan air pantai yang bersih. Mungkin jika kita bosan dengan keramaian malioboro yang menjadi pusat wisata Jogja, kita bisa mencoba sensasi baru ke pantai indrayanti. Dari berbagai macam tempat wisata yang ada di Jogja tentu pantai indrayanti bukanlah tempat wisata yang bisa dilewatkan.

Info Lengkap Pantai Indrayanti

Untuk sampai ke pantai indrayanti jogja tentunya kita harus mempersiapkan kebutuhan informasi terlebih dahulu. Selain memudahkan, info ini akan memberi gambaran tentang pantai indrayanti dan informasi ini berguna untuk mencari tahu apa saja yang bisa kita lakukan di pantai indrayanti. Selanjutnya akan dijelaskan sebagai berikut:

  1. Alamat Pantai Indrayanti Jogja

Pantai indrayanti beralamatkan di daerah wisata Gunung Kidul. Dari tempat wisata lain pun tidak terlalu jauh, bisa disebut berdekatan dengan beberapa pantai lainnya seperti pantai sundak dan pok tunggal. Berada di Desa Tepus memakan waktu sekitar 2 jam dari pusat kota atau sekitar 66 kilometer yang harus kita tempuh. Tempatnya sangat strategis karena dekat dengan tempat wisata lainnya. Jadi jika kita datang ke pantai indrayanti kita juga bisa berkunjung ke pantai-pantai lainnya yang ada di sekitar area pantai indrayanti seperti Pantai Sundak, Pantai Sawal dan Pantai Pok Tunggal. Letaknya berada di sisi timur Pantai Sundak

  1. Kondisi Jalan menuju ke Pantai Indrayanti

Kondisi jalan yang akan kita lalui dari pusat kota Jogjakarta ke pantai indrayanti jogja bisa dibilang cukup baik. Namun yang harus menjadi perhatian adalah jalannya berbelok-belok, sehingga keselamatan harus tetap menjadi nomor utama. Selain berbelok-belok, jalannya pun turun naik. Meskipun begitu kondisi jalan aspalnya sudah mulus jadi kita bisa tetap nyaman selama perjalanan.

  1. Arah jalan ke Pantai Indrayanti

Arah jalan ke pantai indrayanti jogja sangat mudah, wisatawan akan terbantu dengan petunjuk jalan atau dengan menggunakan aplikasi gps. Namun jika dirasa sulit untuk menemukan jalan menuju pantai indrayanti kita bisa memperhatikan beberapa patokan jalan yang bisa menjadi arah jalan. Sebagai informasi tambahan, untuk sampai ke pantai indrayanti kita juga bisa menggunakan arah jalan ke pantai sawal atau syawal, karena keduanya menuju ke tempat yang sama. Rute jalan yang dilewati mulai dari Wonosari lalu ke Piyungan, dilanjut ke Patuk, Karangrejek, Hargosari dan berakhir di Tepus. Rute ini yang direkomendasikan untuk wisatawan luar Jogja karena jalannya mudah dilalui dan sudah nyaman meskipun relatif kecil jalannya.

  1. Wana Wisata Pantai Indrayanti
Info Lainnya:  30 TEMPAT WISATA DI JOGJA YANG POPULER & BIKIN LIBURAN ASYIK

Sesuai dengan namanya, tentu yang ada di pantai indrayanti jogja adalah hamparan pasir dan luasnya lautan. Ada kelebihan lain dari pantai lain yaitu disini airnya sangat jernih. Kita harus pintar-pintar memilih hari untuk berkunjung, hindari weekend karena tempat akan ramai. Pada saat-saat tertentu, pengunjung mungkin bisa saja melihat ubur-ubur yang ada di bagian tepi pantai. Di sore hari pengunjung bisa menikmati pemandangan matahari terbenam. Banyak orang mengatakan bahwa pantai indrayanti jogja telah mendapatkan julukan khusus yaitu Pantai Jogja rasa Bali. Lihat saja dari keramaian dan keindahannya hampir menyerupai Kuta atau Legian. Pasir di pantai indrayanti ini berbeda dengan pantai Prangtritis yang berwarna hitam, tentu akan berbeda rasanya saat ditampilkan dalam bentuk gambar.

Selain keindahan pantainya, ternyata di pantai indrayanti terdapat sebuah tebing yang dapat didaki. Tepatnya di sebelah kiri pantai, dan dari ketinggian tebing ini kita dapat melihat pantai lebih luas lagi. Di pantai indrayanti jogja ini juga menjunjung tinggi nilai kebersihan, pasalnya jika ada pengunjung yang membuah sampai sembarangan, pihak pengelola tidak segan untuk memberikan sanksi denda sebesar Rp 10.000. Dan cara ini cukup efektif terbukti dengan kebersihan di pantai indrayanti yang sangat terjaga, didukung dengan keaktifan pengelola untuk memelihara tempat wisata ini. Kemudian dimana kita harus membuang sampah? Ternyata pemerintah dan pengelola telah menyediakan tempat sampah di beberapa titik area pantai indrayanti, tidak hanya disediakan tempatnya saja tapi pengawasan pun dilakukan oleh pengelola. Jadi pastikan tidak membuang sampah sembarangan.

  1. Fasilitas yang tersedia di Pantai Indrayanti

Fasilitas yang ada di pantai indrayanti jogja sudah cukup lengkap. Fasilitas ini untuk menunjang kebutuhan wisatawan saat berkunjung kesana. Terdapat payung pantai yang biasa ada di pantai lain, di pantai indrayanti disediakan di setiap pinggir pantai untuk digunakan wisatawan bersantai dan menikmati pemandangan. Selain itu, untuk membersihkan diri setelah berenang di tepi pantai terdapat kamar mandi dan toilet. Untuk penyuka olahraga air seperti jetski disana terdapat tempat penyewaan peralatan jetski, dan ada juga penyewaan alat bermain anak agar anak tidak merasa bosan. Ingin merasakan sensasi yang berbeda, kita bisa menaiki menara lifeguard yang keamanannya sudah terjamin karena ada petugas yang berjaga.

Info Lainnya:  100 Daftar Tempat Wisata di Bandung

Untuk penyewaan jetski kita butuh mengeluarkan biaya sekitar Rp 250.000 untuk 15 menit penggunaan. Sedangkan sewa payung cukup Rp 20.000 dan toilet/kamar mandi cukup dengan Rp 2.000 – Rp 5.000 saja. Luas pantai indrayanti terbilang cukup kecil, hanya sekitar 250 meter dan dibatasi oleh tebing karang.

  1. Tempat Makanan di Pantai Indrayanti

Jika kita tidak ingin ribet membawa bekal makanan dari rumah, kita bisa mengandalkan warung-warung yang berjejer di tepi pantai. Tepatnya berdekatan dengan payung-payung pantai. Di sepanjang jalan pantai terdapat warung yang menjual makanan dan jajanan-jajanan. Tidak hanya warung-warung saja, jika kita ingin mencari restoran dan cafe disana pun tersedia. Harga dari makanan dan minuman sekitar Rp 10.000 – Rp 100.000.

  1. Pesona Pantai Indrayanti

Di pantai indrayanti jogja ada begitu banyak pesona yang terkadang tidak terekspos di media sosial. Di siang hari kita akan melihat keindahan biru langit dan air yang bersih. Kemudian pasir putih dan bersih dari sampah. Tak lupa untuk merasakan bermain air di tepian pantai, apalagi jika datang bersama keluarga, tentu akan sangat menyenangkan bermain air yang bersih dan jernih. Dan di malam hari, kita akan menikmati suasana romantis karena di setiap payung pantai akan diterangi dengan lampu yang redup. Tempat ini cocok untuk dinikmati bersama pasangan begitupun keluarga. Sambil melihat ombak yang diterangi dengan lampu redup dan terang bulan juga hembusan angin sepoi-sepoi. Persiapkan kamera atau smartphone kita, karena pastinya kita tidak ingin melewatkan untuk mengabadikan momen tersebut dan di upload di sosial media. Ada banyak spot foto yang bisa dijadikan background. Mulai dari pemandangan matahari terbenam, gazebo yang unik dan jajaran payung pantai bisa kita jadikan background foto.

  1. Fasilitas Penginapan
Info Lainnya:  15 Destinasi Wisata Indonesia Terbaik 2019

Untuk wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai indrayanti jogja hingga malam hari, disana tersedia penginapan dengan jarak yang sangat dekat. Bentuk penginapan pun sangat beragam seperti homestay, cottages hingga hotel. Harga yang disediakan juga beragam mulai dari Rp 100.000 – Rp. 350.000 per malam untuk penginapan yang standar. Sedangkan untuk penginapan yang mewah bisa mencapai Rp 2 juta tergantung pada jenis tipe dan fasilitas yang ada di penginapan tersebut. Jika di pantai indrayanti tidak ditemukan penginapan yang sesuai, kita juga bisa mencari penginapan yang dekat dengan pantai lain seperti di dekat area pantai pok tunggal, pantai sundak dan lain-lain. Jika tidak ingin bermalam di penginapan, kita juga diperbolehkan untuk mendirikan tenda di sekitar area pantai indrayanti sambil merasakan suasana malam dengan hilir angin dan suara ombak yang berderu.

  1. Oleh-oleh Khas Pantai Indrayanti

Sama halnya dengan tempat wisata pada umumnya. Tentu saat kita pulang ada keinginan untuk membawa buah tangan untuk diberikan kepada kerabat terdekat atau kita juga ingin membeli barang sebagai kenang-kenangan. Di pantai indrayanti pun ada sebuah tempat yang khusus menyediakan oleh-oleh berupa pakaian dan aksesoris. Kaos yang bertuliskan pantai indrayanti atau pernak pernik lainnya.

Harga Tiket                  : Rp 10.000

Bus Parking                  : Yes

Opening Hours             : 24 jam

Food Court                   : Yes

Address                       : Dusun Ngasem Desa Tepus, Kecamatan Tepus Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta