Kampung Adat Mahmud: Mengenal Pusat Penyebaran Islam Di Kota Bandung

0
14

Sahabat traveler’s, apakah Anda tahu kalau di Bandung juga terdapat salah satu wilayah dimana wilayah tersebut di percaya merupakan salah satu tempat atau pusat penyebaran agama Islam di kota bandung ini. Hal ini jelas harus Anda ketahui, karena merupakan hal yang sangatlah penting. Apakah Anda ingin tahu, nama dari kawasan itu apa? Nah, maka pada kesempatan ini kami akan memberikan sedikit ulasan mengenai kawasan yang di kenal sebagai pusat penyebaran agama Islam ini.

Wilayah itu di kenal oleh masyarakat sebagai Kampung Adat Mahmud, namun ada juga yang menyebutnya sebagai Makom Karomah Mahmud. Seperti yang kami jelaskan di atas, bahwa wilayah atau kampung ini merupakan salah satu lokasi atau pusatnya penyebaran agama Islam terbesar di kota Bandung ini.

Nah, bagi Anda yang memiliki hobi atau kecintaan terhadap sejarah-sejarah lokal, apalagi yang masih berkaitan dengan unsur keagamaan, dan Anda merasa penasaran dengan wilayah tersebut, maka Anda wajib untuk berkunjung ke lokasi ini.

Sekilas Tentang Kampung Adat Mahmud

Kampong Mahmud atau Makom Karomah Mahmud adalah salah satu wilayah atau kampung yang masih memiliki nilai adat yang kental ini berlokasikan di Bandung bagian selatan. Tepatnya berlokasikan di RW 04 Desa Mekarrahayu Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung Selatan.

Berdasarkan hasil survey dari masyarakat yang berada di sekitaran Kampung Mahmud, kampung ini dulunya di bangun oleh leluhur mereka yaitu Sembah Eyang Abdul Manaf yang mana beliau merupakan salah stau keturunan dari seorang wali yang berasal dari Cirebon.

Kampung ini sendiri di bandung pada abad ke-15 Masehi. Sebelum beliau membangun kampung ini, Eyang Abdul manaf memutuskan untuk pergi ke Mekah untuk meninggalkan kampung halamannya, beliau menetap di Mekah dalam waktu yang cukup lama.

Info Lainnya:  Padepokan Seni Mayang Sunda: Mengenal Budaya Khas Sunda yang Unik

Nah, suatu hari, Eyang Abdul Manaf merasa kalau dirinya harus segera kembali ke kampung halamannya. Namun sebelum beliau pulang, beliau memutuskan untuk berdoa terlebih dahulu di suatu tempat yang mana tempat itu di sebut sebagai Gubah Muhamad yang mana lokasinya sangat berdekatan dengan Masjidil Haram. Dalam doanya ia berucap, bahwa ia menginginkan satu kampung yang terbebas dari penjajahan.

Nah setelah selesai berdoa, beliau akhirnya memutuskan untuk pulang ke kampungnya. Setelah sampai di kampung halamannya ini, ia membangun sebuah kampung dengan menggunakan sekepal tanah yang mana tanah tersebut ia bawa jauh-jauh dari Gubah Muhamad, da akhirnya kampung tersebut di beri nama dengan nama kampung Mahmud.

Bagaimana dengan tempat penyimpanan sekepal tanah ya di bawa oleh Eyang Abdul Manaf? Penting juga untuk di ketahui, bahwa tempat pertama yang di gunakan oleh Eyang Abdul Manaf untuk menyimpan sekepal tanah itu kini sudah menjadi satu masjid yang di beri nama Masjid Paimbaran.

Alamat Lengkap Kampung Adat Mahmud

Bagi Anda yang penasaran dengan kondisi kampung adat ini, maka Anda bisa langsung saja datang ke alamat di RW 04 Desa Mekarrahayu Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung Selatan. Di kawasan ini Anda bisa mencari tahu kebenaran dari cerita yang kami utarakan tersebut, dan Anda juga bisa lebih dalam lagi mengenal adat istiadat di kampung ini.

Itu dia sedikit informasi mengenai Kampung Adat Mahmud yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga apa yang kami sampaikan di pembahasan kami ini bisa memberikan manfaat yang sangat luar biasa.