Kampung Tenun Samarinda

0
15

Sarung Samarinda sepertinya sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Namun tahukah kamu bahwa sarung ini menjadi ciri khas dari Kota Samarinda yang dibuat dengan cara tradisional sampai dibuat sebuah kampung yang dikenal dengan nama Kampung Tenun Samarinda. Kampung ini merupakan tempat di Indonesia yang masih melestarikan warisan nusantara berupa kain tenun.

Bagi wisatawan lokal ataupun luar negeri, tempatnya sangat cocok untuk oleh-oleh atau buah tangan saat berkunjung ke Kota Samarinda. Selama berkunjung kesana, wisatawan bisa merasakan suasana perpaduan seni, budaya, culture, dan juga ciri khas dari salah satu daerah yang ada di Indonesia.

Sejarah Kampung Tenun Samarinda

Menjadi salah satu cagar budaya yang banyak dikunjungi wisatawan, tempat ini bukan berarti tidak memiliki sejarah yang menarik untuk diketahui. Dulunya masyarakat di daerah Samarinda terutama kaum ibu-ibu mengisi waktu luang untuk menunggu suaminya pulang kerja dengan menenun sutra atau benang biasa menjadi sebuah sarung.

Sarung Samarinda yang sudah terkenal sejak ratusan tahun lalu dan pertama kali diperkenalkan oleh orang-orang yang membangun Kota Samarinda. Tempat ini dulunya menjadi tempat bersandarnya kapal pertama yang datang ke wilayah Samarinda dan membuat satu desa kecil yang sampai sekarang menjadi kota besar yaitu Samarinda.

Daya Tarik Kampung Tenun Samarinda

Kampung Tenun Samarinda merupakan salah satu cagar budaya yang menjadi tempat berkumpulnya para pengrajin sarung tenun khas Samarinda. Kampung ini tidak hanya menjadi obyek wisata saja, melainkan termasuk desa budaya yang patut dilestarikan dengan baik. Selama berkunjung kesana, para pengunjung bisa melihat langsung proses pembuatan sarung Samarinda yang terkenal di Indonesia.

Suasana di dalam Kampung Tenun Samarinda memiliki ciri khasnya tersendiri yaitu sangat klasik dan sunyi. Sehingga kamu akan mendengar dengan jelas pengrajin yang sedang menenun menggunakan sebuah alat berbahan dasar kayu. Selain membuat sarung, pengrajin tenun juga biasa membuat tas yang indah dari kain.

Info Lainnya:  Penangkaran Buaya Samarinda

Di daerah tersebut, ada banyak berbagai toko yang menjual souvenir yang bisa dibeli para pengunjung salah satunya yaitu kerajinan bermotif dayak yang terbuat dari manik-manik dengan harga yang sangat murah dan sarung dengan berbagai macam motif. Untuk sarung originalnya ditarif harga mulai dari Rp. 250.000 – Rp. 350.000.

Lokasi Kampung Tenun Samarinda

Kampung Tenun Samarinda berlokasi di Jalan Pertenunan, Jalan Hos Cokro Aminoto, Rapak Dalam, Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

Akses jalan menuju tempat ini sudah cukup bagus, namun bus berukuran besar tidak bisa langsung masuk kesana. Kondisi jalanan untuk sampai ke kampung budaya ini tidak terlalu lebar. Jam buka untuk bisa berkunjung ke sana mulai dari pukul 08.00-20.00 WITA.