Keindahan Desa Pentingsari Yang Dijadikan Sebagai Desa Wisata

0
20

Desa Wisata Pentingsari merupakan sebuah Desa Wisata yang berada di Yogyakarta. Lokasinya di Kabupaten Sleman yaitu di Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan. Sebenarnya letak Desa Wisata Pentingsari tepat di kaki Gunung Merapi. Sehingga desa ini selalu di selimuti kabut dan udara sejuk pada pagi maupun siang hari. Desa Wisata Pentingsari yaitu salah satu dusun yang telah dijadikan sebagai Desa Wisata dari tahun 2008, setiap tahunnya desa wisata pengunjungnya meningkat, terutama wisatawan dari mancanegara. Desa Wisata Pentingsari selalu melestarikan kebudayaan, sosial, dan alam. Tentunya selalu memprioritaskan daya tarik paling utamanya.

Jika dilihat dari peta, bentuk geografi desa wisata pentingsari cukup unik, yang memiliki bentuk semenanjung dan disebelah selatan ada lembah ponteng atau gondoran, begitupun disebelah barat ada lembah yang cukup curam merupakan kali kuning. Kemudian untuk disebelah timur ada lembah kali pawon, selanjutnya untuk disebelah utara terdapat pemukiman penduduk lokal disertai pemandangan gunung yang luas.

Sebenarnya desa wisata pentingsari mempunyai potensi sebagai destinasi desa wisata yang unggul. Selain mempunyai pemandangan cukup indah yang berlatar Gunung merapi yang megah. Desa wisata memiliki 3 aspek unggulan yaitu membuat pengunjung selalu ramai. Keunggulan pertama yaitu memiliki keunikan dari desa lainnya, alamnya masih asri atau terjaga, begitupun kalian bisa melihat hamparan sawah yang membentang luas. untuk yang kedua hampir dari semua tenaga  pengelola desa wisata pentingsari merupakan penduduk lokal. Dan selanjutnya yang ketiga warga pentigsari masih melestarikan kebudayaan salah satunya ciri khas rumahnya masih dijaga yaitu joglo, begitupun kebanyakan dari homestaynya masih berbentuk rumah khas Jogja.

Ketika berkunjung ke desa wisata pentingsari kalian dapat menikmati fasilitas yang lengkap dan paket wisata dengan harga terjangkau. Yang memesan paket wisata biasanya dari kalangan pekerja kantor, turis mancanegara, maupun wisatawan lokal yang akan mengadakan acara – acara tertentu.

Info Lainnya:  Kampoeng Ciherang: Destinasi Wisata Baru Di Kabupaten Sumedang

Objek wisata yang ada di desa pentingsari, diantaranya:

  1. Rumah Joglo

Rumah joglo merupakan rumah adat khas Daerah Istimewa Yogyakarta atau Jawa Tengah. Selain memiliki karakteristik akan keindahan alam dan kebudayaan di rumah Joglo bisa digunakan sebagai tempat pertunjukan pentas seni, budaya hingga sebagai acara pertemuan.

  1. Pancuran Suci Sendangsari

Merupakan sebuah pancuran yang katanya dipercaya sebagai penyembuhan berbagai penyakit oleh warga dusun pentingsari dan untuk dijadikan sebagai tempat pertemuan Dewi Nawang Wulan dan Joko Tarup.

  1. Luweng

Merupakan sebagai pembuktian kepada Pangeran Ponorogo saat memperjuangkan kota DIY yang sempat direbut oleh penjajah belanda. luweng biasanya digunakan sebagai alat masak untuk menyediakan makan oleh pangeran ponorogo. Disamping itu sebagai alat persembunyian ketika keadaan sedang terdesak.

  1. Batu Dakon

Biasanya digunakan untuk bermain anak – anak, namun Batu Dakon dipercaya sebagai tempat untuk mengatur strategi perang pada saat mengusir penjajah belanda.

  1. Wisata Alam

Suasana di desa wisata pentingsari masih asri, udaranya pun sangat sejuk. terdapat tumbuhan atau tanaman yang teduh. Begitupun dengan warga dusun pentingsari saat berjumpa disambut dengan ramah. Terdapat hamparan pesawahan yang sangat luas hingga berbagai macam sayuran. Sehingga dusun ini dipilih sebagai Desa Wisata.

  1. Ponteng

Merupakan sebuah goa yang dijadikan tempat untuk persinggahan ular besar dari baruklinting.

  1. Batu Persembahan

Yang dipercaya sebagai tempat menyembah pada ular besar yang singgah di ponteng dan setiapa bulan suro selalu mengadakan penyembahan.