Kuliner Jogja Yang Menggoda

0
49

Yogyakarta dikenal sebagai kota pendidikan dan ternyata tidak  hanya itu, Yogyakarta pun dikenal dengan kulinernya yang siap memanjakan lidah kalian. Jadi kalian kalau ke Yogyakarta jangan lupa coba kulinernya disamping menikmati destinasi wisatanya.  Inilah beberapa kuliner jogja yang patut kalian coba saat  berkunjung ke jogja.

  1. Gudeg

    Kuliner jogja satu ini bukan tanpa alasan dikatakan  sebagai kuliner jogja yang menggoda,hal ini disebabkan ketika mendengar gudeg kita secara otomatis akan membayangkan kota Yogyakarta. Gudeg ini ada bersamaan dengan dibangunnya kerjaan mataram islam di alas mentaok saat itu. Namun, gudeg ini bukanlah makanan yang berasal dari dapur kerajaan akan tetapi  makanan ini berasal dari masyarakat sendiri.

    Pada abad ke-19 belum banyak yang jualan gudeg. Namun, pada tahun 1940 gudeg sudah mulai terkenal dan menjadi ciri khas kuliner jogja. Akan tetapi belum ramai di pasarkan, gudeg jogja baru banyak dipasarkan ketika Presiden Pertama Indonesia Ir. Soekarno mulai melakukan pembangunan Universitas Gajah Mada (UGM). Gudeg ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti nangka muda,gula, santan, rempah-rempah, dan daun jati, inilah yang membuat warna gudeg menjadi warna coklat kemerahan.

    Gudeg juga bisa dianggap sebagai kuliner jogja yang termasuk makanan vegetarian. Itu karena gudeg terbuat dari nangka muda. Gudeg juga memiliki berbagai varian diantaranya, ada gudeg kering, gudeg basah, gudeg khas jogja, gudeg khas Kota Solo, dan gudeg khas Jawa Timur. Rasa gudeg sendiri itu gurih manis. Bagi kalian yang menyukai rasa gurih manis dan kalian vegetarian patut kalian coba gudeg jogja satu ini.

  2. Cenil

Kuliner jogja yang menggoda selanjutnya adalah cenil. Kalian sudah mendengar jenis cemilan ini? Jika belum mari kita simak selintas, cenil ini adalah jenis cemilan khas jogja yang memiliki rasa manis dan gurih. Cenil ini terbuat dari bahan tepung, saripati ketela,air hangat,parutan kelapa,garam,taburan gula pasir, dan gula jawa cair. Cenil ini cocok menemani aktivitas kalian saat berada di jogjakarta. Oh iya, makanan ini memiliki cita rasa yang khas tersendiri.

Untuk kuliner jogja satu ini kalian bisa mendapatkannya di pasar-pasar tradisional jogja dengan kisaran harga Rp.  2000, harga canil ini bisa dikatakan terjangkau bukan?  Meskipun didapat dengan harga terjangkau cita rasa dan teksturnya yang kenyal mampu memanjakan lidah kalian.  Biasanya pasar tradisional  mulai beroperasi  di mulai pukul 06.00 – 11.00 maka disekitaran waktu itu kalian bisa membeli makanan khas jogja ini.

3. Belalang Goreng

Bagaimana perasaanmu saat pertama kali mendengar makanan satu ini? Iya, makanan satu ini termasuk kuliner jogja yang menggoda meskipun saat pertama kali mendengarnya ada yang merasa geli atau berpikir yang tidak-tidak. Meskipun begitu, kuliner jogja satu ini memiliki kandungan  protein yang sangat tinggi. Bagi kalian yang penasaran dengan rasanyanya kalian bisa mendapatkan di dekat pantai Winosari.

Kuliner jogja satu ini merupakan makanan khas gunung kidul.  Bahan dasar dari belalang goreng ini sendirinya tentu belalang. Namun, jenis belalang yang digunakan adalah jenis belalang kayu. Untuk bumbunya sendiri menggunakan ketumbar,garam,bawang putih, dan cabai apabila ingin rasa pedas. Kuliner jogja ini sering juga di jadikan oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke pantai di winosari.

Bagi kalian yang ingin mencoba kuliner jogja satu ini, kalian jangan khawatir. Meskipun makanan ini asing atau bisa dikatakan antimainstrem ,makanan ini  aman. Untuk varian rasanya, ada belalang  goreng rasa gurih, belalang goreng rasa pedas, dan belalang goreng rasa manis. Oh iya, belalang goreng ini bisa tahan sampai satu bulan.

4. Peyek Tumpuk

Kuliner jogja yang menggoda berikutnya adalah peyek tumpuk. Peyek tumpuk ini adalah makanan yang terbuat dari parutan kelapa,tepung beras, gula pasir, dan kacang tanah. Peyek tumpuk ini bisa dijadikan cemilan dan bisa dijadikan lauk tambahan saat makan.  Makanan satu ini berkisar Rp. 20.000, jadi sangat terjangkau buat kalian yang ingin mencoba makanan khas jogja satu ini.

5. Keripik Belut

Kuliner jogja  ini bisa kalian dapatkan di pasar Golden Sleman, tepatnya di Jl.  Godead KM 10 dari tugu Pal putih Yogyakarta. Keripik belut ini terbuat dari belut yang segar dan menggunakan bahan yang alami. Sehingga aromanya pun harum. Keripik belut ini memiliki rasa gurih renyah dan memiliki aroma harum bawang yang tentunya semakin menggugah selera siapapun yang mecium aroma ini.

6. Sate Kere

Kuliner jogja satu ini menurutku memiliki nama yang unik. Sate kerek memiliki aroma khas di banding sate-sate lainnya. Ini karena sete kerek terbuat dari gajih atau lemak sapi. Lemak sapi ini ditusuk-tusuk menggunakan tusukan sate yang terbuat dari bambu. Setelah dibakar lalu disajikan dan dicampur dengan bumbu yang dibuat dengan rempah yang khusus.

Kuliner jogja ini memiliki keunikan tersendiri, jika sate yang pada umumnya mengeluarkan asap yang tidak terlalu banyak maka beda halnya dengan sate kerek ini. Sate kerek ini saat dibakar akan mengeluarkan asap yang lumayan banyak melebihi asap yang dikeluarkan oleh sate-sate yang di bakar lainnnya. Aroma yang dikeluarkannya pun lebih harum dan tentunya semakin menggugah selera yang menciumnya.

Sate ini memiliki warna kekuningan dan biasanya disajikan diatas daun pisang. Kalian bisa menikmati sate kerek ini dengan membayar Rp. 2000 pertusuk, terjangkau bukan?  Sate kerek ini banyak yang memburu, baik wisatawan maupun orang lokal.

7. Kipo

Kuliner jogja yang akan aku bahas ini bernama kipo. Kipo ini terbuat dari  bahan dasar tepung beras ketan dan pandan.  Kuliner jogja satu ini di masak di atas wajan tanah liat diatas arang. Dalam bentuk penyajiannya sangat unik bukan ? kipo ini sendiri memiliki warna hijau. Warna hijau ini berasal dari daun pandan tadi.

Tekstur dari kuliner jogja yang bernama kipo ini lembut dan kenyal, bentuknya lonjong, dan  biasanya isinya itu adalah parutan kelapa atau gula jawa. Makanan khas jogja ini ternyata hampir punah atau bisa dikatakan hampir langka. Jadi, agak sulit untuk menemukan makanan ini. Biasnya harga makanan ini berkisar Rp. 2000 perbiji.

8. Bakmi jogja

Bakmi jogja merupakan kuliner jogja yang tidak kalah enak dan menggugah selera dibanding dengan makanan khas jogja yang sudah dibahas diatas. Bakmi jogja  ini dimasak dengan  direbus  menggunakan tungku yang terbuat dari tanah liat yang bahan bakarnya arang. Bakmi jogja ini memiliki rasa gurih dilengkapi dengan bumbu-bumbu khas jawa sehingga cita rasa yang tersaji itu cukup khas. Selain itu bakmi jogja ini dapat disajikan dengan kuah maupun kering.Biasanya yang menjual bakmi jogja ini menggunakan gerobak.

Itulah beberapa makanan khas jogja yang menggoda versiku. Meskipun semua makanan ini menggoda tapi tetap santaplah makanan yang memang baik dan kalian butuhkan. Sehingga makanan yang kalian konsumsi tidak tersisa dan terbuang sia-sia.  Untuk lebih seru dalam menikmati kuliner jogja ajak juga keluarga atau teman-teman kalian untuk menikmatinya.