Menambah Pengetahuan Di Teropong Bintang Bosscha Lembang

0
34

Apakah Anda tengah mencari tempat wisata yang bisa memberikan hiburan sekligus pengetahuan yang lebih untuk anak-anak? Nah, jawabannya adalah Teropong Bintang Bosscha Lembang Bandung. Mengapa demikian? Karena di tempat ini si kecil bisa belajar lebih banyak mengenai benda-benda yang memang ada di luar angkasa selain bintang.

Nah, dengan Anda atau bahkan si kecil melihat benda apa saja yang ada di luar angkasa, patsinya bisa menjadikan momen liburan Anda semakin berkesan. Bukan hanya bisa memberikan pengalaman yang luar biasa, namun dengan kegiatan ini Anda atau bahkan si kecil bisa mendapatkan ilmu yang lebih.

SEJARAH TEROPONG BINTANG BOSSCHA

Teropong Bintang Bosscha atau di kenal juga dengan Observatorium Bosscha awalnya di rancang sebagai salah satu proyek mega yang sangatlah penting, yang mana bangunan ini di rancang dan di bangun oleh Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV) atau bisa di katakan juga sebagai Perhimpunan Bintang Hindia Belanda, yang mana peletakan batu pertamanya di lakukan pada tahun 1923 dan bisa di selesaikan pada tahun 1928.

Pembangunan Teropong Bintang yang berlokasikan di Lembang ini bukan karena tidak adanya alasan yang logis, teropong ini di bangun dengan tujuan yang sangat penting dari sejumlah ahli astronomi di abad ke-20. Mengapa demikian? Karena mereka menyadari bahwa ternyata gugusan bintang yang ada di luar angkasa tersebut ternyata membentuk sebuah sistem galaksi yang mana antara bintang satu dengan yang lainnya terikat.

Nah, dengan berbekalkan keingintahuan mereka, maka para astronomi ini memutuskan untuk membangun sebuah tempat yang nantinya bisa mereka gunakan untuk melihat dan juga meneliti hal apa saja yang terjadi di luar angkasa.

Info Lainnya:  Glamping Lakeside Rancabali Ciwidey Bandung

Nah, tepat pada tanggal 17 Oktober 1951 Teropong Bosscha ini diserahterimakan kepemilikannya, yang pada awalnya tempat ini di kelola oleh Perhimpunan Bintang Hindia Belanda ( NISV ) diserahkan kepada Pemerintahan RI. Setelah 8 tahun lamanya menjadi milik Pemerintahan RI, akhirnya Teropong Bintang ini kembali di serahkan kepada perguruan tinggi ITB untuk di kelola kembali. Dan setelah itu, Teropong Bintang Bosscha ini akhirnya menjadi pionner dan satu-satunya pusat lembaga penelitian dan juga pelatihan Astronomi Indonesia.

WISATA TEROPONG BINTANG BOSSCHA

Teropong Bintang Bosscha ini berlokasikan di daerah Lembang, yang mana pastinya menjadi salah satu alternative pilihan para wisatawan yang memang ingin berlibur sekaligus menambah pengetahuannya. Hal ini juga dikarenakan Teropong Bintang Bosscha telah di tetapkan sebagai salah satu tempat wisata budaya yang berada di kota Bandung.

Nah, jika Anda ingin menikmati wisata Teropong Bintang Bosca dengan budget yang terjangkau dan bisa menikmati fasilitas yang tersedia, maka Anda harus memastikan terlebih dahulu kalau Anda telah membuat jadwal atau bahkan planning berlibur ke kota kembang ini. Hal ini di karenakan tempat wisata di bandung ini telah menentukan aturan bagi siapa saja yang berkunjung ke lokasi ini.

FASILITAS TELESKOP DI TEROPONG BINTANG BOSSCHA

Teropong Bintang Bosscha ini memiliki beberapa fasilita syang bisa mendukung kegiatan wisata budaya Anda, diantaranya adalah:

  1. Teleskop Rafraktoir Ganda Zeiss
  2. Teleskop Schmidt Bima Sakti
  3. Teleskop Refraktor Bamberg
  4. Teleskop Cassegrain Goto
  5. Teleskop Refraktor Unitron
  6. Teleskop Surya
  7. Teleskop Radio 2,3M

LOKASI TEROPONG BINTANG BOSSCHA

Teropong Bintang Bosscha ini beralamatkan di Peneropong Bintang, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391. Untuk reservasi Teropong Bintang Bosscha Anda bisa langsung menghubungi no Telp di (022) 2786027.

Info Lainnya:  Mengenal Jenis Bunga Anggrek dan Kaktus Di Rumah Bunga Rizal Lembang Bandung

HARGA TIKET MASUK TEROPONG BINTANG BOSSCHA TERBARU

  1. Kunjungan Siang dikenakan tarif Rp.15.000/orang
  2. Kunjungan Malam dikenakan tarif Rp.20.000/orang

JADWAL TEROPONG BINTANG BOSSCHA :

Hari

Jam

Kapasitas

Catatan

Selasa

Sesi I: 09:00 – 10:30 WIB

Sesi II: 11:00 – 12:30 WIB

Sesi III: 13:00 – 14:30 WIB

200 Orang Untuk hari Selasa-Jumat teropong Bintang hanya menerima kunjungan dari Sekolah / Instansi / Organisasi.

 

Tidak menerima kunjungan perorangan / keluarga.

Rabu

Sesi I: 09:00 – 10:30 WIB

Sesi II: 11:00 – 12:30 WIB

Sesi III: 13:00 – 14:30 WIB

200 Orang

Kamis

Sesi I: 09:00 – 10:30 WIB

Sesi II: 11:00 – 12:30 WIB

Sesi III: 13:00 – 14:30 WIB

200 Orang

Jumat

Sesi I: 09:00 – 10:30 WIB

Sesi II: –

Sesi III: 13:00 – 14:30 WIB

200 Orang

Sabtu

Tidak ada sesi khusus.

Buka jam 09:00 – 13:00 WIB

 

200 Orang Sabtu hanya menerima kunjungan perorangan / keluarga. Dan tidak menerima kunjungan dalam jumlah besar (>20 orang)