Menengok Keindahan Seni Budaya Di Gedung Kesenian Rumentang Siang

0
16

Sahabat traveler’s, penting untuk Anda ketahui, bahwa ternyata bukan hanya Padepokan Seni Mayang Sunda saja yang sering menampilkan kreatifitas-kreatifitas para pencinta seni yang ada di kota Bandung, namun di Gedung Kesenian Rumentang Siang juga kerap kali di adakan festival yang menampilkan sejumlah kesenian yang bisa menghibur Anda semua di musim liburan.

Rumentang Siang sendiri adalah salah satu nama gedung kesenian yang ada di kota Bandung, tepatnya berlokasi di Jl. Baranang Siang No. 2, yang mana lokasi ini sangat berdekatan dengan pasar Kosambi. Dan gedung ini merupakan salah stau gedung yang kerap kali di gunakan untuk menampilkan berbagai kreativitas seni warga Bandung.

Sekilas Tentang Gedung Kesenian Rumentang Siang

Sebenarnya Rumentang Siang ini dulunya bekas gedung bioskop Rivoli, yang mana bioskop ini merupakan bioskop peninggalan pada tahun 1930-an. Nah, pada tahun 1975, gedung Rumentang ini di alih pungsikan oleh Gubernur Jabar, yaitu Solihin GP yang saat itu tengah bertugas. Dikarenakan pada waktu itu fasilitas untuk gedung kesenian masih sangat jarang, dan itu hanya ada satu yaitu Gedung Yayasan Pusat kebudayaan (YPK), maka Gubernur memutuskan untuk menjadikan Gedung Rumentang Siang ini sebagai gedung untuk mementaskan kesenian.

Dari Mana Nama Rumentang Siang di Ambil?

Nama Rumentang sendiri di ambil atau di berkan langsung oleh seorang penyair, yang bernama Wahyu Wibisana. Jika kita mengartikannya dalam bahasa Suna, Rumentang Siang ini berarti “Bahwa dari berbagai macam jenis kesenian dan banyaknya seniman di kota Bandung yang terlihat samar samar, akan terlihat jelas dan nyata setelah adanya gedung Kesenian Rumentang siang.”

Sebenarnya, sebelum gedung ini memiliki nama Rumentang Siang, gedung kesenian ini memiliki nama lain yaitu Kandaga Bandung yang mana nama ini di berikan langsung oleh Walikota Kota Bandung yaitu Oce Djunjunan. Akan tetapi, yang dipilih untuk nama geudng ini adalah Rumentang Siang. Dan jika kita menghitungnya, Gedung ini sudah berusia lebih dari 80 tahun.

Info Lainnya:  Goa Belanda dan Goa Jepang: Situs Bersejarah yang Wajib Anda Kunjungi

Alamat Gedung Kesenian Rumentang Siang

Jika Anda penasaran dengan seni budaya yang sering di tampilkan di Gedung Kesenian Rumentang Siang, maka Anda bisa datang langsung ke lokasi gedung tersebut, yang beralamatkan di Jl. Baranang Siang No. 1, Kebon Pisang, Sumurbandung, Kb. Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40112.

Jam Buka Gedung Kesenian Rumentang Siang

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Gedung Kesenian Rumentang Siang, maka Anda bisa datang di jam tertentu, dan Gedung kesenian ini buka setiap hari. Berikut jadwal buka Gedung Kesenian Rumentang Siang, yaitu sebagai berikut:

  • Senin: 08.00–22.00 WIB
  • Selasa: 08.00–22.00 WIB
  • Rabu: 08.00–22.00 WIB
  • Kamis: 08.00–22.00 WIB
  • Jumat: 08.00–22.00 WIB
  • Sabtu: 08.00–22.00 WIB
  • Minggu: 08.00–22.00 WIB

Tunggu apalagi, yuk buruan datang ke sana. Bukan hanya berlibur, tapi ketika kita berkunjung ke lokasi tersebut kita akan tahu seni budaya apa saja yang selama ini belum kita ketahui. Menahmbah ilmu, bukan? Semoga informais mengenai Gedung Kesenian Rumentang Siang ini bermanfata bagi Anda semua ya sahabat traveler’s.