Mengenal Sisi Lain Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monju)

0
20

Monumen Perjuangan atau lebih di kenal sebagai Monju merupakan salah satu tempat wisata bersejarah yang memang sudah menjadi ikon penting kota Bandung. Monumen ini sangatlah berdekatan dengan Gedung Sate juga Kampus Universitas Padjajaran atau UNPAD.

Hampir setiap hari lokasi ini banyak di kunjungi, baik oleh penduduk setempat atau bahkan para wisatawan yang datang dari luar. Mengapa demikian? Karena bukan hanya bersejarah, namun lokasi ini juga kerap kali di jadikan sebagai spot berfoto.

Nah, jika Anda melihat bangunan ini dari atas Gedung Sate, maka tingginya bangunan ini akan sejajar dengan Gunung Tangkuban Perahu. Dan monumen ini semakin terkenal ketika monumen bersejarah ini di jadikan sebagai poster promosi salah satu sinetron Indonesia.

Sejarah Monumen Perjuangan (Monju)

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monju) ini merupakan Museum Sejarah Perjuangan Rakyat Jawa Barat yang berada di Tatar Pasundan atau lebih di kenal sebagai Parahiangan. Monju sendiri mulai resmi di buka dan di gunakan pada tanggal 23 Agustus 1995, dan monument ini di resmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Raden Nana Nuriana.

Monju sendiri memiliki model bangunan yang menyerupai bambu runcing yang mana model dari bangunan ini di padukan dengan gaya arsitektur yang modern. Ketika Anda melihat bangunan ini, maka bisa kami pastikan Anda akan terkagum-kagum dengan bentuk keindahannya.

Monju sendiri hanya memiliki 7 koleksi saja di dalam museumnya, yang memang tidak sebanding dengan luasnya ruangan yang di gunakan tersebut. Dan berikut beberapa koleksi yang ada di museum tersebut, yaitu sebagai berikut:

  1. Diorama Perjuangan Sultan Agung Tirtayasa Bersama Rakyat Menentang Kolonial Belanda Tahun 1658
  2. Diorama Partisipasi Rakyat Dalam Pembangunan Jalan di Sumedang
  3. Diorama Perundingan Linggarjati 1946
  4. Diorama Bandung Lautan Api 24 Maret 1946
  5. Diorama Long Mach Siliwangi Januari 1949
  6. Diorama Konfrensi Asia Afrika di Bandung 1955
  7. Diorama Operasi Pagar Betis (Operasi Brata Yuda) 1962.
Info Lainnya:  Kenali Budaya Bandung Melalui Taman Budaya Jawa Barat

Alamat Monumen Perjuangan (Monju)

Nah, bagi Anda yang ingin berkunjung ke Monumen Perjuangan (Monju) dan penasaran dengan semua hal yang ada di Monju, maka Anda bisa langsung datang ke alamat Jl. Dipatiukur No.48, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132.

Lokasi Monju sendiri langsung berhadapan dengan Gedung Sate yang menjadi ikon kota Bandung, dan sangat berdekatan dengan Kampus Universitas Padjajaran (UNPAD) kota Bandung. Jadi Anda tidak akan sulit untuk mencari alamat Monju tersebut.

Jam Buka Monumen Perjuangan (Monju)

Untuk jam buka Monju atau Monumen Perjuangan, Anda bisa melihatnya di bawah ini:

  • Senin: 08.00–15.00 WIB
  • Selasa: 08.00–15.00 WIB
  • Rabu: 08.00–15.00 WIB
  • Kamis: 08.00–15.00 WIB
  • Jumat: 08.00–15.00 WIB
  • Sabtu: Tutup
  • Minggu: Tutup

Nah, itu dia sedikit ulasan mengenai Monumen Perjuangan (Monju) yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga apapun bentuknya informais yang kami sampaikan bisa memberikan manfaat bagi Anda semua, selamat berlibur!