Objek Wisata Candi Borobudur

0
107

Wisata Candi Borobudur – Borobudur adalah salah satu candi atau disebut juga kuil terbesar di dunia dan pernah menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia. Candi Borobudur memiliki bentuk bujur sangkar pada bagian atasnya dimana terdapat 16 teras dan 3 pelatan yang melingkar. Bagian dinding Candi Borobudur dihiasi oleh panel relief sebanyak 2.672 serta arca buddha sebanyak 504. Candi Borobudur menjadi salah satu candi dengan relief budha terlengkap di Indonesia dan bahkan terbanyak di dunia.

Candi Borobudur memiliki bangunan yang sangat menakjubkan dan sangat megah. Tentunya bagaimana tidak, Candi Borobudur memiliki stupa utama yang sekaligus menjadi mahkota candi yang terletak di bagian tengah. Disini juga terdapat 72 stupa berlubang yang melingkari candi dimana stupa tersebut memiliki lubang yang didalamnya terdapat arca Buddha dengan posisi duduk bersila sempurna dan sikap tangan memutar roda dharma.

Daya Tarik Candi Borobudur

Seperti yang kita tahu bahwa Candi Borobudur merupakan salah satu tempat wisata yang tidak diragukan lagi keindahan dan kemegahannya sehingga tidak heran Candi Borobudur memang sangat terkenal dikalangan fotografi baik itu fotografi asli Indonesia maupun fotografer luar Negeri. Saat anda berlibur ke Candi Borobudur, anda tidak hanya akan dimanjakan dengan kemegahan candi yang terpampang nyata, disini juga anda bisa memanjakan mata anda dengan berbagai pernak pernik khas Candi Borobudur yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Pernah pernik tersebut seperti baju, gantungan dan sebagainya yang bisa anda beli di penjual-penjual sekitar tempat wisata. Kedua hal ini juga tentunya merupakan salah satu daya tarik para wisatawan.

Lokasi Candi Borobudur

Untuk bisa menuju ke objek wisata ini tentunya sangat mudah, Candi Borobudur berada di Jalan Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Lokasi tempat wisata ini terbilang cukup strategis karena berada di pinggir jalan raya sehingga bagi para wisatawan yang baru pertama kali ke obyek wisata ini akan lebih mudah menemukannya. Selain itu, Candi Borobudur juga berada tidak jauh dari Yogyakarta, sehingga banyak sekali orang yang keliru bahwa candi ini termasuk ke wilayah jogja.

Info Lainnya:  Mengenal Sejarah Museum Bahari di Jakarta

Fasilitas Di Candi Borobudur

Karena menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jawa Tengah, tentu saja Candi Borobur memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti toilet, mushola, tempat duduk dan beberapa fasilitas lainnya. Di sekitar tempat wisata juga anda bisa dengan mudah menemukan tempat penginapan, tempat makanan, tempat oleh-oleh dan lain sebagainya.

Tiket Masuk Ke Candi Borobudur

Untuk bisa berkunjung ke Candi Borobudur, anda akan dikenakan biaya masuk. Namun, perlu anda ketahui bahwa tiket masuk ditentukan berdasarkan usia dan pastinya berdasarkan hari kunjungan. Berikut rincian tiket masuk ke wisata Candi Borobudur :

  • Dewasa Rp. 30.000 per orang.
  • Anak-anak di bawah 6 tahun Rp. 12.500 per orang.
  • Wisatawan mancanegara dewasa USD 20.
  • Wisatawan mancanegera anak-anak USD 10.

Anda bisa memanfaatkan diskon 10% jika anda datang rombongan sejumlah 30 orang untuk orang dewasa dan diskon 10% jika datang rombongan sejumlah 20 orang untuk anak-anak. Maka tidak heran, saat anda berkunjung kesini anda akan menemukan banyak sekali rombongan orang karena memang candi borobudur sendiri selalu menjadi tujuan wisata study tour.

Itulah sekilas ulasan tentang wisata Candi Borobudur. Selain mengunjungi Candi Borobudur terdapat beberapa tempat lain yang tidak boleh anda lewatkan seperti Punthuk Setumbu, Bukit Rhema Gereja Ayam, Candi Pawon, Candi Mendut dan beberapa tempat wisata lainnya. Selamat berlibur!