Perkaya Pengetahuan di Objek Wisata Museum Geologi Bandung

0
25

Bagi anda yang ingin berwisata ke lokasi wisata yang penuh dengan informasi dan pengetahuan baru, anda bisa coba berkunjung ke objek wisata museum geologi bandung. Ini adalah lokasi wisata yang memiliki daya Tarik khususnya untuk yang mengagendakan ‘study tour’. Ada banyak informasi tentang sejarah masa silam yang bisa ditemukan di lokasi ini. Informasi tersebut bisa ditemukan langsung dalam beragam peninggalan geologi yang tersimpan disana. Ada barang-barang yang bahkan merupakan peninggalan ribuan tahun lalu seperti fosil manusia purba dan bahkan dinosaurus.

Sejarah Musium Geologi

Musium geologi bandung pertama kali dibuka sejak 16 Mei 1928 lalu. Sebetulnya, penelitian tentang kondisi geologi di bumi Indonesia telah dilakukan sejak abad ke-17 oleh para ahli Eropa. Penyelidikan itu dilakukan sejak eropa memasuki revolusi industry dimana mereka membutuhkan bahan mentah atau tambang untuk menunjang proses produksi mereka. Pada waktu itu, belanda memutuskan untuk melakukan penguasaan di wilayah Indonesia dengan mendirikan Dienst van het Mijnwezen pada tahun 1850.

Peninggalan Belanda

Hasil penelitian yang didapatkan itu kemudian di simpan di bandung. Pihak belanda kemudian membangun sebuah tempat yang dinamai Geologisch Laboratorium yang sekarang menjadi museum geologi. Musium tersebut merupakan hasil arsitek terkenal Ir. Menalda van Schouwenburg, dengan menghabiskan dana sebesar 400 Gulden dengan 300 pekerja selama 11 bulan. Pada awalnya museum tersebut diresmikan pada 16 Mei 1929 yang bertepatan dengan Fourth Pacific Science Congress.

Koleksi Musium Geologi

Bagi anda yang mau datang kesana tentunya ingin mencari tahu tentang koleksi apa saja yang ada di museum tersebut. Nah, untuk mengetahuinya, berikut ini beberapa informasi koleksi yang ada di dua lantai museum tersebut, diantaranya adalah:

Info Lainnya:  Wisata Bunga Di Taman Begonia Lembang Bandung

Lantai 1

Setidaknya ada tiga ruangan di lantai satu ini yakni ruangan timur, ruangan barat dan juga ruangan bagian tengah. Setidap ruangan memiliki beberapa koleksi yang berbeda sehingga pengunjung bisa menyusurinya secara bertahap.

  • Ruangan Timur: Di ruangan ini terdapat sejarah perkembangan mahluk hidup, patung dinosaurus, kumpulan tengkorak, fosil, artefak, barubara dan banyak juga yang lainnya di bagian tersebut.
  • Ruangan Barat: Nah di bagian ini, anda akan menemukan tektonik, pergerakan lempeng, system tata surya, sumber daya mineral, peta geologi, geomorfologi, geofisika, gunung api dan banyak lagi yang lainnya.
  • Ruang Tengah: Di bagian ini terdapat pelayanan informasi, animasi kegiatan museum, dan beberapa prosedur penelitian lain yang disajikan dalam konsultasi dan animasi khusus dibagian tersebut.

Lantai 2

Nah selain di lantai 1, koleksi museum geologi bandung ini juga ternyata mencapai ke bagian lantai dua. Di lantai dua tersebut, anda bisa menemukan beberapa peninggalan geologi lain yang tak kalah unik dan menarik sehingga bisa menjadi sumber pengetahuan yang berharga. Nah beberapa peninggalan di lantai 2 tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Ruang Timur: Di bagian timur lantai 2 tersebut, anda bisa menemukan segala hal tentang sumberdaya mineral, gunung api dan beberapa hal lain yang erat kaitannya dengan SDA dan cara pengelolaannya.
  • Ruang Tengah: Di bagian tengah ini, anda akan menemukan beragam koleksi tentang miniature pengeboran baik emas ataupun gas bumi. Selain itu, tersedia juga beberapa bebatuan asal papua atau irian jaya.
  • Ruang Barat: Nah di bagian tersebut sebetulnya tidak ada koleksi yang dijajakan karena memang ini adalah ruangan kantor staf.

Jam Operasi dan Tiket

Mengenai jam operasi, ada beberapa kebijakan khusus yang dibuat oleh pihak pengelola museum tersebut yakni:

  • Sening – Kamis = jam 9 pagi – 15.30 sore
  • Sabtu – Minggu = jam 9 pagi – jam 13.30
Info Lainnya:  Rumah Pengabdi Setan: Tempat Wisata Kekinian Yang Lagi Hits

Sementara itu mengenai biaya yang harus dikeluarkan, tiketnya cukup terbilang sangat murah dibandingkan dengan lokasi atau objek wisata yang lainnya. Nah, anda hanya perlu membayar sebagaimana daftar berikut:

  • Pelajar: 2.000 Rupiah
  • Umum: 3.000 Rupiah
  • Wisman: 10.000 Rupiah

Nah demikian informasi tentang lokasi atau objek wisata museum geologi yang bisa anda ketahui. Jika anda ingin mengajak anak-anak liburan bermanfaat menambah pengetahuan, maka lokasi wisata itu sangat cocok untuk dikunjungi.