Penangkaran Buaya Samarinda

0
22

Menghabiskan waktu untuk menghilangkan kepenatan menjalani aktivitas tidak hanya dilakukan dengan liburan ke tempat wisata alam seperti gunung, pantai, dan waterboom saja. Cobalah untuk berkunjung ke suatu tempat yang menyuguhkan nuansa edukasi seperti mengenal hewan-hewan yang populasinya hampir punah.

Salah satu tempat yang bisa kamu datangi yaitu Penangkaran Buaya Samarinda. Sebuah objek wisata alam yang terletak di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur yang menarik untuk dikunjungi. Disana kamu bisa berwisata sekaligus mendapatkan edukasi seputar daftar fauna yang ada di Indonesia.

Sejarah Penangkaran Buaya Samarinda

Penangkaran buaya yang terletak di Kota Samarinda ini awalnya hanya dikenal sebagian orang pada abad ke-20. Pada awalnya, penangkaran ini bertujuan untuk keperluan atraksi bagi para turis yang datang kesana, bukan untuk mengembangbiakkan lalu diambil produknya. Selanjutnya pada tahun 1960-an operasi komersial mulai dilakukan untuk mengambil produk dari buaya.

Buaya banyak dimanfaatkan untuk perkembangan produk yang memiliki nilai jual tinggi seperti tas dan sepatu. Nah, penangkaran buaya Makroman yang ada di Samarinda ini termasuk jenis penangkaran yang memanfaatkan semua produksi dari buaya.

Daya Tarik Penangkaran Buaya Samarinda

Tempat yang memiliki luas kurang lebih 7 hektar ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Salah satunya karena termasuk obyek wisata yang berbeda dari wisata lain. Di Penangkaran Buaya Samarinda terdapat tiga jenis buaya yang terdiri dari buaya siam, buaya muara, dan buaya sepit. Semua buaya yang ada di sana merupakan jenis buaya yang bisa ditemukan di berbagai sungai di Kalimantan Timur.

Penangkaran buaya ini tidak hanya mengembangbiakkan satu jenis buaya saja, melainkan ada berbagai macam buaya yang masing-masing berada di setiap ruang penangkaran. Sehingga para pengunjung bisa melihat beberapa jenis buaya saat berkunjung ke Penangkaran Buaya Samarinda. Selain menyajikan pengetahuan untuk para pengunjung, tempat ini juga menyimpan tantangan yang berbeda selama kamu berkunjung ke sebuah tempat wisata khususnya yang ada Kota Samarinda.

Info Lainnya:  Air Terjun Tanah Merah

Di tempat lain yang ada di Indonesia, tempat seperti ini tentunya jarang ditemukan. Oleh karena itu, pastikan kamu jangan terlewatkan untuk mendapat informasi seputar pengetahuan tentang predator yang satu ini.

Lokasi Penangkaran Buaya Samarinda

Lokasi Penangkaran Buaya Samarinda terletak di Desa Pulau Atas, Kelurahan Makroman, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Dari pusat Kota Samarinda, jarak yang harus ditempuh untuk sampai ke lokasi wisata ini kurang lebih 17 kilometer.  Obyek wisata Penangkaran Buaya Samarinda bisa ditempuh menggunakan kendaraan beroda dua ataupun roda empat.

Untuk bisa melihat buaya-buaya yang ada di Penangkaran Buaya Samarinda, kamu bisa datang kesini dari pukul 08.00 – 17.00 WITA. Harga tiket masuk yang ditawarkan tidaklah mahal, pihak pengelola hanya mentarif harga tiket sebesar Rp.15.000/orang.