Pesona Alam Candi Ratu Boko

0
146

Seperti yang kita ketahui bahwa Jogjakarta merupakan salah satu kota istimewa yang memiliki banyak sekali kawasan objek wisata yang menarik dan sangat indah salah satunya yaitu kawasan wisata bersejarah dan wisata budaya seperti Canti Ratu Boko yang mana kawasan candi ini cukup berdekatan dengan kawasan Candi Prambanan sehingga tidak heran para wisatawan yang mengunjungi objek wisata Candi Prambanan akan sekaligus ditawarkan untuk membeli tiket masuk Candi Ratu Boko yang konon katanya candi ini juga tidak kalah menarik dan memesona dibandingkan Candi Prambanan dan banyak sekali wisatawan yang bilang bahwa tempat ini adalah tempat terbaik untuk menikmati sunset.

Candi Ratu Boko luas sekitar kurang lebih 160.898 meter persegi atau sekitar 16 hektar. Lokasi dari objek wisata ini berada di Desa Bokoharjo. Selain dijadikan sebagai objek wisata bersejarah dan budaya, Candi ini juga menjadi incaran para arkeolog untuk meneliti peninggalan-peninggalan zaman dulu di Jogjakarta, sejauh ini peninggalan yang sudah ditemukan yaitu gapura istana, arca, ruang pembakaran serta ruang pemandian. Saat memasuki kawasan wisata, para wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan dan kemegahan candi.

Daya Tarik Candi Ratu Boko

Pemandangan bangunan yang berdiri megah dan indah walaupun saat ini tidak seutuh dahulu menjadi salah satu alasan mengapa tempat wisata ini masih layak untuk dikunjungi saat anda sedang berada di Jogjakarta. Candi ini memiliki 3 pintu yang terdapat di arah tenggara, timur dan barat. Saat wisatawan masuk dari arah barat, wisatawan akan melihat salah satu peninggalan berupa candi yang dinamakan Candi Batu Putih. Selain candi tersebut, pengunjung juga akan melihat gapura, area pembakaran dan tempat penampungan air yang menjadi salah satu bukti nyata sejarah.

Sementara saat anda berkunjung dari arah pintu tenggara, anda akan melihat sisa-sisa bangunan yang runtuh diakibatkan gempa Jogja. Selain itu, wisatawan juga akan melihat batur candi, kolam keputren, batur keputren dan juga pendopo. Nah, apabila anda masuk dari arah timur anda akan melihat goa wadon, kolam penampungan dan juga goa lanang yang semua hal ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Selain itu, waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini yaitu pada saat sore hari karena wisatawan bisa menikmati sunset.

Lokasi Candi Ratu Boko

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata bersejarah yang satu ini pertama kali tentunya tidak perlu khawatir dikarenakan tempat ini berada di lokasi yang cukup strategis dan bisa di jangkau dengan kendaraan roda empat maupun roda dua. Apabila anda menggunakan kendaraan pribadi rute terbaik yang bisa anda tempuh yaitu dari arah Jogja anda bisa mengambil arah ke Solo, sesampainya di Solo anda akan menemukan lampu merah di Pasar Prambanan, anda hanya perlu mengambil arah belok kanan dari lurus sekitar 3 kilometer. Setelah lurus sejauh 3 km anda akan menemukan papan petunjuk arah ke Candi Ratu Boko, anda tinggal mengikuti petunjuk arah saja. Apabila masih kebingungan anda bisa bertanya atau bisa juga menggunakan google maps. Lokasi Candi Ratu Boko sendiri berada di Gatak, Bokoharo, Prambanan, Sleman.

Agar lebih hemat lagi saat berkunjung ke candi ini alangkah lebih baiknya jika anda memilih paket wisata Tour Jogjakarta yang sudah banyak sekali tersedia yang mana tujuan wisata yang akan dikunjungi salah satunya yaitu Candi Ratu Boko. Apabila anda menggunakan jasa wisata tour biasanya saat tiba di pintu masuk pihak jasanya telah menyediakan shuttle bus yang akan mengantarkan wisatawan ke semua candi-candi yang ada di Jogjakarta. Hanya saja bus ini hanya bisa menemani wisatawan sampai jam 4 sore. Nah, maka dari itu sebaiknya apabila anda ingin mengunjungi candi-candi di Jogja alangkah lebih baiknya Candi Ratu Boko menjadi salah satu tujuan wisata pertama.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Operasional Candi Ratu Boko

Untuk bisa menikmati keindahan Candi Ratu Boko biasanya tiket masuk yang akan anda dapat merupakan tiket terusan yang bisa anda beli saat berkunjung ke Candi Prambanan yaitu dengan harga Rp. 30.000 sampai Rp. 40.000 per orang. Harga tiket yang cukup murah untuk ukuran wisata bersejarah. Namun, apabila anda ingin langsung ke Candi Ratu Boko anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 25.000 untuk wisatawan lokal dan 13 dollar untuk wisatawan asing.

Fasilitas Yang Disediakan Candi Ratu Boko

Sebenarnya fasilitas Candi Ratu Boko ini sama dengan Candi Prambanan. Adapun fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola yaitu area parkir yang cukup luas, toilet dan tempat beribadah berupa mushola. Disini juga terdapat restoran yang menyediakan aneka makanan dan minuman. Disini juga terdapat jasa pemandu wisata yang bisa anda pilih. Selain restoran, disini juga terdapat beberapa pusat pembelajaan baju maupun souvenir khas Jogja. Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini memutuskan untuk menginap di sekitaran tempat wisata juga terdapat banyak sekali penginapan yang bisa disewa dengan harga sewa per malam cukup bervariasi yaitu mulai dari Rp. 200.000 sampai Rp. 1.000.000 per malam tergantung fasilitas dan pelayanan yang disediakan.

Kegiatan Menarik Saat Berkunjung Ke Candi Ratu Boko

Saat anda akan berkunjung ke Candi Ratu Boko rasanya tidak lengkap jika anda tidak berkunjung juga ke salah satu candi terkenal di Jogja yaitu Candi Prambanan. Kedua candi tersebut merupakan bangunan bersejarah yang memiliki sejarah didalamnya. Jika wisatawan tidak puas mengunjungi ke dua tempat ini, wisatawan juga bisa melakukan beberapa kegiatan lainnya. Berikut beberapa kegiatan menarik saat berkunjung ke Candi Ratu Boko dan Candi Prambanan :

  1. Mengunjungi Museum Rumah Joglo

Nah, Museum Rumah Joglo merupakan salah satu meseum yang bisa dikunjungi saat anda belum puas berlibur menyusuri Candi Ratu Boko dan Candi Prambanan. Meseum ini berisi benda-benda purbakala yang berhasil ditemukan, benda purbakala tersebut berupa patung, arca sampai batuan-batuan purbakala yang memiliki nilai sejarah tinggi. Saat berkunjung ke Meseum ini wisatawan tidak akan dikenakan biaya masuk karena biasanya biaya masuk sudah termasuk harga saat anda masuk ke Candi Ratu Boko dan Prambanan.

  1. Mengunjungi Sendra Tari Ramayana

Sementara bagi para wisatawan yang ingin mendapatkan pengalaman menarik lainnya saat berkunjung ke Jogja, wisatawan bisa mencoba mengunjungi kompleks wisata Sendra Tari Ramayana pada saat bulan purnama. Mengapa? Hal ini dikarenakan tepat pada pukul 20.00 sampai 22.00 digelar salah satu pertunjukan Sendra Tari Ramayana di sebuah panggung terbuka yang berlatar belakang candi dewa yang megah dan indah. Biasanya pagelaran ini diadakan setiap hari selasa, kamis dan sabtu setiap bulan purnama. Selain panggung terbuka disini juga terdapat panggung tertutup, namun berbeda saat mengunjungi Meseum Rumah Joglo yang gratis, untuk bisa menikmati pagelaran ini pengunjung akan dikenakan biaya masuk Rp. 125.000 per orang.

  1. Mengunjungi Relief

Saat masuk lewat gerbang timur kemudian berjalan searah jarum jam mengeliling Candi Trimurti, wisatawan bisa melihat relief yang bercerita tentang kisah Ramayana serta Krishnayana. Kisah ini dituliskan dalam bentuk gambar, bagi wisatawan yang penasaran namun bingung membaca gambarnya tentunya anda bisa menggunakan jasa pemandu wisata untuk menceritakannya. Kegiatan menyusuri relief ini sangat bermanfaat karena akan menambah pengetahuan anda seputar seni, sastra hindu dan sejarah orang terdahulu.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat wisata Candi Ratu Boko ini yaitu pada menjelang sore hari dikarenakan seperti telah dijelaskan diatas bahwa pada saat sore hari wisatawan bisa merasakan kehangatan dan keindahan sunset. Usahakan sebaiknya jangan mengunjungi tempat ini pada siang hari karena cuacanya cukup panas atau terik yang akan membuat anda kurang nyaman untuk menyusuri tempat ini. Namun, apabila anda ingin mengunjungi pada pagi haripun sebenarnya tidak ada masalah namun biasanya waktu terbaiknya yaitu pada saat sore hari.

Agar perjalanan anda menyusuri Candi Ratu Boko lebih menyenangkan lagi alangkah lebih baiknya jika anda mengunjungi tempat ini bersama dengan orang terdekat (rombongan) selain lebih menyenangkan, biayanya juga cukup murah. Selamat berlibur!

Harga Tiket : Rp. 40.000 per orang

Opening Hours : 06.00 – 17.00

Bus Parking : Yes

Food Courts : Yes

Address : Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta, Indonesia.

 

 

 

Info Lainnya:  Harga Tiket Masuk, Jam Operasional Dan Daya Tarik Goa Gong