Pesona Alam Taman Nasional Komodo

0
108

Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki beragam keindahan tempat wisata alamnya yang sayang jika dilewatkan salah satunya yaitu Taman Nasional Komodo. Taman ini sendiri merupakan salah satu cagar alam tempat pelestarian ekosistem binatang yang langka seperti Komodo. Taman Nasional Komodo ini berada di Nusa Tenggara Timur. Saat anda mengunjungi tempat wisata yang satu ini tentunya anda akan bertemu langsung dengan salah satu penghuni aslinya yang sudah mendiami tempat ini selama kurang lebih 40 juta tahun yang lalu yaitu Komodo yang jumlahnya sekitar 4 sampai 5 ribu ekor.

Awal mulanya, taman ini dibuat dengan tujuan untuk melestarikan atau melindungi binatang komodo yang saat ini sudah punah. Namun, seiring berjalannya waktu tempat wisata ini dikembangkan lebih luas sehingga sampai sekarang tempat tersebut dijadikan sebagai tempat reservasi alam untuk melindungi berbagai jenis satwa serta lingkungan alamnya dan tidak lupa dijadikan sebagai tempat wisata yag cukup banyak di kunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun, bagi anda yang ingin mengunjungi tempat wisata yang satu ini sebaiknya ditemani oleh tour guide yang mana mereka akan menemani anda kemanapun anda akan pergi.

Lokasi Taman Nasional Komodo

Taman ini terletak di antara 2 pulau yaitu Pulau Sumbawa dan juga Pulau Flores yang juga berbatas dengan 2 provinsi yaitu Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Luas dari taman ini yaitu diperkirakan sekitar 2.321 kilometer persegi yang mana tidak hanya Pulau Komodo saja yang masuk ke wilayah ini ternyata Pulau Rinca dan Pulau Padar juga termasuk ke area reservasi alam.

Untuk menuju ke Taman Nasional Komodo ini, wisatawan harus menuju ke Labuan Bajo yang berada di Flores atau Ke Bima yang berada di Sumbawa terlebih dahulu yang mana kedua tempat tersebut merupakan akses pertama menuju ke Taman Nasional Komodo. Untuk menuju ke tempat ini bisa dilewati dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Apabila wisatawan memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa berangkat dari Denpasar menuju ke Pelabuhan Padang Bai. Nah, setelah sampai di pelabuhan anda bisa menumpang kapal feri menuju ke Pelabuhan Lembar. Selanjutnya, anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Mataram lalu ke Pelabuhan Kahyangan. Setelah itu, anda bisa menumpang kembali ke kapal feri menuju ke Pelabuhan Potonano, setelah sampai ke pelabuhan tersebut dilanjutkan ke Pelabuhan Pototano lanjut ke Sumbawa Besar kemudian Dompo lalu Bima dan kemudian Ke Sape.

Setelah tiba di Sape, anda haru menyebrang lagi menuju ke Labuan Bajo menggunakan kapal Feri. Setelah sampai di Labuan bajo anda harus menyewa perahu atau kapal menuju Pulau Komodo. Rute perjalanan yang cukup melelahkan apabila anda menggunakan kendaraan pribadi. Nah, solusi agar wisatawan tidak terlalu lelah sebaiknya gunakan kendaraan umum saja dimana anda bisa naik transportasi udara dari bandara Juanda, Surabaya menuju ke Bandara ke Ngurah Rai, Bali. Dari Bandara Ngurah Rai, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan naik pesawat menuju ke Denpasar, Labuan Bajo lalu turun di Bandara Komodo. Sesampainya di bandara Komodo wisatawan bisa langsung menyewa kapal atau perahu menuju ke Pulau Komodo.

Jam Operasional Dan Harga Tiket Ke Taman Nasional Komodo

Dikarenakan kawasan wisata Taman Nasional Komodo terdapat banyak sekali destinasi wisata alam didalamnya yang bisa dikunjungi oleh wisatawan, maka jam operasionalnya sendiri bebas. Jadi, kawasan taman ini bisa dikunjungi kapan saja. Namun, waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini yaitu sekitar bulan Juni – Juli dikarenakan cuaca pada bulan-bulan tersebut cukup bersahabat. Namun, apabila anda ingin melihat Binatang Komodo sebaiknya datanglah pada bulan Juni karena pada bulan Juli termasuk ke bulan kawin sehingga satwa endemik termasuk Komodo akan masuk ke hutan yang akan sulit terjamah.

Untuk biaya masuk sendiri, pengunjung atau wisatawan harus membayar sebesar Rp. 90.000 per orang yang mana biaya tersebut sudah termasuk biaya trekking serta masuk ke Pulau Rinca dan Pulau Tadar. Namun, perlu diingatkan bahwa harga tersebut juga tidak termasuk biaya sewa perahu ataupun sebagainya.

Hal Menarik Yang Dapat Dilakukan Di Kawasan Taman Nasional Komodo

Alasan mengapa banyak sekali wisatawan sangat ingin berkunjung ke tempat ini dikarenakan di tempat ini terdapat beberapa hal menarik yang bisa dilakukan. Berikut kegiatan-kegiatannya :

  1. Melihat Komodo Dari Dekat

Nah, salah satu kegiatan menarik pertama yaitu melihat komodo dari dekat. Namun, untuk bisa melihat binatang ini wisatawan juga harus didampingi oleh pemandu wisata yang sekaligus pawang yang mana mereka akan menawarkan diri untuk memandu anda selama di tempat wisata Taman Nasional komodo dengan biaya jasanya yaitu Rp. 80.000. Untuk menuju ke habitat aslinya, wistawan harus mendaki gunung terlebih dahulu dengan waktu tempuh 3 sampai 4 jam. Tapi tidak perlu cemas karena untuk menjangkaunya sudah ada trek pendakian yang mudah.

  1. Snorkeling Di Pulau Kelor

Selain melihat binatang yang sudah mulai punah, wisatawan juga bisa menikmati kegiatan wisata yang cukup populer yaitu snorkeling di Pulau Kelor. Disini wisatawan berkesempatan untuk menikmati keindahan bawah laut yang konon katanya memiliki 260 jenis karang serta beribu-ribu jenis ikan.

  1. Menyaksikan Kelelawar Di Pulau Kalong

Selain melihat kadal raksasa dan snorkeling, kegiatan yang tak kalah menariknya lagi yaitu menyaksikan ribuan kelelawar di Pulau Kalong. Untuk bisa menikmati keindahannya anda perlu menyewa kapal terlebih dahulu menuju ke Pulau kalong. Kegiatan ini bisa dinikmati pada sore hari karena pada waktu tersebut kelelawar akan keluar untuk mencari makan sehingga pada kesempatan tersebut ada bisa mengabadikannya.

  1. Menikmati Sunrise Dan Sunset Di Pulau Kanawa

Kegiatan selanjutnya yaitu menikmati sunrise dan sunset di Pulau Kanawa. Di pulau ini juga terdapat resort yang bisa dinikmati oleh para wisatawan dengan membayar Rp. 200.000 per orang, wisatawan sudah bisa menyewa tempat ini untuk beristirahat. Selain itu juga, wisatawan bisa menaiki bukit di Pulau Kanawa ini untuk melihat sunrise maupun sunset. Perlu anda ketahui juga bahwa tempat ini juga dijadikan sebagai salah satu tempat di spot foto terbaik.

Fasilitas Di Taman Nasional Komodo

Demi kenyamanan para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, pihak pengelola juga menyediakan berbagai fasilitas serta akomodasi seperti kamar mandi, tempat parkir dan tempat beribadah. Disini juga terdapat beberapa resort dan hotel-hotel yang bisa disewa dengan biaya sewa mulai dari Rp. 200.000 per malam. Disini juga terdapat restoran atau pun rumah makan yang menjual makanan dan minuman mulai dari Rp. 20.000 per porsi tidak lupa disini juga terdapat beberapa penjual souvenir yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh.

Itulah sekilas ulasan tentang tempat wisata Taman Nasional Komodo. Untuk bisa menikmati keindahan taman ini lebih mendalam dan pastinya lebih hemat sebaiknya anda memilih untuk menggunakan jasa perjalanan ke Taman Nasional Komodo saja. Semoga bermanfaat!

Harga Tiket : Rp. 90.000/orang (domestik) dan Rp. 250.000/orang (mancanegara)

Opening Hours : –

Food Courts : Yes

Address : Nusa Tenggara Timur

Bus Parking : Yes

Info Lainnya:  Mengintip Indahnya Air Mancur Di Taman Sri Baduga Situ Buleud Purwakarta