Pesona Keindahan di Atas Awan, Wisata Kebun Buah Mangunan

0
149

Kota Yogyakarta dibilang sangat beruntung mempunyai bentang alam yang cukup beragam, hampir seluruh objek wisata alam terdapat di Kota Yogyakarta. Jadi jangan heran jika Yogyakarta salah satu kota yang disebut – sebut pengganti pulau bali yang telah lama berkembang sebagai salah satu pariwisata nasional dan internasional.

Berkat berkembangnya objek wisata yang ada di yogya ini, menjadikan Kebun Buah Mangunan ini mudah dikenal oleh para wisatawan lokal maupun luar. Kebun Buah Mangunan ini seakan menjadi daya tarik pengunjung akan keindahan alam yang mempesona. Pada saat pagi hari Kebun Buah mangunan tampak cantik dan indah sehingga pengunjung sangat menikmati saat berada di sini.

Bukan Kebun Buah saja yang ada di sini, melainkan kalian bisa sambil belajar langsung  tentang tumbuh – tumbuhan. Yang katanya tanaman tersebut memiliki 1500 pohon durian, 950 pohon mangga, 300 pohon jambu air dan lain sebagainya. Selain itu, Kebun Buah Mangunan juga menyediakan tempat pengolahan pembibitan sapi. Begitupun juga terdapat beberapa ekor rusa yang di rawat dengan baik. Nah, tempat ini cocok banget buat kalian yang mempunyai hobby selfie. Karena tempat ini banyak pemandangan yang indah dan bagus buat background selfie. Selain itu, pada saat pagi hari kalian akan menikmati keindahan panorama yang luar biasa yaitu pancaran sinar matahari yang berwarna orange disela kabut yang muncul.

Lokasi Kebun Buah Mangunan

Jika ingin berkunjung ke Kebun Buah mangunan, kalian bisa datang ke Desa mangunan, kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Nah, di daerah ini Kebun Buah berada. Dari kabupaten bantul berada di sekitar 15 km dan 35 km dari pusat perkotaan. Kebun Buah Mangunan memiliki luas tanah 23,3415 ha dengan ketinggian 150 mdpl – 220 mdpl. Jadi tidak terbayang lagi bagaimana segarnya udara di tempat ini.

Akses menuju lokasi Kebun Buah Mangunan

Jika memulai perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta, kalian langsung melewati ring road selatan untuk mencapai perempatan Giwangan. Sesudah sampai di perempatan kalian dapat mengambil langsung arah ke sebelah selatan untuk melintasi di atas jalan Imogiri timur sampai menuju pasar Imogiri. Lalu lanjutkan perjalanan kalian sampai terlihat pertigaan yang ditandai pohon beringin di bagian tengah. Untuk selanjutnya berbelok ke arah kiri hingga bertemu pertigaan. Lalu kemudian kalian akan melihat langsung papan penunjuk yang akan menuju ke Kebun Buah Mangunan. Di sana akan menemukan lokasi Kebun Buah mangunan.

Info Lainnya:  HARGA TIKET MASUK DAN REVIEW LENGKAP TAMAN BUNGA NUSANTARA CIPANAS

Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan

Untuk harga tiket masuk kesini sangat murah, hanya cukup membayar Rp. 5.000 per orang. Disini kalian bisa menikmati keindahan Wisata Alam Kebun Buah Mangunan, selain itu fasilitas yang terdapat di Kebun Buah ini cukup lengkap dan sangat luas. Untuk parkir mobil hanya membayar Rp. 5.000 dan sepeda motor Rp. 3.000 saja. Area parkir tersebut terbilang nyaman dan cukup luas, tetapi untuk fasilitas seperti mushola kurang begitu terawat.

Daya Tarik Kebun Buah Mangunan

Terdapat di ketinggian kurang lebih 200 mdpl, menjadikan kawasan ini dijuluki negeri diatas awan, yang  dihiasi pemandangan kabut yang tepat berada di depan mata, sehingga keindahannya sangat luar biasa.  Hal yang sangat menarik dari Kebun Buah Mangunan ini memiliki pemandangan gunung yang tampak bersama dengan matahari dan perlahan sinarnya akan nampak menjadi warna emas yang sangat indah.  Kebun Buah ini didirikan pada tahun 2003 dengan seluas tanah 23 hektar. Sehingga tanah tersebut di tanami berbagai macam pohon buah diantaranya rambutan, jeruk, mangga, durian, manggis dan lain sebagainya. Selain itu terdapat pohon pinus dan jati yang cocok buat berteduh sambil menghirup udara sejuk. Jika berjalan ke arah selatan, maka kalian akan melihat langsung semua pemandangan Pantai parangtritis yang menakjubkan. Selain itu, kalian akan melihat pemandangan lainnya diantaranya sungai Oya yang melintang luas dan berkelok, walaupun sedang surut, tetapi mampu membawa sebuah warna warni pemandangan yang berbeda – beda. Sehingga sungai Oya ini memberikan kesan alam yang tampak sempurna. Begitupun udara sejuk dan angin berhembus membuat suasana hati ingin berlama – lama di tempat ini.

Info Lainnya:  Objek Wisata Danau Toba Yang Menawan dan Wajib Dikunjungi

Fasilitas Kebun Buah mangunan

  1. Area Kebun

Selain menikmati keindahan wisata Kebun Buah Mangunan, kalian juga bisa sambil belajar mengenal tumbuhan dan buah – buahan yang ada di Kebun ini. Karena telah disediakan petugas khusus yang akan menjelaskan seputar pengetahuan alam. Selain itu, kalian juga akan belajar cara memproses pembibitan sapi. Salah satu fungsi dari pembibitan ini yaitu akan menghasilkan pupuk kandang untuk tumbuhan supaya dapat tumbuh secara baik. Perlu diketahui pupuk kandang merupakan salah satu pupuk alami yang sangat baik untuk tanaman dan tumbuh – tumbuhan.

  1. Tempat bersantai / Gazebo

Selanjutnya, Kebun Buah Mangunan juga telah menyediakan khusus tempat untuk nongkrong dan bersantai yang bertujuan untuk menghilangkan rasa penat dalam diri. Nah, di sini kalian bisa membawa sahabat, keluarga atau pasangan hanya untuk ngobrol – ngobrol sambil bersantai dan menikmati keindahan Wisata Alam Kebun Buah ini. Jadi jangan heran kalau gazebo – gazebo akan dipenuhi pengunjung ketika libur panjang.

  1. Jembatan Goyang

Bagi yang suka beradrenalin Kebun Buah Mangunan juga menyediakan jembatan goyang di khususkan untuk yang ingin uji nyali. Panjang jembatan ini kurang lebih 100 meter di atas permukaan sungai opak. Ketika mencoba melintasi jembatan ini, kalian perlu berhati – hati dikarenakan jembatan ini bergoyang – goyang dan angin yang kencang yang mudah menerpa badan.

  1. Wahana Flying Fox

Selain itu Kebun Buah mangunan juga menyediakan wahana flying fox, jadi para pengunjung semakin betah saat berada di Kebun Buah Mangunan.

  1. Gedung

Selain salah satu tempat favorit, Kebun Buah Mangunan ini bisa dijadikan tempat untuk meeting atau sebuah acara penting. Terdapat dua gedung yang sudah disediakan, diantaranya gedung yang pertama dapat menampung 100 orang dan gedung yang kedua dapat menampung 300 orang. Untuk harga sewa tidak begitu mahal, dan gedung tersebut salah satu tempat favorit para pengunjung yang akan mengadakan acara misalnya pesta pernikahan dan pertemuan resmi dari kantor – kantor.

  1. Penginapan
Info Lainnya:  PESONA PANTAI RAHASIA, PANTAI PANDAWA BALI

Selanjutnya bagi kalian atau pengunjung ingin beristirahat lebih lama, maka Wisata Kebun Buah Mangunan juga telah menyediakan penginapan yang harganya sangat terjangkau. Salah satu wisatawan dari luar kota memilih menginap di kawasan Kebun Buah Mangunan.

  1. Tempat Camping

Nah, jika kalian ingin berhemat atau punya hobby berkemah, kalian bisa bermalam di tempat ini yang sudah disediakan oleh pengelola khusus. Di sini juga banyak anak – anak, mahasiswa, dan pecinta alam yang memanfaatkan tempat ini. Hanya membayar Rp. 5.000,- per orang untuk bisa menikmati tempat camping dan fasilitas yang tersedia. Saat malam hari kalian akan menikmati keindahan langit layaknya mirip dengan sebuah lukisan yang indah dan menarik. Hal ini membuat suasana hati kalian sangat berkesan.

  1. Area Kolam Pemancingan

Nah, buat kalian yang punya hobby memancing, di sini telah menyediakan tempat pemancingan yang sudah dilengkapi dengan peralatan sewa memancing. Jadi, buat kalian yang tidak membawa peralatan memancing jangan khawatir, kalian dapat menyewa peralatan memancing yang telah disajikan di tempat ini. Kebanyakan wisatawan atau pengunjung memancing sambil menunggu senja tiba. Di kolam ini pun terdapat berbagai macam jenis ikan.

  1. Area Khusus Balap Sepeda

Kemudian bagi pecinta sepeda, di Wisata Kebun Buah Mangunan menyediakan lintasan 2300 meter yang memang sudah sengaja untuk para wisatawan atau pengunjung yang ingin balap sepeda. Begitupun terdapat cross country yang panjang lintasannya kurang lebih 3800 meter. Untuk harga sewanya sekitar Rp. 50.000,- bagi 5 orang.

Nah, untuk itu ajak sahabat atau keluarga kalian agar berkunjung ke Kebun Buah Mangunan. Karena tempat ini sangat cocok buat kalian yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan wisata alam kebun buah mangunan. Disertai menikmati wahana atau area untuk sekedar berselfie bersama sahabat dan keluarga tercinta. Coba rencanakan liburan kalian untuk berkunjung ke tempat ini, tentunya liburan anda lebih menyenangkan dan sangat berkesan.