Pesona Keindahan Gunung Merbabu

0
99

Indonesia salah satu negara yang memiliki banyak pegunungan yang sangat mempesona dan mempunyai daya tarik bagi wisatawan mancanegara. Begitupun dengan gunung – gunung kecil juga memiliki pesona keindahan alamnya. Salah satunya gunung yang memiliki keindahan yaitu Gunung Merbabu. Karena memiliki daya tarik sehingga banyak para wisatawan lokal maupun wisatawan luar merasa penasaran akan kehadiran Gunung ini. Beberapa pendaki mampu melewati batas untuk sampai di puncak gunung.

Beberapa gunung – gunung tersebut, ada sebagian gunung yang digunakan untuk para pendaki pemula. Sehingga para pendaki tidak melewati track yang cukup susah atau cukup menguras tenaga. Walaupun buat para pendaki pemula track yang dilalui seperti tanjakan merupakan suatu tantangan dan suatu moment yang sangat menyenangkan bagi mereka.  Untuk ketinggian Gunung Merbabu kurang lebih 3.142 mdpl yang merupakan salah satu gunung favorit bagi pendaki pemula yang ingin merasakan suasana naik gunung. Walaupun gunung tersebut masih aktif, namun banyak para pengunjung yang datang termasuk pada waktu liburan dan moment penting diantaranya 17 agustus.

 Akses Menuju Gunung Merbabu

Untuk melakukan pendakian menuju ke Gunung Merbabu, pendaki bisa memilih Jalur yang di inginkan, seperti:

  • Jalur Pendakian Kopeng, Tekelan, Boyolali
  • Jalur Pendakian Suwanting, Magelang
  • Jalur Pendakian Wekas, Magelang
  • Jalur Pendakian Chuntel, Magelang
  • Jalur Pendakian Selo, Boyolali

Di sini hanya akan menyampaikan sebagian Jalur Pendakian untuk menuju lokasi Gunung Merbabu, diantaranya:

  1. Jalur Kopeng Thekelan

Jika berangkat dari Jakarta anda dapat naik kereta api atau kendaraan umum (bus) semarang – Yogyakarta atau solo. Selanjutnya jurusan bus semarang semarang – solo anda turun di kota salatiga, lalu naik bus kecil untuk menuju daerah kopeng. Dari kota Yogyakarta anda naik bus ke magelang, perjalanan selanjutnya menuju ke kopeng. Di sana terdapat beberapa jalur ke puncak, tetapi lebih bagusnya anda melewati kampung tekelan karena ada pos yang dapat menunjukan informasi atau yang dapat membantu keperluan anda. Pos tekelan terdapat di lokasi bumi perkemahan umbul songo. Di tempat ini anda bisa beristirahat lama atau bermalam, dikarenakan pendakian sebaiknya dilanjutkan pada malam hari sehingga tiba di puncak saat terbit matahari. Di pos tekelan anda bisa beristirahat karena telah tersedia tempat untuk tidur, bagi yang tidak membawa tenda. Di pos tekelan juga bisa digunakan untuk berkemah, begitupun anda mendapatkan air bersih juga.

Info Lainnya:  Gunung Papandayan: Menengok Indahnya Hutan Mati Di Atas Ketinggian

Untuk melanjutkan perjalanan menuju puncak gunung merbabu, ada beberapa pantangan bagi pendaki diantaranya tidak di perbolehkan buang air di daerah Watu Gubug atau sekitar kawah dan khusus pendaki tidak di perbolehkan memakai baju berwarna hijau dan merah.

Dari pos 1 anda akan melintasi sungai yang kering, selanjutnya untuk menuju k pos II disana akan melewati hutan dan menuju pos III akan menemukan jalur terbuka namun melewati jalan yang curam dan nanjak. Jika saat di dalam perjalanan ada badai maka perjalanan harus berhenti dulu karena dampak nya sangat berbahaya bagi nyawa kita. Selanjutnya untuk menuju ke pos 4 akan melewati Gunung Watu Tulis, akses jalan ke sini cukup curam, banyak kerikil batu dan pasir sehingga berjalan lumayan licin disertai hempasan angin yang kencang. Gunung Watu Tulis berada di ketinggian 2.896 mdpl.

Untuk menuju lokasi pos 5 akses jalan ke sini menurun, namun pos ini dikelilingi tebing dan bukit yang sangat indah. Pendaki turun menuju kawah condrodimuko. Dan untuk menuju perjalanan selanjutnya kalian akan melintasi tanjakan yang cukup terjal disertai jurang di sebelah kanan dan kiri. Tanjakan tersebut bernama tanjakan setan, kemudian pendaki akan tiba di persimpangan. Jika arah ke kiri akan menuju puncak syarif dan arah ke kanan menuju lokasi puncak kenteng. Jika dari puncak kenteng songo anda akan melihat gunung merapi dan terlihat  dekat. Bila dari gunung sumbing cukup jelas dan pemandangannya sangat indah. Begitupun saat akan melewati puncak songo jalannnya sempit, sebelah kanan dan kiri jurang disertai bebatuan dan angina yang sangat kencang. Perjalanan pun banyak tantangan dan sangat berbahaya.

Selanjutnya saat akan menuruni gunung merbabu anda akan melintasi jalur selo, jalur tersebut merupakan salah satu pilihan yang sangat menarik. Di sana pendaki akan melewati hutan edelweis, padang rumput yang sangat indah, dan akan menikmati indahnya bukit – bukit yang di hiasi bunga – bunga cantik. Di sepanjang perjalanan anda akan melihat gunung merapi berasap yang tampak dekat dengan puncak. Walaupun di sepanjang perjalanan anda tidak ada mata air dan pos peristirahatan.

  1. Jalur Kopeng Cunthel
Info Lainnya:  Kampoeng Ciherang: Destinasi Wisata Baru Di Kabupaten Sumedang

Jika ingin menggunakan jalur Kopeng Cunthel, kalian harus menempuh dari kota salatiga dengan menggunakan bus jurusan salatiga – magelang lalu turun di area wisata kopeng yang berada di bumi perkemahan umbul songo. Saat memulai perjalanan kalian harus berjalan kaki dulu yang melewati jalan setapak sekitar 2,5 km. Sesudah melewati bumi perkemahan umbul songo, belok kiri lalu berjalan sekitar 500 meter, area ini dipenuhi pohon pinus yang berada di sebelah kiri lalu terdapat jalan setapak yang kea rah pohon pinus tersebut. Jalan ini menunjukan ke arah desa thekelan. Di sana terdapat basecamp desa cunthel yang berada di tengah – tengah perkampungan. Di sini pendaki dapat beristirahat dan mengambil persedian air. Di basecamp desa cunthel juga menyediakan barang – barang untuk kenang – kengangan diantaranya stiker dan kaos.

Kemudian saat akan melanjutkan perjalanan ke Gunung Merbabu, pendaki melewati perkebunan warga. Di perjalanan pun akan mulai menemukan tanjakan untuk mendaki bukit yang disuguhi pohon pinus. Lalu berjalan di atas tanah kering saat musim kemarau, jalan setapak  begitupun perjalanan banyak sekali rintangan seperti banyak debu yang menggangu mata dan pernafasan. Jadi, sebaiknya untuk para pendaki harus menyiapkan kacamata dan masker pelindung. Setelah menempuh perjalanan sekitar 30 menit maka sampai ke pos bayangan 1 yang melewati bukit dan yang berliku – liku. Kemudian untuk menuju pos bayangan II, pendaki harus menempuh perjalanan sekitar 30 menit dan harus menyusuri jalan yang penuh debu dan sepanjang perjalanan di penuhi pohon pinus.

Dan kini jalur semakin terbuka dari pos 1 sampai pos pemancar atau lebih dikenal dengan Gunung watu Tulis yang ketinggian nya berada di 2.896 mdpl. Di puncak tersebut ada stasiun pemancar relay. di pos ini terdapat banyak bebatuan besar sehingga pendaki bisa berlindung saat ada angin kencang. Namun saat siang hari terik matahari sangat panas. Untuk jalur selanjutnya pendaki melewati jalan menurun untuk menuju lokasi pos helipad, tetapi suasana di pos helipad sangat menajubkan karena banyak pemandangan yang indah. Bila melihat ke kanan terdapat Gunung Kukusan yang membentang di atas puncak, disebelah kanan pun terdapat mata air dan jika menghadapa ke depan pendaki akan melihat kawah putih yang sangat indah. Begitupun dari area puncak Gunung Kenteng Songo pendaki banyak pemandangan yang sangat mempesona.

  1. Jalur selo
Info Lainnya:  Tempat Wisata Alam di Jogja

Jika mendaki Gunung Merbabu dengan memilih jalur selo, jalur tersebut cukup ramai dari jalur lainnya. Jalur ini menyajikan pemandangan yang sangat luar biasa indahnya sehingga perjalanan para pendaki sangat menyenangkan disertai jalur tersebut berjajar dengan Gunung Merbabu diantaranya Gunung Merapi tampak jelas sekali.

Untuk rute ke sini anda menggunakan bus jurusan solo – semarang, lalu turun di kota boyolali dan jika dari Yogyakarta anda menggunakan jurusan solo lalu turun di kertasura. Selanjutnya berganti jurusan solo semarang dan turun di kota boyolali. Untuk menuju ke selo anda harus menaiki bus kecil yang langsung ke selo tetapi jarang hanya bisa mengantarkan sampai pasar cepogo, dari pasar cepogo naik bus kecil menuju selo. Terlebih dahulu pendaki harus jalan kaki ke pasar sapi.

Untuk memulai pendakian terlihat gapura selamat datang Gunung Merbabu. Perjalanan di lanjutkan untuk menuju pos 1 dengan melewati pohon pinus dengan menempuh sekitar 1 – 1,5 jam dan pada siang hari pun udara sangat sejuk. Kemudian untuk melanjutkan ke pos II pendaki melewati pos bayangan dulu, dan setelah menempuh perjalanan dari pos bayangan sekitaer 25 menit pendaki tiba di pos 2. Perjalanan pos 1 ke pos 2 sangat panjang sehingga pendaki perlu bersabar.

Selanjutnya untuk menuju lokasi pos 3 hanya menempuh perjalanan selama kurang lebih 50 menit, pos 3 ini yang berlokasi di puncak Watu Tulis yang pemandangannya sangat indah. Lalu saat berada di pos 4 atau Sabana 1 yang merupakan tempat menarik untuk camping. Namun perjalanan untuk melewati pos 4 ini sangat menantang dan perlu berhati – hati.

Untuk menuju pos 5 atau sabana 2 hanya akan melewati tanjakan dan hanya menempuh perjalanan selama 40 menit.

Harga Tiket Masuk dan Lokasi Gunung Merbabu

Untuk harga tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- saja, namun pendaki wajib mencatat data petugas dan biodata lengkap. Kemudian untuk menuju lokasi Gunung Merbabu pendaki ada tiga jalur pendakian yaitu terdapat di Desa Tarurabatang, Dusun Pakis, dan Kecamatan Selo, kabupaten Boyolali.