Pesona Keindahan Pantai Nglambor Yogyakarta

0
106

Nah, buat kalian yang bingung mencari tempat buat liburan? Ke pantai nglambor saja. Selain pantai nya yang indah banget, disana terdapat spot snorkeling karena arus ombak disana sangat besar dan kuat. Keunikan pantai nglambor ini bentuknya mirip laguna kecil, jadi arus airnya tenang dibandingkan dengan pantai yang lainnya arus airnya terbuka lepas. Walaupun demikian, kita perlu waspada karena arus ombak di pantai selatan cukup kuat. Namun tidak semua pantai dilarang untuk berenang, di kawasan Gunung Kidul memiliki pantai yang bagus banget bahkan terlindungi dari pulau karang. Jadi untuk arus ombak disana cukup tenang sehingga tidak dilarang untuk berenang.

Selain itu, Pantai Nglambor mempunyai keindahan yang dapat menarik perhatian banyak orang salah satunya pengunjung dapat melihat biota bawah laut yaitu dengan cara snorkeling. Sebenarnya Pantai Nglambor dulunya sepi dan akses menuju kawasan tersebut sangat sulit di jangkau oleh para wisatawan. Jadi ada sebagian kelompok orang berinisiatif menyediakan snorkeling yang tidak dimiliki oleh pantai – pantai yang lainnya. Namun Pantai Nglambor tidak begitu luas tetapi Pantai ini hanya mempunyai keunikan diantaranya terdapat spot snorkeling. Pantai Nglambor menyerupai cekungan tetapi pantai tersebut cukup aman bagi yang ingin berenang disana.

Nah, Pantai Nglambor ini airnya sangat jernih sehingga cocok sekali digunakan untuk snorkeling. Jadi, para pengunjung dapat melihat keadaan dasar laut atau biota laut dan melihat terumbu karang yang subur. Pantai Nglambor ini semakin dikenal oleh banyak orang atau wisatawan luar, karena Pantai ini mempunyai daya tarik sehingga semakin berkembang dan salah satu objek wisata favorit yang ada di Gunung Kidul. Walaupun pantai ini cukup ramai atau banyak pengunjung namun kondisi air di Pantai Nglambor sangat jernih dan belum tercemar. Disana para pengunjung selain menikmati keindahan Pantai Nglambor, kalian dapat menikmati keindahan bukit – bukit yang berada disekitar Pantai Nglambor. Nah, bagaimana sangat tertarik bukan?

Info Lainnya:  Kebun Mawar Situhapa: Ini Dia Kebun Mawar Cantik yang Ada Di Kota Garut

Daya Tarik Wisata Pantai Nglambor

Selain pemandangan Pantai Nglambor yang sangat indah, pantai ini juga mempunyai daya tarik bagi wisatawan, diantaranya:

  1. Susur Wisata Pantai Nglambor

Nah, jika kalian mempunyai waktu luang di hari libur, kalian bisa melakukan kegiatan dengan menjelajahi kawasan Pantai Nglambor. Disana kalian dapat melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi ke arah timur disana akan menemukan area perbukitan dan akan melihat Pantai Watu Lumbung, Pantai Siung dan Pantai Wediombo. Sedangkan jika melanjutkan perjalanan kearah barat kalian akan bertemu dengan Pantai Ngetun, Pantai Jogan dan Pantai Indrayanti.

  1. Wisata Trekking

Dikarenakan Pantai Nglambor diapit oleh tebing karang dan perbukitan, jadi kalian bisa mendaki bukit – bukit sambil menikmati keindahan Pantai Nglambor dan selain itu, kalian dapat melihat jelas pantai – pantai lain yang berjajar dari atas bukit. Begitupun pulau karang yang berbentuk kura – kura nampak sangat jelas.

  1. Wisata snorkeling

Snorkeling adalah salah satu tujuan utama dari Pantai Nglambor. Dimulai dengan berenang disaat itu pula air semakin dalam. Nah, disana mulai seru snorkeling dan akan merasakan sensasi menyelam di bawah dasar laut. Disana kalian dapat memandang berbagai macam ikan kecil warna – warni, terumbu karang dan biota laut yang lainnya sambil berenang. Arus ombak yang tenang akan memberikan kesan tersendiri. Namun ketika berenang jangan sampai kaki atau tangan tertumpu pada terumbu karang hal ini dapat merusaknya dan perlu diingat tidak diperbolehkan berenang melewati batas aman.

  1. Berfoto di Dasar Laut

Rasanya tidak lengkap jika snorkeling tanpa selfie di bawah laut. Jadi, kalian yang berkunjung ke Pantai Nglambor jangan sampai lupa mengabadikan kenangan ini dan bergayalah sesuka hatimu sambil menikmati keindahan di bawah dasar laut. Nah, di sini kalian bisa melihat keadaan bawah laut yang begitu indah. Tidak lupa juga kalian berfoto bersama ikan – ikan kecil cantik yang dihiasi oleh terumbu karang.

Info Lainnya:  Menikmati Hidangan Pinisi Resto

Lokasi Wisata Pantai Nglambor Yogyakarta

Untuk lokasi pantai Nglambor Yogyakarta berada di kampung ngandong, desa purwodadi, kecamatan tepus, kabupaten gunung kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai nglambor diapit oleh pantai Jogan dan pantai Siung, jadi pos retribusinya menyatu dengan pantai suing. Pantai nglambor dapat menempuh sekitar 2 – 3 jam dari kota Yogyakarta jika menggunakan kendaraan pribadi. Selanjutnya, untuk menempuh perjalanan ke pantai Nglambor melewati pantai siung, setelah itu melewati pos retribusi, lalu menemukan jalan pertigaan dan belok ke arah kanan menuju jalan makadam. Untuk kawasan pantai nglambor berada di ujung jalan arah ke makadam. Begitupun kondisi jalan menuju kawasan pantai nglambor tidak begitu lebar, jadi untuk mobil bus pariwisata dilarang masuk ke area pantai nglambor dikarenakan jalan yang sempit dan bagi mobil pribadi pun tidak bisa langsung masuk ke pinggir area pantai nglambor. Untuk menuju kawasan pantai nglambor harus berjalan kaki atau naik motor.

Harga Tiket Masuk Pantai Nglambor dan Sewa Alat – Alat

  • Untuk Tiket Masuk : Rp. 5.000,-
  • Jasa Sewa Ojeg : Rp. 5.000,-
  • Sewa Snorkeling : Rp. 35.000 – Rp. 50.000,-

Sesudah mengetahui berbagai macam wahana di Pantai Nglambor diantaranya Underwater, Snorkeling, susur pantai dan trekking bukit – bukit yang ada disekitar kawasan Pantai Nglambor. Pastinya kalian tidak sabar lagi ingin berlibur ke sana. Siapkan terlebih dahulu perlengkapan diantaranya kamera berikut wadah anti airnya, sehingga kalian berlibur bisa mengabadikan moment yang sangat seru dan menyenangkan.